Harian Haluan

Harianhaluan.com

Irman Gusman Mencoblos di Padang

DPD RI Pantau Pilkada Serentak

DPD RI Pantau Pilkada Serentak
 

“Pak Irman mencoblos di TPS komplek rumahnya di Dangau Teduh, Keluharan  Piai Tengah, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Setelah itu lang­sung meninjau dan memantau jalannya Pilkada di Sumatera Barat. Hal serupa juga dilakukan Ibu Emma Yohanna dan Pak Nofi Chandra serta anggota DPD lainnya dari ber­bagai provinsi di Tanah Air,” kata Wakil Sekjend DPD RI Zul Evi Astar, kepada Haluan, Selasa (8/12).

Senator asal Sumbar tersebut me­nin­jau TPS bersama dengan Pj Gu­bernur Sumbar Reydonnyzar Moe­nek, Forkopimda Sumbar, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Husni Kamil Manik, Ketua KPU Sumbar Amnasmen, Ketua Banwaslu Sumbar  Elly Yanti dan lainnya. TPS yang akan ditinjau yakni, TPS Lapas Muaro Padang, RSUP M Djamil Padang dan TPS di kawasan Pondok.

Irman Gusman, sebagaimana diulas kembali oleh Zul Evi Astar mengajak agar masyarakat Sumbar dan masyarakat lainnya di tanah air yang di daerahnya hari ini melak­sanakan Pilkada, untuk tidak golput (tidak memilih/tidak menggunakan hak suaranya). Karena golput akan mengurangi kualitas Pilkada itu sendiri.

“Masyarakat yang memiliki hak pilih mesti datang ke TPS memberikan hak suaranya. Ka­rena dengan begitulah kita semua dapat mengubah nasib daerah dan bangsa secara bersama-sama,” ulas Zul Evi.

Juga diingatkan agar pemilih dan para calon tidak melakukan praktik money politics. Sebab praktik money politics akan me­nyisakan persoalan besar yang terus akan membebani bangsa Indonesia ke depan. Praktik mo­ney politics adalah embrio dari segala tindak pidana korupsi yang selama ini menggerogoti bangsa Indonesia.

Berikutnya Irman, sebut Zul juga mengimbau agar penye­leng­gara Pilkada dapat melak­sanakan tugas mulia sebagai pelaksana Pilkada dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya, independen dan netral. Karena salah satu kunci kesuksesan Pilkada ada pada penyelenggara. Namun dia yakin, di zaman keterbukaan sekarang, pelaksa­naan Pilkada akan dapat berjalan dengan baik, karena nyaris semua orang bisa memantau setiap proses tahapan pelaksanaan Pilkada.

Ketua DPD Irman Gusman usai mencoblos dan meninjau sejumlah TPS di Padang, pada siang harinya sekitar pukul 14.00 WIB akan kembali lagi ke Jakar­ta untuk mengikuti kegiatan kenegaraan lainnya. (h/erz/adv)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...