BERITA padang

Jumat,30 Januari 2015 - 19:39:57 WIB

Pembangunan Rel KA Dimulai dari Sijunjung

TRANS SUMATERA PADANG, HALUAN — Menindaklanjuti kesepakatan dengan Kementrian Perhubungan (Kemenhub), Provinsi Sumatera Barat mulai bekerja untuk pembangunan rel Ketera Api Trans Sumatera koridor 8 Sumbar menuju koridor 6 Riau dan koridor 9 Jambi. Pada Jumat (30/1) ke­marin, Pemprov Sumbar mela­kukan rapat koordinasi dengan  peja­bat Kabupaten Sijunjung dan Kota Sa­wahlunto untuk lang­sung bekerja pembuatan rel dari Muaro Sijunjung melewati Kili­ran Jao dan nantinya sam­pai ke Riau dengan jarak 220 km.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:25:04 WIB

Trio Golkar Pecah Kongsi

SYAMSU RAHIM PUTUSKAN MENDAFTAR KE NASDEM PADANG, HALUAN — Setelah publik dikejutkan dengan kemunculan baliho Trio Golkar Shadiq Pasigoe (Bupati Tanah Datar), Muslim Kasim (Wagub Sumbar) dan Syamsu Rahim (Bupati Solok) yang disebut sebagai satu paket pasangan gubernur dan wakil gubernur Sumbar, Syamsu Rahim tampil mengejutkan. Jumat (30/1), Syamsu Rahim memutuskan bergabung dengan partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk maju sebagai bakal calon gubernur Sumbar. Ini mengundang tanya ba­nyak pihak, karena Trio Gol­kar yang terlihat sudah me­mantapkan niat untuk maju bersama, ternyata bubar di tengah jalan. Syamsu Rahim tampaknya terlihat tidak saba­ran dan menyatakan diri lebih dulu sebagai calon gubernur.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:24:38 WIB

Tuntut Investor Ganti Rugi

PEDAGANG SPR DATANGI DPRD PADANG, HALUAN — Pedagang SPR Padang, Jumat (30/1) mendatangi Gedung DPRD Kota Padang. Mereka meminta Komisi I DPRD Kota Padang segera menyelesaikan persoalan dengan PT CSR Sentra Pasar Raya Padang, yang dinilai telah merugikan pedagang. Pedagang menuntut, investor untuk menganti rugi atas hak yang telah mereka bayarkan sebelum SPR itu dibangun. Soalnya, pedagang saat itu membayar DP ke investor bervariasi.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:24:11 WIB

Wako Sosialisasi Pembangunan Terminal AKAP

PADANG, HALUAN — Proses pembangunan Terminal Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) Tipe A Kota Padang, yang akan didirikan di Anak Air, Kecamatan Koto Tangah, sedang dalam proses pengerjaan. Menyikapi hal itu, Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah memberikan sosialisasi kepada masyarakat Anak Air, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah. Hal tersebut disam­paikan wako kepada masyarakat, selesai kegiatan Jumat Keliling di Masjid Ikhlas, Jumat (30/1). Dikatakan wako, sesuai rencana pelaksa­naan pembangunan terminal akan dikerjakan pada tahun 2015 dengan anggaran sebesar Rp10 miliar. Dalam tahap pengerjaannya saat ini, untuk lahan sudah dibebaskan seluas 4,5 hektare.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:23:41 WIB

Ridwan : Siap-siap Pemerintah Disalahkan

SUDAH BERTAHUN KAFE IZIN MASIH SEDIKIT PADANG, HALUAN — Bagai­mana mau memajukan pariwisata dan menyambut kota metropolitan di Kota Padang, jika tempat hibu­ran seperti kafe dan karaoke ba­nyak tidak berizin. Keseriusan pemko untuk menyatakan siap meng­hadapi metropolitan diragu­kan. Hal ini disampaikan pelaku dan pengamat pariwisata Sumbar, Ridwan Tulus, Jumat (30/1). Menu­rutnya, jika kafe dan karaoke tidak berizin, standar layanan juga tidak terukur dan sudah pasti berujung kepada lemahnya penga­wasan. Apakah itu prostitusi terse­lubung ataupun buruknya citra pariwisata di Kota Padang.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:23:16 WIB

Pedagang Masih Jualan di Trotoar

TELAH DIBONGKAR PETUGAS PADANG, HALUAN – Bandel, itulah kata yang cocok untuk para pedagang kaki lima (PKL) yang tidak mau ikut aturan Pemerintah. Trotoar yang seha­rusnya berfungsi untuk pejalan kaki, saat sekarang masih digunakan para pedagang untuk menggelar lapak dagangan­nya dengan berbagai alasan. Pantauan Haluan, Jumat (30/1) mengatakan, di sepanjang trotoar dekat Gedung Balaikota Lama masih terlihat beberapa pedagang yang berjualan. Padahal, baru bebe­rapa hari yang lalu, tempat tersebut ditertibkan petugas Dinas Pasar dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang.

Kamis,29 Januari 2015 - 20:10:10 WIB

Padang KLB Penyakit Difteri

DKK SIAPKAN IMUNISASI DPT UNTUK 240 RIBU ANAK Padang kembali terjangkiti penyakit berbahaya, difteri hingga Walikota menetapkan status kejadian luar biasa (KLB). Untuk mengantisipasi penyebaran, 240 ribu paket imunisasi siap disuntikkan kepada anak-anak Padang yang berusia di bawah 15 tahun. PADANG, HALUAN — Lima balita dari Padang diduga mengidap penyakit berbahaya dan mudah menyebar, Difteri. Mereka dirawat di ruang iso­lasi RSUP Dr M Djamil, Pa­dang. Walikota Padang Mah­yeldi menyatakan status keja­dian luar biasa (KLB) penyakit difteri terkait ditemukannya satu orang yang positif men­derita penyakit tersebut.

Kamis,29 Januari 2015 - 20:09:31 WIB

KIH Solid, KMP Pecah di Sumbar

MENGHADAPI PILGUB PADANG, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menentukan jadwal pasti Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar me­nyusul akan berakhirnya masa bakti pasangan Irwan Prayitno-Muslim Kasim tahun 2015. Hanya saja, sejumlah calon dan partai politik sudah ambil ancang-ancang untuk menghadapi pesta demokrasi tingkat Sumbar ini. Beberapa nama dan partai perlahan mulai terang-terangan soal calon yang akan mereka usung, termasuk langkah-langkah awal. Lihat saja di sejumlah wilayah strategis di Sumbar yang sudah mulai dihiasi baliho-baliho kandidat. Mulai dari gubernur Incumbent Irwan Prayitno dan Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Epyardi Asda yang tampil solo, hingga trio Wagub Muslim Kasim dengan dua bupati, Shadiq Pasadigoe (Tanah Datar) dan Syam­su Rahim (Solok) yang lebih berani dengan muncul bertiga, sesuai dengan UU Pilkada, dimana Sum­bar nantinya akan memiliki dua wakil gubernur.

Kamis,29 Januari 2015 - 20:07:28 WIB

Sumbar Bakal Jadi Lumbung Padi

PADANG, HALUAN — Pro­vinsi Sumatera Barat bersama Korem 032/Wirabraja opti­mis untuk pencapaian target 500 ribu ton swasembada pangan tiga tahun ke depan, yang telah ditargetkan oleh Kementerian Pertanian. Untuk tahun sekarang, Pemprov Sumbar dengan Korem 032/Wbr telah seren­tak melakukan pe­na­naman padi di 10 titik yang ada di daerah Sumbar, seka­ligus acara syukuran HUT Korem 032/Wbr yang ke-30 ber­tempat di demplot per­con­tohan pertanian organik di Dusun Tong Blau, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Pariaman, Kamis (29/1). Diharapkan nantinya, hasil panennya se­suai dengan target.

Kamis,29 Januari 2015 - 19:59:08 WIB

Daerah yang Lamban Ditinggalkan

KABUPATEN/KOTA DIMINTA KREATIF PADANG, HALUAN – Untuk megimbangi irama kerja, kerja dan kerja yang didengungkan Presiden Joko Widodo,  Gubernur Sumatera Barat meminta kabupaten/kota untuk lebih cepat dan kreatif. Karena, bagi kabuputen/kota yang tidak bisa mengimbangi atau lamban akan ditinggalkan. Hal ini dikatakan Gu­ber­nur Sumbar Irwan Prayitno saat kunjungan Haluan, Kamis (29/1) kemarin bersama Pe­mimpin Umum Harian Ha­luan, Zul Effendi dan Pemim­pin Redaksi Harian Haluan, Yon Erizon ke kediaman Gu­bernur di Gu­bernuran Sumbar.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM