Jessica Iskandar Idap Penyakit Takikardia, Apa itu?


Jumat, 17 Juli 2020 - 20:04:25 WIB
Jessica Iskandar Idap Penyakit Takikardia, Apa itu? Jessica Iskandar

HARIANHALUAN.COM - Kabar kurang mengenakkan datang dari aktris sekaligus presenter, Jessica Iskandar. Wanita yang kerap disapa Jedar itu, kondisi kesehatannya sedang menurun beberapa bulan terakhir. Ibu satu anak ini mengaku, dirinya sedang mengidap penyakit takikardia. Apa itu? 

Dilansir WebMD, takikardia merupakan suatu kondisi yang membuat jantung berdetak lebih dari 100 kali per menit. Penyakit ini ada tiga jenis, yaitu:

Supraventricular

Ini terjadi ketika sinyal listrik di ruang atas organ salah dan menyebabkan detak jantung menjadi cepat. Detaknya begitu cepat sehingga tidak bisa diisi dengan darah sebelum berkontraksi. Hal itu mengurangi aliran darah ke seluruh tubuh. 

Ventrikel

Ini adalah kondisi detak jantung yang cepat yang terjadi di ruang bawah jantung. Hal ini terjadi ketika sinyal listrik di 'kamar-kamar' ini menyala dengan cara yang salah. Sekali lagi, jantung berdetak sangat kencang hingga tidak bisa diisi dengan darah atau dipompakan ke seluruh tubuh. 

Sinus takikardia

kondisi ini terjadi ketika alat pacu jantung alami mengirimkan sinyal listrik lebih cepat dari biasanya. Jantung akan berdetak lebih cepat, tetapi tidak berdetak seperti seharusnya. 

Banyak hal yang menjadi penyebabnya. Di antaranya olahraga berat, demam, ketakutan, stres, gelisah, dan konsumsi obat-obatan tertentu. Penyakit ini juga bisa dipicu oleh anemia, tiroid terlalu aktif, atau kerusakan akibat serangan atau gagal jantung. 

Beberapa gejala yang mungkin dirasakan saat menderita takikardia jenis apapun, antara lain pusing, sakit kepala ringan, sesak napas, nyeri dada, dan palpitasi jantung. Dalam kasus yang ekstrem, penderitanya bisa tidak sadar atau mengalami serangan jantung. 

Namun terkadang, detak jantung yang super cepat, tidak menimbulkan gejala sama sekali. Biasanya jika sudah begini, dokter akan memutuskan tindakan terbaik, sesuai dengan hasil tes yang kamu jalani. Beberapa tes yang harus dijalani di antaranya, elektrokardiogram (EKG), tes stres olahraga, dan pencitraan sumber magnetik. (*)

loading...
 Sumber : vivanews.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 11 September 2020 - 18:59:28 WIB

    Sempat Putus, Jessica Iskandar - Richard Kyle Kembali Intim Usai Pindah ke Bali

    Sempat Putus, Jessica Iskandar - Richard Kyle Kembali Intim Usai Pindah ke Bali HARIANHALUAN.COM - Sempat putus, Jessica Iskandar dan Richard Kyle kepergok menghabiskan waktu bersama di Bali. Hubungan keduanya yang diketahui kandas pada pertengahan Juli lalu cukup membuat publik heboh ketika melihat kedu.
  • Selasa, 01 September 2020 - 11:18:02 WIB

    Jessica Iskandar Unggah Video Banjir Air Mata, Ada Apa?

    Jessica Iskandar Unggah Video Banjir Air Mata, Ada Apa? HARIANHALUAN.COM - Jessica Iskandar nampaknya sedang sedih dan tak bisa membendung air mata nya sehingga Jessica mengunggah sebuah video saat sedang menangis. Dalam keterangan video tersebut, janda satu anak itu pun mengaku b.
  • Ahad, 23 Agustus 2020 - 23:43:15 WIB

    Ginger Menjadi Anggota Baru Keluarga Jessica Iskandar

    Ginger Menjadi Anggota Baru Keluarga Jessica Iskandar HARIANHALUAN.COM - Aktris Jessica Iskandar memperkenalkan anggota baru dalam keluarga kecilnya melalui unggahan Instagram, pada 22 Agustus 2020. Penampakan ‘bayi’ menggemaskan itu ternyata seekor anak anjing yang lucu. .
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 23:12:11 WIB

    Wah, Jessica Iskandar Sudah Dapat Pengganti Richard Kyle

    Wah, Jessica Iskandar Sudah Dapat Pengganti Richard Kyle HARIANHALUAN.COM - Aktris Jessica Iskandar sepertinya sudah melupakan calon tunangannya Richard Kyle. Tidak tanggung-tanggung, Jessica megaku dirinya tengah dekat dengan sang pria..
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 10:19:05 WIB

    Richard Kyle Bantah Matre dengan Jessica Iskandar

    Richard Kyle Bantah Matre dengan Jessica Iskandar HARIANHALUAN.COM - Richard Kyle membantah keras pemberitaan yang menyebut dirinya matra dan pansor kepada artis Jesica Iskandar (Jedar). Hal ini diungkapkannya secara tegas di channel YouTube Melaney Ricardo belum lama ini..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]