BERITA padang

Minggu,01 Februari 2015 - 19:38:19 WIB

Soal Imunisasi Difteri, Warga Masih Bingung

PADANG, HALUAN — Pemerintah Kota (Pemko) Padang telah meng­gencarkan sosialisasi dan imunisasi Difteri Pertusis dan Tetanus (DPT) untuk menanggapi temuan pasien suspect (diduga) difteri di Kota Padang yang juga sudah memakan korban jiwa. Namun, kenyataannya masih banyak orangtua yang menga­ku belum mene­rima sosialisasi apapun dan mengaku enggan anak­nya diimunisasi. Endra (34), seorang warga Kelu­rahan Kampung Jua mengaku belum mendengar adanya sosialisasi ten­tang difteri di lingkungannya. Na­mun beberapa hari lalu, anaknya yang seorang murid sekolah dasar pernah mengatakan seluruh siswa sekolah akan diberi imunisasi.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:37:43 WIB

Irwan Prayitno Masih Disukai Masyarakat

SURVEI INDEPENDEN MEDIAN JAKARTA, HALUAN — Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno masih disukai oleh masyarakat Sumbar. Hal itu dirilis dalam  survei yang dilakukan oleh Media Survei Nasional (Median). “Selama kepemimpinan sampai akhir 2014, kinerja Irwan masih diterima oleh masyarakat dan tingkat kepuasannya masih di angka 75-80 persen,” kata Rico Marbun, Direktur Eksekutif Median Institute  saat dihubungi Haluan, Sabtu (31/1). Dikatakannya, tingkat kepercayaan tersebut terlihat pada  survei dilakukan dengan margin of error 3,4 sampai 3,5 persen. Dengan melibatkan seluruh kabupaten-kota yang ada di Sumbar. Dimana survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan total responden mencapai 800 responden. Yang hampir sama, pada survei yang dilakukan pada pemilihan legislatif pertengahan 2014 lalu.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:23:21 WIB

Perda Sampah untuk Angkot Mandul

PADANG, HALUAN — Peraturan Daerah (Perda) nomor 21 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah, yang diterapkan di angkutan kota (Angkot) mandul di jalur kanalisasi di Kota Padang. Padahal, sosialisasi dan pengawasan dari pihak terkait sudah dilakukan. Pantauan Haluan beberapa hari terakhir, hampir tidak ada angkot yang memiliki tong sampah. Jalur angkot yang termasuk ke dalam jalur Ka­nalisasi, yakni angkot jalur timur, angkot jalur utara dan selatan. Angkot tersebut tra­yeknya Pasar Raya-Lubuk Buaya, Tabing-Pasar Raya, Mato Aia-Pasar Raya dan Gadut-Pasar Raya. Namun sopir angkot berkilah, bahwa di dalam angkot tidak ada tempat untuk meletakkan tong sampah.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:22:08 WIB

Pemko Pasrah Lihat Bangli Hiasi Muaro Lasak

PADANG, HALUAN — Bangunan liar (Bangli) seperti lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Muaro Lasak hingga belakang Hotel Pangeran, semakin banyak berdiri. Bangunan itu, sudah semi permanen didirikan PKL. Padahal, Pemko Padang sudah melarang bangunan berdiri di depan pantai. Pantauan Haluan pada Sabtu dan Minggu kemarin, bangunan semi permanen tersebut memang tidak bongkar pasang. Sehingga dagangan PKL tersebut dapat ditinggal di lapak-lapaknya dan semakin hari bangunan tersebut semakin banyak. “Kalau bongkar pasang susah untuk mendirikan lagi. Makanya dagangan saya ditinggal saja di lapak ini,” ujar Neng, PKL di Pantai Muaro Lasak. Awalnya, dia hanya ikut-ikutan untuk mendirikan bangunan, begitu juga dengan menye­diakan kursi untuk duduk pengunjung. Saat ini hampir setiap lapak-lapak menyediakan kursi untuk duduk santai. “Memang pada awalnya dilarang mendirikan bangunan semi permanen dan menghambat pemandangan ke pantai. Tapi, liat teman dagangannya laris manis, makanya saya ikut-ikutan,” katanya.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:21:29 WIB

Resedivis Pencurian Dihajar Massa

PADANG, HALUAN — Pemilik toko pakaian bersama warga menangkap seorang pria yang hendak mencuri celana Levis di toko fashion yang berada di daerah Cengkeh, Jalan Raya Padang-Indarung, Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg), Padang, Sabtu (31/1) sekitar pukul 11.00 WIB. Tersangka Zega Saputra alias Zega (25), warga Jalan Palembang, Kelurahan Gates, Kecamatan Lubeg, mengalami nasib naas saat hendak beraksi bersama seorang temannya, tapi temannya berinisial R berhasil melarikan diri.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:20:25 WIB

Potensi Hujan di Sumbar Masih Tinggi

PREDIKSI BMKG PADANG, HALUAN – Badan Meteorologi Klima­tologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tabing memprediksi, pada sore hingga malam hari beberapa wilayah Sumatera Barat akan diguyur hujan dengan itensitas ringan hingga sedang disertai petir dalam beberapa minggu ke depan. Kasi Observasi dan In­for­masi BMKG Stasiun Tabing, Budi Iman Samiaji kepada Haluan¸ Minggu (1/2) mengatakan, secara umum cuaca di Sumbar cerah berawan pagi hingga siang hari. Sedangkan pada sore hingga malam hari Sumbar aan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai pe­tir.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:47:38 WIB

Difteri Renggut Nyawa Balita

INFORMASI STAKEHOLDER BERBEDA Akhirnya, kekhawatiran akan pe­nyebaran penyakit difteri te­rung­kap. Ternyata, satu dari li­ma pasien su­s­­­pect dif­teri, sudah meninggal se­jak pekan lalu.  Sa­yang,  informasi dari stakeholder masih berbeda, terkait kondisi pasien. PADANG, HA­LU­AN — Satu dari li­ma suspect difteri yang dirawat di RSUP M Djamil, ter­nya­­ta su­dah me­ninggal sejak Ju­mat (23/1) lalu. Suspect ter­se­but masih ber­u­sia tiga tahun berjenis kelamin laki-laki. Hanya saja, informasi dari tim medis se­tempat, sudah ada dua suspect difteri yang me­ninggal di RSUP  M Djamil.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:47:02 WIB

MUI: Imunisasi Tidak Haram

PADANG, HALUAN – Penyakit Difteri yang kembali muncul dan telah menebar maut dihubung-hubungkan sebagian kalangan dengan program imunisasi bagi balita. Program pengebalan daya tahan tubuh ini beberapa tahun terakhir mendapat “cobaan” dengan menyebarnya informasi yang kontrak produktif soal imunisasi. Mulai menyebarnya difteri di beberapa daerah diduga karena pada sekitar tahun 2011 adanya kontroversi tentang peng­gunaan imunisasi. Banyak yang orang tua yang tidak mengimunisasi anaknya dengan berbagai alasan. “Kemungkinan ini terjadi karena empat tahun lalu kon­troversi imu­nisasi menyebar. Banyak isu yang mengatakan tidak halal dan berbagai hal lainnya. Sehingga sebagian dari orang tua takut mengimunisasi anaknya,” kata Kepala Dinas Kese­hatan Kota (DKK) Padang, dr Eka Lusti.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:46:34 WIB

Pasar Raya Terbakar, Enam Toko Ludes

PADANG, HALUAN — Pasar Raya Barat fase I lantai dua Pasar Raya Padang terbakar, Jumat (30/1) sekitar pukul 21.00 WIB. Sekitar enam toko di area tersebut hangus terbakar, sementara enam toko lagi mendapat imbasnya. Berdasarkan informasi yang dihimpun Haluan, kebakaran dipicu oleh arus pendek (kor­sleting listrik). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian korban diper­kirakan ratusan juta rupiah.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:39:57 WIB

Pembangunan Rel KA Dimulai dari Sijunjung

TRANS SUMATERA PADANG, HALUAN — Menindaklanjuti kesepakatan dengan Kementrian Perhubungan (Kemenhub), Provinsi Sumatera Barat mulai bekerja untuk pembangunan rel Ketera Api Trans Sumatera koridor 8 Sumbar menuju koridor 6 Riau dan koridor 9 Jambi. Pada Jumat (30/1) ke­marin, Pemprov Sumbar mela­kukan rapat koordinasi dengan  peja­bat Kabupaten Sijunjung dan Kota Sa­wahlunto untuk lang­sung bekerja pembuatan rel dari Muaro Sijunjung melewati Kili­ran Jao dan nantinya sam­pai ke Riau dengan jarak 220 km.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM