BERITA politik

Minggu,11 Januari 2015 - 19:13:45 WIB

Anggota DPRD Belum Dilantik

BUPATI DUA BULAN TAK DI TEMPAT JAYAPURA, HALUAN — Meski sudah diumumkan oleh KPU, anggota DPRD terpilih Kabupaten Sarmi, Papua periode 2014-2019 hingga kini belum juga dilantik atau diambil sumpah dan jabatannya. Hal itu lantaran ketidakhadiran Bupati Sarmi yang sudah dua bulan tak berada di daerah. Aksi protes pun dila­yang­kan oleh para anggota DPRD terpilih itu dengan menyegel gedung DPRD Kabupaten Sar­mi dengan memalangkan span­duk, kursi hingga ilalang. Pasal­nya, Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua atas ke-20 orang anggota dewan terpilih itu telah diterbitkan pada 14 November 2014 lalu dengan No. 155.2/403/Tahun 2014.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:22:03 WIB

TNI Temukan Serpihan Mesin, Diduga AirAsia

HARI KE-13, 48 JENAZAH DITEMUKAN PANGKALAN BUN, HALUAN — Hingga Jumat (9/1) kemarin, proses pencarian korban dan pengangkatan badan pesawat AirAsia QZ 8501 yang kandas di dasar Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan  Tengah, terus berlanjut. Sejauh ini, tim gabungan Badan SAR Nasional (Basarnas) telah menemukan 48 jenazah korban pesawat nahas itu. Pada Jumat siang kemarin, tim TNI Angkatan Laut menemukan serpihan mesin yang diduga bagian mesin dari pesawat AirAsia QZ8501. Serpihan itu ditemukan di lokasi yang sama dengan lokasi dideteksinya black box melalui sonar yang dimiliki Kapal Navigasi Jadayat.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:14:14 WIB

MA Keberatan Tangani Sengketa Pilkada

DINILAI MERUSAK CITRA PENGADILAN JAKARTA, HALUAN — Mahkamah Agung (MA) keberatan tangani perkara sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada), yang bakal berlangsung serentak tahun ini. Sebab selama ini para pihak yang bersengketa dalam Pilkada tidak menghormati hukum, bahkan merusak citra pengadilan. “Kami berdoa agar sengketa pemilu tidak dibawa ke pengadilan, karena praktiknya justru menghinakan pengadilan meski hakimnya telah setengah mati berusaha,” kata Hakim Agung MA Bidang Tata Usaha Negara, Supandi, di gedung KPU, Jakarta, Jumat (9/1).

Jumat,09 Januari 2015 - 20:13:23 WIB

Kekuasaan Politik Masih Didominasi Politisi Gaek

JAKARTA, HALUAN —Penga­mat politik dari Universitas Indonesia, Arbi Sanit me­ngata­kan, generasi muda harus lebih menonjol di segala bidang untuk bisa bersaing dengan politisi gaek (senior) dalam persaingan menjadi pemimpin partai. “Politisi muda akan kalah bersaing menjadi pemimpin jika hanya menguasai setengah-setengah dan tidak terjun seca­ra total di dunia politik,” kata Arbi Sanit di Jakarta, Jumat (9/1).

Jumat,09 Januari 2015 - 20:12:53 WIB

Kemenaker Berantas Calo TKI Liar

TERBITKAN ATURAN BARU JAKARTA, HALUAN — Kementerian Ketenagakerjaan berupaya memberantas calo TKI liar, salah satunya menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 22 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri. Menteri  Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengaku, peraturan tersebut tetap diba­rengi dengan berkeliling ke berbagai pelosok daerah un­tuk memastikan calo TKI secara illegal tak ada lagi.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:39:46 WIB

PDIP Bisa Jadi Rujukan Kaderisasi

ROLE MODEL PARTAI IDEOLOGI JAKARTA, HALUAN — Memasuki usia yang ke-42 tahun, pada 10 Januari 2015, Dosen Politik Fisip Unair Haryadi menilai, jika PDI Perjuangan meru­pakan satu-satunya partai di Indonesia yang tetap kukuh dengan diskursus ideologi nasio­nalisme ke-Indonesiaan. Sementara partai-partai lain mulai larut dengan dis­kursus anti ideologi. Untuk itu, dia menilai tetap penting bagi PDI Perjuangan untuk tetap merevitalisasi ideologinya. “Karena hanya dengan prinsip ideologi, maka partai politik itu punya makna dan tuntunan dalam beraktivitas sebagai kekuatan politik. Dengan basis empirik sebagai partai ideo­logis, bahkan mungkin saja PDI Perjuangan dapat menjadi “role model” bagi pengem­bangan partai di Indonesia sekarang,” kata Haryadi, Ka­mis (8/1).

Kamis,08 Januari 2015 - 19:39:04 WIB

Hatta Bisa Bernasib Seperti Soetrisno

DIGANJAL AMIEN RAIS JAKARTA, HALUAN — Partai Amanat Nasional (PAN) bakal menggelar kongres pada akhir Februari nanti. Tarik menarik calon ketua umum antara Hat­ta Rajasa dan Zulkifli Hasan, kian menguat. Amien Rais sebagai senior partai, me­nginginkan ada regenerasi di tubuh PAN. Sementara Hatta terkesan masih ingin kembali menjabat sebagai ketua umum. Menanggapi konflik ini, Guru Besar Ilmu Politik Uni­versitas Padjadjaran Obsatar Sinaga menyatakan, tidak heran dengan apa yang terjadi saat ini dengan PAN. Dia me­ngingat­kan, jika hal ini juga terjadi saat Kongres PAN 2010 lalu.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:38:24 WIB

Polda Sumut Ledakkan Kapal Malaysia

CURI IKAN DI SELAT MALAKA MEDAN, HALUAN — Ke­polisian Daerah (Polda) Suma­tera Utara (Sumut) meneng­gelamkan satu kapal ikan Ma­laysia yang kedapatan mencuri ikan di perairan Indonesia. Kapal itu diledakkan di sekitar Pelabuhan Belawan, Medan. Penenggelaman kapal itu dipimpin Kapolda Sumut Ir­jen Pol Eko Hadi Sutedjo. Personel polisi meletakkan bahan peledak di kapal nela­yan tersebut, dan kemudian meledak sekitar pukul 13.35 WIB, Kamis (8/1). Tak lama setelah ledakan, puing kapal itu tenggelam.

Rabu,07 Januari 2015 - 19:06:20 WIB

AirAsia Digugat Rp50 Milliar

SURABAYA, HALUAN — AirAsia Indo­nesia digugat Yayasan Lembaga Perlin­dungan Konsumen Indonesia (YLPKI) Jatim. Gugatan itu berisi agar peru­sahaan milik Tony Fernandes ini mem­berikan kompensasi Rp50 miliar tiap keluarga korban. Pengajuan gugatan tersebut ditan­da­tangani dan diserahkan oleh Drs Mu­hamad Said Utomo selaku ketua YLPKI Jatim kepada Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (7/1).

Rabu,07 Januari 2015 - 18:43:27 WIB

Matahari Terbit Butuh Regenerasi

PAN GELAR RAKERNAS JAKARTA, HALUAN—Po­litisi PAN Hanafi Rais me­nilai partainya mem­bu­tuhkan regenerasi pada sosok calon ketua umum partai dan memiliki gagasan pem­baruan. “PAN butuh sosok pe­mimpin partai yang bisa menjawab dahaga para kader akan regenerasi dan gagasan pembaruan, sejauh ini dua hal tersebut ada pada Pak Zulkifli Hasan,” kata Hanafi melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:46:54 WIB

Kepala Daerah Rawan Dijadikan ATM Aparat Penegak Hukum

GKR HEMAS: JAKARTA, HALUAN — Pemerintah harus segera mengatasi masalah kelemahan penegakan hukum di daerah yang mengakibatkan program pembangunan terhambat. Banyak gubernur, walikota, dan bupati saat ini takut melaksanakan proyek pembangunan karena dibayangi oleh modus asal tuduh dan asal periksa oleh aparat penegak hukum. “Akibatnya, daripada men­da­tangkan masalah, banyak yang me­milih menunda pekerjaan,” kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) GKR Hemas, di Jakarta, Selasa (6/1).

Selasa,06 Januari 2015 - 18:42:47 WIB

Korban AirAsia Tetap Dapat Asuransi

JAKARTA, HALUAN — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan saat ini perusahaan asuransi tengah meng­identifikasi keluarga para korban pesawat nahas AirAsia QZ8501. Para penumpang berhak mendapatkan asu­ran­si, meski penerbangan tersebut memakai ‘izin hantu’. “Penumpang kan nggak salah. Jadi whatever kelalaian pilotnya, whatever penyebabnya, berangkat hari Minggu nggak dapat izin, penumpang nggak salah,” tegas Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK, Firdaus Djaelani, dalam konferensi pers di Menara Merdeka, Jakarta, Selasa (6/1).

Senin,05 Januari 2015 - 18:36:15 WIB

800 Kg Sabu Asal Cina Disita

9 PENGEDAR DITANGKAP JAKARTA, HALUAN — Badan Narkotika Nasional menang­kap 9 pengedar narkoba yang membawa 800 kilogram sabu di Kalideres, Jakarta Barat. Penangkapan tersebut dilakukan Senin (5/1) pukul 13.30 WIB area parkir Lotte Mart Taman Surya, Jalan Satu Maret, Kalideres. “Penggrebekan dilakukan saat terjadi transaksi pemin­dahan barang,” ujar juru bicara Badan Narkotik Nasional Komisaris Besar Sumirat Dwiyanto kepada Tempo.co kemarin.

Senin,05 Januari 2015 - 18:33:31 WIB

Jangan Seenaknya Mengubah Harga BBM

DPR INGATKAN PEMERINTAH JAKARTA, HALUAN — Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengingkatkan, pemerintah jangan seenaknya me­naikkan atau menurunkan harga bahan bakar minyak BBM bersubsidi yang disesuaikan dengan harga pasar internasional tanpa melibatkan DPR. “Keputusan MK mengenai harga BBM sudah jelas bahwa pengelolaan harga BBM tidak boleh mengikuti harga pasar karena bangsa ini tidak menganut pasar bebas. Ketentuan tentang harga dibahas bersama DPR dan diputuskan bersama DPR pada setiap masa persidangan pembahasan APBN dan APBNP,” tegas Fahri, di Gedung DPR, Senin (5/1).

Senin,05 Januari 2015 - 18:28:22 WIB

Regenerasi Kepemimpinan Nasional Tak Jalan

TOKOH SENIOR ENGGAN BERIKAN RUANG JAKARTA, HALUAN —Hara­pan publik untuk melihat kaum muda tampil sebagai me­mimpin, sangat tinggi. Ber­dasar­kan survei Founding Fat­hers House (FFH), sebanyak 83,8 persen responden menilai sangat perlu tentang pem­batasan usia capres dan cawa­pres. Namun harapan publik tersebut belum berbanding lurus dengan usia para pe­mimpin parpol. Dimana rata-rata usia ketua umum partai politik (parpol) saat ini ber­kisar 61,2 tahun. Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical) menjadi ketum tertua dengan usia 68 tahun. Sedangkan pe­mimpin parpol termuda ada­lah Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta, yakni dengan usia 46 tahun.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM