BERITA sumbar

Rabu,07 Januari 2015 - 18:33:03 WIB

Kurikulum Terpendek, Tatap Muka Kacau

DISKUSI DI PERWAKILAN HALUAN LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Pasca­diba­tal­kannya Kurikulum 2013 oleh pemerintah RI, se­kolah-sekolah kembali menggunakan kuri­kulum 2006, telah menyebabkan terjadinya ke­kacauan. Buktinya, sekolah-sekolah di Lima­pu­luh Kota menerapkan kurikulum yang berubah setiap hari. Waktu jelang liburan se­mester anak-anak, medio De­sem­ber lalu digunakan kuri­kulum 2013. Persis hari perta­ma sekolah, Senin (5/1), digu­nakan kurikulum 2006. Na­mun pada hari kedua, Selasa (6/1), melalui short massage service (SMS) dari Kepala Dinas Pendidikan Limapuluh Kota, Radimas kepada seluruh kepala SMA se-Limapuluh Kota, diperintahkan untuk kembali menggunakan kuri­kulum 2013. Maka pada hari kedua sekolah, SMA se-Lima­puluh Kota, kembali digu­nakan kurikulum yang ber­basis kompetensi itu. Lantas, Kamis besok (hari ini,red), kurikulum apa yang akan dipa­kai? Inilah bukti, kalau pendi­dikan di Limapuluh Kota, telah kacau.

Rabu,07 Januari 2015 - 18:26:21 WIB

Walikota Harapkan RPJMD Berjalan Baik

BUKITTINGGI, HALUAN—Berbagai pogram dan kegiatan pemerintahan selama tahun 2014 di Kota Bukittinggi berjalan dengan baik. Satu persatu permasalahan kota yang dihadapi oleh Pemko Bukittinggi dapat terselesaikan secara bertahap, baik itu bidang transportasi, pendidikan, dan lainnya. Walikota Bukittinggi Ismet Amzis mengatakan, perjalanan roda pemerintahan di tahun ke-4  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bukittinggi 2010-2015  berjalan dengan baik. Menurut Ismet, me­masuki tahun ke-5 RPJMD Kota Bukittinggi, satu persatu permasalahan kota dapat ter­selesaikan. Seperti di bidang transportasi khususnya dalam hal mengatasi kemacetan lalu lintas, yang permasalahan ter­sebut dapat terselesaikan de­ngan dibangunnya gedung parkir dan fly over di kawasan Bypass Pasar Simpang Aur Kuning.

Selasa,06 Januari 2015 - 19:30:59 WIB

Nama Batu Lumuik Kandih Akan Dipatenkan

PADANG ARO, HALUAN — Pemkab Solok Selatan (Solsel) berencana mematenkan nama batu Lumuik Kandih yang selama ini dikenal oleh khalayak dengan sebutan batu Lumuik Sungai Dareh. Bupati Solsel, Muzni Zakaria mengungkapkan, rencana tersebut dilatarbelakangi oleh semangat untuk mem­promosikan potensi yang terkandung di bumi Solsel ke dunia, dalam hal ini batu mulia.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:47:21 WIB

Cabul, Oknum Polisi Tersangka

KASUS DI KABUPATEN LIMAPULUH KOTA Oknum polisi bersinisial SR yang berbuat cabul terhadap seorang pelajar SMP di Pangkalan akhirnya jadi tersangka. Dia terancam hukuman 13 tahun penjara dan terancam dipecat dari kesatuannya. LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Polres Lima­puluh Kota, akhirnya me­netapkan oknum polisi ber­inisial SR sebagai tersangka dalam kasus pencabulan terha­dap salah seorang pelajar SMP di Kecamatan Pangkalan. Pe­ne­tapan tersangka tersebut, berdasarkan hasil pemeriksaan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Limapuluh Kota bebe­rapa hari lalu.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:40:59 WIB

RSUD Mesti Utamakan Layanan, Bukan PAD

PADANG PANJANG, HALUAN — Anggota Komisi IX DPR-RI Dr H Suir Syam Mkes MMR meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Sumbar untuk menjadikan pelayanan kesehatan sebagai fokus utama pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Jangan jadikan pendapatan asli daerah (PAD) sebagai tujuan utama RSUD. “Rumah sakit bu­kan untuk mencapai target penerimaan PAD tetapi tujuan utamanya adalah target kesehatan masyarakat,” kata Suir Syam melalui surat elektronik kemarin.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:28:23 WIB

Petrison Siap Bertarung di Pilkada Tanah Datar

KANTONGI 60 RIBU SUARA DI PILLEG TANAH DATAR, HALUAN —Kemunculan nama Petrison sebagai sosok tokoh muda pada bursa calon Bupati Tanah Datar, semakin membuat suhu politik di Kota Budaya itu kian panas. Secara terang-terangan, Petrison bahkan telah mendeklarasikan diri sebagai cabup Tanah Datar melalui media baliho yang dipasangnya di sejumlah titik di daerah itu. Petrison memang tidak sendiri. Selain tokoh muda itu, sebelumnya juga sudah muncul nama-nama seperti Wakil Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, serta Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano, yang secara remsi mengaku telah mengatongi dukungan dari Partai Demokrat Tanah Datar. Selain itu juga tersebut nama anggota DPR RI, Edi Tanjung, pengacara Nelson Darwis dan Ketua DPRD Tanah Datar, Zuldafri Darma.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:27:43 WIB

Harus Perjuangkan Anggaran Pembangunan Jalan

ANGGOTA DPRD SUMBAR DAPIL AGAM AGAM, HALUAN — Untuk melanjutkan perbaikan jalan utama di kecamatan Palembayan sepanjang lebih kurang 50 Km memerlukan dana tambahan dari APBD Sumbar, karena dengan kondisi sekarang jalan tersebut masih memprihatinkan, masih banyak memiliki bagian yang rusak parah. Tahun 2014 lalu jalan yang telah ditingkatkan sta­tusnya dari jalan kabupaten ke jalan provinsi itu mendapat kucuran dana dari APBD Sum­bar Rp 10 miliar untuk perbaikan, namun dana sebe­sar itu hanya mampu mengas­­pal jalan dari Padang Koto Gadang arah ke Kayu Pasak nagari Salareh Aia sepanjang 2,5 Km, kemudian mengaspal dan memperbaiki saluran air sekitar 2,5 km lagi di jorong Lubuk Gadang nagari Ampek Koto.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:26:57 WIB

Tahun 2014, 85 Korban Tewas Kecelakaan

PAYAKUMBUH,  HALUAN — Sepanjang  tahun 2014 lalu, kecelakaan lalu lintas masih menjadi penyumbang pertama, tragedi dimasyarakat. Buktinya,  terjadi peningkatan jumlah kasus kecelakaan lalulintas di dua wilayah Hukum Polres Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Tidak tanggung tanggung, korban meninggal dunia men­capai 85 jiwa dengan rincian, 59 korban di Limapuluh Kota dan 25 jiwa melayang di Polres Payakumbuh. Angka itu terdiri dari 135 kasus di Polres Paya­kumbuh dan  106 kasus di Limapuluh Kota.

Senin,05 Januari 2015 - 18:34:10 WIB

Lima Daerah Siap Laksanakan Pilkada 2015

ANGGARAN DISAHKAN SOLOK, HALUAN — Pelaksanaan helat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) yang akan di­seleng­garakan serentak di 13 kabupaten/ kota dan Provinsi Sumbar pada 2015 ini, mulai di­sikapi seluruh KPU di setiap daerah dengan melakukan berbagai persiapan. Salah satunya, terkait dengan anggaran yang sebagian besar juga sudah di­alokasikan di APBD masing-masing daerah. Sebagaimana diketahui, setelah ditandatangani Pre­siden Susilo Bambang Yudho­yono (SBY) pada 2 Oktober 2014 lalu, Peraturan Peme­rintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gu­bernur, Bupati dan Wali Kota, hingga kini masih dalam pem­bahasan DPR. Perppu ber­jumlah 206 pasal itu, antara lain mengatur proses pe­milih­an hingga penyelesaian seng­keta pilkada.

Senin,05 Januari 2015 - 18:20:53 WIB

PNS Panjat Pagar dan Parkir Sembarangan

TELAT APEL GABUNGAN Arosuka, Haluan—Rendahnya disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintahan Kabupaten Solok seakan terus menjadi momok. Fakta ini terlihat saat apel gabungan yang dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Bu­pati Solok di Arosuka, Senin (5/1) kemaren, dimana pulu­han PNS terlihat datang ter­lambat.

Senin,05 Januari 2015 - 18:20:20 WIB

Tahapan Pilkada Pasaman Dimulai Februari

PASAMAN, HALUAN — Devisi Sosialisasi dan Data Pemilih KPU Pasaman, Aprina Herawati mengatakan, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan adanya pengunduran pelaksanaan Pilkada serentak dari yang direncanakan tahun 2015 menjadi 2016. “Belum ada instruksi dari KPU Pusat. Nanti kita lakukan dua tahapan besar pilkada, yaitu pemutakhiran data pemilih dan pembukaan calon kepala daerah. Kalau tidak ada perubahan, kemungkinan tahapan dimulai pada Februari dan pilkadanya pada Desember 2015 ini,” ungkapnya.

Senin,05 Januari 2015 - 18:19:44 WIB

Diduga Rugikan Keuangan Daerah

JEMBATAN  LIMBUKU TERBENGKALAI LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Pembangunan jembatan Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, sudah lebih empat tahun terbengkalai, hanya rampung dikerjakan pondasi dikiri dan kanan sungai Batang Sinamar saja. Pengerjaan proyek jembatan yang setengah rampung itu diduga merugikan keuangan daerah dan tidak dapat dimanfaatkan masyarakat. Proyek jembatan senilai milyaran rupiah itu, mulai dibangun tahun anggaran 2009-2010 dengan sistem ta­hun jamak. Kemacetan peker­jaan diduga akibat perencanaan yang kurang matang. Sehingga terjadi kemacetan pekerjaan, akhirnya dibiarkan terbeng­kalai begitu saja sampai seka­rang, tak bisa dimanfaatkan masyarakat.

Senin,05 Januari 2015 - 18:19:17 WIB

Ratusan Ninik Mamak Bermusyawarah

AGAM,  HALUAN — Untuk menyikapi dan memperluas wawasan mengenai UU No 6 Tahun 2014 ratusan ninik mamak se-Kabupateh Agam mengikuti Musyawarah di Pusdiklat Kemendagri Regional Bukittinggi, Minggu (4/1). Menurut ketua panitia  H. Ono Priono, musyawarah ni­nik mamak se Luhak Agam ini merupakan yang kedua kali­nya dan sebagai tindak lanjut dari  remokendasi musawarah sebelumnya pada September tahun 2014 di Balai Gurah Kecamatan Ampek Angkek dan musawarah kali ini lebih luas mengikutkan ninik ma­mak dari Luhak Agam di luar Kabupaten Agam.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:40:00 WIB

Tiga Tahun Memeras, Akhirnya Terungkap

PRIA ASAL JAKARTA BABAK BELUR PADANG PANJANG. HALUAN — Tersangka pelaku pemerasan, Handa Suanda (40) asal Jakarta, babak belur dihajar massa  saat hendak kembali melakukan aksinya terhadap Neng (35 tahun) di Kampung Manggis, Padang Panjang, Sabtu ( 3/1). Dengan wajah berdarah tersangka langsung digiring warga setempat ke Mapolres Padang Panjang untuk diproses. Informasi yang dihimpun Minggu (4/1) siang, tindakan pengan­caman dan pemerasan tersebut sudah berlangsung sejak 2011 lalu atau sudah tiga tahun lebih.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:37:37 WIB

Distribusi Kompor dan Tabung Gas Sarat Pungli

Didistribusi kompor gas dan tabung gas elpiji gratis di beberapa daerah diduga sarat pungutan liar. Kepolisian siap menerima pengaduan warga yang merasa dirugikan. AROSUKA, HALUAN — Pembagian kompor dan tabung gas elpiji di Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, diduga diwarnai adanya pungutan liar (pungli) di tengah masyarakat. Pasalnya, dalam pembagian kompor gas yang seharusnya gratis itu, masyarakat justru dikenai pungutan oleh para oknum di lapangan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM