Netizen Tuding Google Hapus Palestina dari Google Maps


Sabtu, 18 Juli 2020 - 18:58:21 WIB
Netizen Tuding Google Hapus Palestina dari Google Maps Palestina hilang dari google maps

TEL AVIV, HARIANHALUAN.COM - Sebuah unggahan menjadi viral di kalangan pengguna media sosial dan menuduh Google menghapus Palestina dari peta digital. 

Unggahan tersebut menyajikan tangkapan layar Google Maps menunjukkan wilayah Tepi Barat dan Jalur Gaza bersanding dengan Israel, tanpa ada kata Palestina di gambar tersebut.

Netizen ramai-ramai mengklaim Palestina telah dihapus dari peta online, baik di Google Maps maupun di Apple Maps sebagaimana dilansir dari Arab News, Kamis (16/7/2020). 

"Google tidak tahu malu! Beraninya mendukung Israel dan menghapus Palestina dari Google Maps," tulis pengguna Twitter @hassan_sheikh4. Kejadian serupa pernah terjadi pada 2016. 

Saat itu, ketika pengguna media sosial mengklaim hal yang sama, pihak Google mengatakan bahwa Palestina tidak pernah ada di petanya. 

"Tidak pernah ada label Palestina di Google Maps," ujar seorang juru bicara Google. Kendati demikian juru bicara tersebut mengakui ada bug yang menghapus label untuk Tepi Barat dan Jalur Gaza. 

"Kami sedang bekerja dengan cepat untuk membawa label ini kembali ke area tersebut," kata juru bicara tersebut.

Sementara itu akun Twitter @emyq24 mengatakan Google memang tidak pernah mencantumkan label Palestina pada Google Maps. "Inilah alasan mengapa meneliti sendiri sangat penting [untuk dilakukan]," tambah akun Twitter @emyq24 sembari mengunggah pernyataan dari pihak Google. 

Unggahan tersebut terjadi setelah Presiden Israel Benjamin Netanyahu berjanji untuk mencaplok beberapa bagian di Tepi Barat. Rencana tersebut menuai kritik keras dari negara-negara di dunia dan menyebutnya sebagai pelanggaran hak asasi manusia.(*)

loading...
 Sumber : kompas.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 04 Oktober 2020 - 06:23:43 WIB

    Waduh! Trump Positif Corona Jadi Bahan Olok-olok Netizen China

    Waduh! Trump Positif Corona Jadi Bahan Olok-olok Netizen China HARIANHALUAN.COM - Berita Presiden Amerika Serikat, Donald Trump terinfeksi virus corona dijadikan bahan olok-olok oleh netizen China.Para netizen juga banyak yang berterima kasih atas kondisi Trump lantaran telah memberikan .
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 18:21:19 WIB

    Penampakan Objek Misterius di Langit Jepang Bikin Heboh, Netizen Sebut UFO

    Penampakan Objek Misterius di Langit Jepang Bikin Heboh, Netizen Sebut UFO HARIANHALUAN.COM - Penampakan objek misterius berwarna putih di langit Jepang bikin heboh. Netizen pun sampai saat ini masih mengeluarkan berbagai macam spekulasi mulai dari UFO sampai propaganda dari Korea Utara..
  • Kamis, 08 Juni 2017 - 20:51:00 WIB

    Netizen Curhat, Ada Pengamen yang Memalak di Bukittinggi

    Netizen Curhat, Ada Pengamen yang Memalak di Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM—Aksi premanisme kerap terjadi di lokasi yang ramai dikunjungi wisatawan, tak terkecuali di Kota Bukittinggi. Tak hanya pengunjung dari luar kota yang resah akibat ulah preman, tetapi warga kota.
  • Kamis, 21 Juli 2016 - 18:15:24 WIB

    Pembunuhan Penjual Lontong Tuai Komentar Netizen

    Pembunuhan Penjual Lontong Tuai Komentar Netizen PADANG, HALUAN - Kematian Isniwarti (49), seorang pedagang lontong di kawasan Kalumbuk, Kecamatan Kuranji pada (20/7) sekitar pukul 15.00 WIB oleh tukang daging di depan kediamannya mendapat beragam tanggapan dari netizen. .

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]