BERITA sumbar

Jumat,06 Maret 2015 - 19:03:29 WIB

Tol Sumatera Tunjang Perekonomian Dharmasraya

DHARMASRAYA, HA­LUAN — Dharmasraya merupakan segitiga emas atau Triangle Gold. oleh sebab itu potensi yang sangat menguntungkan itu harus dimanfaatkan dengan baik. Hal itu diungkapkan Bu­pati Dharmasraya H. Adi Gu­na­wan, pada pidato pem­bu­kaan diskusi adat “Manjagokan nan takalok” di Gedung Pus­taka, Hj. Ambun Suri, Pulau Punjung.

Jumat,06 Maret 2015 - 19:02:39 WIB

Peternak Pessel Dibekali dengan Pelatihan

GENJOT PRODUKSI TERNAK PAINAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berupaya meningkatkan kapasitas peternak dengan memberikan pembekalan dan pelatihan. Hingga kini, paradigma masyarakat masih banyak yang belum berubah soal peternakan. Kepala Dinas Peternakan Pessel Nuzirwan Jumat (6/3) menyebutkan, peternak di daerah itu masih menggu­nakan kebiasaan lama dalam be­ternak. Bahkan tata cara penge­lolaan ternak konvensiolan tidak terlaksana dengan baik.

Jumat,06 Maret 2015 - 19:01:20 WIB

Ranperda Nagari Perlu Disempurnakan

DISKUSI KOMISI I DPRD SUMBAR LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat, menggelar diskusi dengan berbagai pihak yang ber­kepen­tingan di Kabupaten Limapuluh Kota. Diskusi itu berlangsung, Jumat (6/3) di aula kantor bupati setempat, dalam rangka menyem­purnakan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Provinsi Sumatera Barat, tentang Nagari. Ketua Tim Pembahasan Ranperda ten­tang Nagari, Aristo Munandar dalam pe­nyampaiannya mengatakan, pihaknya sengaja datang ke Limapuluh Kota dan kabupaten/ kota se Sumatera Barat, untuk mendapat masukan dan informasi demi penyempurnaan Ranperda dimaksud. “Kita memerlukan datang ke daerah ini untuk melengkapi masukan, lagi pula Limapuluh Kota, dipim­pin seorang niniak mamak, tokoh adat yang juga mantan Ketua LKAAM, “ujar Aristo Munandar menambahkan.

Kamis,05 Maret 2015 - 19:32:21 WIB

6 Warga Berhasil Dievakuasi

PENCARIAN WARGA PASAMAN PASAMAN, HALUAN — Enam dari 11 orang warga yang tersesat pada Minggu (1/3) lalu, berhasil dievakuasi. Se­men­tara yang lima orang lain­nya yang hilang di kawasan Bu­kit Barisan, Kabupaten Pasa­man masih dalam pencarian. Pencarian lima warga Pasa­man yang masih hilang itu sementara dihentikan sejak pukul 21.00 WIB, Kamis (5/3). Mereka masih berada da­lam hutan tanpa bekal maka­nan. Pencarian dilanjutkan pada Jumat (hari ini-red). Pada pencarian berikutnya itu, ha­nya dua tim saja yang ikut mela­kukan pencarian, yaitu Tim Seru 3 berangkat dari arah Jorong Patamuan dan Tim Seru 5 dari arah Lubuk­sikaping.

Kamis,05 Maret 2015 - 19:28:19 WIB

Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah

DHARMASRAYA, HALUAN — Puluhan rumah di Komplek Bumi Lawai Permai, Jorong Koto Kenagarian Gunung Me­dan, Kecamatan Sitiung, di­han­tam angin puting beliung, Rabu (4/3) malam. Selain angin kencang, hu­jan lebat yang disertai matinya lampu PLN membuat kom­plek perumahan terbesar di Dharmasraya itu, mencekam.  Angin itu mengakibatkan atap seng rumah warga yang sudah berterbangan, anak anak yang melihat menangis.

Kamis,05 Maret 2015 - 19:20:53 WIB

Pajak Restoran Belum Maksimal

DI KOTA PADANG PANJANG PADANG PANJANG, HALUAN — Penerimaan  pajak restoran dan rumah makan   di Kota Padang Panjang tahun 2014  melebihi target dari yang ditetapkan sebesar  Rp 800 juta tercapai Rp 991 juta atau 123 persen. Meski demikian, pe­ne­ri­ma­­an itu masih belum mak­simal lantaran penetapan jum­lah pungutan   masih bersifat perkiraan angka tertinggi yak­ni Rp 2,5 juta sebulan dan belum sesuai dengan uji petik yang dilakukan.

Kamis,05 Maret 2015 - 19:04:29 WIB

Sejumlah Titik Terindikasi Rawan Longsor

DI KABUPATEN PESSEL PAINAN, HALUAN — Material longsor pada sejumlah titik di jalan nasional dari Painan ke Batang Kapas masih berserakan dan mengganggu pengguna jalan nasional. Selain material longsor, pada tiga titik terdapat badan jalan yang terban. Kepala BPBD Pessel Pri Nurdin Kamis (5/3) menye­butkan, material longsor terse­but telah menumpuk semen­jak pekan lalu. Beberapa titik telah dibersihkan, namun be­lum seluruhnya bersih. Peng­guna jalan perlu berhati-hati.

Kamis,05 Maret 2015 - 19:03:16 WIB

Polres Bukittinggi Amankan 10 Ton Pupuk Bersubsidi

DIDUGA HASIL PENYELEWENGAN BUKITTINGGI, HALUAN — Polres Bukittinggi mengamankan seorang sopir berinisial MH (40) yang diduga menyelewengkan pendistribusian pupuk bersubsidi jenis Phonska, Rabu (4/3). Pelaku MH diamankan bersama barang bukti berupa satu unit mobil Mitsubishi Fuso Colt Diesel dengan no­mor polisi BA 8343 CU yang dibawa pelaku, serta 10 ton pupuk Nitrogen, Phosphat dan Kalium (NPK) Phonska se­nilai Rp40 juta hingga Rp50 juta, yang berada dalam mobil tersebut.

Kamis,05 Maret 2015 - 19:02:40 WIB

18 Segmen Tapal Batas Masih Menggantung

PADANG, HALUAN — Sengketa batas antar kabupaten/kota di Sumatera Barat masih menyisakan 18 segmen tapal batas yang manunggu untuk dituntaskan. 18 segmen yang masih menggantung ini berasal dari 32 segmen yang sebelumnya menjadi masalah, dimana 11 lainnya telah dituntaskan pem­bahasannya, sedangkan tiga lainnya dalam proses di Ke­menterian Dalam Negeri (Ke­mendagri).

Kamis,05 Maret 2015 - 19:00:37 WIB

Lokakarya PNPM Mandiri Sepakat Penuhi Target MDGs

PAYAKUMBUH, HALUAN — Lokakarya   Review PNPM Mandiri Perkotaan di Kota Payakumbuh, berakhir Kamis (5/3), di aula Dinas Pendidikan setempat. Lokakarya yang diikuti sebanyak 60 peserta itu, menghasilkan sembilan  rumusan, yang akan disampaikan kepada  pemerintah. Seluruh peserta lokakarya,  sepakat untuk mempertahankan kegiatan pembangunan berbasis masyarakat ini. Karena diyakini akan mampu menun­taskan persoalan kemiskinan diseluruh kelurahan Payakumbuh, selain untuk memenuhi   target dari program  MDGs (Millennium Development Goals).

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM