Harian Haluan

Harianhaluan.com

Ayo Kawal Pilkada Rabu, 9 Desember

Ayo Kawal Pilkada Rabu, 9 Desember
Hendra Irwan Rahim 

Hal tadi di­sam­pai­kan, karena Pilkada se­ren­tak ini pertama kali di­lak­sanakan di Indonesia. Tentunya berpotensi konflik.  “Kita harus mengawal agar tak ada sengketa di ma­syarakat,” kata Hendra kepada wartawan, Senin (7/12).

Disampaikan Hendra, dalam pelaksanaan Pilkada, yang bertanggungjawab bukan hanya lembaga pe­nyelenggara pemilu saja, namun juga seluruh lembaga pe­merin­tahan lainnya. Begitu juga partai politik dan seluruh masyarakat. Dengan begitu akan bisa dicapai Pilkada badunsanak yang telah diikrarkan pemerintahan Sum­bar.

Politisi dari Fraksi Golkar ini juga meminta, petugas pelaksana pemilu, mulai dari petugas di TPS-TPS hingga KPU dan Ba­was­lu agar bekerja seoptimal mungkin. Lakukan pekerjaan dan pengawasan pemilu dengan se­baik-baiknya. Sehingga hasil dari Pilkada akan benar-benar sesuai dengan harapan masyarakat.

Menurut dia, apapun hasil Pilkada di 13 kabupaten/kota dan provinsi nantinya harus diterima dengan lapang dada. Siapapun yang ditetapkan sebagai peme­nang harus didukung demi kemajuan daerah. 

Selain itu, Hendra m­e­ne­gaskan agar semua masyarakat un­tuk menggunakan hak suara pa­da hari pemungutan Pilkada. Te­rutama mereka yang memiliki hak pilih. Pilkada, kata dia, me­ru­­pakan kewajiban dan hak se­mua masyarakat. Ini me­rupa­kan wujud peran serta tiap orang un­­tuk berkontribusi bagi kema­ju­an daerah.  “Lima tahun pem­ba­­­ngunan dan kemajuan Sumbar dan ka­bupaten kota ditentukan pa­da hari itu. Jangan sampai gol­put. Gu­nakan hak pilih,” ujar­nya. 

Momen Pilkada merupakan hak semua masyarakat. Nan­tinya, pemimpin yang dipilih juga merupakan kehendak mayoritas masyarakat. Sehingga diperlukan pempimpin yang mampu meng­gebrak semua kelemahan selama ini un­t­uk kemajuan daerah dan Sum­bar ke depan. 

DPRD sebagai lembaga pe­ngawas, tambahnya, berharap pemimpin yang terpilih meru­pakan pemimpin yang bisa mewu­judkan kebaikan untuk 13 ka­bupaten kota dan provinsi yang ikut Pilkada serentak ini.

“Laksanakan visi dan misi dengan total. Tunaikan janji pada masyarakat saat kampanye,” tegasnya. 

Lebih lanjut, ia berharap bupati/walikota dan gubernur terpilih bisa mewujudkan semua kon­sep dan langkah pem­ba­ngu­nan strategis di daerah ma­sing-ma­sing. Tentu disesuaikan de­ngan rancangan pembangunan jang­ka menengah daerah (RPJ­MD) masing-masing. Tak kalah pen­ting semua langkah dan kebij­akan yang diambil harus pula ber­­pihak pada masyarakat. (h/adv)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...