BERITA sumbar

Rabu,14 Januari 2015 - 19:05:40 WIB

RSUD Batusangkar Optimis Raih Tipe B

BATUSANGKAR, HALUAN — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ali Hanafiah Batusangkar Tanah Datar optimis mampu meraih status rumah sakit Tipe B. “Sumber daya manusia dan sarana yang ada di rumah sakit ini sudah kami benahi sesuai syarat dan kriterianya, tinggal melengkapi syarat administrasi ke Kementerian Kesehatan,” kata Direktur RSUD Ali Ha­nafiah Batusangkar Ermond Reflin didampingi Sekretaris Athosra di Batusangkar, Rabu.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:38:22 WIB

Jebol Loteng, 2 Tahanan Kabur

PETUGAS JAGA KECOLONGAN SOLOK, HALUAN — Setelah be­r­hasil menjebol loteng jeruji besi, dua  tahanan Polres Solok berhasil kabur dini hari Senin (12/1), sekitar pukul 03.00 WIB. Kedua tahanan kabur itu masing-masing, Romi Rahman, ter­sang­ka kasus tindak pidana penca­bulan dan Anjar Febri, tersangka kasus pencurian mobil (curanmor). Anehnya, saat kejadian itu, semua CCTV di Mapolres Solok Kota ini berada dalam kondisi aktif, namun pe­tugas baru sadar telah keco­longan sete­lah adanya laporan dari tahanan lain.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:18:13 WIB

Pedagang Kembali Berjualan di Pasar Padang Luar

KORBAN KEBAKARAN  TIDAK  MENYERAH AGAM, HALUAN — Pasca kebakaran yang menghanguskan 17 petak toko dan gudang di kawasan Pasar Padang Lua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam pada Senin (12/1) dinihari lalu, aktivitas pedagang dan pembeli di kawasan tersebut pada Selasa (13/1) kemarin tetap berjalan normal. Sejumlah pedagang korban kebakaran bahkan kembali menggelar dagangannya n di­an­tara puing-puing bangu­nan yang gosong dan bera­tapkan terpal.  Mereka   tetap  tegar dan  tidak menyerah. Salah seorang peda­gang yang pan­tang menyerah itu adalah Rid­wan Rinaldi (48) atau yang akrab disapa Ujang, warga Ladang Laweh Keca­matan Banuhampu Kabupaten Agam. Bagi Ujang, berjualan atau berdagang adalah profesi yang telah digelutinya selama bertahun-tahun, sehingga apa­pun yang terjadi, dirinya harus tetap berjualan.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:17:35 WIB

Warga Gantung Ciri Dukung Desra

MAJU UNTUK CABUP SOLOK AROSUKA, HALUAN — Warga Nagari Gantung Ciri, Kec. Kubung menyatakan dukungannya kepada Wakil Bupati Solok, Drs. H. Desra Ediwan AT MM untuk maju sebagai calon Bupati Solok, pada pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang. Hal itu terungkap ketika peresmian dan penandatanganan Prasasti Gedung PAUD Annahal, sekaligus bersilahturrahim dengan masyarakat setempat di Jorong Pinang Sinawa, Senin (12/1) kemaren. “Kami mewakili masyarakat Nagari Gantung Ciri, mendukung bapak Wabup (Desra Ediwan) untuk maju pada Pilkada mendatang,” ujar Walinagari Gantung Ciri, Arnold Piliang, yang disambut tepuk tangan dan pernyataan setuju dari ratusan masyarakat setempat yang hadir pada acara itu. Hadir dalam acara itu Wabup Solok, Desra Ediwan, Ketua DPRD, Hardinalis Kobal, Sek Dinas Pendidikan Zulkifli, Camat Kubung, Feri Hendria, Ketua KAN, BMN, pemuda dan masyarakat setempat.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:16:55 WIB

Pembangunan Embung Limbukan Terancam Gagal

PAYAKUMBUH, HALUAN — Rencana pembangunan embung atau waduk di Kelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, berwawasan lingkungan dan berfungsi sebagai objek wisata, diperkirakan gagal. Tanah seluas lebih kurang 5,5 hektar yang tengah dijajaki Pemko untuk dibebaskan, ternyata terlalu mahal untuk dibayarkan ganti ruginya. “Masyarakat minta harga pembebasan tanah senilai Rp250 ribu per meter persegi. Sedangkan hasil kajian Kon­sultan Jasa Penilaian Publik menetapkan harga tanah ma­syarakat yang dibebaskan Rp­80 ribu per meter persegi. Sehingga pembangunan em­bung cendrung gagal,” ungkap Kepala Dinas PU Paya­kum­buh, Marta Minanda didam­pingi Kabid PP Tegrasia Nita,­ST yang dihubungi Ha­luan dikantornya, Selasa kemarin.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:13:44 WIB

Rumah Singgah Tidak Dimanfaatkan

PASAMAN, HALUAN — Rumah singgah keluarga pasien yang di­rawar inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuksikaping tidak ter­manfaatkan dengan maksimal. Tidak termanfaatkan rumah singgah tersebut, karena pihak keluarga pasien masih enggan untuk tidur di penginapan, sementara anggota keluarga mereka terbaring di ruang rawat inap RSUD. Di­sediakannya rumah singgah, karena RSUD Lubuksikaping memiliki keterbatasan ruang inap bagi ke­luarga pasien.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:11:32 WIB

Tahun 2015, PDAM Targetkan 1.000 Sambungan Baru

SAWAHLUNTO, HALUAN – Meski sedikit kesulitan, Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kota Sawahlunto tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. Tahun ini saja, sedikitnya 1.000 sambungan baru siap dipasang. Hal ini diungkapkan Direktur Utama PDAM Kota Sawahlunto, Syafnil ST, saat ditemui Haluan, dikantornya, Selasa (13/1).

Senin,12 Januari 2015 - 19:58:59 WIB

Pasar Padang Lua Terbakar

PASAR Padang Lua terbakar.  Kerugian miliaran rupiah. Asal api belum diketahui. Pemkab Agam bakal mengusulkan kepada Kementerian Perdagangan untuk membangun kembali pasar yang terbakar. BUKITTINGGI, HALUAN — Sebanyak 17 petak toko di kawasan Pasar Padang Lua Kecamatan Banuhampu Ka­bupaten Agam terbakar sekitar pukul 04.00 WIB, Senin (12/1). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun total kerugian ditaksir milia­ran rupiah.

Senin,12 Januari 2015 - 19:52:56 WIB

Harimau Sumatera Mati di TMSBK Bukittinggi

BUKITTINGGI, HALUAN — Seekor harimau sumatera bernama Sean mati di kandang Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi. Harimau yang masih berumur dua tahun tiga bulan itu ditemukan mati pada Minggu (11/1) lalu. Namun belum bisa dipastikan penyakit apa yang diidap hewan langka tersebut. Kabid TMSBK Bukittinggi Ikbal belum bisa ditemui untuk menjelaskan kematian harimau itu. Begitu juga Pawang Harimau, Marno, yang biasa mudah ditemui di TMSBK juga menghilang.

Senin,12 Januari 2015 - 19:49:16 WIB

DPRD Minta Travel Liar Ditertibkan

AROSUKA, HALUAN — Pe­merintah Kabupaten Solok melalui Dinas Perhubungan Kab. Solok  bersama Satuan Lalu Lintas Polres Solok diha­rapkan dapat menertibkan perusahaan travel tak berizin atau  liar yang mulai men­jamur  di wilayah Kabupaten Solok. Hal ini diungkapkan oleh anggota DPRD Kab. So­lok Patris Can SH di Arosuka, Senin (12/1) kemarin. Kehadiran travel liar itu banyak dikeluhkan masyarakat dan pengguna jalan. Marakya keberadaan travel liar di wi­layah Kabupaten Solok, dinilai karena Dinas Perhubungan bersama Satlantas masih tidak tegas menyikapi ini. “Bayak kita lihat di persimpangan sopir travel mengisi penum­pang, ini harus menjadi per­hatian serius bagi Pemerintah Daerah terutama bagi Dinas Perhubungan dan Satlantas untuk menyikapi hal ini.” Kata Patris Can kepada Haluan.

Senin,12 Januari 2015 - 19:40:43 WIB

104 Kios PKL di Carocok Segera Direlokasi

PAINAN, HALUAN — 104 kios milik Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pantai Carocok, Kabupaten Pessel segera direlokasi. Relokasi tersebut bertujuan untuk menertibkan pedagang yang belakangan ini menjamur dan tampak tidak rapi. Kepala Dinas Pemuda Olah­raga Budaya dan Pari­wisata (Dispogbudpar) Pessel, Gunawan Senin (12/1) di Pai­nan menyebutkan, Pemkab melakukan penataan terhadap kawasan wisata Pantai Caro­cok Painan. Upaya itu dilaku­kan karena kawasan itu sudah menjadi destinasi Sumbar.

Senin,12 Januari 2015 - 19:40:19 WIB

Naik Daun, Harga Batu Akik Melambung

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Harga bahan batu akik di Nagari Pandam Gadang, Gunung Omeh dan Banjaloweh, Kecamatan Bukik Barisan, mengalami peningkatan sejak pekan lalu.  Biasanya, harga batu bahan akik itu ditawarkan penambang batu Rp200 ribu per kgnya, Sabtu (10/1) lalu menjadi 400 Ribu perkg. Batu akik belakangan ini memang lagi naik daun.   “Jika kita membeli bahan batu akik di warung warung yang ada di sepanjang jalan propinsi dari Kurai hingga ke Pandam Ga­dang, tempat pengrajin menga­sah batu harganya lebih mahal lagi. Mereka tak segan segan menawarkan batu berupa ba­han dua petak kecil seberat sete­ngah kg dengan harga Rp200 ribu,”ungkap peng­gemar batu akik, Edlen Syar­kawi yang membeli bahan baku batu akik di sejumlah nagari.

Senin,12 Januari 2015 - 19:39:50 WIB

Edwin Suprayogi: Laporkan Jika Ada Keluhan

PELAYANAN RSUD SIJUNJUNG DIKELUHKAN SIJUNJUNG, HALUAN —  Masyarakat Kabu­paten Sijunjung masih saja mengeluhkan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabu­paten Sijunjung. Se­perti tidak ramah dan lalai dalam menangani pasien yang datang ke RSUD untuk berobat. Nurfahmi (56), salah se­orang warga yang pernah ber­obat di RSUD mengatakan, perawat di RSUD Sijunjung kurang ramah dalam melayani dan perawat juga “mahal” se­nyum kepada para pasien mau­pun warga yang berobat diRSUD.

Senin,12 Januari 2015 - 19:39:29 WIB

Kakek Tukang Becak Cabuli Gadis Terbelakang Mental

Agam, Haluan — Baru empat bulan keluar penjara, seoarang tukang becak, warga  Pasir Tiku, Kengarian Tiku Selatan kembali berulah, de­ngan melakukan pencabulan kepada anak di bawah umur. Ia ditangkap oleh Satreskrim Polres Agam setelah men­dapatkan laporan pihak ke­luarga korban. Hasan, kekek tua berusia 50 tahun, ketahuan melakukan perbuatan cabul terhadap kor­ban, sebut saja Melati setelah dipergoki pihak keluarganya. Sebelumnya ia juga sudah sempat dipidana selama de­lapan tahun, dalam kasus yang sama.

Senin,12 Januari 2015 - 19:39:02 WIB

4.722.300 RTS Bakal Terima Raskin

AGAM, HALUAN—Pemerintah Kabupaten Agam mendapatkan kuota sebanyak 4.722.300 kilogram raskin untuk 26.235 Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang akan di distribusikan selama tahun 2015. Jumlah tersebut lebih kurang sama dengan penditribuasian tahun lalu. Kepala Bagian Pere­kono­mian Sekretariat Daerah Ka­bu­paten Agam, Hendri G, Senin, (12/1) mengata­kan, raskin tersebut bakal dibagi­kan kepada rumah tangga sa­saran, yang berada pada se­banyak 16 kecamatan di Ka­bupaten Agam.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM