BERITA padang

Jumat,16 Januari 2015 - 20:21:43 WIB

Konversi Mita ke Gas Masih Terus Berlanjut

PADANG, HALUAN – Konversi minyak Tanah (Mita) ke gas masih terus bergulir di Sumtera Barat (Sumbar). Sejauh ini, dari 19 kabupaten/kota di Sumbar, baru tiga wilayah yang dinyatakan close atau dalam makna lainnya sudah selesai melakukan konversi. Tiga wilayah yang sudah konversi itu yaitu, Kota Pa­dang, Kota Pariaman dan Sa­wahlunto. Untuk ketiga wila­yah yang sudah dinyatakan close ini tidak akan ditemukan lagi Mita bersubsidi.

Kamis,15 Januari 2015 - 19:07:58 WIB

Respen: Saya yang Panggil Farhan ke Mentawai

DUGAAN HUMAN TRAFFICKING PADANG, HALUAN — Dugaan hu­man trafficking (perdagangan ma­nusia) atas sembilan anak asal Kabu­paten Mentawai, dengan terdakwa Farhan Muhammad alis Habib alias Ramses Saogo (25) dan Maryani M. Zen alias Maya (39) kembali digelar di Penga­dilan Negeri Padang, Rabu (14/1). Dalam sidang lanjutan yang di­pim­pin majelis hakim Siswatmono Radiantoro beranggotakan Dina­hayati Sofyan dan M.S Giri Basuki, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dwi Indah menghadirkan lima orang saksi yakni Kepala Dusun Surat Aban, Respen, Ilyas Samaleisa, selaku kakak Ramses, dan tiga orang mamak Ram­ses, yakni Oktris Samaloisa, Aldinus Siritoited dab Jasmetri.

Kamis,15 Januari 2015 - 19:07:04 WIB

Penikmat Lem di Padang Belum Terawasi

PADANG, HALUAN — Penikmat lem atau biasa disebut ngelem belum bisa teratasi di Padang. Mereka bahkan bebas mengkonsumsi lem dengan jalan meng­hi­sap agar bisa fly (mabuk). Padahal,  menghisap lem yang memiliki aroma tertentu dan dapat mengganggu sistem kerja syaraf penghisapnya. Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops), Fajar Sukma Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang mengung­kapkan dalam operasi yang dilakukan beberapa hari yang lalu,  terjaring empat  pelajar yang tengah asik menghisap lem perekat merk banteng di tempat umum.

Kamis,15 Januari 2015 - 18:57:48 WIB

Tak Miliki Tong Sampah, Buku Keur Disita

PADANG, HALUAN — Tim Padang Bersih merazia angkutan kota yang tidak memiliki tong sampah di kawasan Bundaran Aia Mancua Pasar Raya Padang, Kamis (15/1). Bagi yang tidak memiliki tong sampah petugas langsung menyita buku Keur yang dimiliki angkot. Kepala UPT Angkutan Malizar mengatakan, dari razia yang dilakukan hari pertama itu, sebagian besar angkot trayek trayek Lubuk Buaya-Pasar Raya, Tabing-Pasar Raya tidak memiliki tong sampah. Jumlah angkot pada trayek ini sebanyak 60 unit. Angkot yang tidak memiliki tong sampah ini langsung berlarian ke pasar membeli tong sampah se­be­lum giliran mereka diperiksa.

Kamis,15 Januari 2015 - 18:57:27 WIB

Butuh Rp148 Miliar untuk Penyelesaian Masjid Raya Sumbar

PADANG, HALUAN — Pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat masih membutuhkan dana ratusan miliaran rupiah sampai masjid kebanggaan rakyat Minangkabau ini bisa di­fung­sikan maksimal. Diperkiarakan hingga selesai Masjid Raya Sumbar masih membutuhkan dana sebesar Rp148 miliar lagi. Kepala Biro Bina Sosial (Binsos) Syahril B menuturkan, untuk tahun 2015, Pemprov Sumbar menganggarkan Rp15 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015 untuk kelanjutan pembngunan Masjid Raya Sumbar.

Kamis,15 Januari 2015 - 18:56:43 WIB

Ketua Organda Padang Belum Dilantik

PADANG, HALUAN— Kisruh Pemilihan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Padang belum juga usai. Apalagi hingga hari ini Ketua Organda Kota Padang terpilih Syofyan belum juga dilantik. Hal ini jelas menggangu kinerja Organda dalam menangani berbagai persoalan angkutan di Kota Padang, termasuk soal tarif angkot yang tidak kunjung turun. Menurut Ketua DPD Organda Sumbar Sengaja Budi Syukur, pihaknya sudah memberikan rekomendasi kepada pengurus Organda Padang agar melakukan pengukuhan Ketua Organda terpilih periode 2014-2019, yakni Syofyan. Dia juga tidak tahu apa alasan Organda Padang yang tidak kunjung melakukan pelantikan, sebab itu kewenangan DPC Organda Padang. Lagipula SK untuk Ketua Organda Padang sudah diberikan oleh DPD Organda Sumbar.

Kamis,15 Januari 2015 - 18:55:59 WIB

DPRD: Pemko Harus Carikan Lokasi

PEDAGANG KIOS DARURAT AKAN DIGUSUR PADANG, HALUAN — Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang  Zulhardi Z Lativ menilai,  Pem­ko Padang  melalui Dinas Pasar mesti mencarikan lokasi yang represetatif bagi  pedagang Pasar Raya. “Sepanjang tempat yang repre­sentatif itu tidak disedikan oleh pemko, para pedagang ber­hak masih menempati kios daru­rat yang telah disediakan untuk mereka pasca gempa tahun 2009 lalu,” kata kader Golkar ini Rabu (15/1). Komisi IV berharap,  dinas pasar mencarikan solusi segera, apabila memang ada rencana pemindahan. Akan tetapi, jika  lokasi yang akan mereka tem­pati  belum ada, tentu tidak bisa dilaksanakan.  Kondisinya akan terus begini dan semakin mem­per­lihatkan hubungan Pemko dan pedagang yang belum akur sejak dulu.

Kamis,15 Januari 2015 - 18:55:07 WIB

Parkir Canggih Harus Terwujud

PADANG, HALUAN —Se­makin bertambahnya ken­daraan bermotor, tempat par­kir kendaraan juga semakin sulit, sehingga melahirkan parkir liar yang menganggu pengguna jalan di Kota Padang ini. Untuk mengurai hal ter­sebut, Pemko Padang me­nerapkan sistem parkir cang­gih di tahun 2015 ini pada tiga titik, yakni di GOR Agus Salim, M Yamin dan Pantai Purus. Pengamat berharap penerapan parkir ini jangan hanya isapan jempol belaka. Sistem parkir canggih ter­sebut menerapkan Smart Par­king System (SPS) Ltd Hungary dengan investasi senilai 100 juta Euro atau sekitar Rp1,2 triliun.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:43:13 WIB

DIM Dibahas pada Paripurna DPD-RI

PADANG, HALUAN — Harapan tokoh masyarakat Ranah Minang  untuk mewujudkan provinsi Sumbar menjadi Daerah Istimewa Minang (DIM), akan menjadi prioritas untuk dijadikan pembahasan pada sidang paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Hal ini terungkap dari pelaksanaan Sidang Paripurna ke 8 DPD-RI masa Sidang II dengan agenda penyampaian hasil penyerapan Aspirasi dan Permasalahan di daerah pemilihan masing-masing anggota DPD RI di Senayan Jakarta, Selasa (13/1).

Rabu,14 Januari 2015 - 19:34:11 WIB

Bantuan untuk Nelayan Terancam Gagal

EVALUASI APBD SUMBAR 2015 PADANG, HALUAN – Program 1.000 nelayan tanpa dayung Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, terancam gagal total. Program bantuan untuk nelayan perahu yang masih berdayung itu termasuk dalam pos anggaran yang menjadi evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan kategori dilarang. Rencananya DKP Sumbar akan mengganti nelayan yang masih memakai dayung de­ngan mesin tempel.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM