BERITA politik

Kamis,15 Januari 2015 - 19:00:57 WIB

Minggu, 6 Terpidana Narkoba Akan Dieksekusi

JAKSA AGUNG HM PRASETYO: JAKARTA, HALUAN - Kejaksaan memastikan akan mengeksekusi enam terpidana mati kasus narkotika. Eksekusi akan dilakukan pada Minggu (18/1), di dua tempat, yakni di Nusakambangan dan Boyolali. Kepastian itu disampaikan Jaksa Agung HM Prasetyo dalam jumpa pers di Kantor Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (16/1).

Kamis,15 Januari 2015 - 19:00:17 WIB

KPK Percepat Kasus Sutan Bhatoegana

SUAP SKK MIGAS JAKARTA, HALUAN — Sela­ma delapan bulan ditetapkan menjadi tersangka, KPK be­lum juga menahan Sutan Bha­to­egana. Sutan adalah terduga korupsi terkait perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Kementerian ESDM tahun 2013. Bekas Wakil Ketua Ko­misi VII DPR RI itu juga telah kerap diperiksa KPK terkait kasus tersebut. KPK sendiri menargetkan kasus Sutan akan selesai tahun ini. Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja mengatakan, ka­sus Sutan menjadi prioritas karena masa kerja semua pim­pinan KPK akan berakhir Desember 2015.

Kamis,15 Januari 2015 - 18:59:51 WIB

Kasus 'Obor Rakyat’ Segera Disidangkan

JAKARTA, HALUAN — Penyidik Kejaksaan Agung menyatakan, berkas perkara kasus pencemaran nama baik dan penghinaan terhadap Joko Widodo melalui tabloid 'Obor Rakyat telah lengkap atau P21 sejak Senin (12/1). Jika tidak ada kendala, kasus ini akan segera disidangkan. "Jaksa penuntut tinggal menunggu pelimpahan berkas tersangka dan barang bukti tahap kedua," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Tony T Spontana kepada wartawan, Kamis (15/1) pagi.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:46:41 WIB

DPR Menyetujui Budi Gunawan Jadi Kapolri

JAKARTA, HALUAN — Komisi III DPR tetap melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Budi Gunawan sebagai calon Kapolri, Rabu (14/1) meski dia telah dite­tap­kan sebagai tersanka  oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sehari yang lalu. Menurut Wakil Ketua Komisi III Desmond J. Mahesa, sebe­narnya bisa saja proses uji kela­yakan  dihentikan hanya dengan satu cara, yaitu Presiden Jokowi harus mengi­rim surat ke DPR untuk meng­hentikannya dengan mengganti calon Kapolri dengan yang lain.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:28:24 WIB

DPR Diminta Segera Sahkan Perppu Pilkada

JAKARTA, HALUAN — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, mengharapkan agar DPR segera mensahkan Rancangan Pe­raturan KPU tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota. Hal ini mengingat pelaksaan yang semakin dekat dan membutuhkan persiapan. “Rancangan tiga peraturan KPU telah dikirim ke DPR dan pemerintah. Harapannya dapat dirapatkan dan segera disahkan,” kata Husni dalam Rapat Koordinasi dengan KPU Provinsi se-Indonesia di Gedung KPU Pusat, Jakarta, Rabu (14/1).

Rabu,14 Januari 2015 - 19:27:45 WIB

Golkar Klaim Tak Akan Lahirkan Partai Baru

KEPENGURUSAN ICAL DAN AGUNG DIGABUNG JAKARTA, HALUAN — Partai Golkar kubu Agung Laksono dan kubu Aburizal Bakrie menjamin konflik yang terjadi di internal partai, tidak akan sampai melahirkan partai baru. Juru runding dari kubu Agung, Andi Matalatta mengatakan, kedua kubu saat ini sudah punya semangat yang sama untuk islah dan kembali mempersatukan Golkar. “Apapun nanti putusan pengadilan, semangat mem­persatukan Golkar sudah men­jadi komitmen bersama. Kami berjanji tidak ada ‘anak haram’ yang lahir dari kedua kubu, tidak akan lahir partai baru,” kata Andi saat mewakili ju­ru run­ding saat ko­­n­­ferensi pers usai pe­­­ru­n­di­ngan di Kan­tor DP­­P Partai Go­lkar, Ra­­bu (14/1).

Rabu,14 Januari 2015 - 19:25:49 WIB

BNP2TKI Gandeng KPK

BENAHI TATA KELOLA TKI JAKARTA, HALUAN — Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Nusron Wahid mengatakan, akan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi untuk membenahi tata kelola Tenaga Kerja Indonesia. Oleh karena itu, kata Nusron, akan dibentuk sebuahtim teknis terkait perlindungan dan kesejahteraan TKI yang akan dipimpin oleh KPK. “Semua ini dilakukan ber­sama dengan tim teknis. Tim teknis akan difasilitasi dan dipimpin KPK,” ujar Nusron di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (14/1).

Selasa,13 Januari 2015 - 19:45:45 WIB

ICW: Batalkan Pencalonan Budi Gunawan

KPK TETAPKAN CALON KAPOLRI TERSANGKA JAKARTA, HALUAN — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Komisaris Jen­deral Budi Gunawan se­bagai tersangka. KPK men­duga ada transaksi men­curi­gakan atau tidak wajar yang di­la­kukan Budi Gunawan. Budi Gunawan meru­pakan calon tunggal kepa­la Kepolisian RI yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo. Dia menjadi perwira tinggi bintang tiga aktif pertama di kepolisian yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:34:07 WIB

Pencarian Fokus Badan Pesawat

DPR AKAN BENTUK PANSUS AIRASIA JAKARTA, HALUAN — Meski dua bagian black box AirAsia QZ8501 sudah dite­mukan, tim SAR gabungan masih terus melanjutkan pen­carian. Kali ini pencarian difo­kuskan pada badan pesawat yang diduga masih ada penum­pang terjebak. Hal itu diungkapkan Pang­lima Armada RI Wilayah Barat (Pangarmabar) Laksamana Mu­da (Laksda) Widodo kepada tim penyelam gabungan TNI AL di KRI Banda Aceh usai me­nye­rahkan Cockpit Voice Recor­der kepada KNKT, di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Selasa (13/1).

Selasa,13 Januari 2015 - 19:28:05 WIB

Golkar Lakukan Bunuh Diri Politik

ISLAH DAN PENGADILAN JALAN BARENG JAKARTA, HALUAN — Politikus senior Partai Golkar, Hajriyanto Y Thohari tak henti-hentinya meminta dua kubu yang saling bertikai, yakni kubu Aburizal Bakrie (Ical) dan Agung Laksono, untuk melakukan islah dan mengakhiri konflik inter­nal. Pasalnya, bila konflik ini terus dipelihara, sama saja dengan mela­kukan bunuh diri politik (political suicide). “Munas gabungan atau Munas rekonsiliasi memang merupakan saran saya sebagai orang­tua kepada sesama o­rang­tua di dua DPP PG yang berkelahi kayak anak-anak kecil rebutan tulang itu. Bahwa saran itu faktanya tidak digu­bris, ya lihat saja aki­batnya nanti. Seka­rang keduanya malah saling menggugat ke penga­dilan,” katanya, Selasa (13/1).

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM