BERITA padang

Jumat,09 Januari 2015 - 20:08:33 WIB

Terminal Angkot Beroperasi Pertengahan Februari

PADANG, HALUAN — Terminal angkutan kota (Angkot) Padang direncanakan beroperasi pertengahan Februari mendatang. Angkot yang berasal dari arah timur seperti Indarung dan Gadut serta angkot dari arah selatan seperti Mato Aia, sudah bisa menurunkan peumpang dengan leluasa tanpa menganggu arus lalu lintas. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi, dan Informasi Kota Padang Rudy Rinaldy menjelaskan pihaknya ingin secepatnya bisa mengoperasikan terminal tersebut. Namun, untuk mengoperasikan pangkalan angkot perlu beberapa tahapan, antara lain me­lakukan sosialisasi kepada sopir dan pengusaha angkot, serta ke Organda. Selan­jutnya, akan dilakukan pertemuan dengan kepolisian dan pihak terkait.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:08:05 WIB

Satpol PP Utamakan Langkah Persuasif

PENEGAKAN PERDA PENGELOLAAN SAMPAH PADANG, HALUAN—Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang lebih me­ngu­tamakan persuasif dalam me­ne­gakan Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang Nomor 21 Tahun 2012 tentang Penge­lolaan Sampah. Yaitu berupa ajakan dan nasehat tidak mem­buang sampah sembarangan. “Sudah 9 hari Perda sam­pah ini dijalankan. Kita juga sudah mendapatkan beberapa masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan langsung kita berikan nasehat, setelah itu baru surat teguran dan selanjutnya  denda. Kita sebagai penegak Perda, me­mang lebih mengutamakan persuasif ketimbang hu­kuman. Kepatuhan mas­yarakat itulah sebenarnya yang kita inginkan,” kata Kasatpol PP Padang Andre Algamar, kemarin.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:07:43 WIB

Ruang Terbuka Hijau Ditempati PKL

PADANG, HALUAN — Keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Padang yang disediakan oleh pemerintah belum tertata dengan baik. Ruang terbuka hijau yang semestinya asri ini dipenuhi oleh sampah berserakan dan pedagang kaki lima serta muda-mudi berpacaran. Meskipun beberapa kali ditertibkan, PKL tetap bertahan di kawasan ini.  Tini, salah seorang PKL menjelaskan dia sudah hampir tiga tahun berjualan di lokasi tersebut. Apalagi, banyak polisi yang menjadi langganan minum di warungnya. “Sudah tiga tahun saya jualan di Imam Bonjol, dahulu ada ditertibkan. Tapi sekarang tidak lagi, mudah-mudahan tidak ada lagi penertiban karena penghasilan saya di sini cukup banyak,” tutur Tini, Jumat (9/1) ketika didatangi Haluan.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:50:03 WIB

Bundo Putri Datangi Lagi KPK

DUGAAN KORUPSI SPR PADANG JAKARTA, HALUAN —Bundo Putri dari Padang, kembali mendatangi Komisi Pem­beran­tasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Madia, Ja­karta, Kamis (8/1). Perem­puan  bernama lengkap Syaf­nina Wati ini, mendesak KPK untuk membongkar dugaan korupsi pembangunan Sentral Pasar Raya (SPR) Padang, yang pernah dilaporkannya beberapa tahun lalu. “Saya menemui pimpinan KPK untuk menanyakan per­kem­bangan laporan penga­duan dugaan korupsi pem­bangunan SPR Padang yang pernah saya laporkan dulu,” kata Syafnina kepada Haluan di depan Kantor Komisi Pem­berantasan Korupsi (KPK), Jakarta, kemarin.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:48:27 WIB

Terkoreksi Rp1,47 T, Dialihkan Cuma Rp140 M

JAWABAN EVALUASI APBD SUMBAR PADANG, HALUAN — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sumbar hari ini dijadwalkan mengirim jawaban atas evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumbar tahun 2015 ke Kemendagri. Sebelumnya jawaban atas evaluasi APBD Sumbar  ini rencananya diantarkan Kamis (8/1) kemarin, namun karena Direktur Jendral (Dirjen) Anggaran dan Keuangan Daerah sedang  dalam kegiatan lain, maka diundur hari ini bertepatan dengan tujuh hari masa kerja sejak diterimanya evaluasi APBD.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:47:54 WIB

Kemiskinan di Sumbar Bisa Bertambah

HARGA KEBUTUHAN NAIK PADANG, HALUAN — Naik­nya sebagian besar harga barang dan kebutuhan pokok dapat memicu lonjakan angka kemis­kinan di Sumbar. Jika pada data terakhir yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, angka kemis­kinan pada Sep­tember 2014 mengalami pe­nurunan sebanyak 6,45% di­ban­ding data yang dike­luar­kan sebelumnya pada Maret 2014. Maka pada Maret 2015 nanti angka tersebut bisa saja menga­lami kenaikan. Secara rinci, data dari BPS Sumbar menunjukkan jumlah penduduk miskin di provinsi Sumbar saat ini sebanyak 354.738 jiwa. Sebanyak 69,4% dari jumlah tersebut merupakan penduduk miskin yang tinggal di daerah perdesaan. Sisanya 30,59% merupakan penduduk miskin yang tinggal di daerah perkotaan.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:43:53 WIB

Tiga Daerah Masih Dapat Minyak Tanah Subsidi

CLOSE KONVERSI LPG 3 KG PADANG, HALUAN — Meski Kota Padang, Kota Pariaman dan Sawahlunto dinyatakan telah selesai konversi minyak tanah ke gas atau close oleh Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Sumatera Barat, namun tiga daerah ini tetap mendapat jatah minyak tanah bersubsidi. Dalam aturannya, daerah yang telah dinyatakan close tidak berhak lagi mendapat jatah minyak tanah bersubsidi, hanya boleh mendapat jatah minyak tanah dengan harga ekonomi.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:43:29 WIB

Tolak Padang Land Mark, Ormas Islam Datangi DPRD Padang

PADANG, HALUAN — Para pengurus Forum Masyarakat Minang dan beberapa ormas Islam di Sumbar, khususnya Kota Padang yang menolak pem­bangunan Padang Landmark di kawasan Jl. Khatib Sulaiman, Padang mendatangi DPRD Kota Padang, Jumat (9/1). Kedatangan mereka untuk menyampaikan aspirasi soal penolakan pembangunan Pa­dang Landmark yang murni terkait alasan perekonomian rakyat kecil kepada Ketua dan jajaran DPRD Kota Padang. “Tidak ada unsur politik mau­pun unsur sara. Menurut kami kalau pembangunan ini di­lanjut­kan, akan meng­hancur­kan perekonomian rakyat ke­cil, pedagang kaki lima dan usaha-usaha kecil lainnya,” ujar Ketua Forum Masyarakat Minang, Masfar Rasyid, Kamis (8/1) melalui sambungan te­lepon tadi malam.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:36:26 WIB

Kembali ke KTSP, Beberapa Materi Kembali Diulang

PADANG, HALUAN — Setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan memutuskan untuk menghentian pelaksanaan kurikulum 2013 (K-13), banyak sekolah yang terpaksa harus mengulangi dan menyesuaikan beberapa materi di Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) serupa yang telah dipelajari sebelumnya di K-13. Pantauan yang dilakukan oleh Haluan di beberapa se­kolah, sebagian sekolah yang bukan merupakan sekolah pilot project (pelaksana per­contohan proyek) K-13 telah kembali menjalankan KTSP. Beberapa guru mengaku se­dang melakukan tahapan pen­yes­uaian kembali dalam men­yusun bahan ajar.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:35:58 WIB

Tinjau Kembali Trayek Angkot

SEBELUM PEMBANGUNAN TERMINAL ANAK AIE PADANG, HALUAN — Pembangunan Terminal Anak Aie akan segera dimulai. Dishubkominfo Padang menargetkan pembangunan selesai 2017 mendatang. Pengamat Transportasi dari Universitas Andalas Yossyafra menilai, sebelum pembangunan terminal tipe A ini dimulai, pemerintah harus meninjau trayek angkutan kota terlebih dahulu. “Jika memang nantinya Terminal Anak Aie dibangun, hendaknya ditinjau dulu tra­yek angkot menuju ke sana. Artinya ada kejelasan trayek mana saja yang akan dilewati untuk sam­pai ke terminal tersebut. Se­hingga ak­se­si­bilitas masyarakat menjadi jelas dan baik. Apalagi yang direncanakan adalah ter­minal tipe A,” ucap Yossyafra, kemarin.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:35:30 WIB

Gugatan Dua Mantan Ketua KPU Ditolak

PADANG, HALUAN — Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Padang, menolak gugatan yang diajukan dua mantan ketua KPU, masing-masingnya Robert Kenedi, mantan ketua KPU Solok Selatan dan Andreas, mantan ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai. Gugatan dengan nomor 12/PTUN-PDG/14 dan 13/PTUN-PDG/14 itu, ditolak karena surat tentang pem­berhentian mereka selaku komisioner yang dikeluarkan oleh KPU Sumbar dianggap majelis hakim sudah sah.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:28:08 WIB

Pemko Anggarkan Rp2 Miliar

KELANJUTAN FASE VII PADANG, HALUAN—Pe­me­rintah Kota Padang mengang­garkan Rp2 miliar untuk ke­lanju­tan pembangunan Fase VII Pasar Raya, Padang pada APBD 2015. Kepala Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset (DPKA) Kota Padang Syahrul menegaskan, pengerja­an proyek kali ini harus sesuai prosedur yang ada, yakni harus ditenderkan, tidak seperti tahun sebelumnya. Sebelumnya, sesuai per­mintaan pedagang, Dinas Pa­sar mengemukakan untuk ke­lanjutan pembangunan, tidak usah ditender terlebih dahulu, karena akan memakan waktu. Pedagang berharap kelanjutan pembangunan bisa dilaksana­kan di Januari, bukan di bulan April mendatang, usai tender selesai dilaksanakan.

Rabu,07 Januari 2015 - 19:04:35 WIB

Ragae Saogo: Anak Saya Bukan Penjahat

DUGAAN HUMAN TRAFFICKING PADANG, HALUAN — Sidang dugaan human trafficking (per­dagangan manusia) terhadap sembilan anak asal Kabupaten Mentawai, dengan terdakwa Farhan Muhammad alis Habib alias Ramses Saogo (25) dan Maryani M. Zen alias Maya (39) kembali digelar di Penga­dilan Negeri Padang, Rabu (7/1). Dalam sidang lanjutan yang dipimpin majelis hakim Sis­wa­tmono Radiantoro ber­ang­gotakan Dinahayati Sofyan dan M.S Giri Basuki, Jaksa Pe­nuntut Umum (JPU) Dwi In­dah menghadirkan tiga orang saksi yakni Ragae Saogo, yang merupakan ayah kandung ter­dakwa Farhan, Sudirman, ka­kak sepupu Farhan dan Eri Gusman, Ketua Lembaga Per­lin­dungan Anak (LPA) Padang.

Rabu,07 Januari 2015 - 19:00:18 WIB

Anggaran Pilgub Dipangkas Rp40 Miliar

PADANG, HALUAN — Evaluasi bantuan sosial (bansos) dan hibah oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  terhadap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumatera Barat (Sumbar) berimbas pada anggaran pemilihan kepala daerah (pilkada) 2015. Hampir setengah dari dari total anggaran yang telah ditetapkan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu  yang berjumlah Rp85 miliar, sepakat dipangkas oleh DPRD dan Pemerintah Provinsi Sumbar.

Rabu,07 Januari 2015 - 18:42:40 WIB

Hasil Pleno Bawaslu Segera Diumumkan

KOMISIONER PANWASLU KABUPATEN/ KOTA DITETAPKAN PADANG, HALUAN — Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat (Sumbar) Elly Yanti mengatakan, pihaknya sudah memplenokan dan menetapkan nama-nama peserta yang lolos dalam seleksi calon Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) masing-masing kabupaten/ kota se-Sumbar. Namun Bawaslu belum bisa mengumumkan, karena ada beberapa ketentuan yang belum terpenuhi. “Kami sudah melakukan pleno pada tanggal 30 De­sember 2014 lalu, dan sudah ditetapkan siapa saja yang lolos. Namun kami belum bisa mengumumkan karena ada beberapa orang yang ad­mi­nistrasinya belum lengkap yakni ada yang belum tanda tangan. Ditambah lagi Pak Surya Efrimen sedang ke dae­rah,” jelas Elly, Rabu (7/1).

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM