BERITA sumbar

Minggu,15 Februari 2015 - 19:02:57 WIB

RSAM Bukittinggi Kekurangan Peralatan Kedokteran

BUKITTINGGI, HALUAN — Direktur Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi, Ermawati mengungkapkan, saat ini RSAM Bukittinggi masih kekurangan peralatan kedokteran untuk tenaga dokter spesialis yang sudah tersedia RSAM. Kekurangan itu dian­tara­nya untuk dokter spe­sialis Urologi yang meli­puti ESWL, PcN, Laser unit dual function as stone disintegration, ultra­sound litotriptor unit, pediatric lower urinal tract set serta flesible uretrorenoscopy set, yang total harganya mencapai Rp18 miliar.

Minggu,15 Februari 2015 - 19:02:32 WIB

Rumah Asisten II Ludes Terbakar

PAYAKUMBUH, HALUAN— Rumah pribadi milik Asisten II Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh Amriul Dt Karayiang, ludes terbakar pada Minggu (15/2) sekitar pukul 19.30 Wib.  Rumah permanen itu  berlokasi  di Kelurahan Tarok, Kecamatan Payakumbuh Utara. Diduga sementara kebakaran tersebut, disebabkan dari perci­kan api yang berasal  arus pendek pada  kabel listrik mobil pribadi milik korban. “Diduga, api bera­sal dari percikan api akibat adanya arus pendek pada mobil pribadi korban yang parkir diga­rasi samping rumah. Api cepat membesar dan menghanguskan rumah korban,” ungkap Ahdion Kepala UPT Damkar Kota Paya­kumbuh saat upaya pemadaman kebakaran tersebut,  tadi malam.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:59:23 WIB

Longsor Juga Rusak Rumah Warga

SAWAHLUNTO, HALUAN — Hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto kamis malam (12/2), tak hanya mengakibatkan longsor di lima titik Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Bencana tersebut ternyata juga mengakibatkan longsor di tiga titik lainnya dan merusak rumah warga serta me­nim­bulkan banjir. “Ada tiga rumah warga yang terkena longsor di Simun­tuang Desa Silungkang Oso dan sembilan rumah terendam banjir termasuk dua Sekolah Dasar di Pasar Usang Silung­kang Tigo’’sebut Camat Si­lung­kang Ismunandar kepada Haluan di lokasi longsor di Silungkang jum’at(13/2).

Jumat,13 Februari 2015 - 19:58:55 WIB

Imigran Gelap Masuk Dari Medan

PAINAN, HALUAN — Imigran gelap asal Bangladesh dan Myanmar yang ditangkap di wilayah hukum Pesisir Selatan sebelumnya diketahui merapat di Medan Sumatera Utara. Dari Sumatera Utara mereka menuju pantai barat Sumbar dan dari sini berencana melanjutkan perjalanan ke Australia. Kapolres Pessel AKBP Toto Fajar Prasetyo kepada wartawan menyebutkan, informasi itu didapat ketika polisi menanyai jalur perjalanan mereka saat ditangkap Rabu (11/2) lalu. Namun belum diketahui yang merancang jalur perjalan mereka tersebut.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:56:44 WIB

DPRD Akan Sambangi Mapolres Pasaman

MINTA KEJELASAN KASUS PERAWAT TEWAS PASAMAN, HALUAN — Anggota  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman bakal menyambangi Mapolres Pasaman, meminta penjelasan Polres setempat terkait kematian perawat cantik, Dewi Septa Maidona. Pasalnya kematiannya melibatkan oknum Polres berpangkat brigadir. “Kita akan minta pen­jelasan dari Kapolres terkait kasus ini. Sudah sampai di mana penyelidikannya,” ujar Suharjono, anggota DPRD Dapil Pasaman 5.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:56:21 WIB

Belasan Ton Bahan Batu Akik Dipamerkan

LIMAPULUH KOTA, HA­LU­AN — Enam hari lagi, Pasar Suliki akan diramaikan pe­ngunjung dari berbagai daerah, termasuk masyarakat perantau dari Pekanbaru (Riau) dan Batam (Kepri). Mereka diha­rapkan berpartisipasi dalam pameran batu akik yang akan menampilkan belasan ton ba­han material batu akik. Pa­meran ini berlangsung selama 4 hari, mulai Kamis (19/2) hingga Minggu (22/2). Ketua Panitia Pameran Batu Akik, Khairul Hapid kepada Haluan di Suliki, Ju­mat kemarin menuturkan, pa­meran yang digelar Ko­mo­ditas Batu Akik itu d­ire­n­canakan dibuka Wakil Gu­bernur Muslim Kasim. Akan dihadiri juga Bupati Limapuluh Kota, Alis Marajo, Wabup Asyirwan Yu­nus, unsur Muspida, Pimpinan DPRD Limapuluh Kota, se­jum­lah kepala SKPD, masyarakat perantau dan lain.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:55:56 WIB

Pihak Koperasi Belum Tersentuh Hukum

KORUPSI PT JAMSOSTEK RP 5,8 MILIAR PAYAKUMBUH, HALUAN — Korupsi dana kemitraan PT Jamsostek senilai Rp5,8 miliar sudah setahun di­usut Kejaksaan Negeri Payakumbuh. Tetapi sampai saat ini jaksa belum juga menetapkan tersangka dari Koperasi Unggas Saiyo selaku penerima dana bantuan. Sejak kasus bergulir November 2013 lalu, jaksa telah hanya menetapkan 4 tersangka. Yakni 3 dari Bank Nagari Cabang Payakumbuh dan 1 dari PT Jamsostek. Begitu juga, dari 4  tersangka tersebut, 3 diantaranya sudah ditahan. Sementara anggota Koperasi Unggas Saiyo yang jumlahnya 1167 orang, belum tersentuh hukum.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:43:25 WIB

Walikota Payakumbuh Larang Rayakan Valentine Day

PAYAKUMBUH, HALUAN — Walikota Payakumbuh, Sumbar, Riza Falepi merupakan Kepala Daeah  pertama di Ranah Minang yang secara resmi melarang warga di kotanya merayakan Hari Valentine’s Day yang oleh musyrik sering disebut Hari Kasih Sayang. Riza Falepi dilansir hid­com menegaskan, bahwa  kon­sep kasih sayang yang terkan­dung dalam Valentine’s Day tersebut, sangat bertentangan dan me­lang­gar akidah umat Islam.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:42:46 WIB

Calon Independen di Solsel Butuh 13.143 Dukungan Suara

PADANG ARO, HALUAN—Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Isyuliardi Maas menyebutkan, untuk calon kepala daerah yang mendaftar melalui jalur independen atau perseorangan, membutuhkan 13.143 suara dukungan. Calon juga harus menyertakan foto copi KTP atau 6,5 persen dari jumlah penduduk, untuk mendaftar. Berdasarkan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) yang diberikan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Solsel, kata Isyuliardi, jumlah penduduk sebanyak 202.190 orang. Dengan demikian, jika ada calon kepala daerah yang maju melalui jalur independen, maka harus mengumpulkan dukungan 6,5 persen dari jumlah tersebut, yaitu 12.143 orang, dengan bukti melampirkan KTP.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:42:06 WIB

Haniful Khairi Maju Cabup Pasaman

PAN JADI REBUTAN DI PASAMAN PASAMAN, HALUAN — Sekretaris DPD Partai PAN Kabupaten Pasaman Haniful Khairi memberanikan diri maju menjadi bakal calon bupati periode mendatang. Politisi PAN yang kini duduk menjadi Wakil Ketua DPRD Pasaman itu, menyerahkan berkas-berkas pencalonan dirinya ke sekretariat PAN, Jumat (13/2). Dia diterima oleh Tim Penjaring Balon Bupati Partai PAN. Tim Penjaring Rapani, menyebutkan, DPD PAN sudah menunjuk tim yang berjumlah 6 orang, yang diketuai oleh Rapani.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM