Most Popular

Senin,02 Maret 2015 - 19:38:49 WIB

Zulkifli Menang, Fauzi ‘Bangkit’

Kemenangan Zulkifli Hasan dalam perebutan kursi Ketua Umum DPP PAN berpengaruh di Sumbar. Kondisi ini membuka peluang bagi mantan Walikota Padang Fauzi Bahar untuk mendapatkan kepercayaan PAN menuju Sumbar 1. PADANG, HALUAN — Terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum DPP PAN periode 2015-2020 mem­bawa dampak di Sumbar. Pihak-pihak yang mendukung Zulkilfi Hasan di­yakini akan mendapat keun­tu­ngan dan mere­ka yang berseberangan menanggapi dingin,  bahkan me­ngam­bil langkah hing­ga keluar dari biduk partai pe­ngusung se­ma­ngat reformasi ini.

Senin,02 Maret 2015 - 19:37:21 WIB

Harga Cabai Anjlok, Petani Terpekik

PASOKAN MELIMPAH PADANG, HALUAN — Har­ga cabai turun dratis. Cabai luar Sumbar di pasaran me­nembus angka Rp 12.000 per kg di tingkat pengecer. Se­mentara cabai keriting an­jlok hingga Rp 22.000 per kg. Sebelumnya, harga cabai keri­ting ini sempat menembus angka Rp 100.000 per kg. Kondisi ini membuat petani cabai terpekik. Pantauan Haluan, Senin (2/3) di Pasar Raya Padang, harga cabai merah asal Jawa eceran dengan harga Rp16. 000 per kg sampai Rp18.000 per kg. na­mun, untuk cabai merah asal Medan dan Kerin­ci eceran berkisar harga Rp12.000 per kg sampai Rp14.000 per kg ter­gan­tung kualitasnya.

Senin,02 Maret 2015 - 19:31:40 WIB

Kenaikan LPG 12 Kg Belum Pengaruhi Permintaan

PADANG, HALUAN — Ter­hitung 1 Maret 2015 tidak hanya Bahan Bakar Minyak (BBM) yang naik, tapi juga Liquefied Petroleum Gas (LPG) kemasan 12 kilogram (kg) mulai 1 Maret 2015 naik Rp 5.000 per tabungnya. Jika sebelumnya, harga LPG 12 kg hanya Rp135.000 jika dijemput ke agen dan jika dian­tar ke alamat menjadi Rp140.000 per tabungnya. Un­tuk harga sekarang jika dijem­put ke agen Rp140.000 dan jika diantar ke alamat menjadi Rp145.000 per tabungnya.

Senin,02 Maret 2015 - 19:30:56 WIB

Lelang Jabatan, Baru 10 Mendaftar

PADANG, HALUAN — Meski pendaftaran lelang jabatan untuk mengisi jabatan eselon II Sekretaris Dewan (Sekwan) dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM telah diperpanjang, namun sampai Senin (2/3) baru 10 pendaftar yang tercatat di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumatera Barat. Walaupun masih tersisa empat hari lagi sampai tanggal 6 Maret 2015 untuk batas akhir pendafataran, BKD Provinsi Sumbar  tidak akan memperpanjang lagi pendaftaran untuk mengisi dua jabatan eselon II ini.

Senin,02 Maret 2015 - 19:30:24 WIB

KPK Selidiki Penjualan Eks Rumah Dinas Bupati Solok

SOLOK,HALUAN — Ribut-ribut soal dugaan kerugian negara dalam lelang penjualan eks Rumah Dinas Bupati So­lok di Kota Solok tahun 2011 silam ternyata berlanjut ke Komisi Pemberantasan Ko­rup­si (KPK). KPK mulai me­nye­lidiki proses lelang dan juga dugaan kerugian negara dalam pen­jualan rumah dinas tersebut. Informasi yang diperoleh Haluan, penyelidikan kasus penjualan eks Rumah Dinas Bupati Solok tertera dalam Surat Perintah Penyelidikan KPK No: Spin.Lidik-72/01/10/2014, tanggal 30 Oktober 2014.

Senin,02 Maret 2015 - 19:29:47 WIB

Duo Bali Nine Dieksekusi Mati

DALAM PEKAN INI DENPASAR, HALUAN — Pelaksanaan ekskusi terhadap dua terpidana mati asal Australia, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, tampaknya tinggal menunggu hari. Setidaknya dalam pekan pertama ini, kedua anggota penyelundup 8,3 kilogram (kg) heroin yang disebut Bali Nine itu dipastikan sudah dipin­dahkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan, Denpasar ke Lapas Nusa Kambangan, Cilacap. Biasanya, sehari atau dua hari setelah dipindahkan ke Nusa Kambangan, eksekusi dilaksanakan oleh regu tembak. Prosesi persiapan pemindahan dari Lapas Kerobokan ke Nusa Kambangan bakka sudah tuntas. “Nusa Kambangan sudah menyatakan siap, jadi ya pekan ini (dipindahkan),” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Momock Bambang Sumiarso kepada awak media di Denpasar, Senin petang, (2/3).

Senin,02 Maret 2015 - 19:28:16 WIB

Kapolda: Tangkap Begal Truk CPO

PADANG, HALUAN — Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Drs Bambang Sri Herwanto menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kepolisian Resor (Polres) yang berada di seluruh kabupaten/kota di Sumbar agar melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap pembegal (penjarah) truk angkutan barang, seperti Crude Palm Oil (CPO), pupuk dan komoditas lainnya, yang telah sering beraksi di wilayah Sumbar. Instruksi ini disampaikan Kapolda melalui Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumbar, AKBP Syamsi, Senin (3/2) di kantor Humas Polda Sumbar. “Instruksi ini seiring maraknya terjadi penjarahan yang mengakibatkan kerugian dan keresahan para sopir truk serta pelaku usaha angkutan,” ujar Syamsi.

Senin,02 Maret 2015 - 19:15:48 WIB

BPR Muaro Paiti Dilikuidasi

SUDAH 11 BPR SUMBAR BUBAR PADANG, HALUAN—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) LPN Kampung Baru Muara Paiti di Jl. Nusantara II/12 A Desa Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota Sumbar terhitung sejak 2 Maret 2015. “Dengan demikian hingga saat ini sudah 11 BPR Sumbar yang dilikuidasi,” ujar Kepala Kantor OJK Sumbar Muham­mad Ilham didampingi Direk­tur Group Likuidasi Bank Lem­baga Penjaminan Sim­panan (LPS) Ferdinan D. Pur­ba, Senin (2/3) di Padang.

Minggu,01 Maret 2015 - 19:09:26 WIB

Peta Politik PAN Sumbar Berubah

ZULKIFLI HASAN KALAHKAN HATTA Suasana panas pemilihan Ketua Umum PAN di Bali akan segera bergeser dan membawa angin perubahan ke Sumbar pascaterpilihnya Zulkifli Hasan. Salah satu perubahan itu diperkirakan akan hinggap pada kandidat kepala daerah yang akan bersaing berebut kereta PAN menuju panggung Pilkada 2015 NUSA DUA, HALUAN — Zulkifli Hasan terpilih menjadi Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) 2015-2020 setelah mengalahkan petahana Hatta Rajasa. Hasil ini didapat melalui mekanisme pemungutan suara yang berlangsung secara tertutup.

Minggu,01 Maret 2015 - 19:08:24 WIB

Kabut Asap Makin Merajalela di Riau

SELATPANJANG, HALUAN — Hingga saat ini, kebakaran hutan dan lahan masih juga merajalela di sejumlah ka­wasan di Riau. Sejumlah titik panas baru, ditemukan terus bermunculan. Di Kabupaten Kepulauan Meranti, kom­pleks perkantor Bupati Me­ranti bahkan sempat dike­pung asap. Kondisi itu terjadi Sabtu akhir pekan kemarin. Di ka­wa­san Kota Selatpanjang, kebakaran lahan hebat terjadi di tiga titik secara serentak, yakni Desa Alah Air, Desa Sesap dan di Dusun I Dorak, tepatnya di kompleks Perkan­t­oran Bupati Meranti. Saking parahnya kebakaran, Kantor Bupati Meranti sempat tert­utup kabut asap yang tebal.

Minggu,01 Maret 2015 - 19:06:37 WIB

UN 2015, Dihantui Kebocoran Soal

PADANG, HALUAN — Ku­rang lebih 40 hari lagi siswa di Sumatera Barat akan kembali menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2015. UN tahun ini masih dilaksanakan secara manual meski sebelumnya ada wacana UN akan dilakukan secara online. Hanya saja UN 2015 dihantui kebocoran soal, mengingat soal dicetak di Sumbar dan tahun sebelumnya hasil investigasi kebocoran terjadi di percetakan. Tak banyak berbeda de­ngan tahun lalu terkait tata cara pelaksanaan UN. Hanya saja yang sedikit berbeda dari tahun lalu untuk percetakan soal UN tahun ini. Sebelumnya dicetak di luar Sumbar, namun tahun ini 16 juta halaman soal UN akan dicetak di Perusahaan Daerah (Perusda) PT Grafika Sumbar.

Jumat,27 Februari 2015 - 20:02:01 WIB

Sarpin Polisikan 2 Dosen Unand

Imbas drama KPK-Polri mulai beringsut ke Sumbar. Setelah pihak kerabat Sarpin Rizaldi yang mengadukan dosen Fakultas Hukum Unand ke Polda Sumbar, kemarin giliran hakim tunggal persidangan praperadilan Komjen BG yang mengadukan dua dosen kampus tersebut. PADANG, HALUAN — Ha­kim Sarpin Rizaldi SH ber­sama beberapa rekannya mela­porkan dua Dosen Fa­kultas Hukum Universitas Andalas (Unand) yakni Dr Feri Amsari SH MH (35) dan Charles Simabura SH MH (36) di Mapolda Sumbar, Jumat (27/2) siang. Pelaporan tersebut, karena Sarpin tidak terima atas peryataan dua terlapor “di­buang secara Adat”.

Jumat,27 Februari 2015 - 20:01:00 WIB

Badan Utama AirAsia Berhasil Diangkat

103 JENAZAH SUDAH DIEVAKUASI JAKARTA, HALUAN — Badan SAR Nasional telah berhasil mengangkat badan utama pesawat (fuselage) AirAsia QZ8501 dari perairan Selat Karimata, Jumat (27/2) sore tadi. Saat ini fuselage QZ8501 sedang dalam perjalanan menuju Jakarta untuk diserahkan oleh Basarnas kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo memperkirakan fuselage QZ8501 akan tiba di Jakarta pada Minggu (1/3) atau Senin (2/3) pagi.

Jumat,27 Februari 2015 - 19:58:40 WIB

Pembangunan Jembatan Gantung Batu Gadang Menggantung

PADANG, HALUAN — Pembangunan jembatan gantung di RT II/RW I Kelu­rahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan belum juga bisa dirampungkan, kendati tiang penyangga sudah diram­pungkan PT Semen Padang sejak tiga bulan lalu. Padahal, jembatan ini menjadi satu-satunya akses yang bisa digunakan 1.500 KK untuk beraktifitas di luar kampung mereka. Dari pantauan Haluan di lokasi,  warga sekitar terlihat menggunakan bantalan jembatan gantung yang kon­disinya sudah terlihat lapuk. Hal ini mengesankan, warga bak meniti jem­batan maut yang sewaktu-waktu bisa runtuh. Padahal, di bawah jembatan tersebut,  batu-batu besar yang menanti.

Jumat,27 Februari 2015 - 19:30:00 WIB

Cuaca Ekstrem dan Puting Beliung Ancam Riau

MASUKI PERALIHAN MUSIM PEKANBARU, HALUAN —Tak lama lagi, persisnya medio Maret 2015 mendatang, Provinsi Riau akan memasuki peralihan musim, yakni dari musim kemarau ke musim hujan. Jelang memasuki masa peralihan tersebut, gejala alam yang biasanya muncul adalah cuaca ekstrem dan angin puting beliung. Data yang tercatat dari Stasiun BMKG Kota Pekanbaru, untuk Kota Pekanbaru beberapa hari belakangan ini suhu mencapai 36 derajat celcius. Angka ini mulai mendekati suhu cuaca ekstrem dimana cuaca bisa dikatakan ekstrem bilamana suhu telah mencapai angka 40 derajat celcius.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM