BERITA padang

Minggu,01 Februari 2015 - 19:20:25 WIB

Potensi Hujan di Sumbar Masih Tinggi

PREDIKSI BMKG PADANG, HALUAN – Badan Meteorologi Klima­tologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tabing memprediksi, pada sore hingga malam hari beberapa wilayah Sumatera Barat akan diguyur hujan dengan itensitas ringan hingga sedang disertai petir dalam beberapa minggu ke depan. Kasi Observasi dan In­for­masi BMKG Stasiun Tabing, Budi Iman Samiaji kepada Haluan¸ Minggu (1/2) mengatakan, secara umum cuaca di Sumbar cerah berawan pagi hingga siang hari. Sedangkan pada sore hingga malam hari Sumbar aan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai pe­tir.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:47:38 WIB

Difteri Renggut Nyawa Balita

INFORMASI STAKEHOLDER BERBEDA Akhirnya, kekhawatiran akan pe­nyebaran penyakit difteri te­rung­kap. Ternyata, satu dari li­ma pasien su­s­­­pect dif­teri, sudah meninggal se­jak pekan lalu.  Sa­yang,  informasi dari stakeholder masih berbeda, terkait kondisi pasien. PADANG, HA­LU­AN — Satu dari li­ma suspect difteri yang dirawat di RSUP M Djamil, ter­nya­­ta su­dah me­ninggal sejak Ju­mat (23/1) lalu. Suspect ter­se­but masih ber­u­sia tiga tahun berjenis kelamin laki-laki. Hanya saja, informasi dari tim medis se­tempat, sudah ada dua suspect difteri yang me­ninggal di RSUP  M Djamil.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:47:02 WIB

MUI: Imunisasi Tidak Haram

PADANG, HALUAN – Penyakit Difteri yang kembali muncul dan telah menebar maut dihubung-hubungkan sebagian kalangan dengan program imunisasi bagi balita. Program pengebalan daya tahan tubuh ini beberapa tahun terakhir mendapat “cobaan” dengan menyebarnya informasi yang kontrak produktif soal imunisasi. Mulai menyebarnya difteri di beberapa daerah diduga karena pada sekitar tahun 2011 adanya kontroversi tentang peng­gunaan imunisasi. Banyak yang orang tua yang tidak mengimunisasi anaknya dengan berbagai alasan. “Kemungkinan ini terjadi karena empat tahun lalu kon­troversi imu­nisasi menyebar. Banyak isu yang mengatakan tidak halal dan berbagai hal lainnya. Sehingga sebagian dari orang tua takut mengimunisasi anaknya,” kata Kepala Dinas Kese­hatan Kota (DKK) Padang, dr Eka Lusti.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:46:34 WIB

Pasar Raya Terbakar, Enam Toko Ludes

PADANG, HALUAN — Pasar Raya Barat fase I lantai dua Pasar Raya Padang terbakar, Jumat (30/1) sekitar pukul 21.00 WIB. Sekitar enam toko di area tersebut hangus terbakar, sementara enam toko lagi mendapat imbasnya. Berdasarkan informasi yang dihimpun Haluan, kebakaran dipicu oleh arus pendek (kor­sleting listrik). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian korban diper­kirakan ratusan juta rupiah.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:39:57 WIB

Pembangunan Rel KA Dimulai dari Sijunjung

TRANS SUMATERA PADANG, HALUAN — Menindaklanjuti kesepakatan dengan Kementrian Perhubungan (Kemenhub), Provinsi Sumatera Barat mulai bekerja untuk pembangunan rel Ketera Api Trans Sumatera koridor 8 Sumbar menuju koridor 6 Riau dan koridor 9 Jambi. Pada Jumat (30/1) ke­marin, Pemprov Sumbar mela­kukan rapat koordinasi dengan  peja­bat Kabupaten Sijunjung dan Kota Sa­wahlunto untuk lang­sung bekerja pembuatan rel dari Muaro Sijunjung melewati Kili­ran Jao dan nantinya sam­pai ke Riau dengan jarak 220 km.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:25:04 WIB

Trio Golkar Pecah Kongsi

SYAMSU RAHIM PUTUSKAN MENDAFTAR KE NASDEM PADANG, HALUAN — Setelah publik dikejutkan dengan kemunculan baliho Trio Golkar Shadiq Pasigoe (Bupati Tanah Datar), Muslim Kasim (Wagub Sumbar) dan Syamsu Rahim (Bupati Solok) yang disebut sebagai satu paket pasangan gubernur dan wakil gubernur Sumbar, Syamsu Rahim tampil mengejutkan. Jumat (30/1), Syamsu Rahim memutuskan bergabung dengan partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk maju sebagai bakal calon gubernur Sumbar. Ini mengundang tanya ba­nyak pihak, karena Trio Gol­kar yang terlihat sudah me­mantapkan niat untuk maju bersama, ternyata bubar di tengah jalan. Syamsu Rahim tampaknya terlihat tidak saba­ran dan menyatakan diri lebih dulu sebagai calon gubernur.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:24:38 WIB

Tuntut Investor Ganti Rugi

PEDAGANG SPR DATANGI DPRD PADANG, HALUAN — Pedagang SPR Padang, Jumat (30/1) mendatangi Gedung DPRD Kota Padang. Mereka meminta Komisi I DPRD Kota Padang segera menyelesaikan persoalan dengan PT CSR Sentra Pasar Raya Padang, yang dinilai telah merugikan pedagang. Pedagang menuntut, investor untuk menganti rugi atas hak yang telah mereka bayarkan sebelum SPR itu dibangun. Soalnya, pedagang saat itu membayar DP ke investor bervariasi.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:24:11 WIB

Wako Sosialisasi Pembangunan Terminal AKAP

PADANG, HALUAN — Proses pembangunan Terminal Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) Tipe A Kota Padang, yang akan didirikan di Anak Air, Kecamatan Koto Tangah, sedang dalam proses pengerjaan. Menyikapi hal itu, Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah memberikan sosialisasi kepada masyarakat Anak Air, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah. Hal tersebut disam­paikan wako kepada masyarakat, selesai kegiatan Jumat Keliling di Masjid Ikhlas, Jumat (30/1). Dikatakan wako, sesuai rencana pelaksa­naan pembangunan terminal akan dikerjakan pada tahun 2015 dengan anggaran sebesar Rp10 miliar. Dalam tahap pengerjaannya saat ini, untuk lahan sudah dibebaskan seluas 4,5 hektare.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:23:41 WIB

Ridwan : Siap-siap Pemerintah Disalahkan

SUDAH BERTAHUN KAFE IZIN MASIH SEDIKIT PADANG, HALUAN — Bagai­mana mau memajukan pariwisata dan menyambut kota metropolitan di Kota Padang, jika tempat hibu­ran seperti kafe dan karaoke ba­nyak tidak berizin. Keseriusan pemko untuk menyatakan siap meng­hadapi metropolitan diragu­kan. Hal ini disampaikan pelaku dan pengamat pariwisata Sumbar, Ridwan Tulus, Jumat (30/1). Menu­rutnya, jika kafe dan karaoke tidak berizin, standar layanan juga tidak terukur dan sudah pasti berujung kepada lemahnya penga­wasan. Apakah itu prostitusi terse­lubung ataupun buruknya citra pariwisata di Kota Padang.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:23:16 WIB

Pedagang Masih Jualan di Trotoar

TELAH DIBONGKAR PETUGAS PADANG, HALUAN – Bandel, itulah kata yang cocok untuk para pedagang kaki lima (PKL) yang tidak mau ikut aturan Pemerintah. Trotoar yang seha­rusnya berfungsi untuk pejalan kaki, saat sekarang masih digunakan para pedagang untuk menggelar lapak dagangan­nya dengan berbagai alasan. Pantauan Haluan, Jumat (30/1) mengatakan, di sepanjang trotoar dekat Gedung Balaikota Lama masih terlihat beberapa pedagang yang berjualan. Padahal, baru bebe­rapa hari yang lalu, tempat tersebut ditertibkan petugas Dinas Pasar dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM