BERITA sumbar

Selasa,20 Januari 2015 - 19:17:48 WIB

KPU Padang Panjang Tunggu Instruksi

PADANG PANJANG, HALUAN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang, hingga saat ini masih menunggu instruksi dari KPU Provinsi terkait persiapan Pemilihan Umum Kepala Daerah serentak 2015. “Kita sifatnya menunggu perintah dari KPU Provinsi, karena kita hanya penyelenggara Pemilihan Gubernur,” kata Ketua KPU Kota Padang Panjang Jafri Edi Putra di Padang Panjang, Selasa (20/1). Dia mengatakan, untuk penyeleng­garaan Pemilihan Gubernur, KPU Kota Padang Panjang merupakan perpan­jangan tangan dari KPU provinsi. “Kita ikut perintah KPU Provinsi,” katanya.

Selasa,20 Januari 2015 - 19:14:18 WIB

Kajari Janji Turunkan Tim

KASUS PEMBONGKARAN JALAN AIA SONSANG LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Payakumbuh, Hasbih mengakui, akan menurunkan anggotanya untuk melihat secara langsung pembongkaran ruas jalan Taeh Bukik Kecamatan Payakumbuh menuju Simpang Kapuak kecamatan Mungka. “Jika betul terjadi pem­bongkaran jalan dan ada pasal merugikan keuangan negara, maka kita akan cek secara langsung, “ kata Hasbih dalam percakapan dengan wartawan di Payakumbuh Selasa ke­marin. Menurut Hasbih, pem­bong­karan badan jalan itu, seharus­nya mem­pertim­bang­kan dam­pak ekonomi.

Selasa,20 Januari 2015 - 19:13:36 WIB

Surplus Beras, Percepatan Swasembada Pangan 2017 Dikebut

SAWAHLUNTO, HALUAN — Meski produksi padi di Kota Sawahlunto telah melampaui kebutuhan beras dalam daerah, namun upaya mendukung percepatan swasembada pangan nasional tahun 2017 terus dilakukan. Dukungan tersebut berupa pencanangan gerakan per­bai­kan irigasi, yang ditandai de­ngan peletakan batu pertama pembangunan jaringan irigasi, di areal kelompok tani Sia Cuma Lagi Desa Kolok Nan Tuo, Kecamatan Barangin Sawahlunto, Selasa (20/1).

Selasa,20 Januari 2015 - 19:12:52 WIB

Buaya Batang Masang Mengganas

SERET PEKERJA PT MUTIARA AGAM AGAM, HALUAN — Kembali buaya Batang Masang, Kecamatan Tanjung Mutiara memakan korban. Setelah tahun 2014 memakan beberapa korban, di tahun 2015 ini, buaya Batang Masang menerjang  seorang pekerja PT Mutiara Agam. Korban dinyatakan hilang di Batang Masang, afdeling empat  Kenagarian Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara, Senin (19/1) sekitar pukul 17.30 WIB. Hingga Selasa sore (20/1) pencarian masih dilakukan oleh BPBD Agam, Polres Agam dan TNI dibantu masyarakat.

Senin,19 Januari 2015 - 19:52:22 WIB

Rem Blong, Truk Fuso Terbalik di Silaing

PADANG PANJANG, HALUAN — Truk Fuso bewarna hijau bermuatan barang P&D BA 9081 ZU bertabrakan dengan truk pengangkut pasir di ruas jalan Lembai Anai, tepatnya di penurunan Bukit Berbunga Silaing Bawah, Padang Panjang, Senin (19/1) sekitar pukul 14.20 WIB. Akibatnya, seorang pe­numpang truk fuso, Nur­ma­lelendra (24) yang juga istri pengemudi truk naas itu, tewas setelah kaki­nya patah kar­na terjepit. Peristiwa ini juga meng­akibat­kan ruas jalan tersebut menga­lami kemacetan hebat. Wartawan Haluan di Padang Panjang mela­porkan, arus lalu­lintas Padang-Bukittinggi dan sebaliknya, baru normal pada sore hari.

Senin,19 Januari 2015 - 19:51:19 WIB

Harga BBM Turun, Konsumen Tetap Panik

BUKITTINGGI, HALUAN — Perilaku konsumen Bahan Bakar Minyak (BBM) di Bukittinggi saat penurunan harga BBM tak ubahnya ketika pemerintah menaikkan harga bahan pokok tersebut. Penurunan harga BBM sejak Senin (19/1) pukul 00.00 WIB ini membuat warga di Kota Bukittinggi berbondong-bon­dong mengisi BBM ke SPBU. Akibat­nya, stok BBM di SPBU pun ludes. Antrean panjang terlihat di sejumlah SPBU, seperti di SPBU Simpang Yarsi Jalan Sudirman, SPBU Bunda Jalan By Pass dan SPBU Jalan Soekarno Hatta kawasan Garegeh  Bukittinggi. Di SPBU Yarsi, pengendara rela antre panjang untuk mendapatkan BBM hingga Sim­pang Stasiun Bukittinggi.

Senin,19 Januari 2015 - 19:46:52 WIB

Konflik Dua Nagari Berakhir Damai

AROSUKA, HALUAN — Sempat tertunda beberapa hari, penyelesaian konflik antar warga Nagari Salayo Tanang Bukit Sileh dengan Nagari Koto Laweh di Kecamatan Lembang Jaya, akhirnya berakhir damai. Kesepakatan damai kedua belah pihak itu dituangkan secara tertulis. Upaya mediasi dilakukan Polres Arosuka dan Pe­me­rintah Kabupaten Solok, yang mempertemukan para tokoh dari kedua nagari yang. Per­temuan itu digelar di aula Mapolsek Lembang Jaya, Se­nin (19/1) kemaren.

Senin,19 Januari 2015 - 19:46:27 WIB

Solsel Akan Bangun Industri Batu Akik

PADANG ARO, HALUAN — Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Solok Selatan (Solsel), berencana membangun pusat industri batu akik di Pasar Semi Modern Padang Aro. Menurut Kepala Dinas Ko­perasi Industri dan Per­da­gangan Solsel, Akhirman, jika pusat industri tersebut berdiri, banyak keuntungan yang dida­patkan oleh kabupaten dan masyarakat Solsel, terutama bidang pariwisata dan ekonomi.

Senin,19 Januari 2015 - 19:29:16 WIB

PKS Padang Panjang Siap Menangkan IP

MENUJU SUMBAR 1 PADANG PANJANG, HALUAN — Sekitar 1500-an kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Padang Panjang, menyatakan dukungan terhadap Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (IP), yang digadang-gadang akan kembali maju pada Pilgub Sumbar 2015. Segenap kader partai ber­lambang padi dan kapas di kota berjuluk Serambi Mekkah itu, bahkan juga telah ber­komitmen untuk meme­nang­kan dan kem­bali mengan­tar­kan IP menuju kursi Sumbar 1.

Senin,19 Januari 2015 - 19:28:47 WIB

DPRD Pariaman Desak Dinkes Tempati Pustu

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Komisi IV De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang Pariaman mendesak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman untuk menempati Pustu Sungai Pua Tanjuang Mutuih, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman. Pasalnya, Pustu tersebut sudah siap satu tahun yang lalu, tapi sampai sekarang belum juga ditempati. Hal itu dikatakan Ketua Komisi IV Jon Hendri, Wakil Ketua Jempol, Sekretarisnya Dwiwarman, serta anggotanya Alfa Edison, M. Defriadi Dt Rangkayo Basa, S.Kom, Hasan Basri, S.Pdi, Bastian Desa Putra, Zaldi Rajo Intan saat melakukan kunjungan kerja­nya Kamis (15/1), ke Pustu Sungai Pua Tanjuang Mutuih tersebut.

Senin,19 Januari 2015 - 19:28:23 WIB

254 Tenaga Honorer K2 Segera Terima SK

SIJUNJUNG, HALUAN— Sebanyak 254 orang tenaga honorer kategori 2 (K2) yang lolos saat tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) segera mendapat Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai PNS. Rencananya, SK ini akan diserah­kan secara langsung oleh Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin Minggu depan.  Kepastian tersebut didapat setelah turun Nomor Induk Pegawai (NIP) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Hal tersebut diungkapkan Yunanto Masri, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sijunjung kepada wartawan, Senin (19/1) di­ruang kerjanya.

Senin,19 Januari 2015 - 19:26:44 WIB

Selama Empat Tahun, PAD Meningkat Rp56 Miliar

AGAM, HALUAN — Perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Agam selama  empat tahun terakhir meningkat dra­stis lebih kurang Rp56 miliar. PAD didapatkan dari  pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah, dan sumber lainnya. Pada tahun 2010, PAD Agam men­capai Rp22,952 miliar sementara tahun 2011 naik menjadi Rp37,894 miliar tahun 2012 kembali naik Rp41,572 miliar. Pada tahun 2013 PAD Agam  kembali mening­kat menjadi Rp49,954 miliar dan pada tahun 2014 meningkat dengan ca­pai­an Rp79,478 miliar.

Senin,19 Januari 2015 - 19:26:00 WIB

Bukik Patah Sembilan Jadi Pusat Perniagaan

PAYAKUMBUH, HALUAN- Proyek pembangunan yang dianggap strategis pada sejumlah SKPD diminta Walikota Payakumbuh Riza Falepi, untuk mempercepat pelaksanaannya. Sebab, kegiatan yang berpihak kepada masyarakat itu, bagian dari visi dan RPJMD Payakumbuh, agar kota ini mengalami perubahan signifikan dengan pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen. Demikian disampaikan Walikota Riza Falepi, ketika dihubungi di Payakumbuh, Minggu (18/1). Ia mengajak seluruh SKPD untuk berpacu meningkatkan kinerja, se­hingga mampu mempercepat kegiatan. Upaya itu meru­pakan bagian dari tiga sasaran revolusi mental yang diminta Presiden Jokowi. Payakum­buh, sebut walikota siap meng­aplikasikan keinginan Presi­den pilihan rakyat itu, te­gasnya.

Minggu,18 Januari 2015 - 19:30:40 WIB

Mendagri: Bansos Tak Dihapus

Angin segar bagi masyarakat. Mendagri Thahjo Kumolo menegaskan bahwa bantuan sosial tidak dihapus. Keterangan Mendagri ini disambut baik DPRD Sumbar. AGAM, HALUAN — Menteri Da­lam Negeri Tjahjo Kumolo me­negas­kan dana bantuan sosial tidak dihapus dan keberadaannya masih tetap dipertahankan karena di­butuhkan oleh masyarakat.

Minggu,18 Januari 2015 - 19:29:20 WIB

Ketua Ikabe Bukittinggi Ditemukan Tak Bernyawa

BUKITTINGGI, HALUAN — Ketua Ikatan Kendaraan Bemo (Ikabe) Bukittinggi, Asril Manza (60), ditemukan tak bernyawa di dalam kamar mandi di Kantor Ikabe Jalan Soekarno-Hatta kawasan Manggih Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) Kota Bukittinggi, Sabtu (17/1). Diduga mantan Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Bukittinggi ini mengalami stroke, karena sebelumnya korban pernah memiliki riwayat penyakit stroke. Dari fisik korban juga tidak ditemui tanda-tanda adanya kekerasan yang diderita. Jenazah korban pertama kali ditemui sekitar pukul 10.00 WIB oleh seorang sopirnya bernama Eri Dasrial. Waktu itu Eri Dasrial bermaksud hendak menemui Asril Manza untuk suatu keperluan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM