BERITA sumbar

Rabu,04 Februari 2015 - 19:25:43 WIB

Perawat Cantik Dibunuh

KEYAKINAN AYAH KORBAN Belum ada kepastian apa penyebab kematian perawatan cantik di Pasaman yang ditemukan tewas di sungai dekat Bendungan Panti-Rao. Ayah korban, Muchtar meyakini anaknya dibunuh, sementara dugaan awal polisi menyebut korban tewas bunuh diri. PASAMAN, HALUAN — Jasad korban dugaan bunuh diri, Dewi Septa Maidona (38) disam­but isak tangis oleh masyarakat Sim­pang Rumbai, Kecamatan Rao, Pasaman yang datang bertakziah.

Rabu,04 Februari 2015 - 19:24:03 WIB

LBH JK Laporkan PU Agam ke KPPU

PADANG, HALUAN — Dugaan ‘pengaturan’ lelang proyek konstruksi di Kabupaten Agam tahun 2014 dan 2015 yang diwarnai persaingan usaha tidak sehat dan berpotensi merugikan negara hingga belasan miliar rupiah dilaporkan oleh Lembaga Bantuan Hukum Jasa Konstruksi (LBH JK) ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Isi laporan tersebut sebagaimana siaran pers yang diterima Haluan dari LBH JK, Rabu (4/2). Surat laporan LBH JK kepada KPPU tersebut Nomor 001/LBH-JK/II/2015 Batam, 2 Februari 2015. Yang dilaporkan Pokja Kantor Layanan Pengadaan Kabupaten Agam tahun anggaran 2015, Paket I, Kegiatan Jalan dan Jembatan (DAK), Satuan Kerja Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Agam.

Rabu,04 Februari 2015 - 18:58:06 WIB

Parpol di Limapuluh Kota Bakalebuik

KOALISI 50 OK TUTUP DIRI LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Dinamika politik di Limapuluh Kota mulai me­manas. Koalisi 50 OK yang terdiri dari gabungan lima partai masing-masingnya Ha­nura, PDIP,  PKB, Nasdem dan PKPI, secara tegas telah men­yatakan kesiapannya untuk mengajukan satu calon dan menutup diri untuk calon dari luar partai. Sementara sejum­lah partai lain­nya yang juga sama-sama wajib untuk ber­koalisi, mulai baka­lebuik menentukan arah koalisi. Seperti halnya Partai Gol­kar yang menjadi pemenang pemilu 2014. Sepanjang Rabu (4/2), partai itu mulai mem­perlihatkan pergerakan de­ngan memulai tahapan pe­nen­tuan bakal calon bupati Lima­puluh Kota periode 2015-2020 mendatang. Seperti diakui Ronal Akhyar, salah satu pim­pinan Partai Golkar Lima­puluh Kota, bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan tahapan finalisasi terkait calon yang bakal diusung.

Rabu,04 Februari 2015 - 18:57:36 WIB

2015, Sudah Lima Kasus DBD di Sijunjung

SIJUNJUNG, HALUAN — Pemerintah kabupaten Sijunjung melalui Dinas Kesehatan mengimbau seluruh ma­syarakat agar waspada terhadap anca­man penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD), yang biasanya terjadi dimusim hujan seperti saat sekarang ini. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijun­jung dr.Edwin Suprayogi yang ditemui di kantornya, Rabu (4/1) mengatakan, ancaman penyakit DBD harus selalu diwaspadai terutama pada musim hujan, karena penyakit tersebut cenderung berjangkit akibat kurangnya pola hidup bersih dan sehat di lingkungan tempat tinggal.

Rabu,04 Februari 2015 - 18:57:09 WIB

Satpol PP Masih Butuh 143 Personil Baru

BUKITTINGGI, HALUAN — Satpol PP Kota Bukittinggi mendapatkan 14 personil tenaga baru untuk menambah kekuatan di lapangan. Namun dari 14 personil itu, baru 11 personil yang telah bergabung, sementara tiga personil lainnya akan menyusul dalam waktu dekat. Namun secara keseluruhan jumlahnya masih kurang. “Ya, baru 11 personil yang telah masuk, sementara yang tiga lagi masih menunggu ke­lengkapan atribut. Ke-14 per­sonil baru itu memang ditu­gaskan untuk memperkuat tena­ga di lapangan,” ujar Ke­pa­la Kantor Satpol PP Bukit­tinggi, Syafnir, Rabu (4/2).

Rabu,04 Februari 2015 - 18:56:32 WIB

Pemkab Tak Mampu Tingkatkan PAD

PENGALIHAN KAS DAERAH LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Dengan dialihkannya kas daerah dari Bank  Nagari ke bank swasta demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dinilai pemerintah tidak mampu untuk mencari solusi lain untuk menggenjot pemasukan bagi daerah. Sehingga, kepala daerah terpaksa mengihkan kas dengan harapan mendapatkan bunga tinggi. Hal itu dikatakan Yudilfan Habib Pemerhati Luak Limopuluah.  Dia turut kecewa atas kebijakan Bupati Limapuluh Kota me­min­dahkan kas daerah ke 3 bank swasta. “Kalau untuk meningkatkan PAD, bukan begitu ca­ranya. Kepala daerah harus bisa menciptakan terobosan baru supaya pemasukan daerah bisa meningkat,” tegas Yudilfan Habib.

Rabu,04 Februari 2015 - 18:56:05 WIB

Kendaraan Pelat Merah Tertangkap Saat Razia

SIJUNJUNG, HALUAN — Meski telah sering dilakukan razia dan dilakukan penin­dakan kepada para pengan­dara kendaraan bermotor terkait kelengkapan surat-surat kenderaan oleh Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Sijunjung, ternyata tak mem­buat jera sebagian pengemudi kendaraan bermotor untuk tidak mengulanginya lagi. Buktinya, saat digelar razia rutin oleh jajaran Satlantas Polres Sijunjung, Rabu (4/2), masih banyak ditemukan pengguna kenderaan ber­motor yang tidak taat aturan. Seti­daknya, lebih dari 25 kenderaan bermotor ditilang petugas, tiga kenderaan jenis roda dua ter­pak­sa ditahan petugas karena tidak me­miliki pelat nomor kenda­raan dan STNK serta SIM. Dalam razia yang digelar tersebut, petugas tidak hanya menilang para warga yang tidak memiliki kelengkapan surat kenderaan, namun bebe­rapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga kedapatan petugas tidak memiliki surat izin me­nge­­mudi dan kelengkapan ken­daraan lainnnya seperti STNK dan dokumen penting lainnya.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:37:16 WIB

Perawat Cantik Tewas Mencurigakan

PERGI BERSAMA OKNUM POLISI Jasad perawat cantik Dewi Septa Maidona ditemukan di sungai. Polisi menduga korban bunuh diri. Namun keluarga korban tak terima dan menduga Dewi dihabisi oknum polisi berinisial N. PASAMAN HALUAN — Pera­wat cantik bernama Dewi Septa Maidona (38), warga Simpang Rumbai Pasar Rao Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman dite­mukan tewas di sungai dekat Bendungan Panti-Rao, Senin (2/2) sekitar pukul 19.30 WIB.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:35:15 WIB

Penyiram Bensin Kalapas Ditahan

BUKITTINGGI, HALUAN — Pol­­res Bukittinggi akhirnya mene­tapkan Indra Nelfi sebagai tersang­ka kasus penganiayaan dan anca­man pembu­nuhan, Selasa (3/2). Tersangka saat ini juga telah resmi dita­han di rutan Mapolres Bukittinggi. Kasat Reskrim Polres Bukit­tinggi, AKP Albert Zai, Selasa (3/2) mengatakan, tersangka sudah diterbitkan surat perintah penaha­nan, pada Selasa (3/2). Dari hasil penyelidikan, baik terhadap bukti-bukti maupun keterangan korban, tersangka dan saksi, pelaku dinya­takan cukup bukti untuk dijadikan tersangka dan untuk ditahan.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:27:59 WIB

Lima Job Jadi Lowong

MUTASI PEJABAT DI PADANG PANJANG PADANG PANJANG. HALUAN — Walikota Hendri Arnis, Selasa (3/2) memutasi  145 pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kota Padangpanjang. Hanya saja, mutasi ini malah menyisakan lima jabatan setingkat kepala dinas menjadi lowong Lima jabatan setingkat badan dan dinas yang kosong  itu masing masing Bappeda, Dinas Perhubungan dan Ko­minfo, Dinas Pekerjaan Um­um, Dinas Porbudpar serta Dinas Kependudukan dan Capil.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:12:08 WIB

Korupsi Pabrik Kertas Telur Diusut

BARU EMPAT TERSANGKA PAYAKUMBUH, HALUAN — Kejaksaan Negeri Paya­kumbuh, terus melakukan pengembangan terhadap tindakan pidana korupsi pembangunan pabrik kertas telur senilai Rp5,8 Miliar. Meski telah mena­han sejumlah tersangka terlibat dalam pem­ba­ngunan pabrik yang bersumber dari dana ke­mitraan PT Jamsostek itu, hingga kini terus didalami. “Sampai sekarang sudah ada 4 tersangka kita tetapkan. Tindakan pidana korupsi pada pembangunan pabrik kertas telur terus kita dalami,” ujar Hasbih Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh beberapa hari yang lalu.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:11:13 WIB

Pessel Kekurangan Mesin Bajak Sawah

PAINAN, HALUAN — Untuk mewujudkan peningkatan produksi padi Pesisir Selatan masih menghadapi persoalan kekurangan alat mesin pertanian pengolah lahan berupa mesin bajak sawah (hand tractor). Jumlah mesin bajak yang ada saat ini masih belum sebanding dengan luas lahan yang mencapai 30.000 hektare lebih. Untuk mengolah lahan 30.000 hektare tersebut dibu­tuhkan setidaknya 1.400 mesin bajak. Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pessel Af­rizon Nazar Selasa (3/2) me­nyebutkan, mesin bajak yang laik beroperasi sekitar 600 unit sementara kebutuhan Pessel 1.400. “Artinya Pessel keku­rangan 800 unit hand traktor.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:10:32 WIB

Sopir Andes Mogok Tolak Penurunan Tarif

Arosuka, Haluan — Pu­luhan sopir Angkutan Desa (Andes) jurusan Kota Solok-Cupak, Talang, Guguk, Aro­suka, kembali melakukan aksi mogok operasi di Jalan Raya Cupak –Padang , tepatnya di Simpang Tugu Nagari Cupak, Kecamatan Talang  Selasa (3/2)  kemarin. Mereka meng­gelar aksi untuk mendesak Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Solok, untuk tidak me­nurunkan tarif baru angkot pasca penurunan harga bahan bakar minyak (BBM). Massa yang terdiri atas para sopir ini telah berkumpul di Jalan Baru Cupak, pukul 8.30 WIB sampai Jam 11.00 WIB. Mereka memarkir kendaraan masing-masing di tepi jalan hingga memanjang ratusan meter. Sementara angkot yang ketahuan masih beroperasi dihentikan, sementara penum­pangnya disuruh turun.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:09:19 WIB

Ponpes Sumatera Thawalib Parabek Sambangi PWI Riau

BUKITTINGGI, HALUAN — Pengurus Pondok Pe­santren Sumatera Thawalib Parabek Bukit­tinggi mengunjungi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau. Kedatangan tamu istimewa terse­but disambut hangat dengan penuh rasa keke­luargaan oleh Ketua PWI Riau Dhenin Kurnia di kantornya Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru, Minggu (1/2). Rombongan yang dipim­pin oleh H Ilham Lc, MA menyampaikan, kunjungan ini merupakan ajang silaturahmi dengan sejumlah alumni Pon­dok Pesantren Sumatera Tha­walib Parabek Bukittinggi di PWI Riau.

Senin,02 Februari 2015 - 18:58:36 WIB

Kalapas Bukittinggi Disiram Bensin

BAWAHAN MELAWAN ATASAN Bawahan melawan atasan. Kalapas Bukittinggi disiram bensin untuk dibakar oleh bawahannya sendiri. Perkelahian pun terjadi. Sang kepala nyaris ditembak pelaku dengan pistol. Kasus ini ditangani Polres Bukittinggi. BUKITTINGGI, HALUAN — Kepala Lapas (Kalapas) Klas IIA Bukittinggi Muji Widodo disiram bensin dan akan ditem­bak oleh bawahannya sendiri bernama Indra Nelfi yang men­jabat sebagai Kepala Sub Bim­bingan Kerja Lapas Klas IIA Bukittinggi di Biaro, Senin (2/2). Beruntung Muji Widodo selamat dari semua aksi perco­baan pembunuhan itu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM