BERITA politik

Minggu,15 Februari 2015 - 19:26:14 WIB

BNPB Alokasikan Anggaran Bencana Rp2,5 Triliun

JAKARTA, HALUAN - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menga­lo­kasikan anggaran dalam menghadapi berbagai bencana di Tanah Air selama 2015 se­besar Rp2,5 triliun. Anggaran ini naik dibandingkan anggaran bencana tahun lalu sebesar Rp1,2 triliun. “Meningkatnya alokasi anggaran menghadapi ben­cana, karena a­da­nya perkiraan peningkatan keja­dian bencana sela­ma 2015 di­ban­dingkan tahun la­lu,” kata Kepala BNPB Syamsul Ma­­a­rif di Bo­jo­negoro, Jatim, Sab­tu (14/2).

Minggu,15 Februari 2015 - 19:21:45 WIB

Hakim Sarpin Diharapkan Independen

HARI INI, PRAPERADILAN BG DIPUTUS JAKARTA, HALUAN — Sidang praperadilan yang diajukan oleh Kuasa Hukum Komjen Budi Gu­nawan terkait penetapan tersangka di KPK akan diputus oleh hakim tunggal Sarpin Rizaldi pada Senin 16 Februari 2015. Menanggapi hal itu mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin Tumpa berharap hakim Sarpin bisa memutus praperadilan itu dengan indepen. Sarpin harus memegang dengan teguh janjinya sebagai hakim yakni tidak memihak.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:58:23 WIB

Mega-Jokowi Tak Tegur Sapa di Munas Hanura

SOLO, HALUAN — Ada yang menarik di acara pembukaan Munas II Partai Hanura di Diamond Convention Center, Jl Slamet Riyadi, Solo, Jumat (13/2) malam ini. Presiden Joko Widodo datang beriringan dengan Megawati dan Surya Paloh. Namun sepanjang acara hingga lebih dari 20 menit, Jokowi sama sekali tidak berbicara dengan sang ketua umumnya yang duduk di sebelahnya. Saat tiba, sekitar pukul 20.02 WIB, Jokowi memasuki beriringan dengan Megawati dan Surya Paloh. Jokowi langsung duduk lalu Megawati dipersilakan duduk di sebelah kanan.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:52:52 WIB

UU Pilkada Tinggal Dua Masalah

MENUNGGU REVISI JAKARTA, HALUAN—Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan, pembahasan revisi UU tentang Pilkada saat ini tinggal menyisakan dua poin permasalahan sehingga diharapkan dapat segera terselesaikan. “Dari enam poin perma­salahan, tinggal dua yang mas­ih perlu diselesaikan,” kata Mendagri dalam sambutan pada pengarahan Presiden Joko Widodo kepada seluruh bupati wilayah Jawa dan Malu­ku di Istana Kepre­sidenan Bogor Jawa Barat, Jumat (13/2).

Jumat,13 Februari 2015 - 19:52:24 WIB

Soal Kapolri, PDI-P Dukung Keputusan Jokowi

TAK INGIN PERKERUH SUASANA SOLO, HALUAN — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) akan menerima keputusan Presiden Joko Widodo, apabila memang tidak jadi melantik Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri. Plt Sekjen PDI-P Hasto Kristyanto menjelaskan bah­wa sejauh keputusan itu se­suai konstitusi, PDI-P akan menghormati hak prerogatif presiden dalam memilih Kapolri.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:51:52 WIB

Kemenlu Beri Bantuan Hukum

229 TKI TERANCAM HUKUMAN MATI JAKARTA, HALUAN — Ke­menterian Luar Negeri me­nyebut, saat ini ada 229 warga Negara Indonesia yang meng­hadapi ancaman hukuman mati di luar negeri. Mereka menghadapi proses pengadilan dalam tingkatan kasus yang berbeda-beda. “Ada yang sudah putus, banding, proses yang sudah inkrach, jadi berbagai ting­katan,” kata Juru Bicara Ke­­menlu Arr­manatha Nasir kepada war­tawan di kan­tornya Pe­ja­m­bon, Jakarta Pusat, Jumat (13/2).

Jumat,13 Februari 2015 - 19:51:12 WIB

Pencarian AirAsia QZ8501 Ditunda 6 Hari

AKIBAT CUACA BURUK JAKARTA, HALUAN — Ke­pala Badan Search and Rescue Na­sional (Basarnas) Mar­sekal Madya F Henry Bam­bang Soel­istyo mengatakan operasi pen­carian korban pesawat AirAsia QZ8501 ditunda hingga 19 Februari 2015. “Untuk sementara, kegia­tan operasi kami tunda dulu sampai Imlek, hal ini dila­kukan karena menunggu cua­ca membaik,” ujar Soelistyo di Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Rabu,11 Februari 2015 - 19:53:17 WIB

KPK Terus Mendapat Tekanan

JAKARTA, HALUAN — Teka­nan terhadap Komisi Pem­berantasan Korupsi (KPK) terus bergulir setelah pim­pinan lembaga tersebut kem­bali dilaporkan ke polisi. Selain itu, pegawai  lembaga anti rasuah juga dihadapkan dengan tekanan serupa. Laporan terhadap pim­pinan KPK itu disampaikan Mantan Hakim Syarifuddin mendatangi Badan Reserse Kriminal (Ba­reskrim) Polri. Dia melaporkan semua pim­pinan KPK dan Busyro Mu­qod­das atas dugaan 3 pelanggaran.

Rabu,11 Februari 2015 - 19:43:01 WIB

Pemerintah Tak Ingin Pilkada Diundur

JAKARTA, HALUAN — Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), tak sejalan dengan Komisi II DPR yang menginginkan agar pilkada serentak diundur hingga tahun 2016. Mendagri Tjahjo Kumolo menginginkan agar pelaksanaan pilkada serentak tetap dilaksanakan tahun 2015. “Secara prinsip, pemerintah yang pokok bahwa pemilu ini niatnya serentak dimulai 2015, 2018 dan 2020. Yang mana 2019 ada pileg dan pilpres langsung,” kata Tjahjo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/2).

Rabu,11 Februari 2015 - 19:42:27 WIB

Kader Harus Tonjolkan Prestasi Kandidat

JELANG KONGRES PAN JAKARTA, HALUAN — Ketua DPP PAN Saleh Daulay mengatakan, menjelang Kongres PAN 2015, semua kader seharusnya lebih mengedepankan prestasi dan keunggulan masing-masing kandidat calon ketua umum PAN periode 2015-2020, ketimbang saling menjatuhkan dan menjelek-jelekkan antara satu sama lain. “Hal itu yang disebut berlomba untuk menjadi yang terbaik, sehingga terlihat kelebihan para kandidat,” kata Saleh di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Rabu (11/2). Dia mengatakan, kekurangan tidak perlu disebut karena justru bisa merendahkan kualitas para kader yang secara tidak langsung bisa menurunkan citra partai. Menurut Saleh Daulay, apabila sudah saling menjatuhkan maka yang dirugikan adalah partai sehingga merugikan semua pihak yang ada di internal partai.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM