Most Popular

Minggu,01 Februari 2015 - 19:35:51 WIB

Padang Pariaman Akan Berkembang Pesat

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon berkeyakinan bahwa Padang Pa­ria­man menjadi salah satu daerah sebagai pusat pertum­buhan eko­nomi. Menurutnya, hal ini ­dipicu dengan pesatnya pem­bangunan infrastruktur dan bakal memacu tumbuhnya investasi dan kegiatan ekonomi kreatif  guna mening­katkan kesejahteraan ma­syarakat. Hal tersebut ia sampaikan ketika melakukan meninjau salah satu mega proyek yang terletak di Padang Pariaman yaitu Pem­bangunan Jalan Lingkar- Duku Sicincin (JLDS) bersama Bupati Ali Mukhni, pekan lalu. Turut juga dalam rombongan itu antara lain Anggota DPR RI Syuir Syam dari Gerindra dan Anggota DPRD Padang Pariaman Tri Suryadi. "Pem­bangunan infrastruktur di Padang Pariaman sangat pesat, salah satunya Pembangunan Jembatan Koto Buruak di Lubuk Alung, yang menghubungkan Jalan Lingkar Duku - Sicincin, Insyallah ke depan daerah ini akan pesat pertumbuhan ekonominya," ucap Fadli Zon Politisi Partai Gerindra itu.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:17:15 WIB

Beringin Solok Tetapkan Desra Calon Bupati

KIH LIRIK NOFI CANDRA AROSUKA, HALUAN — Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Solok, Drs. H. Desra Ediwan,AT MM, akhirnya ditetapkan sebagai satu-satunya kandidat bakal calon Bupati Solok yang akan diusung partai berlambang beringin itu pada Pilkada Kabupaten Solok, 2015 ini. Ketetapan itu disepakati pada rapat pleno internal Partai Golkar, Minggu (1/2). “Dari hasil rapat pleno diperluas, juga diputuskan jika Desra Ediwan diberikan man­dat penuh untuk menentukan pasangan wakilnya, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pencalonannya sebagai Bupati Solok,” ujar Sekretaris DPD Golkar Kab. Solok Har­dinalis SE, MM kepada Ha­luan, usai pleno, Minggu (1/2) kemarin.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:39:57 WIB

Pembangunan Rel KA Dimulai dari Sijunjung

TRANS SUMATERA PADANG, HALUAN — Menindaklanjuti kesepakatan dengan Kementrian Perhubungan (Kemenhub), Provinsi Sumatera Barat mulai bekerja untuk pembangunan rel Ketera Api Trans Sumatera koridor 8 Sumbar menuju koridor 6 Riau dan koridor 9 Jambi. Pada Jumat (30/1) ke­marin, Pemprov Sumbar mela­kukan rapat koordinasi dengan  peja­bat Kabupaten Sijunjung dan Kota Sa­wahlunto untuk lang­sung bekerja pembuatan rel dari Muaro Sijunjung melewati Kili­ran Jao dan nantinya sam­pai ke Riau dengan jarak 220 km.

Kamis,29 Januari 2015 - 20:10:10 WIB

Padang KLB Penyakit Difteri

DKK SIAPKAN IMUNISASI DPT UNTUK 240 RIBU ANAK Padang kembali terjangkiti penyakit berbahaya, difteri hingga Walikota menetapkan status kejadian luar biasa (KLB). Untuk mengantisipasi penyebaran, 240 ribu paket imunisasi siap disuntikkan kepada anak-anak Padang yang berusia di bawah 15 tahun. PADANG, HALUAN — Lima balita dari Padang diduga mengidap penyakit berbahaya dan mudah menyebar, Difteri. Mereka dirawat di ruang iso­lasi RSUP Dr M Djamil, Pa­dang. Walikota Padang Mah­yeldi menyatakan status keja­dian luar biasa (KLB) penyakit difteri terkait ditemukannya satu orang yang positif men­derita penyakit tersebut.

Kamis,29 Januari 2015 - 20:05:23 WIB

Booming Batu Akik Hidupkan Ekonomi Masyarakat

PADANG, HALUAN — Berbagai kala­ngan melihat secara umum, booming batu akik akhir-akhir ini meningkatkan kese­jah­teraan ekonomi masyarakat Sumatera Barat (Sumbar). Hal itu terlihat jelas dengan menjamurnya para penambang, pengrajin, penjual pengikat cincin dan sebagainya di setiap tempat di provinsi ini. Syamsul Amar, pengamat ekonomi dari Universitas Negeri Padang, me­ngakui, ekonomi masyarakat Sumbar meningkat karena booming batu akik. Namun, menurutnya, hal itu hanya sementara, sebab ia melihat, fenomena ekonomi demikian hanya sementara.

Selasa,27 Januari 2015 - 19:13:30 WIB

DIM, Pintu Keluar Mentawai

GUBERNUR DAN LKAAM DIMINTA CERMAT BUKITTINGGI, HALUAN —  Gu­bernur, LKAAM  dan se­ke­lompok orang Sumbar/Mi­nangkabau yang mendukung dan tengah meng­gu­lirkan ga­gasan peru­bahan nama Provinsi Sumatera Barat menjadi Daerah Isti­mewa Minangkabau (DIM), perlu bersi­kap cermat membaca maksud dan misi dibalik ga­gasan itu. ”Gagasan DIM merupakan langkah catur yang dimainkan pihak-pihak tertentu untuk membuka pintu bagi keluarnya Kabupaten Kepulauan Mentawai dari wilayah teritorial Propinsi Sumatera Barat sekaligus melemahkan adat dan budaya Minangkabau,” kata Asraferi Sabri, Ketua Bamus Nagari Pasia, Ampek Angkek, Agam.

Senin,26 Januari 2015 - 19:04:47 WIB

Polres Bukittinggi Ungkap Pencuri Batu Cincin

BUKITTINGGI, HALUAN — Polres Bukittinggi meringkus dua pelaku pencurian batu cincin senilai puluhan juta rupiah. Dari tangan pelaku, polisi menyita 532 cincin batu yang tediri dari bermacam bentuk, ukuran dan warna. Selain itu polisi juga menyita enam buah ikat cincin, empat buah batu cincin, satu unit mesin pengasah cincin serta selembar uang tunai Rp50 ribu. Menurut Kasat Reskrim Polres Bukittinggi AKP Al­bert Zai, kedua pelaku itu adalah Afrinal (30) panggilan Kacak warga Guguk Panjang Kota Bukittinggi, serta Taufik Hi­dayat (36) panggilan It warga Pulai Anak Air Bu­kittinggi.

Minggu,25 Januari 2015 - 19:15:08 WIB

Nilai Transaksi Batu Akik Capai Rp2 M

SELAMA ASIC EXPO PAYAKUMBUH, HALUAN — Selama digelarnya ajang pa­meran batu akik skala nasional dari tanggal 21 hingga 25 Januari 2015 di GOR M Ya­min Kubu Gadang, Kota Paya­kumbuh, diprediksi perpu­taran transaksi uang  mencapai Rp 2 miliar. Prediksi tersebut, berdasarkan hitungan atas nilai jual pada masing-masing stan selama ajang pameran batu akik berlangsung. “Ajang batu akik ini, cukup luar biasa. Selain mampu men­datangkan ribuan masyarakat dari berbagai daerah, juga telah terjadinya transaksi jual beli batu akik yang diprediksi hingga miliaran rupiah,”ujar Almaisyar, tokoh batu akik Payakumbuh dan Limapuluh Kota ketika mendapatkan peng­hargaan dari komunitas Asic Expo sebagai salah satu pemerhati batu akik pada Sabtu (24/1) malam.

Jumat,23 Januari 2015 - 20:03:47 WIB

Pemilik Ruko di Rel KA Payakumbuh Bungkam

PEMERINTAH AKAN PENGAKTIFAN JALUR KA PAYAKUMBUH, HALUAN — Pemerintah pusat menawarkan pengaktifan kembali jalur KA (Kereta Api) di Sumbar untuk diintegrasikan dalam rangkaian jalur KA Trans Sumatera. Sumbar menyambut baik tawaran tersebut. Sayangnya, di beberapa tempat, jalur kereta peninggalan kolonial itu sudah berdiri bangunan permanen hingga sekelas Ruko dan menjamur di Payakumbuh. Saat disampaikan informasi terkait rencana pemerintah yang mengaktifkan kembali jalur tersebut, sebagian besar pemilik toko memilih bungkam dan tak mau menanggapinya. Bahkan bangunan stasiun yang menjadi 0 km Kota Payakum­buh, sudah dijadikan sebagai toko cat.

Jumat,23 Januari 2015 - 19:32:03 WIB

Yusuf Lubis Siapkan Rp17 Miliar

HADAPI PERTARUNGAN PANAS PILKADA PASAMAN PASAMAN, HALUAN — Suhu politik jelang Pilkada di Kabupaten Pasaman kian memanas. Partai Golkar, hampir dipastikan akan mengusung sang petahana Benny Utama sebagai calon Bupati Pasaman. Sementara di sisi lain, mantan Bupati Pasaman Yu­suf Lubis, bahkan sudah me­nyiapkan Rp17 miliar untuk kembali merebut po­sisi yang pernah didudukinya di pe­riode 2005-2010 itu.

Jumat,23 Januari 2015 - 19:27:57 WIB

Kontraktor Tak Sepenuhnya Salah

PADANG, HALUAN — Kontraktor tak bisa disalahkan sepenuhnya atas kegagalan sebuah proyek. Demikian dikatakan pemerhati jasa kontruksi Sumatera Barat Yunisfar, SE pada Haluan di Padang, Jumat (23/1). Dikatakan Direktur PT Brantas Jaya Pertala itu, ba­nyak hal di luar kuasa dan kemauan kontraktor yang mem­pengaruhi sebuah proyek sehingga akhirnya gagal di tangan kontraktor.

Kamis,22 Januari 2015 - 19:49:37 WIB

Mantan Kepala MTsN Padang Sibusuk Ditahan

DIDUGA SELEWENGKAN DANA DI SEKOLAH SIJUNJUNG,HALUAN — Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung menahan Nadra S. Ag, mantan kepala MTsN Padang Sibusuk yang saat ini menjabat kepala MTsN Sijun­jung, Kamis (22/1). Tersangka tersebut ditahan terkait kasus penyimpangan dana bantuan operasional sekolah (BOS), BAZ , dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan anggaran rutin di DIPA MTsN Padang Sibusuk tahun 2013. Kejaksaan Negeri Sijun­jung melakukan penahanan sekitar pukul 12.00 WIB di Kejari Sijunjung serta langsung dititipkan di LP Muaro Pa­dang di ruang khusus wanita. Penahanan tersangka sesuai Surat Print-46/N.3.20/Ft.1/01/2015 tertanggal 22 Januari tahun 2015. Tersangka diboyong ke Padang dengan jaksa yang melakukan pena­hanan Devitra Romiza, SH, Lusita Amelia, SH selaku Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan didampingi dua orang staf kejaksaan.

Kamis,22 Januari 2015 - 19:48:09 WIB

Farouk: Ada Perwira Polri Kejar Jabatan Melalui Pendekatan Uang

JAKARTA, HALUAN — Mantan Gubernur Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Komjen Pol (Purn) Farouk Muhammad me­nyang­kan adanya intervensi politik dalam penentuan Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) se­hingga membuat perwira tinggi Polri berupaya mendekati politisi dengan pendekatan uang. “Ada perwira Polri yang cari uang sebanyak-banyaknya, lalu mendekati politisi untuk mendapatkan jabatan,” ungkap Wakil Ketua DPD I itu menjawab pertanyaan wartawan usai peresmian Poliklinik DPD,” di Gedung DPD, Kamis (22/1). Peres­mian poliklinik tersebut dilakukan Ketua DPD Irman Gusman.

Kamis,22 Januari 2015 - 19:47:35 WIB

Wako Belum Izinkan Padang Landmark

PADANG, HALUAN — Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah tidak pernah mengizinkan, untuk men­dukung pembangunan Lippo Group yang saat ini telah berubah nama menjadi Padang Landmark. “Saya tidak pernah mengizinkan pembangunan Padang Landmark, tapi yang mengizinkan pemba­ngunan itu adalah walikota lama,” kata Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah Kamis (22/1).

Rabu,21 Januari 2015 - 19:26:23 WIB

3 Pekan, 110 Kasus Cerai di Padang

Trend perceraian di Kota Padang menunjukkan grafik yang meningkat dari tahun ke tahun, sejak tahun 2010 lalu hingga 2014. Kondisi ini kian merisaukan dan diperlukan perjanjian tertulis pasangan karena sikap kawin cerai itu terkesan menyepelekan ijab kabul. PADANG, HALUAN — Sebuah angka menakjubkan tertampang di papan pengumuman Pengadilan Agama (PA) Kota Padang. Sepanjang 21 hari bulan pertama di tahun 2015 ini, perkara cerai yang sudah terdaftar di PA Kota Padang mencapai 110 kasus. Jika diurai berdasarkan hari kerja efektif Januari 2015 ini, baru 14 hari. Artinya, dalam satu hari, dari dari tujuh pasang warga Padang mengajukan gugat cerai.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM