BERITA padang

Kamis,15 Januari 2015 - 18:55:07 WIB

Parkir Canggih Harus Terwujud

PADANG, HALUAN —Se­makin bertambahnya ken­daraan bermotor, tempat par­kir kendaraan juga semakin sulit, sehingga melahirkan parkir liar yang menganggu pengguna jalan di Kota Padang ini. Untuk mengurai hal ter­sebut, Pemko Padang me­nerapkan sistem parkir cang­gih di tahun 2015 ini pada tiga titik, yakni di GOR Agus Salim, M Yamin dan Pantai Purus. Pengamat berharap penerapan parkir ini jangan hanya isapan jempol belaka. Sistem parkir canggih ter­sebut menerapkan Smart Par­king System (SPS) Ltd Hungary dengan investasi senilai 100 juta Euro atau sekitar Rp1,2 triliun.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:43:13 WIB

DIM Dibahas pada Paripurna DPD-RI

PADANG, HALUAN — Harapan tokoh masyarakat Ranah Minang  untuk mewujudkan provinsi Sumbar menjadi Daerah Istimewa Minang (DIM), akan menjadi prioritas untuk dijadikan pembahasan pada sidang paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Hal ini terungkap dari pelaksanaan Sidang Paripurna ke 8 DPD-RI masa Sidang II dengan agenda penyampaian hasil penyerapan Aspirasi dan Permasalahan di daerah pemilihan masing-masing anggota DPD RI di Senayan Jakarta, Selasa (13/1).

Rabu,14 Januari 2015 - 19:34:11 WIB

Bantuan untuk Nelayan Terancam Gagal

EVALUASI APBD SUMBAR 2015 PADANG, HALUAN – Program 1.000 nelayan tanpa dayung Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, terancam gagal total. Program bantuan untuk nelayan perahu yang masih berdayung itu termasuk dalam pos anggaran yang menjadi evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan kategori dilarang. Rencananya DKP Sumbar akan mengganti nelayan yang masih memakai dayung de­ngan mesin tempel.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:33:44 WIB

Baru 1.000 UMKM di Sumbar Bersertifikat Halal

PADANG, HALUAN — Dari 40.000 Usaha Mikro Kecil Menengah (UM­KM) bidang produk makanan di Sumatera Barat, hanya 1.000 yang memiliki label halal. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar Ach­mad Kharisma seusai acara penye­rahan sertifikat halal kepada UM­KM di Auditorium Gubernuran, Rabu (14/1) kemarin.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:19:06 WIB

PDAM Tebus Hutang Puluhan Tahun

JELANG KEMANDIRIAN PADANG, HALUAN — Salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Padang, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menargetkan akan menjadi perusahaan terbatas persero pada 2018 mendatang. Namun hingga kini, Perusda tersebut masih belum melunasi hutang kepada Pemko Padang. Hal itu terungkap saat Ko­misi II DPRD Kota Padang bersama Direksi PDAM Kota Padang  melakukan rapat ker­ja dan  peninjauan ke lokasi pembangunan tiga intake di Batu Gadang, Air Dingin, Rabu (14/1).

Rabu,14 Januari 2015 - 19:18:27 WIB

Perbaikan Bangunan MIN GP Jangan Ditunda Lagi

PADANG, HALUAN — Kerusakan ba­ngunan sekolah pasca gempa yang melanda Sumatera Barat (Sumbar) pada 2009 lalu ternyata masih dapat dite­mukan. Di antaranya adalah kerusakan salah satu bangunan Madrasah Ibti­dayah Negeri (MIN) Gunung Pangilun, Kota Padang. Di sekolah setingkat sekolah dasar (SD) itu masih terlihat jelas retakan pada dinding gedung yang terdiri dari tiga kelas tersebut. Tidak dapat dipungkiri kondisi bangunan tersebut membahayakan keselamatan siswa-siswi kelas 5A, 5B dan 5C yang menuntut ilmu di dalamnya.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:17:50 WIB

DPKA Ragu Target Pajak Hotel Terpenuhi

PADANG, HALUAN — Pe­merintah Kota Padang me­naikkan Pendapatan Asli Dae­rah (PAD) sektor pajak dari Rp179 miliar di tahun 2014, naik menjadi Rp245 miliar di tahun 2015. Ada 11 item pajak yang rata-rata dinaikkan tar­getnya. Sayangnya dari 11 item pajak yang mengalami kenai­kan, DPKA Padang ragu bisa memenugi target pajak hotel dan pajak restoran. Seperti pajak hotel tar­getnya di tahun 2014 Rp19,8 naik menjadi Rp25 miliar di tahun 2015. Menyusul pajak restoran dari Rp17,8 miliar naik menjadi Rp23 miliar, pajak hiburan dari Rp2,4 mi­liar naik menjadi Rp3miliar, pajak reklame dari Rp3,3 miliar naik menjadi Rp5,5 miliar. Pajak penerangan jalan (PPJ) dari Rp65,9 miliar naik menjadi Rp75 miliar.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:17:23 WIB

Padang Terapkan Sistem Parkir Canggih

PADANG, HALUAN — Inves­tasi senilai 100 juta Euro atau sekitar Rp1,2 triliun lebih bakal digelontorkan Smart Parking System (SPS) Ltd Hungary untuk penataan per­pa­r­kiran dan transportasi di kota-kota seluruh Indonesia. Padang merupakan kota pertama yang dire­komen­dasi­kan Badan Perencanaan Pem­bangunan Nasional (Bap­pe­nas) RI dalam kerjasama per­parkiran dengan peru­sahaan yang berbasis di Budapest ini.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:15:54 WIB

DPRD Nilai Kinerja BPJS Tidak Maksimal

PADANG, HALUAN — Pelak­sanaan program BPJS Kese­hatan masih diwarnai sejumlah persoalan. Salah satunya, ada­nya permainan dalam pemili­han dokter keluarga (rujukan) yang ditunjuk, hingga proses pendaftaran BPJS kesehatan yang masih rumit. DPRD Sumbar menilai kinerja dan pengawasan BPJS tak maksi­mal sehingga berdampak dan merugikan masyarakat. Anggota DPRD Sumbar, Darmon menyampaikan, ma­sih ada laporan yang disam­paikan masyarakat Lubuk Alung kalau dalam penentuan dokter ke­luarga sebagai ruju­kan yang diarahkan oknum pegawai BPJS Kesehatan di wilayah itu. Sehingga, masya­rakat menga­lami kesulitan karena terkadang lokasi ru­jukan itu jauh dari lokasi tempat tinggal.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:39:45 WIB

Sidang Pembunuhan Mira Berujung Ricuh

TERDAKWA DIHADIAHI BOGEM MENTAH PADANG, HALUAN — Sidang lanjutan kasus pembunuhan terha­dap Mira Juita (30), yang meru­pakan karyawan toko sepatu di kawasan Matahari, Padang, Selasa (13/1) berakhir ricuh. Keluarga korban yang merasa kecewa beru­saha memukuli terdakwa saat diba­wa keluar usai sidang. Namun aksi anarkis kerabat dan ke­luar­­ga korban ter­­tahan. Pasalnya, puluhan petugas Dalmas dari Polsek Padang Barat langsung mengamankan terdakwa Refiandi (24) dari amuk massa ke da­lam mobil taha­nan.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:32:16 WIB

Hakim: Sidang Marlon Tetap Dilanjutkan

PADANG, HALUAN — Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, Padang, memutuskan perkara dugaan korupsi penggelembungan harga lahan pem­bangunan Rumah Sakit Umum Dae­rah (RSUD) Sungai Dareh, Kabu­paten Dharmasraya tahun 2009 yang meli­batkan mantan Bupati Dharmasraya, Marlon Matua Situ­meang tetap dilanjutkan dan meno­lak eksepsi (nota keberatan) penase­hat hukum. Putusan sela ini terucap dalam sidang yang berlang­sung di Pengadilan Tipikor, Padang, Selasa (13/1). “Menyatakan keberatan pena­se­hat hukum tidak dapat diterima. Me­nyatakan surat dakwaan sebagai da­sar untuk memeriksa dan menga­dili,” kata hakim ketua, Reno Listowo yang beranggotakan Jamaluddin dan M. Takdir dalam putusan sela­nya.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:25:52 WIB

PKL Jalankan Aksi Bunuh Diri

PENERTIBAN PKL BERLANGSUNG RICUH PADANG, HALUAN — Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang  trotoar Jalan Bagindo Aziz Chan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang berlangsung ricuh, Selasa (13/1) pukul 10.45 WIB. Tidak terima barang-ba­rang­nya diangkut paksa pe­tugas Satpol PP, seorang ibu-ibu nekat menjalankan aksi bunuh diri dengan bergulingan di aspal jalan yang menye­babkan kemacetan panjang terjadi.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:25:26 WIB

Padang Tak Miliki Arah Wisata yang Jelas

PERWAKO BELUM TERBENTUK PADANG, HALUAN — Pengamat pariwisata yang juga pelaku wisata Ridwan Tulus menilai, pengembangan wisata Kota Padang hingga kini tidak memiliki arah yang jelas. Hingga kini Pemko belum mengeluarkan Peraturan Walikota tentang pengelolaan pariwisata, walaupun dalam program walikota dan wakil walikota Mahyeldi-Emzalmi tentang pengembangan wisata dituliskan. Akibatnya, kata Ridwan, ketika berganti kepala daerah, arah pengembangan wisata juga ikutan berganti. Tak hanya itu, tidak ditentukannya fokus wisata, juga membuat Padang tidak bisa menyamai wisata di Pulau Bali.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:24:53 WIB

Disbudpar Janji Renovasi Pantai Pasir Jambak

PADANG, HALUAN — Setelah Pantai Pasir Jambak bersih dari aktivitas maksiat lewat pondok baremohnya, Pemerintah Kota (Pemko) Padang berjanji untuk melakukan renovasi secara fisik dan non-fisik di lokasi pantai agar dapat memancing minat pengunjung untuk meramaikan salah satu objek wisata potensial milik Kota Padang tersebut. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang Dian Fakhri, mengungkapkan pada Haluan bahwa ia sangat mengapresiasi tumbuhnya kesadaran masyarakat yang tinggal di sekitar Pantai Pasir Jambak yang membuka penutup pondok milik mereka yang ada di sepanjang pantai. Menurutnya tindakan tersebut adalah bentuk nyata perlawanan bersama atas praktik maksiat di Kota Padang.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:24:13 WIB

Kadisdik Dilantik, Kepala Satpol PP Kosong

MUTASI PERDANA MAHYELDI-EMZALMI PADANG, HALUAN — Gelombang mutasi perdana di pemerintahan Mahyeldi-Emzalmi Selasa (13/1) masih menyisakan tanda tanya. Pasalnya, Kepala Satuan Polisi Pa­mong Praja (Satpol PP) saat ini masih kosong. Andree Algamar yang sebe­lumnya menjabat sebagai Ka Satpol PP, sekarang menjadi Sekre­taris di instansi penegak Perda tersebut. Informasi yang beredar, gerbong mutasi ini masih dilakukan oleh walikota untuk PNS eselon II dalam minggu ini. Satpol PP saat ini sedang menga­lami proses naik kelas menjadi SOTK  dari tipe B menjadi tipe A dan akan menjadi sebuah badan. Kepala badan inilah yang masih digodok oleh walikota bersama Badan Pertim­bangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemko Padang.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM