BERITA sumbar

Senin,16 Februari 2015 - 19:52:57 WIB

Pohon Kelapa Mulai Diserang Hama Kera

PETANI KELAPA KEWALAHAN PADANG PARIAMAN, HALUAN — Kera sebagai salah satu hewan yang dilindungi, ternyata men­jadi musuh yang sangat ganas bagi petani kelapa di Padang Pariaman. Bagi petani, kera merupakan hama yang harus dimusnahkan. Namun pemerintah juga sangat terken­dala dalam membantu petani dalam pengentasan hama kera ini. “Kera merupa­kan hewan yang dilindungi, kami tidak bisa menganggarkan untuk memberantas kera ini,” terang sekretaris Dinas Pertanian Pertenakan dan Kehutanan Padang Paria­man, Akhiruddin pada Haluan, Senin (16/2). Akhiruddin, mengakui memang ba­nyak dari petani kelapa yang menge­luhkan akan serangan kera tersebut. Tapi apa boleh buat, kami di dinas tidak bisa memberikan anggaran untuk pemberantas kera tersebut.

Senin,16 Februari 2015 - 19:52:00 WIB

DKP Kembangkan Pulau Ujung dan Pulau Tangah

AGAM, HALUAN — Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Agam akan membantu mendorong pengembangan wisata bahari dengan menggarap Pulau Ujung dan Pulau Tangah di Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara. Sebab potensi dua pulau tersebut cukup menjanjikan dan memiliki nilai jual. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Agam, Ermanto, Sabtu (14/2)  menga­takan, Pulau Ujung dan Pulau Tangah merupakan milik ulayat masyarakat setempat. Pulau  ini sangat bagus dijadikan tempat  berlibur. Di harapkan ke depan pulau tersebut menjadi daya tarik untuk menyedot pengunjung luar datang.

Minggu,15 Februari 2015 - 19:34:59 WIB

Imigran Gelap Kembali Tertangkap

PASAMAN, HALUAN — Dua hari berselang setelah penangkapan 24 imigran gelap asal Bangladesh dan Myanmar di Pesisir Selatan, polisi kembali meng­a­mankan 16 imigran asal Bangladesh lainnya. Mereka  diamankan pihak keamanan si sebuah rumah kosong oleh pihak kepolisian di sebuah rumah kosong di Kampungpadang Kenagarian Aiamanggih Keca­matan Lubuksikaping Kabupaten Pasaman, Sabtu (14/2) malam. Dengan demikian, kini pihak Imigrasi Sumbar mengurus 40 imi­gran gelap berhasil diamankan saat berada wilayah Sumatera Barat. Sebanyak 16 imigran asal Bang­ladesh itu sementara diinapkan di Musalla Polres Pasaman untuk dijemput oleh petugas imigrasi dari Kantor Imigrasi Kelas II Bukittinggi.

Minggu,15 Februari 2015 - 19:33:08 WIB

Tiga Bocah Tewas Tenggelam

Keceriaan tak selamanya berakhir suka seperti yang dialami tiga bocah sekitar Pantai Sunur, Kota Pariaman. Mereka ditemukan tak bernyawa setelah tenggelam di muara sungai di sekitar pantai tersebut. PARIAMAN, HALUAN — Mua­ra Pantai Sunur kembali menelan korban jiwa. Tiga bocah yang merupakan warga setempat tenggelam sekaligus di ujung muara, Minggu (15/2) sekitar pukul 15. 00 WIB.

Minggu,15 Februari 2015 - 19:04:03 WIB

55 Persen Koperasi di Solok Tak Sehat

78 DIANTARANYA TERANCAM DIBUBARKAN SOLOK, HALUAN — 55 persen atau setara dengan 84 dari 152 koperasi yang ada di Kabupaten Solok dinilai tak lagi sehat. Pasalnya, rata-rata sudah lebih dari dua tahun koperasi tersebut tidak melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Bahkan 78 diantara 84 koperasi tak sehat itu, kini  terancam dibubarkan. Kepala Dinas Koperasi Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Kabupaten So­lok, Harwendi SE, melalui Kabid Koperasi, Letty Dewina Amra di Koto Baru Jumat (13/2) menagatkan, dari 152 kope­rasi yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabu­paten Solok itu, hanya 68 koperasi  saja yang aktif. Dari yang aktif itu, baru 12 koperasi yang telah melaksanakan RAT pada tahun 2015 ini.

Minggu,15 Februari 2015 - 19:03:28 WIB

Artis dan Atlet Berwisata ke Sawahlunto

LOBANG MBAH SOERO SAWAHLUNTO, HALUAN — Tak kurang dari dua puluh komedian, musisi dan mantan atlet papan atas nasional, kunjungi beragam destinasi wisata Kota Sawahlunto, Sabtu dan Minggu (13-14/2) akhir pekan ini. Selain memiliki kandu­ngan sejarah, para komedian, musisi dan mantan atlet yang tergabung dalam wadah orga­nisasi Komando itu, menilai destinasi wisata Sawahlunto juga memiliki nilai edukasi.

Minggu,15 Februari 2015 - 19:02:57 WIB

RSAM Bukittinggi Kekurangan Peralatan Kedokteran

BUKITTINGGI, HALUAN — Direktur Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi, Ermawati mengungkapkan, saat ini RSAM Bukittinggi masih kekurangan peralatan kedokteran untuk tenaga dokter spesialis yang sudah tersedia RSAM. Kekurangan itu dian­tara­nya untuk dokter spe­sialis Urologi yang meli­puti ESWL, PcN, Laser unit dual function as stone disintegration, ultra­sound litotriptor unit, pediatric lower urinal tract set serta flesible uretrorenoscopy set, yang total harganya mencapai Rp18 miliar.

Minggu,15 Februari 2015 - 19:02:32 WIB

Rumah Asisten II Ludes Terbakar

PAYAKUMBUH, HALUAN— Rumah pribadi milik Asisten II Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh Amriul Dt Karayiang, ludes terbakar pada Minggu (15/2) sekitar pukul 19.30 Wib.  Rumah permanen itu  berlokasi  di Kelurahan Tarok, Kecamatan Payakumbuh Utara. Diduga sementara kebakaran tersebut, disebabkan dari perci­kan api yang berasal  arus pendek pada  kabel listrik mobil pribadi milik korban. “Diduga, api bera­sal dari percikan api akibat adanya arus pendek pada mobil pribadi korban yang parkir diga­rasi samping rumah. Api cepat membesar dan menghanguskan rumah korban,” ungkap Ahdion Kepala UPT Damkar Kota Paya­kumbuh saat upaya pemadaman kebakaran tersebut,  tadi malam.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:59:23 WIB

Longsor Juga Rusak Rumah Warga

SAWAHLUNTO, HALUAN — Hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto kamis malam (12/2), tak hanya mengakibatkan longsor di lima titik Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Bencana tersebut ternyata juga mengakibatkan longsor di tiga titik lainnya dan merusak rumah warga serta me­nim­bulkan banjir. “Ada tiga rumah warga yang terkena longsor di Simun­tuang Desa Silungkang Oso dan sembilan rumah terendam banjir termasuk dua Sekolah Dasar di Pasar Usang Silung­kang Tigo’’sebut Camat Si­lung­kang Ismunandar kepada Haluan di lokasi longsor di Silungkang jum’at(13/2).

Jumat,13 Februari 2015 - 19:58:55 WIB

Imigran Gelap Masuk Dari Medan

PAINAN, HALUAN — Imigran gelap asal Bangladesh dan Myanmar yang ditangkap di wilayah hukum Pesisir Selatan sebelumnya diketahui merapat di Medan Sumatera Utara. Dari Sumatera Utara mereka menuju pantai barat Sumbar dan dari sini berencana melanjutkan perjalanan ke Australia. Kapolres Pessel AKBP Toto Fajar Prasetyo kepada wartawan menyebutkan, informasi itu didapat ketika polisi menanyai jalur perjalanan mereka saat ditangkap Rabu (11/2) lalu. Namun belum diketahui yang merancang jalur perjalan mereka tersebut.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM