BERITA padang

Senin,12 Januari 2015 - 19:43:20 WIB

TRTB: Bongkar Bangunan dari Triplek

PADANG, HALUAN — Inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Purus, Jumat (9/1) lalu oleh Komisi III DPRD Padang, Yandri dan tim harus berbuah manis. Kondisi fisik bangunan yang sangat memprihatinkan akan segera dibenahi dan diletakkan sesuai dengan fungsinya. Termasuk sebuah ruang di depan rusun, yang ditutupi dengan triplek sudah diperintahkan untuk dibongkar. Kepala Dinas Tata Ruang Tata Bangunan (TRTB) Kota Padang, Afrizal BR pada Ha­luan, Senin (12/1) mengatakan bahwa, dengan adanya sidak oleh anggota dewan, bisa mem­berikan hasil yang baik dan berbuah manis. Kondisi fisik yang memprihatinkan seperti masalah kebersihan yang ku­rang jalan, dinding kamar yang basah dan diselimuti lumut karena rembesan air kamar mandi yang retak dan bocor dan permasalahan lainnya segera bisa cepat ditangani.

Senin,12 Januari 2015 - 19:42:56 WIB

Disdik Anggarkan Rp18 Miliar untuk Empat Sekolah Unggulan

PADANG, HALUAN — Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Barat kembali ang­garakan Rp18 miliar untuk empat sekolah unggul milik Pemprov Sumbar. Dana sebesar Rp18 miliar ini ditujukan untuk pemba­ngunan fisik dimasing-masing sekolah unggulan milik Pem­prov Sumbar. Kepala Disdik Sumbar, Syamsurizal, melalui Kepala Bidang (Kabid) Program Rat­mil menerangkan, dana Rp18 miliar ini dari Rp120 miliar anggaran Disdik tahun 2015 ini. Masing-masing sekolah mendapat besaran berbeda.

Senin,12 Januari 2015 - 19:42:24 WIB

Nilai Dinas Koperasi Hanya Bisa Copy Paste

KOMISI III DPRD SUMBAR PADANG, HALUAN — Dana sebesar Rp14,4 miliar yang dikucurkan untuk Dinas Koperasi Provinsi Sumbar tahun 2014 terkesan mubazir. Pasalnya, sampai saat DPRD melihat realisasi program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ini  masih jauh dari harapan. Bahkan, beberapa anggota dewan menilai program yang dilaksanakan Dinas Koperasi  tahun 2014 lalu hanyalah copy paste dari program tahun sebelumnya. Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumbar, Liswandi  dalam evualiasi rapat kerja Komisi III DPRD Sumbar dengan mitra yang berlangsung Senin (12/1) mengatakan, sejauh ini DPRD hanya mengetahui program yang dilaksanakan Dinas Koperasi,  namun seberapa jauh program tersebut berjalan dewan sama sekali tidak diberi gambaran.

Minggu,11 Januari 2015 - 19:30:17 WIB

9 Kab/Kota Terima Hibah Rp31,5 M

9 kabupaten dan kota menerima hibah berupa aset dari Pemprov Sumbar senilai Rp31,5 miliar. Aset yang dihibahkan itu selama ini sudah dimanfaatkan untuk melaksanakan fungsi pemerintahan di daerah. PADANG, HALUAN — Sem­pat menjadi temuan Badan Peme­riksa Keuangan (BPK) di tahun 2012 lalu, beberapa aset Peme­rintah Provinsi Sum­bar akhir­nya dihibahkan ke peme­rintah kabupaten/kota. Total hibah ini mencapai Rp70 miliar.

Minggu,11 Januari 2015 - 19:07:12 WIB

Walikota Imbau SKPD, PNS Diberi BPJS Ketenagakerjaan

PADANG, HALUAN — Ahli waris dari pegawai honor pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang yang meninggal dunia menerima santunan dari BPJS Ketenagakerjaan. Mereka adalah ahli waris dari Baharudin, Iswandi, dan Asrizal yang meninggal dunia pada 2014 lalu. Jumlah santunan yang diterima oleh masing-masing ahli waris tersebut adalah Rp 21 juta. Rinciannya, santunan kematian Rp 14,2 juta biaya pemakaman Rp 2 juta dan santunan berkala (dibayar sekaligus 24 bulan x Rp 200 ribu) sebesar Rp 4,8 juta.

Minggu,11 Januari 2015 - 19:03:22 WIB

Pemprov Kesulitan Mendata Perantau

PADANG, HALUAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kewalahan melakukan pendataan perantau. Buktinya sampai saat ini Pemprov Sumbar belum mempunyai data base pasti tentang perantau Minang. Ketika dikonfirmasi Haluan kepada Kepala Biro Adiminitrasi Pembangunan dan Hubungan Rantau Mu­hammad Yani, Jumat (9/1) lalu  mengatakan, bahwa belum adanya data base perantau sampai saat ini karena sulitnya melakukan pendataan perantau. Meski telah dilakukan beberapa kali workshop berkaitan dengan pendataan perantau ini hasilnya masih belum optimal.

Minggu,11 Januari 2015 - 19:02:49 WIB

Rumah Warga Asing Digasak Maling

PADANG, HALUAN— Ditinggal pergi kerja, rumah kontrakan seorang warga Korea Selatan yang terletak di Jalan Beringin Lolong 4C Nomor 14 Belanti, Kecamatan Padang Utara, Padang digasak maling, Sabtu (10/1). Hingga warga asing yang bernama Seokju Yoo (40) tersebut kehilangan paspor, surat-surat penting dan uang tunai sebanyak $1000 atau sekitar Rp 12.000.000. Berdasarkan informasi yang dihimpun Haluan, kejadian bermula ketika korban pergi kerja pada pukul 06.00 WIB, pada pukul 10.00 WIB. Ia dihubungi oleh pembantu di rumahnya yang bernama Asriyani (40), dan mengatakan bahwa rumah korban telah dimasuki maling dan barang berserakan. Mendengar informasi tersebut, korban langsung bergegas pulang dan memeriksa rumah kontrakannya tersebut. Di dapatinya lemari dan laci meja,  serta jendela kamar dalam keadaan terbuka.

Minggu,11 Januari 2015 - 19:01:32 WIB

Polsek Lubeg Bongkar Sindikat Curanmor

PADANG, HALUAN — Polisi Sektor (Polsek) Lubuk Begalung (Lubeg) bongkar sindikat pencuri motor (curanmor) yang beroperasi di beberapa lokasi di Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan. Terbongkarnya sindikat ini bermula ketika jajaran Polsek Lubeg menggelar razia di kawasan Bukit Lampu, Jumat (9/1). Ketika itu, datang seorang warga mela­porkan kepada petugas bahwa motornya dengan nomor polisi BA 3504 GF telah hilang. Mendapat laporan tersebut, petugas langsung mengejar pelaku yang belum begitu jauh dari lokasi.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:20:57 WIB

Aminah Dilindas Roda Gigi Seberat 15 Ton

SELAMATKAN DIRI DARI MOBIL BERASAP PADANG, HALUAN — Nasib naas dialami penumpang mo­bil minibus Xenia BA 1519 BL, setelah mobil yang me­reka tumpangi menge­luarkan asap di Panorama II Sitinjau Laiuk, Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, Jumat (9/1) sekitar pukul 11.00 WIB. Maksud hati untuk me­nyelamatkan diri keluar dari mobil tersebut, salah satunya, Aminah (45) justru dilindas muatan mobil truk BK 8971 BJ. Truk yang melaju dari arah Solok menuju Padang ini sebe­lumnya sempat menabrak mi­ni­bus lainnya yang datang sea­rah, Toyota Rush BA 1560 K. Kapolsek Lubuk Kilangan Kompol Eddisra, mem­be­narkan kejadian ini. Menu­rutnya kejadian tersebut ber­mula ketika truk yang disopiri oleh Faisal Ambri (33)  hilang kendali karena remnya blong.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:16:56 WIB

FMM Minta DPRD Tolak Padang Landmark

PADANG, HALUAN — Puluhan kelompok Ormas Islam Sumatera Barat,  yang tergabung dalam Forum Masyarakat Minangkabau (FMM) pada Jumat (9/1) kemarin  men­datangi Gedung DPRD Kota Padang. Mereka  menyampaikan penolakan terhadap pembangunan Padang Landmark yang berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman, Padang. Pembangunan Padang Landmark dinilai mematikan usaha para pedagang kecil di beberapa titik dekat kawasan pem­bangunan megaproyek itu. Mereka menduga,  Padang Landmark hanya berubah nama saja dari Super Blok Lippo Group.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM