BERITA sumbar

Rabu,28 Januari 2015 - 19:01:01 WIB

KIH Sepakati Pencalonan Tedy Sutendi

JELANG PILKADA LIMAPULUH KOTA LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Lima partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) di Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (30/1) bertempat di Hotel Shago Bungsu Tanjungpati, dijadwalkan akan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), untuk menyepakati pencalonan Tedy Sutendi, yang akan diusung sebagai bakal calon bupati Limapuluh Kota periode 2015-2020 mendatang. Kelima partai itu masing-masingnya Partai Hanura, PDI Perjuangan, Partai Kebang­kitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Nasional De­mokrat (NasDem). Selan­jutnya, KIH tinggal menunggu waktu pendaftaran bakal calon kepala daerah ke Komisi Pe­milihan Umum Daerah (KPU­D) untuk mengikuti uji publik.

Rabu,28 Januari 2015 - 19:00:33 WIB

SMP Negeri 3 Guntal Berlakukan Jam Malam

DONGKRAK PRESTASI SISWA Arosuka, Haluan — Untuk mendongkrak prestasi akademik siswa terutama bagi siswa kelas 9 yang akan menempuh Ujian Nasional (UN), SMP Negeri 3 Gunung Talang (Guntal) melarang siswa  untuk berkeliaran di warung internet tanpa seizin guru pembimbing mata pelajaran dan memberlakukan jam malam. Sementara untuk pengawasan terhadap siswa, kepala sekolah dan majelis guru  akan berkoordinasi dengan para orang tua siswa. “Siswa diperbolehkan pe­rgi ke warnet apabila memang mendapat tugas dari guru mata pelajaran yang bersangkutan. Sedang jam malam diber­lakukan mulai pukul 20.00 WIB hingga pagi hari,” kata Kepala sekolah SMPN 3 Gu­nung Talang, Suardi, S.Pd, menjawab Haluan Rabu, (28/1).

Rabu,28 Januari 2015 - 18:59:58 WIB

Rehab Rekon Pasca Banjir Bandang Telan Rp1,574 Miliar

PASAMAN, HALUAN — Sebanyak 22 unit rumah korban banjir bandang Jorong Lungguakbatu Kecamatan Bonjol hampir tuntas dibangun. Pembangunan ini melalui dana rehab rekon BNPB sebesar Rp550 juta. Selain pembangunan kembali rumah korban banjir bandang tersebut, BNPB juga mengucurkan dana pem­bangunan bronjong untuk pengamanan tebing sungai senilai Rp800 juta. Total kucuran dana dari BNPB Rp1,35 miliar. “Pembangunan bronjong sepanjang 192 meter di lokasi bekas banjir bandang. Sudah dua kali air sungai meluap, bronjong belum melihatkan kerusakan,” kata Kepala BPBD Pasaman Nasir.

Rabu,28 Januari 2015 - 18:59:10 WIB

Mutasi Bergulir Besok, Desri Disebut Jadi Sekwan

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Dijad­walkan, Jumat esok, sejumlah pejabat eselon II, III dan IV, di ling­kungan pe­merintah kabupaten Lima­puluh Kota, bakal mengalami mu­tasi besar-be­saran. Sejumlah pejabat eselon II setingkat kepala SKPD, badan, asisten dan Sekretaris dewan (sekwan), bakal mengalami rotasi. Teranyer disebut yang sudah ramai di­bicarakan, Sekwan Husin Daruhan, bakal dirotasi keposisi lain. Ada yang menyebut, ia bakal berpindah tempat dengan Desri yang selama ini menjabat Asisten II. Termasuk sejumlah nama kepala SKPD setingkat kepala dinas, juga akan berpindah tempat dan promosi. “Jumat esok, rencananya.

Rabu,28 Januari 2015 - 18:58:00 WIB

KPP Pratama Bukittinggi Terbaik

BUKITTINGGI, HALUAN — Realisasi penerimaan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bukittinggi  tahun 2014 diatas seratus persen. Pencapaian ini sekaligus menempatkan KPP Pratama Bukittinggi sebagai salah satu KPP terbaik dari 8 KPP Prata­ma di Kantor Wilayah (Kan­wil) Direktorat Jendral Pajak (DJP)  Sumbar dan Jambi.

Selasa,27 Januari 2015 - 19:16:57 WIB

Tersangka Pembunuh Imam Nagari Dibekuk

SEMPAT PALSUKAN NAMA PADANG PARIAMAN, HA­LUAN — Sepekan setelah kasus pembunuhan Imam Na­gari,  Zainuddin alias Imam Adin (61), warga Linggeh Kotohilalang Barat Nagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam Padang Pa­ria­man, jajaran Polsek V Koto Kampung Dalam, berhasil menangkap, Indra (37) ter­sang­ka yang diduga telah mela­kukan pembunuhan tersebut. Tersangka Indra alias Bu­yung merupakan adik ipar dari korban, ditangkap jajaran Pol­sek V Koto Kampung Dalam, di Jalan Nangka Kota Pekan­baru Riau, Selasa (27/1) sekitar pukul.06.00 WIB.

Selasa,27 Januari 2015 - 19:13:30 WIB

DIM, Pintu Keluar Mentawai

GUBERNUR DAN LKAAM DIMINTA CERMAT BUKITTINGGI, HALUAN —  Gu­bernur, LKAAM  dan se­ke­lompok orang Sumbar/Mi­nangkabau yang mendukung dan tengah meng­gu­lirkan ga­gasan peru­bahan nama Provinsi Sumatera Barat menjadi Daerah Isti­mewa Minangkabau (DIM), perlu bersi­kap cermat membaca maksud dan misi dibalik ga­gasan itu. ”Gagasan DIM merupakan langkah catur yang dimainkan pihak-pihak tertentu untuk membuka pintu bagi keluarnya Kabupaten Kepulauan Mentawai dari wilayah teritorial Propinsi Sumatera Barat sekaligus melemahkan adat dan budaya Minangkabau,” kata Asraferi Sabri, Ketua Bamus Nagari Pasia, Ampek Angkek, Agam.

Selasa,27 Januari 2015 - 19:13:04 WIB

Korban Banjir di Pessel Kembali Ditemukan

PAINAN, HALUAN — Satu lagi korban banjir bandang warga Tam­bang Kecamatan IV Jurai ditemukan. Korban tersebut adalah Abu Nazar Malin Katik (71). Jasadnya dite­mukan warga dan tim gabungan da­lam keadaan terduduk Selasa (27/1) di pinggir sungai di Bungo Pasang. Kor­ban lainnya, Ridwan (50) warga Salido Ketek  ditemukan di bawah jembatan di Salido, Minggu (25/1) sekitar pukul 12.15 WIB. Warga bergabung bersama tim gabungan yang terdiri dari Basarnas, BPBD Pessel, Satpol Air dan TNI telah bergerak semenjak pagi hari pada Selasa untuk melakukan pen­carian lanjutan. Korban ditemukan dengan keadaan terduduk ditebing sungai di dikampung Bungo Pasang I, Nagri Salido Kecamatan IV jurai, sekitar Pukul 10.15 WIB.

Selasa,27 Januari 2015 - 18:51:18 WIB

Ali Mukhni dan Endarmy Daftar ke Nasdem

MAJU CABUP PADANG PARIAMAN PADANG PARIAMAN, HALUAN — Suhu politik jelang Pilkada Pilkada Padang Pariaman, mulai panas. Partai Nasdem yang secara resmi telah membuka gelombang pendaftaran bakal calon kepala daerah terhitung sejak Selasa (27/1) kemarin, sudah menerima pendaftaran dari dua tokoh di daerah itu. Mereka adalah Endarmy dan Bupati Padang Pariaman aktif, Ali Mukhni. “Ya, di hari pertama ini (kemarin) , kita sudah mene­rima dua pendaftar untuk posisi calon bupati. Selain Endarmy, yang merupakan kader Partai Nasdem, juga telah mendaftar H. Ali Mukh­ni, calon yang berasal dari kalangan ekster­nal,” ujar Ke­tua DPD Partai Nasdem Pa­dang Pariaman, Alfikri Mukh­lis didampingi sekretarisnya Joni Hendra di posko pendaf­taran Partai Nas­dem di Toboh Gadang Kecamatan Sintuak Toboh Gadang.

Selasa,27 Januari 2015 - 18:50:27 WIB

Parpol di Bukittinggi Tak Bisa Usung Calon Sendiri

BUKITTINGGI, HALUAN — Sesuai amanat pasal 40 Perppu nomor 1 tahun 2014 tentang persyaratan pendaftaran calon kepala daerah, seluruh partai politik peserta Pemilu tahun 2014 di Kota Bukittinggi, dipastikan akan melakukan langkah koalisi. Hal ini seiring tidak satupun parpol yang berhasil meraih 20 persen dari jumlah kursi DPRD, serta 25 persen akumulasi perolehan suara sah. Ketua DPC Partai Gerin­dra Kota Bukittinggi, Ismu­nandi Sofyan menjelaskan, pihaknya telah menjalin komu­nikasi politik dengan sejumlah partai. Namun Ismunandi ti­dak menyebut partai yang di­mak­sud. “Yang jelas, sekarang ada dua partai kecil yang ingin bergabung dengan Partai Ge­rindra untuk mengusung balon walikota,” ujar Ismu­nandi Sofyan, Selasa (27/1).

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM