BERITA sumbar

Kamis,09 Maret 2017 - 13:24:06 WIB

Ketua DPN Gerbang Tani: SE Gubernur Telah Mencederai Kearifan Lokal

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) Gerbang Tani, Indra SG Lubis tak habis pikir dengan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang merevisi surat edaran yang ditandatanganinya sendiri tentang upaya khusus swasembada pangan di Ranah Minang.

Kamis,09 Maret 2017 - 11:59:10 WIB

Waspada! Sungai-Sungai di Sumbar Tercemar E-Coli Kategori Berat

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V mengklaim beberapa sungai besar di Sumbar telah tercemar bakteri Escherichia Coli (E-Coli). Cemarannya tidak main-main, sudah pada ambang cemaran berat.

Kamis,09 Maret 2017 - 09:56:21 WIB

Masyarakat Makin Terjepit, Listrik Naik, Jatah Raskin Dikurangi

PASAMAN, HALUAN--Jatah penerimaan beras sejahtera (Rastra) alias beras miskin untuk Kabupaten Pasaman, pada tahun ini berkurang menjadi 18.174 keluarga penerima manfaat (KPM). Dari total sebelumnya sebanyak 20.193 keluarga.

Selasa,07 Maret 2017 - 12:17:13 WIB

12 Diusulkan, Tiga Ruas Jalan yang Dikabulkan

PADANG, HALUAN – Dari usulan 12 ruas jalan yang sempat memakan ‘korban’ Kepala Disprasjaltarkim Sumbar, Suprapto, dan Pengusaha Kontraktor, Yogan Askan, hanya tiga ruas yang rencananya akan dilanjutkan tahun 2017 ini. Tiga ruas tersebut yaitu, Payakumbuh–Sitangkai, Lubuk Sikaping–Talu, dan Nipah–Teluk Bayur.

Selasa,07 Maret 2017 - 12:05:35 WIB

Malewakan Gala Sako Datuak Hakim Bangso Dirajo Nan Sati

Peran Datuak di Antara Profesi dan Adat

AGAM, HALUAN—Puluhan bendera marawa (khas adat minangkabau) berwarna merah, kuning dan hitam tertancap di kiri kanan memenuhi jalan menuju Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Mutiara Agam, Kabupaten Agam. Dari dalam satu tenda berukuran dua kali lapangan bulutangkis Letnan Kolonel Laut Rismubeda berjalan keluar dengan pakaian adat berwarna hitam dan berhias warna emas lengkap dengan keris.

Selasa,07 Maret 2017 - 12:00:31 WIB

Sebelum Banjir dan Longsor, Ada Ledakan Tiap Hari

LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Hampir dapat dipastikan, musibah longsor dan banjir di wilayah Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, disebabkan oleh aktivitas tambang. Pengakuan warga setempat, hampir tiap hari dinamit diledakkan penambang, sehingga meretakkan tanah di perbukitan. Saat hujan, retakan tanah itu dimasuki air sehingga menyebabkan longsor.

Selasa,07 Maret 2017 - 10:11:15 WIB

LISTRIK PANGKALAN MULAI NORMAL

PLN Serahkan Bantuan dan Air Bersih

LIMAPULUH KOTA, HALUAN.Com – Setelah mengalami padam sejak bencana banjir, Jumat (3/3), pelayanan listrik di sebagian daerah bencana banjir Pangkalan mulai normal.

Selasa,07 Maret 2017 - 09:24:55 WIB

Alumni FHUA 91 Serahkan Beasiswa

PADANG, HALUAN—Alumni Fakultas Hukum Unand (FHUA) Angkatan 91 kembali ke kampus. Kali ini bukan dalam rangka reuni, tetapi menjalin kerja sama dengan almamater tercinta melalui lembaga otonom kampus Center for International and Alumni Relation (CIAR).

Selasa,07 Maret 2017 - 09:08:46 WIB

Pembangunan Jalan ke Mandeh Mangkrak

PADANG, HALUAN – Masalah pembebasan lahan menjadi kendala utama pembangunan infrastruktur di Sumbar. Kondisi demikian juga terjadi dalam pembangunan jalan menuju objek wisata Kawasan Mandeh, Pesisir Selatan.

Sabtu,04 Maret 2017 - 04:05:50 WIB

Ombudsman RI Temukan Banyak Kejanggalan di RSUP DR M Djamil

PADANG, HALUAN - Ombudsman Republik Indonesia (RI) perwakilan Sumbar, Jumat (3/2) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUP M Djamil Padang. Sidak terkait pelayanan publik di rumah sakit pemeirntah tersebut, tim ombudsman menemukan banyak kejanggalan. Karena itu, dalam waktu dekat ombudsman akan memanggil Direktur Utama RSUP M Djamil.

Kamis,02 Maret 2017 - 23:41:21 WIB

Bikin Ngakak, Polisi Padang Panjang Dikerjai Penelfon Misterius

Benar-benar bikin geleng kepala perangai penelfon misterius itu. Ulah perangainya, sekarang dia dicari polisi seluruh Polres Padang Panjang. Kalau tertangkap, entah nasib apa yang akan menimpanya. Nan pasti, perbuatan tersebut mesti dipertanggungjawabkannya.

Kamis,02 Maret 2017 - 10:24:25 WIB

Jelang Operasi, Salma dan Salwa akan Hidup dengan Jantung Dempet

PADANG, HALUAN -- Bayi Kembar Siam asal Pasaman, Salma dan Salwa belum bisa menjalani operasi pemisahan dalam waktu dekat. Karenanya, hingga saat dioperasi, si kembar manis ini akan hidup dengan jantung yang dempet.

Kamis,02 Maret 2017 - 09:34:18 WIB

Waspada, Cuaca Sumbar Tidak Menentu

PADANG, HALUAN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Ketaping, Padang Pariaman, menyatakan dinamika cuaca di provinsi itu masih berpotensi berubah-ubah walaupun sudah memasuki perpindahan musim basah ke kering.

Rabu,01 Maret 2017 - 10:15:08 WIB

Fungsi Lahan Pertanian di Sumbar Terancam

PADANG, HALUAN -- Alih fungsi lahan pertanian menjadi perkatoran dan gedung pemerintahan menjadi ancaman produksi pangan di Sumbar. Bahkan diperkirakan 600 hingga 800 Hektare lahan pertanian beralih fungsi jadi bangunan setiap tahunnya di Sumbar.

Rabu,01 Maret 2017 - 10:12:16 WIB

Perawatan Alat Pemadam Diminta Diperhatikan

PADANG, HALUAN-Anggota DPRD Sumbar, Yulfitni Djasiran menghimbau setiap kabupaten/kota memperhatikan ketersediaan dan perawatan sarana pemadam api (hydran) di setiap pasar-pasar tradisional yang ada di daerah mereka.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM