Gugus Tugas Covid-19 Dharmasraya Karantina Satu Pasien Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala


Sabtu, 18 Juli 2020 - 18:08:30 WIB
Gugus Tugas Covid-19 Dharmasraya Karantina Satu Pasien Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala Ilustrasi liputan6.com

HARIANHALUAN.COM - Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dilaporkan telah melakukan upaya karantina terhadap satu orang pasien Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pulau Punjung.

"Pasien yang dikarantina adalah pasien 30 atas nama Tuan SA (25), warga asal Jawa Timur yang tanpa sengaja menularkan virus Covid-19 dan telah terjadi transmisi lokal di kawasan Kecamatan Padang Laweh dengan jumlah total hingga hari ini sebanyak 5 kasus baru , " ungkap Juru Bicara Gugus Tugas setempat, dr Rahmadian, di Dharmasraya, Sabtu (18/07).

Ia menambahkan, upaya penanganan lain yang telah dilakukan pihaknya terhadap seluruh pasien Kasus Konfirmasi, Kasus Suspek dan Kasus Kontak Erat, selain melakukan karantina terhadap pasien 30, melakukan upaya isolasi mandiri bagi 5 orang, melakukan perawatan terhadap 3 pasien positif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh dan merujuk pasien 28 atas nama Ny MJ yang merupakan salah satu pasien kasus konfirmasi baru ke Rumah Sakit Semen Padang Hospital di Padang.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga telah melakukan swab test terhadap kasus kontak erat hasil tracing terhadap 5 pasien Kasus Konfirmasi yang baru tersebut, yang hingga saat ini sudah berjumlah mencapai 74 orang.

"Dengan demikian, total pemeriksaan Swab Test sampai 18 Juli 2020 tercatat sebanyak 2.342 orang, dengan hasil 30 orang terkonfirmasi positif (+), 20 orang dinyatakan sembuh setelah melalui konversi 2 kali hasil negatif (-), dan sisanya masih dalam penanganan pihak gugus tugas dan tim medis, " jelasnya.

Terkait upaya penanganan penyebaran agar tidak makin meluas, ia mengungkapkan pihaknya masih akan melakukan upaya tracing dan melakukan swab test jika ditemukan masih ada laporan tentang adanya kasus kontak erat di daerah transmisi lokal Padang Laweh atau wilayah lainnya berdasarkan riwayat perjalanan masing-masing pasien kasus konfirmasi.

"Diharapkan seluruh masyarakat tetap tenang dan diminta menerapkan standar protokol kesehatan lebih ketat lagi, bagi individu yang merasa pernah atau memiliki informasi tentang riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 selama 14 hari sebelumnya, agar segera melapor ke pihak gugus tugas dan atau petugas medis terdekat untuk diambil tindakan penanganan guna memutus mata rantai penyebaran virus tersebut," imbaunya.

Sebelumnya, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mengkonfirmasi lima kasus positif baru masyarakat yang terpapar virus Covid-19.

"Empat diantaranya tercatat sebagai petugas medis dan staf Puskesmas Padang Laweh, Kecamatan Padang Laweh," Kata Juru Bicara Gugus Tugas setempat, dr Rahmadian, di Dharmasraya, Jum'at (17/07/2020). (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]