Most Popular

Kamis,14 Mei 2015 - 18:39:06 WIB

Tujuh Aset Sudah Dimusnahkan

DPRD BELUM SETUJU AROSUKA, HALUAN — Penghapusan aset Pemerintah Kabupaten Solok kian rumit. Dalam kunjungan lapangan, Komisi B  DPRD Kabupaten Solok menemukan sejumlah bangunan yang diusulkan untuk dihapus terlebih dahulu telah dihancurkan dan dimusnahkan oleh pengelola aset tanpa adanya dokumen pendukung yang disyaratkan dalam pemusnahan aset. Akibatnya, pada rapat paripurna Pendapat Akhir Fraksi tentang Penghapusan Aset Daerah yang Tertunda, di ruang sidang utama, Ra­bu(13/5), seluruh fraksi di DPRD Kabupaten Solok belum dapat menyetujui penghapusan aset  dengan berbagai alasan.

Kamis,14 Mei 2015 - 18:36:34 WIB

Tahapan Pilkada Terancam Dihentikan

TAK SERAHKAN NPHD PADANG, HALUAN — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar Amnasmen meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten/ kota, untuk segera menyerahkan Naskah Per­janjian Hibah Daerah (NPHD). Pasalnya ke­tersedian anggaran tersebut dianggap sudah sangat mendesak. “Kita tidak bisa me­nung­gu lagi, karena waktu ber­jalan juga dan tahapan juga sudah dimulai. Untuk itu saya berharap supaya kabu­paten/ kota segera men­yerah­kan NPHD nya, agar dana pil­kada dapat segera di cairkan,” ungkap mantan ketua KPU Solok ini saat menghadiri MoU antara Pemprov Sum­bar, KPU, dan Bawaslu serta pemerintah kabupaten/ kota, Rabu (14/5) di Auditorium Gubernuran.

Kamis,14 Mei 2015 - 18:35:53 WIB

Bank Diberi Tenggat Waktu

KISRUH DANA PARTAI DPW PPP SUMBAR PADANG, HALUAN — Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Yulfadri Nurdin versi Djan Faridz memberikan tenggang waktu dua hari pada pihak Bank Nagari, untuk memproses dan mengembalikan rekening yang diambil oleh pihak lain yang tidak berwenang di DPW PPP Sumbar. “Kami sudah adakan pertemuan dengan Direksi Bank Nagari, kemarin Rabu (13/5), dan beliau berjanji akan segera menyelesaikan dan memproses rekening partai yang ditutup oleh pihak Martias Tanjung,” ungkap Yulfadri, Kamis (14/5).

Kamis,14 Mei 2015 - 18:24:31 WIB

Pedagang Merusak Kelok Sembilan

PEMKAB HARUS MENERTIBKAN LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Seharusnya Pemkab Limapuluh Kota ikut menertibkan keberadaan pedagang pinggir jalan yang berada di kawasan jembatan layang Kelok IX yang kian menjamur. Pasalnya keberadaan pu­lu­han pedagang yang ber­aktivitas setiap hari di kawa­san itu sudah mengganggu kelancaran lalulintas, se­hingga rawan kecelakaan.

Kamis,14 Mei 2015 - 18:19:20 WIB

Angkut Haji, Garuda Siapkan 11 Pesawat Berusia Muda

JAKARTA, HALUAN — Garuda Indonesia akan mengoperasikan 11 pesawat yang terdiri atas enam Airbus A330-300, empat Boeing 747 dan satu Boeing 777 untuk mengangkut jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi tahun ini. “Dalam pelaksanaan penerbangan haji 1436 H, Garuda Indonesia mengoperasikan 11 pesawat yang rata-rata berusia muda dan di antaranya diproduksi pada 2015,” kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Arif Wibowo dalam acara penan­datanganan perjanjian pengangkutan udara jemaah haji Indonesia antara Kemenag dan PT Garuda Indonesia serta Saudi Arabian Airlines di Gedung Kemenag, Jakarta, Selasa (12/5).

Selasa,12 Mei 2015 - 19:22:41 WIB

Presiden Jokowi Buka Kongres IV Partai Demokrat

MEGA DAN PRABOWO TAK HADIR SURABAYA, HALUAN — Presiden Joko Widodo mem­buka secara resmi Kong­res IV Partai Demo­krat di Hotel Shangri-la, Surabaya,  Selasa (12/5) malam. Sementara Ketua Umum Partai Demokrasi In­­donesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soe­kar­no Putri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang diundang, ternyata tidak hadir. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mene­gaskan, saat ini rakyat In­do­nesia membutuhkan ra­sa aman dan stabilitas po­litik. Perbedaan antara partai politik sudah sela­yaknya disalurkan untuk hal positif dan membangun bangsa.

Selasa,12 Mei 2015 - 19:19:50 WIB

Pemprov Sumbar Kembali Terima WTP

PADANG, HALUAN — Pemprov Sumbar kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Ke­uangan (BPK) RI. Opini kali ini untuk kedua kalinya dalam bentuk WTP penuh. Pemberian opini terse­but disampaikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Hendra Irwan Rahim dalam Rapat Paripurna Penyam­paian Laporan Keterangan Per­tanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Provinsi Sumbar tahun 2014 dan LKPJ akhir masa jabatan Gubernur di ruang sidang utama DPRD Sumbar, Selasa (12/5) malam.

Selasa,12 Mei 2015 - 19:19:08 WIB

Kubu Martias Cairkan Uang, Yulfadri Geram

KONFLIK PPP SUMBAR SERET BANK NAGARI Dua kubu di DPW PPP Sumbar berebut dana operasional parpol. Bermodal SK DPP PPP kubu Romahurmuziy, Martias Tanjung berhasil mencairkan dana di Bank Nagari. Hal ini membuat kubu Yulfadri Nurdin (PPP Djan Faridz) geram. PADANG, HALUAN — Kon­­flik dua kubu DPW PPP Sumbar makin mema­nas. Selain berebut pengaruh dalam menyambut Pilkada serentak se-Sumbar, kubu Martias Tanjung (PPP- Ro­mahurmuziy) dan kubu Yu­l­fadri Nurdin (PPP Djan Fa­ridz) juga sama-sama merasa sebagai pihak yang berhak mencairkan dana ope­rasio­nal parpol di rekening DPW PPP Sumbar pada Bank Na­gari atas nama Yul­fadri Nur­­din dan Yuliarman.

Selasa,12 Mei 2015 - 19:17:29 WIB

Capaian Target Harus Diseriusi

REKOMENDASI LKPJ PADANG, HALUAN-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat menyerahkan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj)  Kepala Daerah (KDH) Provinsi Sumatera Barat tahun 2014 dan LKPJ kepala daerah akhir masa jabatan tahun 2010-2015. Dalam rekomendasi itu, Untuk ini, DPRD mencatat ada beberapa sasaran kinerja yang belum dapat dicapai dan musti ditindaklanjuti oleh Gubernur. Ketua DP­RD Sumbar Hendra Irwan Rahim saat membuka rapat isti­mewa penyerahan reko­mendasi DPRD terhadap LKPJ Gubernur, Selasa malam, (12/5) kemarin me­ngatakan, sebagaimana yang termuat dalam rekomendasi yang diberikan DPRD terha­dap LKPj Gubernur Sum­bar, beberapa permasalahan utama yang musti mendapat perhatian dan koreksi ada­lah, perkembangan ekonomi da­erah yang sangat erat kai­tan­nya dengan laju per­tum­buhan ekonomi, penurunan angka kemiskinan dan pe­ngang­guran serta pening­katan PDRD masyarakat.

Selasa,12 Mei 2015 - 19:15:57 WIB

Kasus Leasing Teratas di BPSK

PADANG,HALUAN—Ba­dan Penyelesaian Sengketa Kon­sumen (BPSK) Padang men­catat 31 sengketa kon­sumen hingga kemarin (12/5). Menu­rut data BPSK, sebanyak dua puluh satu (21) kasus di­dominasi seng­keta pada lea­sing kendaraan bermotor atau barang elek­tronik. Sementara itu, dengan per­bandingan waktu yang sama tertanggal 12 Mei  2014 tercatat 35 kasus dan ma­­sih didominasi leasing kre­dit kendaraan bermotor atau ba­rang elektronik. Pe­nga­duan  sengketa konsumen di 2015 cenderung me­nga­lami penu­runan. Hal ini dikatakan Kepala Sekretariat BPSK Padang, Nurmatias kepada Haluan.

Selasa,12 Mei 2015 - 19:13:07 WIB

Baru 85 Daerah yang Tandatangani NPHD

PILKADA SERENTAK 2015 JAKARTA, HALUAN —Pe­mi­lihan kepala daerah (pilkada) serentak yang pernah sukses di Sumbar dengan biaya murah, yang dijadikan salah satu ruju­kan pilkada serentak secara nasional, ternyata tidak bisa terealisasikan. Bahkan ang­garan pilkada serentak gelom­bang pertama tahun 2015 ini jauh lebih besar, yaitu mencapai Rp7 triliun. “Pengajuan anggaran dari daerah jumlahnya tiga kali lipat lebih besar dari pilkada se­belum­nya. Misalnya yang se­mula hanya Rp5 miliar - Rp10 miliar, kini mencapai Rp15 miliar - Rp30 miliar, dan jumlah keseluruhan dari penye­lenggaraan Pilkada Serentak 2015 itu mencapai Rp7 triliun,” kata Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarulzaman (FPG) dalam diskusi ‘Revisi UU Pilkada dan Parpol”, bersama Wakil Ketua Komisi II DPR RI Lukman Edy, Kapuspen Kemendagri Dodi Riatmadji dan Direktur Ekskeutif Pollco MM Heri Budianto, di Gedung DPR, Selasa (12/5).

Selasa,12 Mei 2015 - 19:12:05 WIB

Calon Incumbent Tak Amanah

MANFAATKAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADANG, HALUAN — Jelang pelak­sanaan Pilkada serentak Sumbar yang akan digelar Desember 2015 men­datang, kalangan DPRD Provinsi Sumbar menghimbau kepada se­luruh bakal calon (balon) kepala daerah dari kalangan incumbent, untuk tidak me­manfaat­kan iklan layanan masya­rakat sebagai lokasi kampanye dan pemasangan alat peraga. Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Amora Lubis kepada Haluan kemarin mengatakan, jika diperhatikan dengan seksama, iklan layanan masyarakat yang dimanfaatkan incumbent untuk lahan kampanye terselubung, memang ada. “Bisa dilihat dari gambar iklan yang memasang foto incumbent dengan ukuran besar atau lebih dominan dari pesan yang ingin disampaikan,” katanya.

Selasa,12 Mei 2015 - 19:11:27 WIB

Wahyu: Setahun MahEm Belum Berhasil

PADANG, HALUAN — Setahun sudah ke­pemimpinan Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah dan Wawako, Emzalmi (MahEm). Hingga kini realisasi program unggulan 10 MahEM, belum dibuktikan. Meskipun be­be­rapa SKPD menilai, program tersebut sudah berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Namun Wakil Ketua DP­RD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra menilai apa yang disampaikan oleh bebe­rapa SKPD dinilai terlalu berlebihan. ”Sebenarnya walikota telah bekerja de­ngan bagus, namun SKPD yang ada belum melakukan tugasnya secara maksimal. Kepala dinas, jangan sekedar membuat senang hati wali­kota dengan ucapan yang berlebihan,” katanya.

Selasa,12 Mei 2015 - 18:47:42 WIB

Premi Bisnis Manulife Indonesia Tumbuh 15%

JAKARTA, HALUAN — Chi­ef Executive Officer sekaligus President Director PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Chris Bendl mengatakan premi bisnis perusahaan itu tumbuh 15 persen per Desember 2014. “Di akhir desember 20­14, premi bisnis tumbuh signifikan sebesar 15 persen ke angka Rp3,2 triliun di­ban­dingkan pencapaian 2013 sebesar Rp2,8 triliun,” katanya dalam konferensi pers Pemaparan Kinerja Manulife Indonesia Tahun 2014, Jakarta, Selasa (12/5).

Senin,11 Mei 2015 - 20:13:14 WIB

Pelindo Dilaporkan ke Polisi

PADANG, HALUAN — Operasional PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur dinilai sejumlah a­so­siasi yang beroperasi di pelabuhan itu justru menimbulkan dampak negatif, salah satunya bertambahnya jumlah pe­ngangguran. Sistem kerja perusahaan yang telah dimodernisasi, menyebabkan banyak pe­rusahaan bongkar muat (P­BM) yang tutup hingga pe­ker­ja tak lagi punya nafkah.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM