A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined index: lead

    Filename: web/bg_kategoribadan.php

    Line Number: 23

    Backtrace:

    File: /var/sentora/hostdata/zadmin/public_html/harianhaluan_com/application/views/web/bg_kategoribadan.php
    Line: 23
    Function: _error_handler

    File: /var/sentora/hostdata/zadmin/public_html/harianhaluan_com/application/controllers/News.php
    Line: 947
    Function: view

    File: /var/sentora/hostdata/zadmin/public_html/harianhaluan_com/index.php
    Line: 292
    Function: require_once

  • Artikel
    Minggu,06 November 2016 - 16:06:48 WIB
    Meninjau Ulang Maaf untuk Ahok

  • A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined index: lead

    Filename: web/bg_kategoribadan.php

    Line Number: 23

    Backtrace:

    File: /var/sentora/hostdata/zadmin/public_html/harianhaluan_com/application/views/web/bg_kategoribadan.php
    Line: 23
    Function: _error_handler

    File: /var/sentora/hostdata/zadmin/public_html/harianhaluan_com/application/controllers/News.php
    Line: 947
    Function: view

    File: /var/sentora/hostdata/zadmin/public_html/harianhaluan_com/index.php
    Line: 292
    Function: require_once

  • Artikel
    Selasa,18 Oktober 2016 - 14:24:52 WIB
    Ujaran Ahok, Al Maidah 51, dan Linguistik

BERITA opini

Jumat,14 April 2017 - 21:33:47 WIB

*PDRI, Chatib Sulaiman, dan Peristiwa Situjuah Batur*

Dalam lembaran sejarah Indonesia, Sumatra Barat diposisikan sebagai daerah yang banyak melahirkan para pemikir dan penggegas kemerdekaan, sebut saja diantaranya Mohammad Hatta, Haji Agus Salim, Tan Malaka, Sutan Syahrir, Muhammad Yamin, Buya Hamka, Mohammad Natsir, Abdul Moeis, Rasuna Said, dan lain sebagainya. Pada harian Kompas, tanggal 7 Maret 2017 sebuah tulisan memaparkan mengenai keterlibatan tokoh asal Sumatra Barat tersebut dalam pergerakan kebangsaan Indonesia, hal menarik dari tulisan tersebut adalah mengenai judulnya yakni Minangkabau “Rumah” Para Pendiri Bangsa. Adalah suatu yang tidak berlebihan untuk dipaparkan karena memang pada kenyataannya Sumatra Barat telah banyak melahirkan tokoh yang sangat berperan dalam mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia, baik yang berperan di tingkat lokal Sumatra Barat maupun pada tingkat nasional.

Jumat,07 April 2017 - 21:04:47 WIB

Depati Parbo: Pewaris Perang Paderi dari Kerinci

Jika dalam sejarah Sumatra Barat kita pernah mendengar nama Tuanku Imam Bonjol yang sangat melegenda atas perjuangannya melawan Belanda, maka dalam sejarah Kerinci kita mengenal nama Depati Parbo sebagai tokoh sentral menentang kekuasaan Belanda tersebut.

Kamis,30 Maret 2017 - 12:50:07 WIB

Budaya, Kebudayaan dan Budayawan

Lahirnya Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat (DK) baru-baru ini patut kita syukuri, perlu dihargai dan dimaknai sebagai sebuah sikap mulai adanya kepedulian dan kesungguhan pemerintah dan lembaga terkait lainnya terhadap persoalan kebudayaan Ranah Minangkabau ini.

Kamis,23 Maret 2017 - 18:20:52 WIB

Adibahasa

Sudah pernah mendengar kata Adipura? Ya, sebuah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada daerah yang terjaga kebersihannya. Bagaimana dengan Adibahasa? Saya yakin belum banyak yang mengenal kata tersebut. Adibahasa adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada provinsi yang menggunakan (mengutamakan) bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik dalam naskah dinas (surat, laporan, dokumen kebijakan tentang bahasa dan sastra, dll.) maupun dalam media luar ruang (ruang publik).

Rabu,22 Maret 2017 - 17:04:23 WIB

Minang, Palembang, Riau Tak Punya Aksara?

Kita tahu bahwa pada abad ke-4 M Nusantara mulai mengenal aksara Palawa berbahasa Sanskerta. Aksara itu merupakan suatu budaya baru yang dibawa dari India lewat penyebaran agama Hindu dan Budha. Aksara itu tertulis pada prasasti tertua di Nusantara, terdapat di Kutai kuno (322 ?aka/400 M). Itu sebabnya abad itu dianggap sebagai akhir masa prasejarah dan awal masa sejarah Nusantara.

Selasa,21 Maret 2017 - 16:15:47 WIB

Ayo Berbahasa Minangkabau

Kamis, 16 Maret 2017, situs www.cendananews.com › Lintas Nusa › Sumatera Barat memberitakan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (melalui Dinas Kebudayaan Sumatra Barat) akan membuat kebijakan tentang penggunaan bahasa Minangkabau (BM) dalam rumah tangga.

Jumat,24 Februari 2017 - 17:08:52 WIB

Melecehkan Bahasa Indonesia melalui Kegiatan Literasi

Salah satu cara melecehkan bahasa Indonesia melalui kegiatan literasi adalah menyelenggarakan acara literasi, seperti diskusi dan pameran buku, dengan menamai acara tersebut menggunakan bahasa Inggris.

Kamis,05 Januari 2017 - 01:11:36 WIB

Kondisi TKI di Saudi Arabia dan Permasalahannya

Kondisi TKI di Saudi Arabia dan Permasalahannya Oleh: Efri Yoni Baikoeni

Jumat,30 Desember 2016 - 01:18:31 WIB

(REFLEKSI AKHIR TAHUN)

Mengembalikan Ruh Kebangsaan

Tanpa terasa tirai 2016 akan segera ditutup labuhnya dan tirai 2017 akan segera dijurai. Semua itu bermakna, bahwa sudah hampir setahun perjalanan kehidupan kita di tahun 2016. Dan sepanjang tahun itu pula sudah banyak warna-warni kehidu­pan yang melintasi langit kehidupan kita, termasuk kehidupan kebangsaan.

Kamis,29 Desember 2016 - 00:24:30 WIB

(TANGGAPAN TULISAN FADILA RAHMI)

Menguatkan Regulasi Menghadapi Serbuan Tenaga Kerja Asing

Salah satu tujuan negara Indonesia dalam pembukaan UUD 1945 alinea IV adalah untuk mening­katkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Untuk menca­pai tujuan tersebut, maka syaratnya rakyat harus bekerja guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mendapatkan pekerja­an merupakan hak setiap warga negara Indonesia seba­gai­mana tercantum dalam Pasal 27 ayat (2) UUD 1945.

Rabu,28 Desember 2016 - 01:48:57 WIB

REFLEKSI 2016 DAN RESOLUSI 2017

Meneguhkan Revolusi

Penutup tahun ini penulis sengaja me­­ngangkat judul Refleksi 2016 dan Resolusi 2017 dengan me­ngu­­na­kan kata revolusi. Kata re­volusi yang dipilih bukan bermaksud untuk meng­ga­lang kekuatan merebut pe­nga­ruh, apalagi merebut ke­ku­a­saan dari pemerintah yang sah, sama sekali tidak.

Selasa,27 Desember 2016 - 00:52:14 WIB

Menghadapi Serbuan Tenaga Kerja Asing

Baru-baru ini berhembus kabar bahwa­sanya akan didatang­kan juta-an tenaga kerja asing (TKA) ke Indonesia. Hal terse­but tentu menjadi kabar buruk ditelinga masyarakat Indonesia, karena masalah pengangguran hari ini pun menjadi masalah yang krusial dalam menumbuhkan pere­konomian.

Minggu,25 Desember 2016 - 12:51:03 WIB

Tata Kelola Seni dari Negeri Kiwi

Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengirim 49 pegiat budaya selama tiga minggu ke Selandia Baru, 13 November hingga 4 Desember 2016 lalu. Peserta dari program ini mengikuti pelatihan, pendidikan, serta membuka kesempatan untuk kerjasama proses kreatif dan tata kelola seni dalam kerangka pengembangan seni-budaya dan penelitian yang berkaitan dengan tradisi edukasi dan cakupan akademis. Kegiatan ini terpusat di kota Auckland dan Wellington, dengan Auckland University of Technology (AUT) sebagai mitra kerja Kemdikbud yang menyiapkan seluruh program budaya secara detil untuk para pegiat budaya Indonesia.

Sabtu,24 Desember 2016 - 01:51:54 WIB

Peran Ibu di Dunia Politik

Perempuan dalam konteks gender dide­finisikan sebagai sifat yang melekat pada seseorang untuk menjadi feminism (bersifat kewanitaan). Sebelum lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, peran perempuan sudah ada dalam dunia politik , di era Kolonialisme Belanda kita mengenal RA Kartini, ia lahir seba­gai pemimpin perem­puan yang memper­juangkan kebebasan dan peranan perem­puan melalui eman­sipasi dalam bidang pendidikan.

Jumat,23 Desember 2016 - 01:43:32 WIB

Bukittinggi Kota Juang

Sejak pemboman Bukittinggi pada pagi hari 19 Desember 1948 sampai pendudukan tentara Belanda 22 Desember 1948 hingga pertengahan Januari 1949, terdapat kekos­ong an pemerintahan di Kota Bukit­tinggi.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM