BERITA politik

Senin,26 Januari 2015 - 18:54:08 WIB

Pilot AirAsia Negatif Narkoba

BOLEH TERBANG KEMBALI JAKARTA, HALUAN— Setelah dinyatakan negatif menggunakan narkoba, salah seorang pilot maskapai AirAsia Kapten FI, dinyatakan boleh menerbangkan pesawat kembali. “Setelah hasil temuan awal tanggal 1 dan temuan akhir terbit tanggal 9, Kapten FI telah dinyatakan tidak terindikasi gunakan narkoba. Yang ber­sang­kutan masih tetap ter­bang,” kata Presiden Direktur AirAsia Indonesia Sunu Wi­dyat­moko, dalam jumpa pers di kantor BNN, Cawang, Ja­karta Timur, Senin (26/1).

Minggu,25 Januari 2015 - 19:13:47 WIB

Ada Upaya Bubarkan KPK

JAKARTA, HALUAN — Pakar Hukum Tata Negara yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Jimmly Asshi­ddiqie menilai, ada sejumlah pihak yang secara kasat mata ingin membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi. “Kalau dibilang pelemahan (KPK) terlalu ringan, ini upaya pembubaran. Ada po­ten­si­nya,” ujar Jimly menyikapi peristiwa yang dialami pim­pinan KPK, Minggu (25/1).

Minggu,25 Januari 2015 - 19:06:38 WIB

Jokowi Tak Akan Intervensi KPK-Polri

JAKARTA, HALUAN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) me­negaskan, dirinya tidak akan mengintervensi proses hukum yang sedang ditangani oleh dua lembaga hukum yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri. Pernyataan ini bertolak belakang dengan permintaan masyarakat yang mem­perta­nyakan keberadaan Presiden RI, ketika terjadi kekisruhan di antara dua lembaga hukum tersebut.

Minggu,25 Januari 2015 - 19:06:06 WIB

Samad Dinilai Seret Militer ke Konflik KPK-Polri

JAKARTA, HALUAN — Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran Muradi menilai permintaan langsung Ketua KPK Abraham Samad ke Panglima TNI Jenderal Moeldoko bagian dari upaya melibatkan TNI dalam konflik KPK-Polri. Samad meminta Jenderal Moeldoko untuk mengamankan kantor KPK dari kemungkinan ancaman penggeledahan yang dilakukan oleh penyidik paska-penangkapan dan penetapan tersangka Bambang Widjajanto oleh Polri

Minggu,25 Januari 2015 - 19:05:38 WIB

Badan Pesawat Gagal Diangkat

PANGKALAN BUN, HA­LUAN — Tim SAR gabungan kembali gagal mengangkat badan utama (main body) pesawat AirAsia QZ8501 dari dasar Laut Jawa ke permukaan pada Minggu (25/1) pagi. Lagi, penyebabnya karena tali baja sling rope belt yang terhubung dengan balon pengapung (lif­ting bag) terputus. “Jadi, ada tali roop belt yang sudah dipasang, terputus,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadis­penal) Laksamana Pertama Manahan Simorangkir di Pos­ko Utama Pencarian AirAsia QZ8501, Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalteng.

Jumat,23 Januari 2015 - 20:07:19 WIB

Polisi Tangkap Wakil Ketua KPK

SETELAH CALON KAPOLRI JADI TERSANGKA Langkah dua lembaga hukum di Indonesia, Polri dan KPK dalam dua pecan terakhir terus menjadi sorotan. Setelah KPK menjadikan calon Kapolri Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai tersangka, kemarin giliran Polri yang menjadikan Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto (BW) sebagai tersangka. JAKARTA, HALUAN — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Bambang Widjojanto ditangkap petugas Badan Reserse Kriminal Ma­bes Polri. Bambang  ditangkap saat mengantar anaknya ke sekolah,  Jumat pagi  (23/1).Bambang  dikenal sebagai pimpinan yang paling vokal dalam penanganan kasus. Tak terkecuali kasus besar terakhir, kasus rekening gendut Komjen Budi Gunawan.

Jumat,23 Januari 2015 - 19:55:52 WIB

2016, Pelaksanaan UN Tidak Serentak

JAKARTA, HALUAN — Mulai tahun 2016, Ujian Nasional (UN) tidak lagi dilaksanakan serentak, tetapi dibuat secara berkala selama satu semester genap. Penentuan tanggal pelaksanaan ujian pun diserahkan pada sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, mengatakan sejak awal se­mester, sekolah sudah dapat melaksanakan UN. Dengan catatan, sekolah sudah siap untuk melaksanakannya.

Jumat,23 Januari 2015 - 19:55:30 WIB

60 Pengacara Siap Bela Bambang Widjojanto

JAKARTA, HALUAN — Tim Hu­kum Penyelamat Komisi Pemberan­tasan Korupsi (KPK) siap membela Wakil Pimpinan KPK Bambang Widjojanto yang ditangkap pihak Bareskrim Mabes Polri. Ada 60 pengacara yang siap mendampingi Bambang yang kini berstatus ter­sangka dengan sangkaan menga­rahkan sejumlah saksi untuk mem­berikan keterangan palsu di persidangan MK. “Ada 60 kuasa hukum dan akan bertambah terus,” ujar salah satu anggota Tim Hukum Penyelamat KPK Nursyahbani Katjasungkana usai menjenguk BW di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (23/1) sore.

Jumat,23 Januari 2015 - 19:53:50 WIB

Awas, Peredaran Narkoba LSD Lewat Permen

JAKARTA, HALUAN — Pere­daran narkoba bisa masuk melalui berbagai mo­dus. Ly­ser­gic acid diethylami­de (LSD) adalah salah satu narkoba yang cara konsumsinya menyerupai permen. Untuk menggunakannya, narkoba berbentuk kertas itu tinggal dimasukkan ke dalam mulut, ditempelkan di lidah, dan selanjutnya akan larut. Efeknya, pengguna akan me­ngalami halusinasi dan gejala lainnya.

Kamis,22 Januari 2015 - 19:48:09 WIB

Farouk: Ada Perwira Polri Kejar Jabatan Melalui Pendekatan Uang

JAKARTA, HALUAN — Mantan Gubernur Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Komjen Pol (Purn) Farouk Muhammad me­nyang­kan adanya intervensi politik dalam penentuan Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) se­hingga membuat perwira tinggi Polri berupaya mendekati politisi dengan pendekatan uang. “Ada perwira Polri yang cari uang sebanyak-banyaknya, lalu mendekati politisi untuk mendapatkan jabatan,” ungkap Wakil Ketua DPD I itu menjawab pertanyaan wartawan usai peresmian Poliklinik DPD,” di Gedung DPD, Kamis (22/1). Peres­mian poliklinik tersebut dilakukan Ketua DPD Irman Gusman.

Kamis,22 Januari 2015 - 19:40:37 WIB

Bawaslu Siap Tangani Sengketa Pilkada

PEMERINTAH TAK PERLU BENTUK LEMBAGA BARU JAKARTA, HALUAN — Ke­tua Badan Pengawas Pe­mi­lihan Umum (Bawaslu), Mu­hammad menyatakan kesia­pan lembaganya menangani sengketa hasil pemilihan umum kepala daerah pada pelaksanaan Pilkada serentak 2015 ini. “Bawaslu memiliki penga­laman cukup sukses, bahkan berbagai kebijakan Bawaslu banyak diadopsi oleh Mah­kamah Konstitusi dalam pe­nye­lesaian sengketa hasil pemilu,” katanya di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (22/10).

Kamis,22 Januari 2015 - 19:40:01 WIB

Revisi UU Tak Pengaruhi Jadwal Pilkada Langsung

WAKIL DIUSULKAN KADA TERPILIH JAKARTA, HALUAN — Wa­kil Ketua DPR Agus Her­manto menegaskan, revisi terhadap UU Pemilihan Ke­pa­la Daerah (Pilkada) tidak akan merubah jadwal pemi­lihan dan sistem pemi­lihan langsung. “Dari sekian yang akan direvisi dari UU Pilkada itu, tidak mempengaruhi jadwal pemilihan dan istilah pemi­lihan langsung dalam pilka­da,” kata Agus Hermanto kepada wartawan, Gedung DPR, Kamis (22/1).

Kamis,22 Januari 2015 - 19:38:36 WIB

Grasi Gembong Narkoba ‘Bali Nine’ Ditolak

AUSTRALIA DIMINTA MEMAHAMI JAKARTA, HALUAN — Pre­siden Joko Widodo menolak grasi mafia narkoba An­drew Chan asal Australia yang ter­gabung dalam ‘Bali Nine’. Kementerian Luar Negeri (Kem­­­lu) ber­­harap agar Aus­tralia me­mahami langkah pe­me­rintah Indonesia da­lam memerangi narkoba. Keputusan Presiden itu Nomor 9/10 Tahun 2015, menyatakan me­nolak per­mohonan grasi Andrew. Kem­lu menga­ku, secara resmi pihaknya belum mendapat informasi tersebut.

Rabu,21 Januari 2015 - 19:20:46 WIB

Nelayan Minta Menteri Susi Dicopot

JAKARTA, HALUAN — Sejumlah nelayan mendatangi Komisi IV DPR RI di gedung DPR RI Jakarta, Rabu (21/1). Mereka mengeluhkan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti yang dinilai memberatkan. Seperti rencana pembatasan pembelian solar bagi nelayan dan pelarangan penangkapan lobster dan kepiting pada ukuran tertentu. “Tadi saya menyampaikan dari Serikat Nelayan Tra­d­i­sional soal larangan me­nang­kap rajungan dan kepiting bertelur, ukuran dan segala macam. Menteri itu (Susi) tidak mengerti persis ka­lau nelayan direpotkan soal ukuran tangkapan ikan,” kata Ketua Serikat Nelayan Tra­disional, Kajidin, dalam rapat dengar pendapat dengan Ko­misi IV DPR.

Rabu,21 Januari 2015 - 19:19:53 WIB

Hukuman Mati untuk Kejahatan Luar Biasa

MENTERI HUKUM DAN HAM, YASONNA H LAOLY : JAKARTA, HALUAN — Ke­menterian Hukum dan HAM tidak gentar dalam  menegakkan hukum positif secara tegas di Indonesia. Khususnya dalam tindak pi­dana kejahatan luar biasa (eks­tra ordinary crime), seperti tindak pidana penyalahgunaa narkoba dengan hukuman mati diberikan kepada enam terpidana penyalahgunaan narkoba baru-baru ini. Hal itu dikatakan Yasonna H Laoly, Menteri Hukum dan HAM saat rapat kerja di Ko­misi III Gedung DPR RI. Senayan, Rabu (21/1)

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM