Harian Haluan

Harianhaluan.com

SMKN 1 Batipuh Miliki Randai Palimo Gaga

Tahun 2016 Dipercaya Gelar UN Berbasis Komputer

Tahun 2016 Dipercaya Gelar UN Berbasis Komputer
SUASANA penampilan Randai Palimo Gaga milik SMKN 1 Batipuh pada acara pentas seni dan Class Meeting di pelataran sekolah, Senin (21/12) kemarin. (IWAN DN) 

“Jika seseorang memili­ki inovasi dan selalu ber­kreasi dalam ragam ilmu,   bahkan ilmu melawak se­kalipun dikuasai, akan bisa menjadi pekerjaan dan  sum­ber ekonomi,” ujar ketua komite SMKN 1 Batipuh HN Dt Simarajo dalam acara Pentas Seni dan Class Meting  yang berlangsung di SMKN 1 Batipuh,  Senin (21/12) kemarin.

Hal itu juga didukung  Kepala Dinas Pendidikan Tanah Datar yang diwakili M Siregar.  Ia meminta agar siswa dan guru selalu me­ngikuti kemajuan teknologi. Para  guru harus selalu berinovasi mengikuti  tek­no­logi yang berkembang saat ini.

Banyak contoh yang ter­ja­di,  meski sudah mengan­tongi ijazah, belum tentu akan terdampar di dunia usaha atau industri sesuai bi­dang­nya.  Namun karena me­miliki inovasi dan Krea­tivitas di bidang kesenian, mereka akhir­nya lebih suk­ses di­banding ka­wan-ka­wannya yang bekerja se­suai ijazahnya.  Lalu kunci ses­eo­rang itu sukses adalah di­siplin tekun dan tidak me­mandang remeh ragam pe­­ngetahuan yang berkembang saat ini. 

“Meski demikian bukan ber­arti mengabaikan pen­di­dikan di sekolah, karena segala ilmu yang dimiliki suatu saat pasti ada guna­nya,”   ujar M Siregar.

Selain itu Camat Bati­puh Riswandi juga meminta agar  guru maupun siswa mengikuti perkembangan teknologi yang terus ber­gerak maju. Ketika seorang guru hanya mengan­dalkan ilmu yang didapatnya 5 tahun lalu, kemudian di­ajar­kan kepada siswa,  se­men­tara ilmunya itu sudah ter­gilas kemajuan za­man. Con­tohnya guru mengajar­kan tentang ilmu uap se­mentara te­n­aga uap tidak lagi do­minan dipergunakan untuk mengge­rakkan mesin,  maka de­ngan sendirinya penge­tahuan mereka akan jadi  sia sia. Justru itu guru dan siswa harus terus berinovasi me­ngikuti perkembangan tek­nologi agar tidak tergilas oleh kemajuan itu.

“Jika perlu melakukan survei ke berbagai pe­ru­sahaan yang sudah meng­gunakan teknologi tinggi agar guru memiliki penge­tahuan tentang kemajuan yang terjadi untuk selan­jut­nya bisa ditukarkan kepada siswanya,” kata Camat Bati­puh Riswandi.

Kepala SMKN 1 Bati­puh Budi Dharmawan di sela acara pagelaran pentas seni dan Class Meeting menyam­paikan, sekolah yang dipim­pinnya juga me­miliki seni tradisi Randai dengan cerita “ Palimo Gaga” yang dilatih oleh Lidia guru di sekolah ini. Kese­nian itu kata Budi adalah bagian dari pengetahuan eks­tra kuriku­ler sebagai salah satu kreasi dan inovasi bagi siswa selain mene­kuni pe­nge­tahuan yang diajarkan guru di muka kelas.

Dikatakan, pada acara pentas seni dan Class Mee­ting ditam­pilkan randai Palimo Gaga, randai SMKN 1 Bati­puh,  pame­ran hasil karya jurusan, lomba kelas terbaik/ter­bersih,  lomba tarik tam­bang, karaoke, puisi berantai, dan balap karung.

Penampilan Randai Pa­limo Gaga V yang dimain­kan siswa SMKN 1 Batipuh cukup menarik perhatian. De­ngan cerita menarik seka­ligus dibawakan dengan baik dan kocak.

Kepala UPTD Dinas Pendi­dikan Kecamatan Ba­tipuh Baha­ruddin Dt Pa­ngu­lu Rajo yang turut hadir saat randai Palimo Gaga tampil turut  memberikan apresia­sinya. Randai SMKN 1 Bati­puh adalah kreasi seni bagi siswa.   Ha­nya saja masih perlu pena­jaman dan peng­ha­yatan ide cerita yang di­main­­kan. Na­mun secara umum pe­nam­pilan Ran­dai Palimo Gaga cukup bagus, ujar Baharuddin menyam­paikan.

UN Berbasis Komputer 2016

Sejalan dengan ke­ma­juan teknologi, SMKN 1 Batipuh tidak mau  ke­tinggalan.  Setelah me­leng­kapi prasarana berbasis komputer,  SMKN 1 Bati­puh akhir terpilih menjadi salah satu sekolah Kejuruan di Kabupaten Tanahdatar melaksanakan ujian ber­basis komputer.

Kepala SMKN 1 Bati­puh Budi Dharmawan me­nye­butkan, SMKN 1 Bat­i­puh terpilih dari 8 SMK di Tanah Datar menye­leng­garakan ujian nasional (UN) berbasis komputer.  Untuk  meng­hadapi UN tersebut  saat ini tengah dipersiapkan sarana dan prasarananya termasuk pe­ning­katan kemampuan Wifi untuk  mengakses soal ujian yang diki­rim lewat internet.

Budi Dharmawan yang belum setahun memimpin SMKN 1 Batipuh telah menunjukkan kese­riusan­nya membangun lembaga pendidikan Kejuruan yang di­pim­pinnya. Selain me­nambah bebe­rapa gedung dan sarana belajar SMKN 1 Ba­tipuh juga menerima ban­tuan pembangunan ruang praktek ibadah be­rupa musala.

“ Kita sebagai ma­sya­rakat yang dipercaya di komite sekolah bersyukur atas kegigihan kepala seko­lah dalam mewujudkan pem­­­bangunan. Dan yang masih harus dikerjakan asa­lah pagar sekolah dan ada­nya bangunan gedung Serba Guna “ ujar Sy Dt Bijo wakil ketua komite SMKN 1 Bati­puh menambahkan.  (h/one)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...