BERITA sumbar

Minggu,18 Januari 2015 - 19:29:20 WIB

Ketua Ikabe Bukittinggi Ditemukan Tak Bernyawa

BUKITTINGGI, HALUAN — Ketua Ikatan Kendaraan Bemo (Ikabe) Bukittinggi, Asril Manza (60), ditemukan tak bernyawa di dalam kamar mandi di Kantor Ikabe Jalan Soekarno-Hatta kawasan Manggih Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) Kota Bukittinggi, Sabtu (17/1). Diduga mantan Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Bukittinggi ini mengalami stroke, karena sebelumnya korban pernah memiliki riwayat penyakit stroke. Dari fisik korban juga tidak ditemui tanda-tanda adanya kekerasan yang diderita. Jenazah korban pertama kali ditemui sekitar pukul 10.00 WIB oleh seorang sopirnya bernama Eri Dasrial. Waktu itu Eri Dasrial bermaksud hendak menemui Asril Manza untuk suatu keperluan.

Minggu,18 Januari 2015 - 19:26:49 WIB

Warga Dua Nagari di Solok Sepakat Damai

AROSUKA, HALUAN — Upaya damai pasca cakak banyak dua nagari di Kecamatan  Lembang Jaya mulai menunjukkan titik terang. Kedua nagari yang bertikai itu, Selayo Tanang Bukik Sileh dan Koto Laweh yang mengawali kese­pa­katan tersebut secara internal di masing-masing nagari, melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh pe­muda. "Dari pertemuan itu, lahir keputusan di masing-masing naga­ri untuk menyelesaikan persoalan tersebut dengan cara musyawarah," ucap Wali Nagari Koto Laweh, Busra menjawab Haluan, Minggu (18/1).

Minggu,18 Januari 2015 - 19:14:54 WIB

DPR Isyaratkan Setuju Pilkada Langsung

AGAM, HALUAN — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bakal menyetujui pe­lak­sanaan Pemilu Kepala Da­e­­rah (pilkada) secara lang­sung melalui Peraturan Peme­rintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) no 1 tahun 2014. Hal ini dikatakan Men­dagri ketika tampil sebagai pembicara pada ceramah umum dihadapan segenap civitas akademika IPDN Kam­pus Sumbar yang berlokasi di Baso, Agam Sabtu (17/1/15).

Minggu,18 Januari 2015 - 19:14:31 WIB

PA Kabupaten Solok: Kasus Istri Gugat Suami Tertinggi

Arosuka, Haluan — Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Solok berhasil meraih peringkat tertinggi dalam penyelesaian per­kara di­banding­kan dengan PA lain di Sumatera barat . faktanya, dalam kurun waktu tiga tahun berturut-turut, PA Kabupaten Solok menduduki peringkat pertama dalam penyelesaian perkara. Setidaknya, Tahun 2014 lalu, tingkat penyelesaian per­kara cerai di PA ini mencapai 99,04 persen. Angka ini meru­pakan yang tertinggi di banding kabupaten/kota lainnya di Sumbar.

Minggu,18 Januari 2015 - 19:14:00 WIB

LPM Harau Tuntut Pemkab Limapuluh Kota

BELASAN TAHUN MATA AIR DISEDOT PDAM LIMA PULUH KOTA, HALUAN – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Nagari Harau Kecamatan Harau, menuntut  Pemkab Limapuluh Kota agar segera menunaikan janjinya. Pemkab harus memberi  kontribusi pada nagari Harau atas sumber mata air yang sudah belasan tahun disedot PDAM Pemkab. Ketua LPM Harau, Yon Putra,SHI yang ditemui Ha­luan, Sarilamak, Minggu (18/1) kemarin mengungkapkan keberadaan sumber air PDAM Limapuluh Kota di Nagari Harau telah dimanfaatkan selama 15 tahun oleh PDAM atau Pemkab Limapuluh Kota, namun selama itu pula tidak ada timbal balik yang di­berikan.

Minggu,18 Januari 2015 - 19:13:32 WIB

Warga Lubuk Basung Tanam Pisang di Badan Jalan

AGAM, HALUAN — Masyarakat di sekitar  Monggong, Kena­garian Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, menanam sebatang pohon pi­sang di badan jalan, akibat gerah dengan kondisi jalan yang rusak parah dan tidak kunjung diperbaiki. Penanaman pohon pisang itu tepatnya pada Jalan Di­ponegoro yang merupakan jalan strategis provinsi,  seba­gai jalur lintas penghubung Lubuk Ba­sung menuju Bukit­tinggi. Penanaman tersebut membuat arus lalu lintas ter­gang­gu. Pada pohon pisang bertuliskan sejum­lah kata-kata yang mengandung protes war­ga.

Minggu,18 Januari 2015 - 19:13:02 WIB

Pasutri Ditangkap Saat Konsumsi Narkoba

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Pasangan suami istri (Pasutri) berinisial BD (51) dan N (38) tertangkap tangan di Korong Kandang Ampek Pasa Tembok, Kenagrian Guguyak, Kecamatan 2 X II Kayu Tanam, Jumat (16/1), Kabupaten Padang Pariaman. Pasangan ini tertangkap saat sedang menggunakan narkotika jenis sabu-sabu. BD selaku suami dari N ini diduga tengah mengadakan pesta narkoba bersama teman lainnya, saat dilakukan penggerebekan, teman BD berhasil kabu dari penyergapan polisi. Kapolres Padang Pariaman AKBP Roedy Yoelianto, SIK, MH melalui Kasat Res Narkoba AKP Abriadi membenarkan penangkapan terhadap pasangan suami istri ini. Namun saat penagkapan, ada teman dari tersangka ini lolos dari sergapan polisi.

Jumat,16 Januari 2015 - 20:35:22 WIB

Nelayan Pessel Terancam Bangkrut

MORATORIUM KAPAL ASING PADANG, HALUAN — Kebijakan moratorium kapal asing yang dikeluarkan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI) berdam­pak buruk tehadap nelayan budi daya ikan kerapu di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Akibat kebijakan yang di­ke­luarkan Menteri Susi Puji­astuti  itu,  selama tiga bulan belakangan ratusan nelayan budidaya ikan kerapu  yang berada di kawasan Mandeh,  Carocok Tarusan Pessel tak bisa menjual hasil panen, atau, terancam bangkrut.

Jumat,16 Januari 2015 - 20:18:24 WIB

Pengusaha Tambang Terkesan Membangkang

BUKIT PALANO DIGUNDULI LAGI PAYAKUMBUH, HALUAN— Sepertinya oknum pengusaha tambang galian C yang melakukan penambangan atau pengurukan tanah di bukit Palano, Jalan Lingkar Utara Bagian Luar (JLUBL), Kelurahan Talang, Payakumbuh Barat, terkesan membangkang terhadap perintah tegas Walikota Payakumbuh yang telah memerintahkan menghentikan aktifitas penambangan di bukit Palano tersebut. Walau usaha tambang ile­gal itu sudah resmi ditutup Walikota beberapa bulan lalu, namun secara diam-diam se­per­tinya pengusaha tambang berusaha kembali melakukan penambangan tanah di bukit Palano tersebut, memper­gunakan satu unit alat berat jenis eskapator bersama bebe­rapa truk pengangkut tanah.

Jumat,16 Januari 2015 - 20:17:57 WIB

Program Listrik Desa Gratis Batal Dilakukan

PASAMAN, HALUAN —— Program listrik desa untuk 200 Kepala Keluarga (KK) masyarakat tidak mampu tahun 2014, batal dilaksanakan di Kabupaten Pasaman. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Ketenagalistrikan dan Pengembangan Energi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Pasaman Asril Amir kepada Haluan. Batalnya dilaksanakan program listrik gratis oleh Satuan Kerja Listrik Desa Sumbar. “Informasi yang kami dapat, proyek ini batal dilaksanakan tahun 2014 karena gagal tender,” kata Kabid Asril Amir.

Jumat,16 Januari 2015 - 20:17:36 WIB

DPRD Pariaman Minta Water Boom Anai Resort Diaktifkan

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Komisi IV DPRD Padang Pariaman meminta pada Bupati Padang Pariaman, untuk segera menfungsikan water boom yang telah dibangun sejak tahun 2008 lalu di kawasan wisata Anai Resort. “Kalau tidak difungsikan maka water boom yang telah menelan dana APBD Padang Pariaman sebanyak Rp14 miliar akan mubazir,” terang Komisi IV DPRD Padang Pariaman yang disampaikan oleh sekretaris Komisi, Dwiwarman pada Haluan, usai meninjau kondisi water boom Rabu Kemaren.

Jumat,16 Januari 2015 - 20:17:15 WIB

UPTD Kerajinan Berhasil Sumbangkan Rp76 Juta

BUKITTINGGI, HALUAN — Unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Kerajinan Industri Kota Bukittinggi telah memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli daerah (PAD). Dimana pada periode 2014 lalu, realisasi kontribusi jasa pada UPTD ini mencapai Rp 76,3 juta. “Alhamdulilah realisasi kontribusi jasa pada UPTD Kerajinan Industri Kota Bu­kit­tinggi pada tahun lalu men­capai Rp 76,3 juta. Realisasi ini melebihi dari target yang kita harapkan yakni sebesar Rp 70 juta. Dan untuk tahun ini, kita tetap menargetkan pema­sukan  sebesar Rp70 juta,” ujar Kepala UPTD Kerajinan Industri Diskoperindag Kota Bukittinggi Yusalman Ando, Jumat (16/1).

Kamis,15 Januari 2015 - 19:07:34 WIB

Upaya Damai Cakak Banyak Buntu

Situasi pada dua nagari di Solok yang terlibat aksi cakak banyak, Selasa (13/1) malam lalu belum pulih 100 persen. Upaya damai yang tengah diupayakan pihak terkait belum membuahkan hasil karena salah satu pihak tak hadir dalam pertemuan di Polsek Lembang Jaya SOLOK, HALUAN — Pe­nye­lesaian Kasus “Cakak Banyak” antar warga yang melibatkan warga dua nagari yaitu Nagari Koto Laweh dan Nagari Selayo Tanang Bukit Sileh Selasa, (13/1) malam lalu masih me­nemui jalan buntu. Faktanya, per­damaian antar dua Nagari yang berada di Kecamatan Lem­bang Jaya, Kabupaten Solok yang dijad­walkan ber­unding ke­marin, (15/1), kem­bali “men­tah” tanpa adanya kese­pakatan perdamaian anta­ra kedua belah pihak yang mem­buat upaya damai ini kembali diundur sampai wak­tu yang belum dijadwalkan.

Kamis,15 Januari 2015 - 19:05:59 WIB

Penderita Tumor Mata Ditolak RSUP M Djamil

TANAH DATAR, HALUAN — Setelah jenuh empat kali ditolak RSUP M Djamil Padang, Pemerintah Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang akhirnya mengadukan nasib warganya, Kheyla Humairoh (5) salah seorang anak penderita tumor mata bersama ibunya Teti Suryani (44) kepada Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat, Kamis (15/1) di sela-sela acara makan siang anggota DPRD tersebut di Batusangkar Penderita tumor mata ter­sebut dihadapkan kepada para anggota Komisi V DPRD Sum­bar tersebut langsung didampingi oleh Walinagari Minangkabau, Alfani Hamdi bersama Kaur Umum Zulhaf­ni dan Kaur Perekonomian Anesa Sastra.

Kamis,15 Januari 2015 - 18:51:20 WIB

PKL Bawah Fly Over Tak Bisa Dikendalikan

KETERBATASAN PERSONIL APARAT BUKITTINGGI, HALUAN — Kepala Kantor Satpol PP Bukittinggi Syafnir mengakui, saat ini pihak­nya belum mampu menguasai Jalan Bypass Aur Kuning pada bagian bawah fly over, sehingga para Pedagang Kaki Lima (PKL) semakin tak terkendalikan. Syafnir beralasan, saat ini Satpol PP Bukittinggi sangat kekurangan personil, sehingga tidak bisa berbuat banyak untuk menertibkan PKL itu. Menurutnya, saat ini personil Satpol PP Bukittinggi yang bertugas di lapangan hanya berjumlah 57 orang.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM