BERITA politik

Minggu,18 Januari 2015 - 19:22:49 WIB

Jokowi Masih Dibayang-bayangi PDIP

JAKARTA, HALUAN — Pakar Komunikasi Politik, Tjipta Lesmana mengatakan, Pre­siden Joko Widodo (Jokowi) jelas berada di bawah bayang-bayang Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, dan parpol mitra koalisinya. Hal itu tercermin dari pe­nun­­jukan ca­lon Kapolri, Komjen Polisi Budi Guna­wan. Dalam sebuah diskusi, Tjipta sem­pat mendengar pe­nyataan politikus PDIP, Henry Yoso­diningrat yang ngotot supaya Presiden melantik Komjen Budi. “Ini nuansa politiknya sa­ngat kuat sekali kenapa waktu Budi Gunawan dicoret men­jadi calon menteri, dicalonkan kembali,” katanya dalam dis­kusi Polemik Sindo Radio bertajuk ‘Jokowi, Kok Gitu’ di Restoran Warung Daun, Ciki­ni, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

Jumat,16 Januari 2015 - 20:40:20 WIB

Kapolri dan Kabareskrim Diganti Mendadak

JAKARTA, HALUAN — Gonjang-ganjing Polri pasca pengusulan Komjen Budi Gunawan (BG) terus berlanjut. Setelah DPR menyetujui usulan calon tunggal itu, Presiden Jokowi menunda melantik mantan Kapolda Bali itu, malah mengangkat Plt Kapolri, Komjen Badrodin Haiti. Hanya saja, jelang penetapan Plt Kapolri, sebuah mutasi mengejutkan justru hadir dari Trunojoyo (Mabes Polri). Kabareskrim Komjen Suhardi Alius tiba-tiba dicopot dari jabatannya. Pencopotan ini malah menebar aroma tak sedap, terutama dari penggiat antikorupsi.

Jumat,16 Januari 2015 - 20:33:16 WIB

Disetujui atau Tidak, Perppu Pilkada Akan Tetap Bermasalah

JAKARTA, HALUAN — Anggota Komisi II DPR RI Yandri Susanto mengatakan, disetujui atau tidaknya ketentuan Perppu No 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Perppu No 2 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Pemda), akan tetap menimbulkan persoalan hukum. Bahkan, jika Perppu yang dikeluarkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu ditolak, maka akan terjadi persoalan hukum. “Me­nyetujui atau tidak menyetujui Perppu itu akan tetap me­nimbulkan persoalan hukum,” kata Yandri.

Jumat,16 Januari 2015 - 20:32:38 WIB

Nasib Perppu Pilkada Ditentukan Pekan Depan

DISETUJUI SEMBILAN FRAKSI JAKARTA, HALUAN — Komisi II DPR telah menggelar rapat kerja (Raker) dengan pemerintah membahas Perppu No. 1 tahun 2014 tentang Pilkada dan Perppu No. 2 Tahun 2014 tentang Pemda. Seluruh fraksi dan pihak pemerintah sepakat bakal menentukan nasib Perppu apakah ditolak atau diterima menjadi Undang Undang pada pekan depan. “Hari Senin jam 14.30 WIB penyampaian sikap dari masing-masing fraksi dan pan­da­ngan mini fraksi di ruangan yang sama (Ruang Rapat Ko­misi II). Selasa, pengam­bilan keputusan di Paripurna ten­tang Perppu, jadinya tanggal 20 Januari,” kata Ketua Komisi II Rambe Kamarulzaman di Gedung DPR Senayan Jakarta, Jumat (16/1).

Jumat,16 Januari 2015 - 20:31:43 WIB

84 Personel Regu Tembak Disiapkan

EKSEKUSI 6 GEMBONG NARKOBA SEMARANG, HALUAN — Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyiapkan 84 personel Brimob untuk regu tembak yang mengeksekusi mati enam narapidana kasus narkoba. Regu tembak akan dibagi untuk eksekusi di dua tempat berbeda. “Sudah koordinasi dengan tim Kejaksaan Tinggi Banten dan Ke­jaksaan Tinggi Jawa Tengah,” kata Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Nur Ali di Mapolda Jateng, Jalan Pahlawan Semarang, Jumat (16/1).

Kamis,15 Januari 2015 - 19:10:27 WIB

Paripurna DPR Setuju BG Jadi Kapolri

JAKARTA, HALUAN — Rapat Paripurna DPR secara aklamasi menyetujui Komjen Pol Budi Gunawan (BG) sebagai Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) meng­ganti Jenderal Pol Sutarman, Kamis (15/1). Padahal, sebelumnya BG sudah ditetapkan sebagai tersangka gratifikasi oleh KPK. Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan tersebut sempat diskor untuk diadakan forum lobi karena Fraksi Partai Demokrat berke­beratan dengan status Budi Gunawan sebagai tersangka kasus tindak pidana korupsi oleh Komisi Pemberantasan Ko­rupsi (KPK).

Kamis,15 Januari 2015 - 19:00:57 WIB

Minggu, 6 Terpidana Narkoba Akan Dieksekusi

JAKSA AGUNG HM PRASETYO: JAKARTA, HALUAN - Kejaksaan memastikan akan mengeksekusi enam terpidana mati kasus narkotika. Eksekusi akan dilakukan pada Minggu (18/1), di dua tempat, yakni di Nusakambangan dan Boyolali. Kepastian itu disampaikan Jaksa Agung HM Prasetyo dalam jumpa pers di Kantor Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (16/1).

Kamis,15 Januari 2015 - 19:00:17 WIB

KPK Percepat Kasus Sutan Bhatoegana

SUAP SKK MIGAS JAKARTA, HALUAN — Sela­ma delapan bulan ditetapkan menjadi tersangka, KPK be­lum juga menahan Sutan Bha­to­egana. Sutan adalah terduga korupsi terkait perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Kementerian ESDM tahun 2013. Bekas Wakil Ketua Ko­misi VII DPR RI itu juga telah kerap diperiksa KPK terkait kasus tersebut. KPK sendiri menargetkan kasus Sutan akan selesai tahun ini. Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja mengatakan, ka­sus Sutan menjadi prioritas karena masa kerja semua pim­pinan KPK akan berakhir Desember 2015.

Kamis,15 Januari 2015 - 18:59:51 WIB

Kasus 'Obor Rakyat’ Segera Disidangkan

JAKARTA, HALUAN — Penyidik Kejaksaan Agung menyatakan, berkas perkara kasus pencemaran nama baik dan penghinaan terhadap Joko Widodo melalui tabloid 'Obor Rakyat telah lengkap atau P21 sejak Senin (12/1). Jika tidak ada kendala, kasus ini akan segera disidangkan. "Jaksa penuntut tinggal menunggu pelimpahan berkas tersangka dan barang bukti tahap kedua," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Tony T Spontana kepada wartawan, Kamis (15/1) pagi.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:46:41 WIB

DPR Menyetujui Budi Gunawan Jadi Kapolri

JAKARTA, HALUAN — Komisi III DPR tetap melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Budi Gunawan sebagai calon Kapolri, Rabu (14/1) meski dia telah dite­tap­kan sebagai tersanka  oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sehari yang lalu. Menurut Wakil Ketua Komisi III Desmond J. Mahesa, sebe­narnya bisa saja proses uji kela­yakan  dihentikan hanya dengan satu cara, yaitu Presiden Jokowi harus mengi­rim surat ke DPR untuk meng­hentikannya dengan mengganti calon Kapolri dengan yang lain.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM