Harian Haluan

Harianhaluan.com

Kecelakaan Beruntun

2 Rumah Hancur, Minyak Berserakan di Jalan Padang Solok

2 Rumah Hancur, Minyak Berserakan di Jalan Padang Solok
Kondisi truk tangki mengalami ringsek berat setelah menghantam rumah warga pada kecelakaan beruntun di Jalan Lintas Sumatera Nagari Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Senin (11/1). (YUTIS WANDI) 

AROSUKA, HALUAN — Tabrakan beruntun yang melibatkan dua truk dan satu minibus dan satu pikap terjadi ruas jalan Padang-Solok di penurunan Nagari Koto Gadang Guguk, Keca­matan Gunung Talang, Ka­bupaten Solok, Senin (11/1) sekitar pukul 18.30 WIB. Hingga berita ini ditu­run­kan, belum ada laporan kor­ban jiwa dalam peristiwa ini.

Peristiwa ini sendiri diduga dipicu salah satu truk bermuatan makanan ayam mengalami rem blong. Truk bernomor polisi BE 9896 BR itu meluncur deras dari arah Padang menuju Kota Solok. Kondisi jalan menu­run dan  baru diperbaiki,  membuat truk ini semakin tak bisa dikendalikan. Sam­pai di simpang tugu Nagari Koto Gadang Guguk  truk ini menghantam 1 unit To­yota Kijang LGX Nopol BA 1476 BC hingga terbalik dan masuk ke pekarangan rumah warga.

Bersamaan dengan itu, truk tangki Nopol BA 9209 AQ bermuatan bensin yang berada di depannya pun dihantam dari belakang. Truk tanki inipun tak bisa dikendalikan dan meluncur deras hingga menghantam 2 unit rumah warga yang bera­da di pinggir jalan. Akibat­nya truk tengki terbalik kesisi kiri jalan dan rebah kuda dan menumpahkan bensin muatannya. Di ba­wah truk tanki itu juga ter­lihat 1 unit sepeda motor, namun belum diketahui apakah sepeda motor ini juga ada pengendaranya ketika di tabrak oleh truk tangki ini.

Kondisi minibus Toyota Kijang LGX mengalami rusak berat sementara L 300 Pikap mengalami rusak ri­ngan di bagian sisi kanan. Se­mentara kendaraan truk dengan Nopol BE 9896 BR yang diduga mengalami rem blong itu baru bisa berhenti sekitar 1 Km dari kejadian setelah menabrak din­ding jalan di tikungan Pasar Baru Guguk.

Begitu kecelakaan berun­tun ini terhenti, warga justru resah. Bensin yang dibawa truk tangki itu tumpah ke jalan dan membuat warga di sekitar lokasi khawatir terjadinya kebakaran.

Untuk mengantisipasi ke­mung­kinan terburuk, 2 unit mobil damkar dari BPBD Kab. Solok juga disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya keba­karan dan ledakan truk tangki ini. Bahkan hingga berita ini ditu­runkan, suasana di Nagari Koto Gadang Guguk masih gelap gulita karena pihak PLN juga memadamkan listrik. Akibat kejadian  juga membuat kema­cetan panjang  di jalur yang terkenal padat lalu lintas ini.

“Warga yang berada di sekitar truk tangki untuk tidak merokok, untuk menghindari kebakaran. Polisi juga telah memasang garis batas (police line),” tutur Armen Prawira, tokoh pemuda setempat.

Belum jelas kondisi korban jiwa dalam peristiwa tersebut karena petugas kepolisian setem­pat masih melakukan penyeli­dikan dan mengamankan lokasi kejadian. Kapolres Solok AKBP Reh Ngenana,melalui Kanit La­ka Ipda Amiswal mengatakan, pihaknya masih melakukan pe­nye­lidikan serta mengamankan kendaraan yang terlibat kece­lakaan serta memintai ketera­ngan para saksi.

“Saat ini sopir truk tangki tengah menjalani perawatan di RSUD Arosuka.  Sedangkan sopir truk Hino kita amankan di Mapolres Arosuka, untuk dimin­tai keterangan,” kata  Amiswal. (h/ndi)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...