Lebih dari 1 Juta Orang di Inggris Telah Berhenti Merokok Selama Pandemi Covid-19


Sabtu, 18 Juli 2020 - 19:13:29 WIB
Lebih dari 1 Juta Orang di Inggris Telah Berhenti Merokok Selama Pandemi Covid-19 Warga Inggris di tengah pandemi virus corona. (Evening Standart)

HARIANHALUAN.COM - Lebih dari 1 juta orang di Inggris diperkirakan telah berhenti merokok selama empat bulan terakhir selama pandemi virus corona.

Melansir CNN Internasional melalui Sonora.id, Sabtu (18/7/2020), menurut analisis oleh organisasi Action on Smoking and Health (ASH) dan University College London (UCL).

Penelitian sebelumnya menyatakan Covid-19 menyerang mereka yang berusia lanjut dan perokok di atas 50 tahun.

"Pesan saya kepada perokok hari ini adalah, tolong, jangan menunggu. Apakah Anda sehat sekarang atau sudah tidak sehat karena merokok, hari ini adalah hari untuk berhenti. Itu dapat mengubah hidup Anda," Dr Ruth Sharrock, seorang ahli kedokteran pernapasan, seperti dikutip dalam pernyataan ASH.

Sarah Jackson, seorang peneliti senior di Kelompok Penelitian Tembakau dan Alkohol UCL, memperingatkan bahwa temuan itu hanya terkait dengan berhenti dalam jangka pendek.

"Mengingat bahwa tingkat keberhasilan jangka panjang dalam berhenti cenderung rendah, ini sangat tidak mungkin diterjemahkan ke satu juta lebih sedikit perokok di Inggris, yang akan menjadi penurunan besar dalam prevalensi," katanya.

"Pada tahap pandemi yang relatif dini ini, kami belum memiliki banyak informasi tentang dampaknya pada perilaku merokok dan berhenti. Sumber data lain belum menunjukkan bukti penurunan besar dalam prevalensi merokok; itu akan menarik untuk melihat apakah penurunan substansial dalam merokok menjadi jelas selama beberapa bulan mendatang, dan jika demikian, apakah ini berarti pengurangan berkelanjutan dalam jumlah perokok di Inggris, "tambahnya.

John Britton, direktur Pusat Studi Tembakau & Alkohol UK di Universitas Nottingham, menyambut baik analisis ini sebagai "berita langka yang muncul dari krisis Covid-19."

"Perkiraan ini didasarkan pada sampel kecil dan tentu saja hanya berdasarkan pada laporan diri - jadi kita tidak tahu seberapa dapat diandalkan temuan ini. Tetapi bahkan jika angka sebenarnya hanya setengah sebesar -" hanya "setengah juta - itu akan mewakili langkah besar ke depan dalam kesehatan masyarakat Inggris, "katanya dalam sebuah pernyataan.

Inggris sangat terpukul oleh pandemi coronavirus, dengan lebih dari 290.000 kasus yang dikonfirmasi dan lebih dari 45.000 kematian, menurut angka dari Universitas Johns Hopkins.

Tahun lalu, Kantor Statistik Nasional mengatakan 14,7% warga Inggris berusia 18 tahun ke atas merokok pada tahun 2018 - sekitar 7,2 juta orang. (*)

loading...
 Sumber : Sonora.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]