Waspada, Kecamatan Padang Laweh Dharmasraya jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19


Jumat, 17 Juli 2020 - 16:59:22 WIB
Waspada, Kecamatan Padang Laweh Dharmasraya jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dr Rahmadian, mengungkapkan Kecamatan Padang Laweh yang merupakan klaster baru penyebaran virus tersebut, sebelumnya merupakan salah satu daerah bebas penyebaran Covid-19 atau Zona Hijau. 

"Hingga memasuki masa pelaksanaan tatanan Kenormalan Baru, atau New Normal, tidak ditemukan adanya kasus positif di daerah itu setidaknya hingga 03 Juli 2020 saat salah seorang warga Jawa Timur, Tn SA, datang ke daerah tersebut atas undangan Tuan U, sebagai penceramah dalam sebuah acara pengajian keagamaan," jelasnya, Jumat (17/07). 

Menurutnya, terdeteksinya Tuan U sebagai Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala, berawal dari keikutsertaan yang bersangkutan sebagai calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang salah satu syaratnya adalah melakukan swab test dalam rangka pelaksanaan pemilu bebas Covid-19 oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. 

Dari hasil test tersebut, lanjutnya, diketahui ada tiga Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala yang salah satunya adalah Tuan U, dan saat ini ketiga pasien tersebut sudah dilakukan tindakan isolasi bagi mereka selama 14 hari sejak dinyatakan positif. 

"Dari hasil tracing kasus tersebut, Tuan SA dinyatakan positif terpapar Covid-19 dan pada tracing lanjutan terhadap riwayat kontak erat dua Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala ini, ditemukan sebanyak 4 orang tenaga medis Puskesmas Padang Laweh ikut terpapar dan saat ini juga berstatus Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala," ulasnya. 

Saat ini, pihaknya terus berupaya melakukan upaya tracing mendalam terhadap seluruh riwayat kontak erat terhadap 8 kasus konfirmasi tanpa gejala tersebut. 

"Seluruhnya sudah dilakukan swab tes dan masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium, untuk sementara sebanyak 40 orang yang terdiri dari tenaga medis dan staf Puskesmas Padang Laweh sudah dilakukan upaya isolasi," sebutnya. 

Terkait adanya kemungkinan meluasnya sebaran virus tersebut, ia mengatakan hal itu bisa saja terjadi jika tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan standar protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari melemah. 

"Ini merupakan bukti kalau saat ini situasi belum aman dari pandemi Covid-19, tetap waspada dan periksakan diri segera jika mengalami gejala Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), panas tinggi dan sesak nafas, "imbaunya. 

Sebelumnya, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mengkonfirmasi lima kasus positif baru masyarakat yang terpapar virus Covid-19.

"Empat diantaranya tercatat sebagai petugas medis dan staf Puskesmas Padang Laweh, Kecamatan Padang Laweh," kata Juru Bicara Gugus Tugas setempat, dr Rahmadian, di Dharmasraya, Jumat (17/07).(*)
 

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 Juli 2020 - 16:05:47 WIB

    Waspada, BMKG Prediksi Hujan Disertai Petir Terjadi di Sumbar Sore Ini

    Waspada, BMKG Prediksi Hujan Disertai Petir Terjadi di Sumbar Sore Ini HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Padang Pariaman memprediksi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Sumbar dimulai pukul 15.10 WIB, Minggu (1.
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 20:57:55 WIB

    Waspada, Besok Ada Potensi Gelombang Tinggi 3 Meter di Perairan Pesisir Barat Bengkulu

    Waspada, Besok Ada Potensi Gelombang Tinggi 3 Meter di Perairan Pesisir Barat Bengkulu HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur kembali mengeluarkan prediksi cuaca dan potensi gelombang untuk hari besok, Jumat (3/7/2020), pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB..
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 17:48:00 WIB

    Waspada, 2 Kasus Positif di Sumbar Ternyata Imported Case

    Waspada, 2 Kasus Positif di Sumbar Ternyata Imported Case HARIANHALUAN.COM - Dua dari tiga kasus penambahan positif Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) hari ini berasal dari imported case atau kasus impor dari luar Sumbar. Sehari sebelumnya, satu tambahan kasus positif juga dilaporka.
  • Kamis, 09 November 2017 - 22:04:12 WIB

    Waspada, Potensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Sumbar

    Waspada, Potensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Sumbar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM—Masyarakat Sumatera Barat dihimbau waspada terhadap cuaca dalam tiga hari ke depan. Diprediksi hujan lebat, angin dan gelombang tingi menerjang sebagian wilayah Sumbar..
  • Kamis, 02 Maret 2017 - 09:34:18 WIB

    Waspada, Cuaca Sumbar Tidak Menentu

    Waspada, Cuaca Sumbar Tidak Menentu PADANG, HALUAN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Ketaping, Padang Pariaman, menyatakan dinamika cuaca di provinsi itu masih berpotensi berubah-ubah walaupun sudah memasuki perpindahan musim basah ke kering..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]