BERITA politik

Selasa,27 Januari 2015 - 19:01:27 WIB

Wapres Tegur Menko Polhukam

SOAL PERNYATAAN ‘TIDAK JELAS’ JAKARTA, HALUAN —  Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Tedjo Edhy Purdijatno sudah diperingatkan soal pernyataan ‘tidak jelas’ yang menimbulkan kontroversi. Demikian kata Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla atau yang akrab dipanggil JK. “Saya juga sudah memberikan pandang ke pak Tedjo untuk memakai istilah-istilah yang lebih sesuai lah,” kata JK di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (27/1).

Senin,26 Januari 2015 - 19:09:11 WIB

Semua Pimpinan KPK Dipolisikan

KPK benar-benar di ambang kehancuran. Tiga pimpinan lembaga antikorupsi ini, Bambang Widjojanto, Adnan Pandu Praja dan Abraham Samad sudah dilaporkan ke Bareskrim Polri. Menurut informasi, hari ini seorang lagi pimpinan KPK, Zulkarnain juga akan dipolisikan. JAKARTA, HALUAN — Ada­nya upaya untuk mem­bu­bar­kan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seperti dike­mukakan Pakar Hukum Tata Negara yang juga mantan Ke­tua Mahkamah Konstitusi, Jimmly Asshiddiqie men­dekati kenyataan. KPK ki­ni di ambang kehancuran.

Senin,26 Januari 2015 - 19:07:47 WIB

Fadli Zon Dukung Langkah Jokowi Bentuk Tim Independen

JAKARTA, HALUAN — Wa­kil Ketua DPR RI Fadli Zon mendukung langkah Pre­siden Jokowi membentuk tim in­dependen untuk me­nye­le­saikan konflik antara Ko­misi Pemberantasan Ko­rupsi (KPK) dan Polri. “Kebijakan yang dila­ku­kan  Presiden Jokwi sudah tepat. Karena itu diharapkan dalam dua minggu ini, tim independen itu bisa me­nye­lesaikan konflik kedua lem­baga penegak hukum itu,” kata Fadli Zon, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (26/1)

Senin,26 Januari 2015 - 18:55:19 WIB

Fraksi di KIH Dukungan Penguatan DPD

JAKARTA, HALUAN — Fraksi-fraksi yang terga­bung dalam Koa­lisi In­     donesia Hebat (KIH), yai­tu F-PDIP, PKB, NasDem dan Ha­nura, mendukung pe­nguatan kewenangan Dewan Perwakilan Dae­­­rah Republik In­donesia (DPD RI). Demikian disam­paikan Ketua Fraksi PKB di MPR, Lukman Edy dalam rapat de­ngan pendapat umum (RDPU) dengan BPKK DPD RI yang dipimpin oleh Bambang Sadono dan Asri Anas di Gedung GBHN, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (26/1).

Senin,26 Januari 2015 - 18:54:08 WIB

Pilot AirAsia Negatif Narkoba

BOLEH TERBANG KEMBALI JAKARTA, HALUAN— Setelah dinyatakan negatif menggunakan narkoba, salah seorang pilot maskapai AirAsia Kapten FI, dinyatakan boleh menerbangkan pesawat kembali. “Setelah hasil temuan awal tanggal 1 dan temuan akhir terbit tanggal 9, Kapten FI telah dinyatakan tidak terindikasi gunakan narkoba. Yang ber­sang­kutan masih tetap ter­bang,” kata Presiden Direktur AirAsia Indonesia Sunu Wi­dyat­moko, dalam jumpa pers di kantor BNN, Cawang, Ja­karta Timur, Senin (26/1).

Minggu,25 Januari 2015 - 19:13:47 WIB

Ada Upaya Bubarkan KPK

JAKARTA, HALUAN — Pakar Hukum Tata Negara yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Jimmly Asshi­ddiqie menilai, ada sejumlah pihak yang secara kasat mata ingin membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi. “Kalau dibilang pelemahan (KPK) terlalu ringan, ini upaya pembubaran. Ada po­ten­si­nya,” ujar Jimly menyikapi peristiwa yang dialami pim­pinan KPK, Minggu (25/1).

Minggu,25 Januari 2015 - 19:06:38 WIB

Jokowi Tak Akan Intervensi KPK-Polri

JAKARTA, HALUAN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) me­negaskan, dirinya tidak akan mengintervensi proses hukum yang sedang ditangani oleh dua lembaga hukum yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri. Pernyataan ini bertolak belakang dengan permintaan masyarakat yang mem­perta­nyakan keberadaan Presiden RI, ketika terjadi kekisruhan di antara dua lembaga hukum tersebut.

Minggu,25 Januari 2015 - 19:06:06 WIB

Samad Dinilai Seret Militer ke Konflik KPK-Polri

JAKARTA, HALUAN — Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran Muradi menilai permintaan langsung Ketua KPK Abraham Samad ke Panglima TNI Jenderal Moeldoko bagian dari upaya melibatkan TNI dalam konflik KPK-Polri. Samad meminta Jenderal Moeldoko untuk mengamankan kantor KPK dari kemungkinan ancaman penggeledahan yang dilakukan oleh penyidik paska-penangkapan dan penetapan tersangka Bambang Widjajanto oleh Polri

Minggu,25 Januari 2015 - 19:05:38 WIB

Badan Pesawat Gagal Diangkat

PANGKALAN BUN, HA­LUAN — Tim SAR gabungan kembali gagal mengangkat badan utama (main body) pesawat AirAsia QZ8501 dari dasar Laut Jawa ke permukaan pada Minggu (25/1) pagi. Lagi, penyebabnya karena tali baja sling rope belt yang terhubung dengan balon pengapung (lif­ting bag) terputus. “Jadi, ada tali roop belt yang sudah dipasang, terputus,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadis­penal) Laksamana Pertama Manahan Simorangkir di Pos­ko Utama Pencarian AirAsia QZ8501, Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalteng.

Jumat,23 Januari 2015 - 20:07:19 WIB

Polisi Tangkap Wakil Ketua KPK

SETELAH CALON KAPOLRI JADI TERSANGKA Langkah dua lembaga hukum di Indonesia, Polri dan KPK dalam dua pecan terakhir terus menjadi sorotan. Setelah KPK menjadikan calon Kapolri Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai tersangka, kemarin giliran Polri yang menjadikan Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto (BW) sebagai tersangka. JAKARTA, HALUAN — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Bambang Widjojanto ditangkap petugas Badan Reserse Kriminal Ma­bes Polri. Bambang  ditangkap saat mengantar anaknya ke sekolah,  Jumat pagi  (23/1).Bambang  dikenal sebagai pimpinan yang paling vokal dalam penanganan kasus. Tak terkecuali kasus besar terakhir, kasus rekening gendut Komjen Budi Gunawan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM