BERITA politik

Rabu,07 Januari 2015 - 18:43:27 WIB

Matahari Terbit Butuh Regenerasi

PAN GELAR RAKERNAS JAKARTA, HALUAN—Po­litisi PAN Hanafi Rais me­nilai partainya mem­bu­tuhkan regenerasi pada sosok calon ketua umum partai dan memiliki gagasan pem­baruan. “PAN butuh sosok pe­mimpin partai yang bisa menjawab dahaga para kader akan regenerasi dan gagasan pembaruan, sejauh ini dua hal tersebut ada pada Pak Zulkifli Hasan,” kata Hanafi melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:46:54 WIB

Kepala Daerah Rawan Dijadikan ATM Aparat Penegak Hukum

GKR HEMAS: JAKARTA, HALUAN — Pemerintah harus segera mengatasi masalah kelemahan penegakan hukum di daerah yang mengakibatkan program pembangunan terhambat. Banyak gubernur, walikota, dan bupati saat ini takut melaksanakan proyek pembangunan karena dibayangi oleh modus asal tuduh dan asal periksa oleh aparat penegak hukum. “Akibatnya, daripada men­da­tangkan masalah, banyak yang me­milih menunda pekerjaan,” kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) GKR Hemas, di Jakarta, Selasa (6/1).

Selasa,06 Januari 2015 - 18:42:47 WIB

Korban AirAsia Tetap Dapat Asuransi

JAKARTA, HALUAN — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan saat ini perusahaan asuransi tengah meng­identifikasi keluarga para korban pesawat nahas AirAsia QZ8501. Para penumpang berhak mendapatkan asu­ran­si, meski penerbangan tersebut memakai ‘izin hantu’. “Penumpang kan nggak salah. Jadi whatever kelalaian pilotnya, whatever penyebabnya, berangkat hari Minggu nggak dapat izin, penumpang nggak salah,” tegas Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK, Firdaus Djaelani, dalam konferensi pers di Menara Merdeka, Jakarta, Selasa (6/1).

Senin,05 Januari 2015 - 18:36:15 WIB

800 Kg Sabu Asal Cina Disita

9 PENGEDAR DITANGKAP JAKARTA, HALUAN — Badan Narkotika Nasional menang­kap 9 pengedar narkoba yang membawa 800 kilogram sabu di Kalideres, Jakarta Barat. Penangkapan tersebut dilakukan Senin (5/1) pukul 13.30 WIB area parkir Lotte Mart Taman Surya, Jalan Satu Maret, Kalideres. “Penggrebekan dilakukan saat terjadi transaksi pemin­dahan barang,” ujar juru bicara Badan Narkotik Nasional Komisaris Besar Sumirat Dwiyanto kepada Tempo.co kemarin.

Senin,05 Januari 2015 - 18:33:31 WIB

Jangan Seenaknya Mengubah Harga BBM

DPR INGATKAN PEMERINTAH JAKARTA, HALUAN — Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengingkatkan, pemerintah jangan seenaknya me­naikkan atau menurunkan harga bahan bakar minyak BBM bersubsidi yang disesuaikan dengan harga pasar internasional tanpa melibatkan DPR. “Keputusan MK mengenai harga BBM sudah jelas bahwa pengelolaan harga BBM tidak boleh mengikuti harga pasar karena bangsa ini tidak menganut pasar bebas. Ketentuan tentang harga dibahas bersama DPR dan diputuskan bersama DPR pada setiap masa persidangan pembahasan APBN dan APBNP,” tegas Fahri, di Gedung DPR, Senin (5/1).

Senin,05 Januari 2015 - 18:28:22 WIB

Regenerasi Kepemimpinan Nasional Tak Jalan

TOKOH SENIOR ENGGAN BERIKAN RUANG JAKARTA, HALUAN —Hara­pan publik untuk melihat kaum muda tampil sebagai me­mimpin, sangat tinggi. Ber­dasar­kan survei Founding Fat­hers House (FFH), sebanyak 83,8 persen responden menilai sangat perlu tentang pem­batasan usia capres dan cawa­pres. Namun harapan publik tersebut belum berbanding lurus dengan usia para pe­mimpin parpol. Dimana rata-rata usia ketua umum partai politik (parpol) saat ini ber­kisar 61,2 tahun. Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical) menjadi ketum tertua dengan usia 68 tahun. Sedangkan pe­mimpin parpol termuda ada­lah Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta, yakni dengan usia 46 tahun.

Senin,05 Januari 2015 - 18:27:57 WIB

Dua Kubu PPP Gelar Harlah di Waktu Bersamaan

JAKARTA, HALUAN — Hingga saat ini Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih mengalami dualisme di dalam kepengurusannya. Pertama kepengurusan Ketua Umum versi Muktamar Surabaya yakni Romuharmuziy atau biasa disapa Romi dan yang kedua, kepengurusan Ketua Umum versi Muktamar Jakarta yakni Djan Faridz. Dualisme kepengurusan PPP ini pun tak berhenti sam­pai disitu. Namun terus ber­lanjut kepada operasional pelaksanan dan teknis acara kepartaian.

Senin,05 Januari 2015 - 18:27:30 WIB

2014, Belanja Pemerintah Rp1.764,6 Triliun

JAKARTA, HALUAN — Realisasi belanja negara tahun 2014 mencapai Rp 1.764,6 triliun, atau 94 persen dari pagu belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2014 yang sebesar Rp 1.876,9 triliun. Menteri Keuangan Bam­bang PS Brodjonegoro me­ngatakan, realisasi belanja negara tersebut terdiri dari realisasi belanja pemerintah pusat dan transfer ke daerah. “Realisasi belanja peme­rintah pusat mencapai Rp 1.190,8 triliun, atau 93 per­sen dari pagu belanja peme­rintah pusat dalam APBN-P 2014 yang sebesar Rp 1.280,4 triliun,” ucap Bambang, di Jakarta, Senin (5/1).

Minggu,04 Januari 2015 - 19:41:05 WIB

Hari Ini, Pencarian Fokus Badan Pesawat dan Kotak Hitam

BARU 34 JENAZAH KORBAN AIRASIA DITEMUKAN JAKARTA,  HALUAN — Jum­lah jenazah korban AirAsia QZ8501 yang ditemukan terus bertambah. Hingga hari ke-8, ada 34 jenazah yang telah ditemukan. Namun proses evakuasi yang dilakukan tim gabungan masih terhambat cuaca buruk. “Masih dihambat keadaan cuaca yang kurang baik,” ujar Kabasarnas Marsdya FHB Soelistyo dalam jumpa pers di kantornya, Jl Angkasa, Ke­mayoran, Jakarta, Minggu (4/1) sekitar pukul 19.15 WIB.

Kamis,01 Januari 2015 - 21:17:57 WIB

Cuaca Buruk Sulitkan Pencarian Korban AirAsia

JAKARTA, HALUAN — Upa­ya pencarian dan evakuasi korban pesawat AirAsia QZ8501 terus dilakukan pi­hak Basarnas. Sudah sem­bilan jenazah hingga Kamis (1/1), ditemukan tim pencari yang berasal dari berbagai unsur, termasuk beberapa bagian pesawat naas itu. Dari jumlah itu, masih ada satu jenazah yang tertahan di kapal karena cuaca buruk. Proses pencarian korban pesa­wat naas itu masih terkendala karena cuaca buruk yang terus berlangsung.

Kamis,01 Januari 2015 - 21:10:18 WIB

Perindo Berpeluang Raih Simpati Rakyat

MILIKI KONTEN BUDAYA POLITIK LOKAL JAKARTA, HALUAN — Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dinilai bisa meraih simpati masyarakat asalkan mampu memaksimalkan sejumlah potensi yang dimiliki. “Perindo harus dapat memiliki brand politik, apa yang bisa menjadi motto di tubuh Perindo. Seperti PDIP atau Golkar yang begitu dikenal di berbagai wilayah di Indonesia, Perindo juga harus punya kekuatan itu,” jelas pengamat politik Hanta Yudha.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM