BERITA politik

Senin,12 Januari 2015 - 19:45:55 WIB

DPR Harus Segera Putuskan Perppu Pilkada

JAKARTA, HALUAN — DPR harus segera memutuskan soal Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), baik menerima atau menolak Perppu tersebut. “Perppu ini harus segera di­putuskan dalam masa persidangan sekarang yang akan berakhir tanggal tanggal 18 Februari nanti,” kata Wakil Ketua DPR Agus Hermanto kepada wartawan, usai Paripurna Pembukaan Masa Persidangan II DPR Tahun Sidang 2014-2015, Senin (12/1).

Senin,12 Januari 2015 - 19:45:23 WIB

Jangan Tergiur Calo Dana Desa

MENTERI DESA, PDT DAN TRANSMIGRASI: JAKARTA, HALUAN —  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, mengimbau agar para kepala desa tidak tergiur dengan oknum tertentu yang mengaku bisa membantu pencairan dana desa. Hal itu menyusul adanya dugaan penipuan yang menim­pa belasan kepala desa di Cianjur Selatan, Jawa Barat. Mereka ditipu oleh sepasang sua­mi istri yang mengaku Rela­wan Presiden Joko Widodo.

Minggu,11 Januari 2015 - 19:32:19 WIB

Kotak Hitam Terhimpit Serpihan Pesawat

BELUM BERHASIL DIANGKAT JAKARTA, HALUAN — Tim pe­nye­lam KN Jadayat akhir­nya me­ne­mu­kan ko­­tak hitam pesawat AirAsia QZ 8501 di Selat Karimata, Kali­mantan Tengah, Minggu (28/12/2014) lalu.  Namun kotak hitam itu terhimpit serpihan pesawat sehingga agak sulit diangkat. “Black box berada pada him­pitan serpihan badan pesawat, keadaan ini sangat me­nyulitkan tim penyelam dalam proses pengambilanya,” kata Ko­or­dinator Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, A Tonny Budiono dalam siaran pers, Minggu (11/1).

Minggu,11 Januari 2015 - 19:14:39 WIB

Agung Optimis Kisruh Golkar Tuntas Sebelum 60 Hari

TINGKATKAN INTENSITAS PERTEMUAN JAKARTA, HALUAN — Kubu Agung Laksono menginginkan proses rekonsiliasi melalui perundingan di internal Partai Golkar, dapat berlangsung cepat dan lancar tanpa adanya inter­vensi pihak manapun. Hingga saat ini, Agung Laksono menga­ku masih mengupayakan untuk terbukanya pintu islah dengan kubu Aburizal Bakrie (Ical). “Setiap pertemuan ada perkembangan, pertemuan pertama tanggal 23 Desember 2014, baru sebagian sekira 60 persen dari poin-poin yang memang menjadi bahan untuk dirundingkan untuk mencapai kesepakatan,” ujar Agung Laksono.

Minggu,11 Januari 2015 - 19:14:16 WIB

Koleksi Pohon Kebun Raya Tumbang

4 TEWAS, 25 ORANG LUKA-LUKA BOGOR, HALUAN — Pohon damar di Kebun Raya Bogor tumbang dan menimpa 4 o­rang buruh yang ada di ba­wahnya. Pohon ini tumbang saat kon­disi Kebun Raya Bogor sedang ramai oleh pengunjung. “Saya lagi jalan, tiba-tiba ada orang jerit-jerit. Saya da­tang, ternyata pohon itu sudah tum­bang. Ada orang kejepit juga,” kata Ramdan Romdoni, salah seorang pengunjung Ke­bon Raya Bogor, saat ditemui di sekitar lokasi tumbangnya pohon tersebut, Minggu (11/1).

Minggu,11 Januari 2015 - 19:13:45 WIB

Anggota DPRD Belum Dilantik

BUPATI DUA BULAN TAK DI TEMPAT JAYAPURA, HALUAN — Meski sudah diumumkan oleh KPU, anggota DPRD terpilih Kabupaten Sarmi, Papua periode 2014-2019 hingga kini belum juga dilantik atau diambil sumpah dan jabatannya. Hal itu lantaran ketidakhadiran Bupati Sarmi yang sudah dua bulan tak berada di daerah. Aksi protes pun dila­yang­kan oleh para anggota DPRD terpilih itu dengan menyegel gedung DPRD Kabupaten Sar­mi dengan memalangkan span­duk, kursi hingga ilalang. Pasal­nya, Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua atas ke-20 orang anggota dewan terpilih itu telah diterbitkan pada 14 November 2014 lalu dengan No. 155.2/403/Tahun 2014.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:22:03 WIB

TNI Temukan Serpihan Mesin, Diduga AirAsia

HARI KE-13, 48 JENAZAH DITEMUKAN PANGKALAN BUN, HALUAN — Hingga Jumat (9/1) kemarin, proses pencarian korban dan pengangkatan badan pesawat AirAsia QZ 8501 yang kandas di dasar Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan  Tengah, terus berlanjut. Sejauh ini, tim gabungan Badan SAR Nasional (Basarnas) telah menemukan 48 jenazah korban pesawat nahas itu. Pada Jumat siang kemarin, tim TNI Angkatan Laut menemukan serpihan mesin yang diduga bagian mesin dari pesawat AirAsia QZ8501. Serpihan itu ditemukan di lokasi yang sama dengan lokasi dideteksinya black box melalui sonar yang dimiliki Kapal Navigasi Jadayat.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:14:14 WIB

MA Keberatan Tangani Sengketa Pilkada

DINILAI MERUSAK CITRA PENGADILAN JAKARTA, HALUAN — Mahkamah Agung (MA) keberatan tangani perkara sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada), yang bakal berlangsung serentak tahun ini. Sebab selama ini para pihak yang bersengketa dalam Pilkada tidak menghormati hukum, bahkan merusak citra pengadilan. “Kami berdoa agar sengketa pemilu tidak dibawa ke pengadilan, karena praktiknya justru menghinakan pengadilan meski hakimnya telah setengah mati berusaha,” kata Hakim Agung MA Bidang Tata Usaha Negara, Supandi, di gedung KPU, Jakarta, Jumat (9/1).

Jumat,09 Januari 2015 - 20:13:23 WIB

Kekuasaan Politik Masih Didominasi Politisi Gaek

JAKARTA, HALUAN —Penga­mat politik dari Universitas Indonesia, Arbi Sanit me­ngata­kan, generasi muda harus lebih menonjol di segala bidang untuk bisa bersaing dengan politisi gaek (senior) dalam persaingan menjadi pemimpin partai. “Politisi muda akan kalah bersaing menjadi pemimpin jika hanya menguasai setengah-setengah dan tidak terjun seca­ra total di dunia politik,” kata Arbi Sanit di Jakarta, Jumat (9/1).

Jumat,09 Januari 2015 - 20:12:53 WIB

Kemenaker Berantas Calo TKI Liar

TERBITKAN ATURAN BARU JAKARTA, HALUAN — Kementerian Ketenagakerjaan berupaya memberantas calo TKI liar, salah satunya menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 22 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri. Menteri  Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengaku, peraturan tersebut tetap diba­rengi dengan berkeliling ke berbagai pelosok daerah un­tuk memastikan calo TKI secara illegal tak ada lagi.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:39:46 WIB

PDIP Bisa Jadi Rujukan Kaderisasi

ROLE MODEL PARTAI IDEOLOGI JAKARTA, HALUAN — Memasuki usia yang ke-42 tahun, pada 10 Januari 2015, Dosen Politik Fisip Unair Haryadi menilai, jika PDI Perjuangan meru­pakan satu-satunya partai di Indonesia yang tetap kukuh dengan diskursus ideologi nasio­nalisme ke-Indonesiaan. Sementara partai-partai lain mulai larut dengan dis­kursus anti ideologi. Untuk itu, dia menilai tetap penting bagi PDI Perjuangan untuk tetap merevitalisasi ideologinya. “Karena hanya dengan prinsip ideologi, maka partai politik itu punya makna dan tuntunan dalam beraktivitas sebagai kekuatan politik. Dengan basis empirik sebagai partai ideo­logis, bahkan mungkin saja PDI Perjuangan dapat menjadi “role model” bagi pengem­bangan partai di Indonesia sekarang,” kata Haryadi, Ka­mis (8/1).

Kamis,08 Januari 2015 - 19:39:04 WIB

Hatta Bisa Bernasib Seperti Soetrisno

DIGANJAL AMIEN RAIS JAKARTA, HALUAN — Partai Amanat Nasional (PAN) bakal menggelar kongres pada akhir Februari nanti. Tarik menarik calon ketua umum antara Hat­ta Rajasa dan Zulkifli Hasan, kian menguat. Amien Rais sebagai senior partai, me­nginginkan ada regenerasi di tubuh PAN. Sementara Hatta terkesan masih ingin kembali menjabat sebagai ketua umum. Menanggapi konflik ini, Guru Besar Ilmu Politik Uni­versitas Padjadjaran Obsatar Sinaga menyatakan, tidak heran dengan apa yang terjadi saat ini dengan PAN. Dia me­ngingat­kan, jika hal ini juga terjadi saat Kongres PAN 2010 lalu.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:38:24 WIB

Polda Sumut Ledakkan Kapal Malaysia

CURI IKAN DI SELAT MALAKA MEDAN, HALUAN — Ke­polisian Daerah (Polda) Suma­tera Utara (Sumut) meneng­gelamkan satu kapal ikan Ma­laysia yang kedapatan mencuri ikan di perairan Indonesia. Kapal itu diledakkan di sekitar Pelabuhan Belawan, Medan. Penenggelaman kapal itu dipimpin Kapolda Sumut Ir­jen Pol Eko Hadi Sutedjo. Personel polisi meletakkan bahan peledak di kapal nela­yan tersebut, dan kemudian meledak sekitar pukul 13.35 WIB, Kamis (8/1). Tak lama setelah ledakan, puing kapal itu tenggelam.

Rabu,07 Januari 2015 - 19:06:20 WIB

AirAsia Digugat Rp50 Milliar

SURABAYA, HALUAN — AirAsia Indo­nesia digugat Yayasan Lembaga Perlin­dungan Konsumen Indonesia (YLPKI) Jatim. Gugatan itu berisi agar peru­sahaan milik Tony Fernandes ini mem­berikan kompensasi Rp50 miliar tiap keluarga korban. Pengajuan gugatan tersebut ditan­da­tangani dan diserahkan oleh Drs Mu­hamad Said Utomo selaku ketua YLPKI Jatim kepada Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (7/1).

Rabu,07 Januari 2015 - 18:43:27 WIB

Matahari Terbit Butuh Regenerasi

PAN GELAR RAKERNAS JAKARTA, HALUAN—Po­litisi PAN Hanafi Rais me­nilai partainya mem­bu­tuhkan regenerasi pada sosok calon ketua umum partai dan memiliki gagasan pem­baruan. “PAN butuh sosok pe­mimpin partai yang bisa menjawab dahaga para kader akan regenerasi dan gagasan pembaruan, sejauh ini dua hal tersebut ada pada Pak Zulkifli Hasan,” kata Hanafi melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM