Most Popular

Rabu,14 Januari 2015 - 19:48:06 WIB

Jembatan Takambang Jadi Lapak

PROYEK MILIARAN RUPIAH TAK DIGUNAKAN SEMESTINYA Sejumlah proyek jembatan yang tergolong fenomenal di Sumbar sejak tahun 2002 lalu sudah difungsikan, mulai dari Jembatan Siti Nurbaya di Padang dan teranyar, Fly Over di Bukittinggi. Ntah karena bakat orang Minang berdagang, sejumlah sudut jembatan tersebut justru dikuasai pedagang. BUKITTINGGI, HALUAN — Fenomena jembatan di Sum­bar memang menarik untuk dicermati. Jembatan fly over di Bukittinggi yang diba­ngun dengan uang sebesar Rp98 miliar itu ditargetkan untuk mengurai kemacetan. Sayang­nya, belum lagi jem­batan itu resmi di pakai, jalur yang ada di bawahnya sudah “dikuasai” pedagang.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:43:13 WIB

DIM Dibahas pada Paripurna DPD-RI

PADANG, HALUAN — Harapan tokoh masyarakat Ranah Minang  untuk mewujudkan provinsi Sumbar menjadi Daerah Istimewa Minang (DIM), akan menjadi prioritas untuk dijadikan pembahasan pada sidang paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Hal ini terungkap dari pelaksanaan Sidang Paripurna ke 8 DPD-RI masa Sidang II dengan agenda penyampaian hasil penyerapan Aspirasi dan Permasalahan di daerah pemilihan masing-masing anggota DPD RI di Senayan Jakarta, Selasa (13/1).

Rabu,14 Januari 2015 - 19:31:03 WIB

Bunuh Diri Kembali Terjadi di Tanah Datar

TANAH DATAR, HALUAN — Kasus bunuh diri kembali terjadi di Tanah Datar, Rabu (14/1) sekitar pukul 07.30 WIB.  Korban bernama Nur Efendi (53) warga Jorong Balai Tangah, Nagari Balai Tangah, Ke­camatan Lintau Buo Utara. Korban ditemukan tidak ber­nyawa tergantung dengan seutas tali plastik di kamar rumahnya.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:06:38 WIB

Harga Pinang Untungkan Petani

PAINAN, HALUAN — Harga komoditi pinang di Pesisir Selatan (Pessel)  mengun­tungkan para petani. Petani di kabupaten ini menjual pinang seharga Rp7.500 hingga Rp8. 000 per kilogram. Petani ber­harap harga komoditi perta­nian seperti di masa Presiden Habibie  terulang lagi. Geliat harga pinang sudah terjadi dua bulan belakangan. Dari harga Rp4.500 awalnya naik menjadi Rp5.000. Ber­selang beberapa hari saja harga pinang melesat menjadi Rp7.500 Para petani pinang di Pes­sel tampak gembira menik­mati kenaikan harga pinang ditingkat pedagang pe­ngum­pul.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:45:45 WIB

ICW: Batalkan Pencalonan Budi Gunawan

KPK TETAPKAN CALON KAPOLRI TERSANGKA JAKARTA, HALUAN — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Komisaris Jen­deral Budi Gunawan se­bagai tersangka. KPK men­duga ada transaksi men­curi­gakan atau tidak wajar yang di­la­kukan Budi Gunawan. Budi Gunawan meru­pakan calon tunggal kepa­la Kepolisian RI yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo. Dia menjadi perwira tinggi bintang tiga aktif pertama di kepolisian yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:39:45 WIB

Sidang Pembunuhan Mira Berujung Ricuh

TERDAKWA DIHADIAHI BOGEM MENTAH PADANG, HALUAN — Sidang lanjutan kasus pembunuhan terha­dap Mira Juita (30), yang meru­pakan karyawan toko sepatu di kawasan Matahari, Padang, Selasa (13/1) berakhir ricuh. Keluarga korban yang merasa kecewa beru­saha memukuli terdakwa saat diba­wa keluar usai sidang. Namun aksi anarkis kerabat dan ke­luar­­ga korban ter­­tahan. Pasalnya, puluhan petugas Dalmas dari Polsek Padang Barat langsung mengamankan terdakwa Refiandi (24) dari amuk massa ke da­lam mobil taha­nan.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:25:26 WIB

Padang Tak Miliki Arah Wisata yang Jelas

PERWAKO BELUM TERBENTUK PADANG, HALUAN — Pengamat pariwisata yang juga pelaku wisata Ridwan Tulus menilai, pengembangan wisata Kota Padang hingga kini tidak memiliki arah yang jelas. Hingga kini Pemko belum mengeluarkan Peraturan Walikota tentang pengelolaan pariwisata, walaupun dalam program walikota dan wakil walikota Mahyeldi-Emzalmi tentang pengembangan wisata dituliskan. Akibatnya, kata Ridwan, ketika berganti kepala daerah, arah pengembangan wisata juga ikutan berganti. Tak hanya itu, tidak ditentukannya fokus wisata, juga membuat Padang tidak bisa menyamai wisata di Pulau Bali.

Senin,12 Januari 2015 - 19:58:59 WIB

Pasar Padang Lua Terbakar

PASAR Padang Lua terbakar.  Kerugian miliaran rupiah. Asal api belum diketahui. Pemkab Agam bakal mengusulkan kepada Kementerian Perdagangan untuk membangun kembali pasar yang terbakar. BUKITTINGGI, HALUAN — Sebanyak 17 petak toko di kawasan Pasar Padang Lua Kecamatan Banuhampu Ka­bupaten Agam terbakar sekitar pukul 04.00 WIB, Senin (12/1). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun total kerugian ditaksir milia­ran rupiah.

Senin,12 Januari 2015 - 19:55:39 WIB

FDR Kotak Hitam Ditemukan

SERPIHAN AIRASIA SAMPAI KE SEMARANG PANGKALAN BUN, HA­LUAN — Kerja keras tim penyelam gabungan TNI AL akhirnya berhasil menemukan dan me­ng­angkat flight data recor­der (FDR) dari black box atau kotak hitam pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kali­mantan Tengah, Se­nin (12/1) pagi. Penemuan black box ini diawali dari deteksi pinger detector milik Kapal Navigasi Jadayat, Jumat (9/1) lalu. Black box terdeteksi sekitar 1,7 mil laut dari lokasi ekor pesawat yang sebelumnya te­lah ditemukan.

Senin,12 Januari 2015 - 19:53:55 WIB

Lumut Sungai Dareh, Emas Hijau dari Solok Selatan

Jika batu bara disebut emas hitam, agaknya batu Lumut Sungai Dareh bisa disebut emas hijau karena harga dan nilai keindahannya yang tinggi sebagai batu akik mulia. Menurut Ketua Ko­mu­nitas Batu Akik Mulia Suma­tera Barat, Attila Majidi, Lu­mut Sungai Dareh terdapat di Bukit Puti Bungsu, Kecamatan Sangir, Solok Selatan (Solsel). Karena pro­ses long­soran, batu ini jatuh ke sungai Batang Kandih yang berada persis di bawah Bu­kit Pu­ti Bungsu, ke­mu­dian diseret arus hingga ke Lu­buk Ulang Aling, Keca­matan Sangir Batang Hari, Solsel, hingga ke Sungai Da­reh. Dhar­masraya. Batang Kandih dan Sungai Dareh merupakan anak Sungai Batang Hari.

Senin,12 Januari 2015 - 19:52:30 WIB

Insentif Wali Nagari Dihentikan

EVALUASI APBD SUMBAR 2015 PADANG, HALUAN — Eva­luasi  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2015 mulai memakan korban. Im­basnya, 880 wali nagari dan kepala desa tidak lagi mene­rima dana insentif yang diku­curkan Pemprov Sumbar sebe­sar Rp1 juta. Hal ini diungkapkan Gu­ber­nur Sumbar Irwan Prayitno di sela acara penyerahan hibah aset Pemprov Sumbar kepada kabupaten/kota di Gu­bernuran Sumbar, Senin (12/1) ke­marin.

Senin,12 Januari 2015 - 19:46:48 WIB

Anas Beberkan Strategi Kalahkan SBY

DIBEZUK GEDE PASEK SUARDIKA JAKARTA, HALUAN — Politikus Partai Demokrat, Gede Pasek Suardika menjenguk Anas Urba­ningrum di rumah tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (12/1). Pasek mengatakan, dalam kesempatan itu dia me­ngaku berdiskusi perihal penga­laman Anas Urbaningrum ketika berhasil memenangkan kongres Partai Demokrat, di Bandung. “Kami diskusi pengalaman itu, ya artinya cukup banyak masukan dari Mas Anas untuk persiapan saya untuk maju jadi calon Ketua Umum Demokrat,” jelas Pasek di halaman Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (12/1).

Senin,12 Januari 2015 - 19:38:40 WIB

Pessel Targetkan PE 6,5 Persen

PAINAN, HALUAN — Proyeksi pertumbuhan ekonomi (PE) tahun 2015 Pesisir Selatan (Pessel) ditar­get mencapai 6,5 persen. Pertum­buhan ekonomi itu sangat diten­tukan oleh dana APBD Pessel melalui proyek-proyek pemba­ngunan yang melibatkan orang banyak. Sekda Pessel Erizon Senin (12/1) di Painan menyebutkan, Pesisir Selatan berani menarget pertum­buhan ekonomi sebesar itu mengi­ngat rata- rata pertumbuhan ekono­mi Pessel selama ini sebesar 5,28 persen. Sementara tahun 2015, sejumlah program dan tugas perban­tuan diyakini akan mendongkrak perekonomian.

Minggu,11 Januari 2015 - 19:23:37 WIB

Pecinta Batu Akik Tanah Datar Bentuk Organisasi

TANAH DATAR, HALUAN — Kegemaran soal batu akik melanda seluruh negeri dan Tanah Datar juga tidak luput akan fenomena itu. Karenanya, para pecintanya sepakat untuk membentuk wadah organisasi pecinta batu akik. Minggu (11/1) kemarin,  para pengrajin dan pecinta batu akik itu dikumpulkan bupati di gedung Indo Jolito Batusangkar, Minggu kemarin. Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi, Ketua DPRD Zuldafri Darma, Kepala SKPD dan pencinta batu akik dari 14 kecamatan di Tanah Datar. Menurut Bupati M.Shadiq Pasadigoe, diperlukan komunitas ini dapat menghimpun para pengerajin dan pencinta batu

Jumat,09 Januari 2015 - 20:22:03 WIB

TNI Temukan Serpihan Mesin, Diduga AirAsia

HARI KE-13, 48 JENAZAH DITEMUKAN PANGKALAN BUN, HALUAN — Hingga Jumat (9/1) kemarin, proses pencarian korban dan pengangkatan badan pesawat AirAsia QZ 8501 yang kandas di dasar Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan  Tengah, terus berlanjut. Sejauh ini, tim gabungan Badan SAR Nasional (Basarnas) telah menemukan 48 jenazah korban pesawat nahas itu. Pada Jumat siang kemarin, tim TNI Angkatan Laut menemukan serpihan mesin yang diduga bagian mesin dari pesawat AirAsia QZ8501. Serpihan itu ditemukan di lokasi yang sama dengan lokasi dideteksinya black box melalui sonar yang dimiliki Kapal Navigasi Jadayat.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM