BERITA padang

Jumat,13 Februari 2015 - 19:48:18 WIB

Berkas Lurah ATT Masih Diproses Inspektorat

PADANG, HALUAN — Pejabat kelu­rahan harus hati-hati ketika men­jalankan tugas pemerintahan, karena banyak masyarakat yang akan menga­wasi. Kalau tidak akan seperti kasus Lurah ATT, Filnarita yang dilaporkan ketika diduga melakukan pelanggaran. Saat ini Lurah Air Tawar Timur (ATT), Filnarita masih diperiksa Inspektorat Kota Padang hingga akhir Februari. Jika terbukti melakukan pelanggaran akan diberikan sanksi sesuai dengan PP nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:47:51 WIB

Pemko Larang Perayaan Valentine Day

PADANG, HALUAN — Perayaan Valentine Day, diharamkan di Kota Kota Padang. Selain itu, bukan budaya orang timur, perayaan yang dikenal sebagai hari kasih sayang itu ber­mua­tan negatif. Hal ini ditegaskan Wali­kota Padang, Mah­yeldi Ansharullah di depan sej­um­lah wartawan. Mahyeldi mengatakan, pe­larang­an perayaan valentin ini akan dirapatkan dan dikoordinasikan dengan MUI, Ormas dan Kes­bangpol. “Tidak ada yang namanya Valentine Day di Kota Padang. Hari kasih sayang dalam Islam adalah sepanjang waktu,” ujar Walikota yang dikenal sebagai ulama ini.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:47:16 WIB

Guru SMKN 2 Padang Belum Terima Buku Pegangan

LANJUTKAN KURIKULUM 2013 PADANG, HALUAN — Meskipun Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kota Padang tetap melanjutkan pelaksanaan kurikulum 2013 di semester ini, buku pegangan bagi guru masih belum diterima. Sementara buku yang diperuntukan untuk siswa sudah diterima, tidak perlu lagi memfotokopi. Kepala SMKN 2 Padang, Abdullah mengatakan, SMKN 2 Padang termasuk salah satu pilot project yang melak­sana­kan kurikulum 2013. Karena sudah melaksanakan ku­ri­kulum 2013 selama tiga se­mes­ter, sekolah ini berdasarkan Mendikbud tetap melak­sana­kan kurikulum 2013.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:46:48 WIB

KPU Belum Tentukan Jumlah TPS

PILKADA SERENTAK PADANG, HALUAN — Komisi Pe­milihan Umum (KPU) Sumatera Barat belum bisa memastikan ke­butuhan tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilihan Umum Kepala Daerah mendatang. Disebabkan, proses pemutakhiran pemilih masih belum rampung. Koordinator Divisi Logistik KPU Sumbar, mengatakan, kemungkinan besar tidak akan melakukan pe­nam­bahan TPS. Mengingat 1.000 TPS yang terpakai saat Pilpres lalu dinilai sudah mencukupi.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:46:11 WIB

Cuaca Ekstrim Kembali Menghampiri Sumbar

PADANG, HALUAN – Cuaca esktrim kembali menghampiri sebagian wilayah yang ada di Sumbar dalam beberapa hari belakangan ini. Akibat cuaca yang sebentar hujan dan sebentar panas ini membuat struktur tanah menjadi labil dan beresiko terjadinya longsor. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Yazhid Fadhli melalui Kepala Bidang (Kabid) Pagar Negara dihubungi Haluan Jumat (13/2) kemarin mengatakan, meski cuaca yang sebentar hujan dan sebentar panas ini sangat bersiko terhadap tanah. Jadi, waga dimeminta untuk dapat membaca tanda-tanda alam agar terhindar dari resiko nyawa akibat longsor.

Kamis,12 Februari 2015 - 19:53:13 WIB

Aset 439 SMA/SMK Milik Pemprov

KEWENANGAN KABUPATEN/KOTA DITARIK PADANG, HALUAN — Rencana penarikan kewenangan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekoah Menengah Kejuruan (SMK) oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dari kabupaten/kota, masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP). Hal itu diperkirakan bisa akan berjalan efektif pada 2016 mendatang. Karena pe­me­rintah pusat meminta daerah untuk mempersiapkan in­frastruktur dan personel hingga 2016 mendatang.

Kamis,12 Februari 2015 - 19:51:49 WIB

Sumbar Terapkan Kebijakan Satu Peta

HINDARI POTENSI KONFLIK PADANG, HALUAN — Ke­bijakan Satu Peta (one map policy) digerakkan pertama kali oleh mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada Rapat Kabinet 23 De­sember 2010 lalu. Tujuan kebijakan tersebut agar ada­nya satu peta yang menjadi referensi nasional. Untuk Sumbar sendiri, pengerjaan peta dasar dan peta kadastral telah dikonfirmasi Badan Informasi Geospasial (BIG). Nantinya hasil ter­sebut akan menjadi cikal bakal kebijakan satu peta.

Kamis,12 Februari 2015 - 19:46:05 WIB

Mutasi Jabatan Pemko Terkesan Bernuansa Politik

PADANG, HALUAN — Mutasi di Pemerintahan Mahyeldi-Emzalmi penuh dengan tanda tanya. Setelah melantik lurah yang telah meninggal dunia pada Februari lalu, sekarang di satu kelurahan terdapat dua lurah. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, menilai mutasi pejabat Pemko Padang terkesan ada politik mendukung dan tidak mendukung, sehingga mutasi terlihat ‘bobrok’. Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra kepada Haluan, Kamis (12/2) menjelaskan, mutasi Pemko jelas secara sepihak. Walikota juga hanya mendengarkan penjelasan dari bawahan saja, sehingga kualitas seseorang tidak dipandang secara ob­jek­tif. Tapi, dari unsur suka dan tidak suka.

Kamis,12 Februari 2015 - 19:45:36 WIB

Lelang Jabatan Pemprov Tak Kunjung Diminati

PADANG, HALUAN — Lebih sepekan dibuka belum ada satu pun bakal calon yang terlihat dalam pendaftran lelang jabatan terbuka Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Dibuka melalui situs resmi Pemprov Sumbar seleksi terbuka lelang jabatan Sekretaris Dewan (Sekwan) dan kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar tak kunjung diminati. Kepala Badan Kepega­waian Daerah (BKD) Provinsi Sumbar, Jayadisman ditemui Haluan Kamis (11/2) kemarin di escape building gedung Sekretariat Daerah Pemprov Sumbar mengatakan, belum ada satu pun bakal calon yang mendaftar ke BKD untuk se­lek­si terbuka ini. Lelang dibu­ka secara resmi melalui situs www.sumbarprov.go.id.

Kamis,12 Februari 2015 - 19:44:46 WIB

Warga Bungo Pasang Resah

PABRIK TAHU BEROPERASI PADANG, HALUAN — Limbah pabrik tahu yang mencemari lingkungan di RT 06 RW 4, Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, masih beroperasi. Padahal, warga se­tempat sudah menyuarakan keberatan atas akti­fitas pabrik yang menghasilkan limbah ber­bau busuk tersebut dan pihak kelurahan juga telah memberi peringatan, namun tak diindahkan. Sebelumnya, pekerja pab­rik tahu mengaku bahwa bau busuk ditimbulkan ampas produksi yang dikumpulkan ke dalam karung. Namun se­telah pantauan dilakukan lebih jauh, ternyata limbah produksi pabrik yang dialirkan langsung ke sungai adalah penyebab utama bau busuk dan pen­cemaran lingkungan. Karena, terlihat jelas limbah seperti busa putih yang dialirkan ke sungai banyak yang menepi, menghitam dan membusuk.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM