Harian Haluan

Harianhaluan.com

Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim

Masyarakat Diminta Jaga Keamanan Pasca Pilkada

Masyarakat Diminta Jaga Keamanan Pasca Pilkada
KETUA DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim bersama Ketua DPD RI Irman Gusman, Pj Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek dan lainnya saat melakukan peninjauan ke beberapa tempat pemilihan di Kota Padang, Rabu (9/12). (IST) 

“Usai pelaksanaan Pil­kada ini, biarkan KPU be­kerja menyelesaikan taha­pan rekapitulasi suara hing­ga penetapan calon terpilih nantinya. Semua pihak ka­mi imbau menghormati aturan, jaga keamanan, ja­ngan gang­gu kerja KPU,” tutur Hendra usai mem­berikan hak suara­nya bersa­ma istri di TPS 03, Kelu­rahan Jati Baru, Keca­matan Padang Utara, ke­marin (9/12).

Disampaikannya, apa­pun pu­tu­san KPU dan siapa nanti yang menang, itu mesti diterima ber­sama. Ia juga tak menampik, pasca hari pemilihan, berbagai persoalan akan timbul. Terutama berkaitan dengan tahapan reka­pitulasi, baik untuk Pilgub mau­pun bupati/walikota. Perselisi­han hasil perhitungan antara lembaga survei dan lembaga-lembaga lain dari parpol atau Paslon bisa saja terjadi.

“Masyarakat kami minta ja­ngan terpancing dengan klaim menang dari pihak-pihak lain, sebelum ada putusan final atau hasil pleno KPU,” paparnya.

Untuk itu, Hendra juga me­minta pengawalan terhadap taha­pan penghitungan suara dari pihak keamanan mesti optimal. Jangan ada yang bermain untuk kepentingan pihak-pihak terten­tu. “Sangat rugi jika terjadi mani­pulasi, jika itu terjadi mesti diberi sanksi yang tegas,” ucapnya.

DPRD tambah dia, dari awal juga terus berupaya optimal agar penyelenggaraan Pilkada seren­tak yang pertama kali dilaksa­nakan ini berjalan sukses. Usaha tersebut ditunjukkan dengan dukungan anggaran secara penuh untuk pemilihan gubernur yang jumlahnya lebih dari Rp70 miliar.

Di media massa, para anggota dewan di DPRD Sumbar juga terus mengingatkan pentingnya mem­berikan hak pilih demi kemajuan daerah, sebagai warga negara yang baik. Pada Pilkada kali ini, Hendra berharap partisi­pasi pemilih lebih dari 70 persen. 

Sementara itu, dari segi pe­nye­­lenggaraan, Hendra menilai pengawalan sudah sangat baik, masing-masing TPS juga mem­berikan pelayanan terbaik kepada pemilih. Kepada pemimpin terpi­lih nantinya, Hendra berharap mereka dapat membawa ke­majuan untuk Sumbar. 

“Hari besok mesti lebih baik dari hari ini, siapapun yang terpilih merupakan pilihan kita bersama dan pemimpin kita. Semua mesti mendorong pemim­pin terpilih untuk memacu pem­bangunan dan memajukan Sum­bar lima tahun ke depan,” tu­tupnya.

Pada hari pencoblosan kema­rin, Hendra mewakili DPRD Sumbar juga mengunjungi be­berapa titik strategis seperti lembaga permasyarakatan dan rumah sakit. Hal itu dilakukan bersama unsur pejabat lainnya.  Diantaranya  bersama Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, Ketua DPD RI Irman Gusman, serta Pj Gubernur Sumbar Rey­donnyzar Moenek. 

Sementara, dari hasil reka­pitulasi suara pada TPS 3 tempat  Hendra memilih, pasangan no­mor urut 2 Irwan Prayitno - Nasrul Abit (IP-NA) menang. 

Dari total 221 penguna hak pilih, IP-NA meraup 157 suara, jauh mengungguli pasangan nomor urut 1 Muslim Kasim - Fauzi Bahar (MK-FB) yang men­dapatkan 60 suara, sedangkan suara yang tidak sah hanya 4. (h/adv)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...