Harian Haluan

Harianhaluan.com

Mantan Ajudan Wapres Jabat Kapolda Sumbar

Mantan Ajudan Wapres Jabat Kapolda Sumbar
KAPOLDA Brigjend Pol Drs Basarudin saat berpangkat Kombes mendampingi mantan Wapres Boediono. 

Dalam TR Kapolri No : ST/2718/XII/2015 yang ditandatangani Wakapolri Komjend Drs Budi Guna­wan itu, job Kapolda Sum­bar akan diisi jenderal bin­tang satu lainnya, yakni Brigjend Pol Drs Basarudin. Basarudin adalah jebolan Akpol tahun 1988 dan me­ru­­pakan junior Bam­bang di Akpol. Brigjend Pol Drs Basarudin sendiri sebelum­nya  pernah menjadi Ajudan Wapres Boediono selama tiga tahun sejak 2009 hingga 2012. Setelah itu, ia dimutasi menjadi Wakapolda DIY dan Sumut se­belum akhirnya menjabat sebagai Kepala Biro Perawatan Personil SSDM Polri dan dipercaya se­bagai Kapolda Sumbar pada tahun 2016 ini.

Hanya saja, kapan dilantik, Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi mengaku belum tahu secara pasti detailnya. “Kita tunggu saja kabar dari Mabes Polri kapan waktu pelantikan dan serah terimanya,” ujar Syamsi.

Selain Sumbar, ada enam Kapolda lainnya yang dimutasi, yakni Kapolda Kepri, Jambi, Lampung, Sumsel, Maluku, serta NTT, serta tujuh Wakapolda, yakni Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau dan Banten.

Informasi yang dikumpulkan Haluan dari berbagai sumber, untuk Sumbar, hanya Kapolda saja yang dimutasi dalam rentang waktu akhir tahun ini. Hanya saja, beberapa perwira menengah dan perwira tinggi Polri yang pernah bertugas di Sumbar juga dimu­tasi, seperti Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr. Iza Fadri. Ia dimu­tasi sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sospol. Saat di Sumbar, putra minang ini pernah men­jabat sebagai Kapolres Bukit­tinggi tahun 2004 lalu.

Selain itu, ada nama Kombes Pol Drs Indrajit yang pernah menjabat Dirlantas Polda Sum­bar. Indrajit yang sebelumnya mengemban tugas sebagai Kabid Bin Gakkum Korlantas Polri, dipromosikan sebagai Waka­korlantas yang job bintang satu. Artinya, tak lama lagi, di pundak Indrajit akan menempel bintang satu.  Mantan Dirlantas Polda Sumbar lainnya, Kombes Pol Drs Ibnu Isticha juga bergeser dari Dosen Utama STIK menjadi Dirlantas Polda Jatim.

Mantan Kapolres Sijunjung dan Kapolres Limapuluh Kota, Kombes Priyo Widyanto dimu­tasi sebagai Wakapolda Kali­mantan Selatan. Lalu, mantan Kapolres Dharmasraya dan Ka­polres Padang Pariaman, Kom­bes Pol Drs Arum Priyono  dimutasi dari Dir Sabhara Polda Maluku menjadi Dir Sabhara Polda Papua. (h/mg-adl)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...