BERITA sumbar

Senin,05 Januari 2015 - 18:20:20 WIB

Tahapan Pilkada Pasaman Dimulai Februari

PASAMAN, HALUAN — Devisi Sosialisasi dan Data Pemilih KPU Pasaman, Aprina Herawati mengatakan, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan adanya pengunduran pelaksanaan Pilkada serentak dari yang direncanakan tahun 2015 menjadi 2016. “Belum ada instruksi dari KPU Pusat. Nanti kita lakukan dua tahapan besar pilkada, yaitu pemutakhiran data pemilih dan pembukaan calon kepala daerah. Kalau tidak ada perubahan, kemungkinan tahapan dimulai pada Februari dan pilkadanya pada Desember 2015 ini,” ungkapnya.

Senin,05 Januari 2015 - 18:19:44 WIB

Diduga Rugikan Keuangan Daerah

JEMBATAN  LIMBUKU TERBENGKALAI LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Pembangunan jembatan Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, sudah lebih empat tahun terbengkalai, hanya rampung dikerjakan pondasi dikiri dan kanan sungai Batang Sinamar saja. Pengerjaan proyek jembatan yang setengah rampung itu diduga merugikan keuangan daerah dan tidak dapat dimanfaatkan masyarakat. Proyek jembatan senilai milyaran rupiah itu, mulai dibangun tahun anggaran 2009-2010 dengan sistem ta­hun jamak. Kemacetan peker­jaan diduga akibat perencanaan yang kurang matang. Sehingga terjadi kemacetan pekerjaan, akhirnya dibiarkan terbeng­kalai begitu saja sampai seka­rang, tak bisa dimanfaatkan masyarakat.

Senin,05 Januari 2015 - 18:19:17 WIB

Ratusan Ninik Mamak Bermusyawarah

AGAM,  HALUAN — Untuk menyikapi dan memperluas wawasan mengenai UU No 6 Tahun 2014 ratusan ninik mamak se-Kabupateh Agam mengikuti Musyawarah di Pusdiklat Kemendagri Regional Bukittinggi, Minggu (4/1). Menurut ketua panitia  H. Ono Priono, musyawarah ni­nik mamak se Luhak Agam ini merupakan yang kedua kali­nya dan sebagai tindak lanjut dari  remokendasi musawarah sebelumnya pada September tahun 2014 di Balai Gurah Kecamatan Ampek Angkek dan musawarah kali ini lebih luas mengikutkan ninik ma­mak dari Luhak Agam di luar Kabupaten Agam.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:40:00 WIB

Tiga Tahun Memeras, Akhirnya Terungkap

PRIA ASAL JAKARTA BABAK BELUR PADANG PANJANG. HALUAN — Tersangka pelaku pemerasan, Handa Suanda (40) asal Jakarta, babak belur dihajar massa  saat hendak kembali melakukan aksinya terhadap Neng (35 tahun) di Kampung Manggis, Padang Panjang, Sabtu ( 3/1). Dengan wajah berdarah tersangka langsung digiring warga setempat ke Mapolres Padang Panjang untuk diproses. Informasi yang dihimpun Minggu (4/1) siang, tindakan pengan­caman dan pemerasan tersebut sudah berlangsung sejak 2011 lalu atau sudah tiga tahun lebih.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:37:37 WIB

Distribusi Kompor dan Tabung Gas Sarat Pungli

Didistribusi kompor gas dan tabung gas elpiji gratis di beberapa daerah diduga sarat pungutan liar. Kepolisian siap menerima pengaduan warga yang merasa dirugikan. AROSUKA, HALUAN — Pembagian kompor dan tabung gas elpiji di Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, diduga diwarnai adanya pungutan liar (pungli) di tengah masyarakat. Pasalnya, dalam pembagian kompor gas yang seharusnya gratis itu, masyarakat justru dikenai pungutan oleh para oknum di lapangan.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:33:28 WIB

Suir Minta ISI Dipertahankan

PADANG PANJANG. HALUAN — Mantan Walikota Padang Panjang H  Suir Syam tidak menginginkan terulang lagi sejarah kelam dikota Padang Panjang dengan bertambahnya  lembaga pendidikan yang hengkang ke daerah lain. Sebelumnya sudah pindah beberapa lembaga pendidikan seperti IAIN ke Batusangkar, MAN ke Koto Baru. SMKI ke Padang. Kini disebut sebut lagi lembaga pendidikan tinggi seni ISI akan melebarkan sayapnya ke daerah lain.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:22:36 WIB

Ashelfine Datangi Pimpinan Parpol

MAJU DALAM PILKADA SIJUNJUNG 2015 SIJUNJUNG,HALUAN — Keikutsertaan seorang pengusaha muda asal Pematang Panjang, Ashelfine dalam bursa calon bupati pada Pilkada Kabupaten Sijunjung 2015 mendatang, diprediksi akan memberikan warna tersendiri. Selain calon incumben, Ashelfine juga diprediksi kuat mampu mengambil hati pemilih di Kabupaten Sijunjung. Ashelfine yang merupakan pengusaha sekaligus praktisi hukum itu gencar melakukan kunjungan ke kantor Sekre­tariat Partai, seperti PAN, Demokrat dan PPP dan tidak tertutup kemungkinan akan menyambangi kantor partai lainnya. Selain itu, pria mudah bergaul dan gampang terse­nyum tersebut selalu me­nyem­patkan diri berkunjung ke na­gari-nagari untuk bersila­turah­mi dengan masyarakat terkait keikutsertaannya pada Pilkada mendatang.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:22:07 WIB

Pejabat Eselon III BLH Pasaman Dilantik

PASAMAN, HALUAN — Sebanyak 4 orang eselon tiga dan 10 orang eselon empat, pada Badan Ling­kungan Hidup (BLH) Kabupaten Pasaman dilantik. Pelantikan mereka, adalah tuntutan atas berubah status dari kantor ke badan pada lingkungan hidup. Empat orang eselon tiga yang dilantik berdasarkan SK Bupati Pasaman nomor 821. 23/06/BKD-2014 adalah, Sil­fia Evayanti yang sebelumnya menjabat Kepala Kantor Ling­kungan Hidup menduduki posisi baru sebagai Sekretaris pada Badan Lingkungan Hi­dup. Saat ini, Eva merangkap sebagai pelaksana tugas kepala badan. Kata Bupati, Kepala Badan Lingkungan Hidup yang definitif dilantik saat mu­tasi besar-besaran bagi pejabat eselon dua yang akan dilaksa­nakan dalam waktu dekat.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:21:39 WIB

Sepasang Burung Unta Tambah Koleksi TMSBK

BUKITTINGGI, HALUAN — Sepasang anak Burung Unta saat ini menjadi penghuni baru Taman Marga Satwa dan Bu­daya Kinatan  (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi. Meski saat ini masih dalam masa karantina, namun kedua ekor satwa ini menjadi favorit pengunjung. “Sepasang anak Burung Unta ini didatangkan dari penangkaran dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Ja­kar­ta. Burung Unta ini tiba di Bukittinggi pada Jumat 26 Desember 2014 lalu, dan dibe­ri nama masing-masing ‘Maha­raja’ untuk anak Burung Unta jantan, dan ‘Maharani’ untuk betina. Saat ini, keduanya ditempatkan di kandang ka­ran­tina,” tutur Kepala Bidang TMSBK Bukittinggi, Ikbal.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:21:07 WIB

Kombinasi Muslim dan Adat

SERAGAM BARU PNS AGAM AGAM, HALUAN — Pe­merintah Kabupaten Agam akan menerapkan pemakaian pakaian muslim yang dikom­binasikan dengan pakaian adat Minangkabau bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) setiap Kamis dan Jumat. “Namun untuk tahap awal, pe­makaian pakaian tersebut baru dite­rapkan oleh jajaran PNS di Kemenag Kabupaten Agam” kata bupati agam Indra Catri saat menghadiri acara puncak Hari Amal Bakti (HA­B) ke-69 di halaman Kan­tor Bupati Agam, Sabtu (3/1).

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM