Most Popular

Kamis,26 Maret 2015 - 19:51:47 WIB

Jargon Cagub Jangan Nipu

Bak jamur, baliho-baliho calon gubernur Sumbar periode 2015-2020 terpampang di tempat strategis di berbagai sudut daerah ini. Para kandidat memberi sinyal sebagai sosok paling pantas untuk mendapatkan kursi BA 1 dengan jargon yang memperkuat sosok masing-masing PADANG, HALUAN — Pil­kada di Sumbar serentak dijad­walkan akan berlangsung 9 Desember 2015 untuk m­e­milih gubernur/wakil guber­nur serta 13 bupati/wakil bu­pati serta wali­ko­­ta/wakil wa­li­kota. Jelang Sem­bilan bulan pelaksanaan pemu­ngutan sua­ra, kandidat mulai tebar pesona dan mema­jang baliho di  lokasi strategis, lengkap dengan tagline (jar­gon)-nya.

Kamis,26 Maret 2015 - 19:45:35 WIB

Sumbar Bakal Miliki Kapal Ro-Ro 500 GT

LAYANI PENYEBERANGAN ANTARPULAU PADANG, HALUAN — Untuk memaksimalkan pelayanan transportasi laut, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengusulkan pengadaan satu unit kapal tipe penumpang jenis Ro-Ro 500 GT pada APBN-P 2015. Selain akan men­jadi pili­han utama angkutan penye­be­rangan antar pulau di Ke­pulauan Men­ta­wai, kapal ter­sebut juga lang­sung meng­hubung­kan empat pe­la­buhan di Men­tawai dengan dua pe­la­­buhan di daratan Su­ma­tera Barat, yak­ni Padang dan Pessel.

Kamis,26 Maret 2015 - 19:42:54 WIB

Tiga BUMD Sumbar Dievaluasi

MANAJEMEN BELUM JELAS PADANG, HALUAN- Ke­pasti­an bentuk manajemen tiga perusahaan daerah (Perusda) masing-masing PT Grafika Jaya Sumbar, Dinamika dan Andalas Tuah Sakato (ATS) yang saat ini dipimpin satu direktur masih belum jelas. Meski sebelumnya ada wa­cana dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sum­bar dan Pemprov  untuk me­lebur (Merger) ketiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)  ini, namun masih dalam tahap pembahasan. Ketua Komisi III DPRD Sumbar, Supardi saat ditemui Kamis (26/3) menga­takan, sebelumnya memang ada infor­masi  dari Pemprov kalau ketiga perusahaan itu akan digabung.  Namun, harus di­bica­rakan dulu dengan DPRD dan dicabut kembali Pera­turan Daerah (Perda) yang ada.

Kamis,26 Maret 2015 - 19:23:47 WIB

Jalan Baruh Gunung Rusak

BAKAL DIPERBAIKI LIMAPULUH KOTA, HALUAN— Hubungan lalu­lintas antara Nagari Baruh Gunung dan seki­tarnya di Kecamatan Bukik Barisan, menuju ke Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, akan menjadi lebih lancar. Pasalnya, jalan yang kini dengan kondisi rusak di sejumlah titik itu, bakal diperbaiki malalui dana APBD Propinsi Sumatera Barat.  Kalau dapat tahun ini proses pekerjaannya dimulai. “Kita berharap perbaikan jalan Baruh Gunung-Koto Tinggi tersebut, terlaksana sesegera mungkin.

Rabu,25 Maret 2015 - 19:40:59 WIB

Delapan Kandidat Cagub Sumbar Adu Visi Misi

HANURA GELAR DISKUSI TERBUKA PADANG, HALUAN — Partai Hanura Sumatera Barat menggelar diskusi terbuka dengan delapan kandidat calon gubernur di Hotel Grand Inna Muara Padang, Rabu (25/3). Mereka adalah Epyardi Asda (anggota DPR RI dari PPP), Fauzi Bahar (mantan Walikota Padang), Syamsu Rahim (Bupati Solok), dan Shadiq Pasadique (Bupati Tanah Datar). Lalu Muslim Kasim (Wakil Gubernur Sumbar), Muham­mad Kapitra Ampera (penga­cara senior), dan Mulyadi (Anggota DPR RI Fraksi De­mo­krat). Terakhir ada nama Marsekal Muda Purn Khairul Akbar (pensiunan angkatan udara) yang pernah bertugas di Badan Penanggulangan Te­roris Nasional.

Selasa,24 Maret 2015 - 20:13:14 WIB

Pensiun PNS Bakal Dibayar di Muka

BERLAKU MULAI 2017 Pembayaran dana pensiun PNS mulai tahun 2017 akan menggunakan sistem baru. Sama dengan karyawan swasta, pegawai habis masa dinasnya menerima pesangon. JAKARTA, HALUAN — Mulai tahun 2017 mendatang, para Pegawai Negeri Sipil di Tanah Air tidak lagi akan menerima uang pensiun setiap bulan, seperti yang berlaku saat ini. Namun pensiun akan diberi­kan sekali saja, ketika seorang abdi negara memasuki masa pensiun. Sama halnya dengan karyawan swasta, yang ber­henti bekerja menerima pesa­ngon atau uang tolak.

Selasa,24 Maret 2015 - 20:10:01 WIB

Tarif KA Padang-Pariaman Naik

PADANG, HALUAN — Trend harga naik juga berimbas kepada angkutan massal berupa kereta api. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre Sumbar memastikan ikut menaikkan harga tiket kereta api tujuan Padang-Pariaman dan sebaliknya. Tak tanggung-tanggung, harga tiket dinaikkan hingga 60 persen, yakni dari Rp2.500 menjadi Rp4.000. Asisten Manager Humas PT KAI Sum­­­bar Zainir Selasa, (23/3) men­jelaskan, bahwa pe­nye­suain tarif tiket KA berlaku 1 April 2015 seluruh Indonesia termasuk Sumbar. “Kami ha­nya melaksanakan permen yang putuskan menteri, kami selaku humas PT. KAI Sumbar harus melaksanakan peraturan tersebut, Ujar  Zainir.

Selasa,24 Maret 2015 - 19:55:41 WIB

Kopi Arabica Situjuah Mulai Diakui

LIMAPULUH KOTA, HA­LU­AN­ — Setelah mengikuti fes­tival kopi Sumatera Barat yang diadakan oleh Dinas Perke­buan yang dilaksanakan di aula Danrem Wirabraja 18 Maret 2015 lalu, kopi Sumatera Barat ikut berbenah. Tak terkecuali kopi Arabica dari lereng gu­nung Sago atau sago mountain coffee yang ditanam di kaki gunung Sago Limapuluh Kota. Ternyata kopi Arabica yang di tanaman di kaki gunung Sago ini pada acara cuping test (uji rasa) banyak yang menyu­kainya karena punya speciallity rasa yang khas. Kopi Arabica Sago yang berada di nagari Situjuh Banda Dalam ini, di kelola oleh kelompok tani Haji Fachri Dt Majo Indo. Lahan yang mereka olah dengan luas yang lumayan kurang lebih 15 hektar dengan benih kopi bera­sal dari puslit kota Jember.

Senin,23 Maret 2015 - 20:02:53 WIB

IP Tunggu Pengakuan De Jure DPP PKS

TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI ANGKA 80 PERSEN PADANG, HALUAN — Petahana Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno (IP), yang digadang-gadang akan kembali maju pada Pilgub Sumbar 2015, sepertinya tinggal menunggu pernyataan de jure DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pasalnya, selain di tingkat DPW dan DPD se Sumbar, sinyal kuat yang mengarah kepada dukungan terhadap satu dari tiga nama calon gubernur yang telah diusulkan DPW sejak September 2014 lalu, secara de facto juga telah berhembus kuat dari tingkat pusat.

Senin,23 Maret 2015 - 20:01:18 WIB

19 Bangunan Ludes, Suami Istri Tewas

KEBAKARAN DI TIGA DAERAH PADANG, HALUAN — Sumbar dirundung musibah. Tiga peristiwa kebakaran terjadi di tiga wilayah yakni Padang Pariaman, Agam dan Payakumbuh Minggu malam dan Senin (24/3) kemarin. Akibat amukan api, 19 bangunan yang terdiri atas 12 rumah dan 7 petak toko ludes serta menewaskan pasangan suami istri. Kebakaran di Padang Pariaman menghanguskan 7 petak toko sederet di Nagari Kurai Taji, Korong Paguh Duku, Kecamatan Nan Sabaris. Api mulai berkobar pada pukul 4:30 WIB pagi, Senin(23/3).

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM