BERITA sumbar

Kamis,29 Januari 2015 - 19:34:39 WIB

Pemkab Agam Hormati Proses Hukum

PEJABAT TERSANGKUT KORUPSI AGAM, HALUAN— Pemerintah Kabupaten Agam, menghormati keputusan Kejaksaan Negeri Lubuk Basung, melakukan penahanan terhadap dua orang pejabat dilingkungannya. Penegak hukum diharapkan menjalankan proses dengan adil. Sekretaris Daerah Ka­bu­paten Agam, Syafirman Aziz, Kamis, (29/1) mengaku pri­hatin dengan apa yang me­nimpa kedua pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan ter­sebut. Sepengetahuannya, me­reka merupakan orang baik. Tetapi pemerintah tidak bisa menghalangi proses hukum yang tengah berjalan. “ Kita menghormati langkah yang diambil Kejaksaan Negeri Lubuk Basung terhadap ter­sangka dengan melakukan penahanan. Institusi penegak hukum itu pastinya sudah memiliki pertimbangan me­lalui bukti-bukti yang telah didapat,” katanya.

Kamis,29 Januari 2015 - 19:33:59 WIB

Pessel Canangkan Tanam Serentak

PRODUKSI PADI DITARGET 85 RIBU TON PAINAN, HALUAN — Untuk meningkatkan produksi padi, Pemkab Pessel dan Kodim 0311/PSS, bertekad merampungkan target tanam padi di atas lahan seluas 59.448 hektare, pada dua kali musim tanam di tahun 2015. Terkait hal itu, Pemkab Pessel dan TNI mencanangkan swasembada pangan, sekaligus menggelar aksi tanam serentak di musim tanam pertama tahun 2015, Kamis (29/1), bertempat di Bayang Pessel. Sekda Pessel, Erizon da­lam pencanangan tanam seren­tak musim tanam pertama tersebut mengatakan, Pesisir Selatan ditargetkan menam­bah produksi padi 85 ribu ton pada tahun 2015 ini. Untuk meningkatkan produksi ter­sebut, seluruh petani harus bergerak serentak melakukan penanaman padi.

Kamis,29 Januari 2015 - 19:33:06 WIB

Terminal Agribisnis Belum Maksimal

PRODUKSI SAYURAN TERBATAS PAYAKUMBUH, HALUAN — Kendati sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, namun Terminal Agribisnis (TA) Kota Payakumbuh, belum beroperasi maksimal. Pasalnya, produksi sayur beragam jenis yang diantar pedagang pengumpul maupun petani dari Payakumbuh dan Limapuluh Kota, masih terbatas. Sehingga permintaan propinsi tetangga belum terpenuhi. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holticultura, Per­kebunan dan Kehutanan Kota Payakumbuh, Iqbal Bermawi, yang dihubungi dilokasi TA Payobasung, Kecamatan Pa­yakumbuh Timur, Kamis ke­marin mengungkapkan, petani sayuran di Luak Limopuluah ini ternyata belum siap dengan produksi sayuran yang me­madai untuk dibawa ke TA, walau sosialisasi keberadaan TA terus dilakukan ke ma­syarakat.

Rabu,28 Januari 2015 - 19:14:38 WIB

Dua Pejabat Agam Terjerat Korupsi

DITAHAN KEJARI LUBUK BASUNG AGAM, HALUAN —Kejaksaan Negeri Lubuk Basung, Kabu­paten Agam melakukan pena­hanan terhadap dua tersangka dalam kasus korupsi pem­­bangunan dermaga pendaratan tangkapan  ikan tahun anggaran 2012 di Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya. Pemeriksaan dua tersangka tersebut dilakukan sejak, Rabu (28/1) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.  Setelah diperiksa cukup lama akhirnya keduanya ditahan dan dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan kelas 2 B Padang Langsano, Lubuk Basung, Selasa sore.

Rabu,28 Januari 2015 - 19:01:01 WIB

KIH Sepakati Pencalonan Tedy Sutendi

JELANG PILKADA LIMAPULUH KOTA LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Lima partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) di Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (30/1) bertempat di Hotel Shago Bungsu Tanjungpati, dijadwalkan akan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), untuk menyepakati pencalonan Tedy Sutendi, yang akan diusung sebagai bakal calon bupati Limapuluh Kota periode 2015-2020 mendatang. Kelima partai itu masing-masingnya Partai Hanura, PDI Perjuangan, Partai Kebang­kitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Nasional De­mokrat (NasDem). Selan­jutnya, KIH tinggal menunggu waktu pendaftaran bakal calon kepala daerah ke Komisi Pe­milihan Umum Daerah (KPU­D) untuk mengikuti uji publik.

Rabu,28 Januari 2015 - 19:00:33 WIB

SMP Negeri 3 Guntal Berlakukan Jam Malam

DONGKRAK PRESTASI SISWA Arosuka, Haluan — Untuk mendongkrak prestasi akademik siswa terutama bagi siswa kelas 9 yang akan menempuh Ujian Nasional (UN), SMP Negeri 3 Gunung Talang (Guntal) melarang siswa  untuk berkeliaran di warung internet tanpa seizin guru pembimbing mata pelajaran dan memberlakukan jam malam. Sementara untuk pengawasan terhadap siswa, kepala sekolah dan majelis guru  akan berkoordinasi dengan para orang tua siswa. “Siswa diperbolehkan pe­rgi ke warnet apabila memang mendapat tugas dari guru mata pelajaran yang bersangkutan. Sedang jam malam diber­lakukan mulai pukul 20.00 WIB hingga pagi hari,” kata Kepala sekolah SMPN 3 Gu­nung Talang, Suardi, S.Pd, menjawab Haluan Rabu, (28/1).

Rabu,28 Januari 2015 - 18:59:58 WIB

Rehab Rekon Pasca Banjir Bandang Telan Rp1,574 Miliar

PASAMAN, HALUAN — Sebanyak 22 unit rumah korban banjir bandang Jorong Lungguakbatu Kecamatan Bonjol hampir tuntas dibangun. Pembangunan ini melalui dana rehab rekon BNPB sebesar Rp550 juta. Selain pembangunan kembali rumah korban banjir bandang tersebut, BNPB juga mengucurkan dana pem­bangunan bronjong untuk pengamanan tebing sungai senilai Rp800 juta. Total kucuran dana dari BNPB Rp1,35 miliar. “Pembangunan bronjong sepanjang 192 meter di lokasi bekas banjir bandang. Sudah dua kali air sungai meluap, bronjong belum melihatkan kerusakan,” kata Kepala BPBD Pasaman Nasir.

Rabu,28 Januari 2015 - 18:59:10 WIB

Mutasi Bergulir Besok, Desri Disebut Jadi Sekwan

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Dijad­walkan, Jumat esok, sejumlah pejabat eselon II, III dan IV, di ling­kungan pe­merintah kabupaten Lima­puluh Kota, bakal mengalami mu­tasi besar-be­saran. Sejumlah pejabat eselon II setingkat kepala SKPD, badan, asisten dan Sekretaris dewan (sekwan), bakal mengalami rotasi. Teranyer disebut yang sudah ramai di­bicarakan, Sekwan Husin Daruhan, bakal dirotasi keposisi lain. Ada yang menyebut, ia bakal berpindah tempat dengan Desri yang selama ini menjabat Asisten II. Termasuk sejumlah nama kepala SKPD setingkat kepala dinas, juga akan berpindah tempat dan promosi. “Jumat esok, rencananya.

Rabu,28 Januari 2015 - 18:58:00 WIB

KPP Pratama Bukittinggi Terbaik

BUKITTINGGI, HALUAN — Realisasi penerimaan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bukittinggi  tahun 2014 diatas seratus persen. Pencapaian ini sekaligus menempatkan KPP Pratama Bukittinggi sebagai salah satu KPP terbaik dari 8 KPP Prata­ma di Kantor Wilayah (Kan­wil) Direktorat Jendral Pajak (DJP)  Sumbar dan Jambi.

Selasa,27 Januari 2015 - 19:16:57 WIB

Tersangka Pembunuh Imam Nagari Dibekuk

SEMPAT PALSUKAN NAMA PADANG PARIAMAN, HA­LUAN — Sepekan setelah kasus pembunuhan Imam Na­gari,  Zainuddin alias Imam Adin (61), warga Linggeh Kotohilalang Barat Nagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam Padang Pa­ria­man, jajaran Polsek V Koto Kampung Dalam, berhasil menangkap, Indra (37) ter­sang­ka yang diduga telah mela­kukan pembunuhan tersebut. Tersangka Indra alias Bu­yung merupakan adik ipar dari korban, ditangkap jajaran Pol­sek V Koto Kampung Dalam, di Jalan Nangka Kota Pekan­baru Riau, Selasa (27/1) sekitar pukul.06.00 WIB.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM