Suami Jual Istri demi Lunasi Hutang di Tanah Datar, Ini Kata PPA Sumbar


Jumat, 17 Juli 2020 - 20:22:27 WIB
Suami Jual Istri demi Lunasi Hutang di Tanah Datar, Ini Kata PPA Sumbar Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Demi melunasi utang seorang suami diduga menjual istri kepada pria lain terjadi di Kampung Galapung, Jorong Koto Gadang, Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar). Hal tersebut bermula utang piutang yang dimiliki HS kepada N dan membayarnya dengan istri berinisial T.

Namun, saat ini HS membawa kabur istrinya T ke luar dari kampung halaman. Laporan yang dibuat pada 27 Juni 2020 ke Polsek Lintau Buo tidak diterima polisi karena tidak ada T, sebagai orang yang menjadi korban. Menanggapi hal tersebut PPA Provinsi Sumatra Barat mengaku belum mengetahui kasus tersebut.

"Kasus itu belum kami dengar secara pasti bagaimananya. Sebab, kasus yang seperti itu harus disurvei secara langsung. Dari kabupaten sendiri belum ada masuk laporan," kata Kabid Perlindungan Anak Provinsi Sumbar Eva saat dihubungi Harianhaluan.com, Jumat (17/7).

Secara umum, Eva menyebutkan skema pengurusan kasus tersebut. Ketika korban sudah melaporkan pada petugas kepolisian nantinya PPA daerah setempat akan meninjau langsung ke tempat korban dan akan mendampingi kasus tersebut.

Sebelum itu, modus yang dilakukan oleh pelaku harus diketahui secara jelas. Sehingga dapat dilakukan penyelidikan lanjutan. Eva juga menyebutkan PPA akan melindungi korban dan memberikan langkah hukum yang tepat.

"Harus diketahui dulu apa motif hal tersebut dilakukan. Setelah tahu apa motifnya nantinya PPA akan memberikan perlindungan korban saat menjalani pemeriksaan," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang suami tega menjual istrinya untuk melunasi hutang. Korban dijual ke temannya dengan nilai Rp 4 juta. Selain itu pelaku juga kerap melakukan tindak kekerasan kepada korban. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]