BERITA padang

Selasa,10 Februari 2015 - 19:43:42 WIB

MK: Hanura ‘Partai’ Bertangan Dingin

MENDAFTAR JADI CAGUB PADANG, HALUAN — Ketua Dewan Pertimbangan DPD Golkar Sumbar, Drs H Mu­s­lim Kasim Akt MM men­daf­tar­kan diri sebagai bakal calon Guber­nur Sumbar ke DPD Partai Hanura Sumbar, Selasa (10/2). Muslim mendaftar sekitar pukul 16.00 WIB, diiringi puluhan anggota dari Persa­tuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) ke Sekretariat DPD Hanura Sumbar yang baru di Jl. Palembang No.11 Padang. Sehari sebelumnya, Senin (9/2) Muslim Kasim yang juga meru­pakan Ketua PKDP ini juga mendaftarkan diri ke DPW Partai Nasdem Sumbar di Jalan Jhoni Anwar Kota Padang.

Selasa,10 Februari 2015 - 19:39:04 WIB

Biaya Kunker Anggota DPRD Bisa Capai Rp3,3 M Pertahun

PADANG, HALUAN — Total biaya reses dan kunjungan kerja (kunker) dalam daerah Anggota Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) capai Rp3,3 miliar pertahun. Angka puluhan miliar ini bisa diketahui dari kalkusasi anggaran yang terpakai satu orang anggota  dewan setiap satu kali kunjungan, dikali maksimum hari berkunjung, dikali 12 bulan ,hingga kemudian dikali lagi dengan keseluruhan anggota DPRD Sumbar yang ber­jumlah 65 orang.

Selasa,10 Februari 2015 - 19:38:30 WIB

Tahun ini, Sumbar Tanpa Anggaran Hibah Bansos

PADANG, HALUAN — Seluruh daerah di Sumbar besar kemungkinan tak punya postingan anggaran hibah bansos menyusul belum satupun kabupaten/kota yang memenuhi anggaran bagi  tiga urusan wajib di daerah, yakni pendidikan, kesehatan dan belanja modal. Dari catatan yang berhasil di­kum­pulkan Haluan, hanya Kota Pariaman yang punya alokasi nyaris mendekati syarat minimal. Untuk anggaran pendidikan, Pariaman mengalokasikan 20,63 persen dari APBD 2015 dan kesehatan 20, 77 persen. Sementara syarat minimal untuk kedua pos ini adalah 20 persen dan 10 persen.

Selasa,10 Februari 2015 - 19:33:36 WIB

Sumbar Belum Mampu Terapkan UN Online

PADANG, HALUAN — Tahun ini, Sumbar belum bisa melaksanakan Ujian Nasional (UN) secara online. Pasalnya, dari evaluasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar, belum satu pun Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dinilai mampu menerapkan UN online ini. “Masih banyak yang harus dilengkapi untuk menggelar UN secara online itu. Mulai dari perangkat komputer hingga sistem pelaksanaannya. Karena itu dapat dipastikan, tahun ini kita masih menerapkan UN manual,” ujar Syamsulrizal kepada Haluan, Selasa (10/2) kemarin di Gubernuran, Sumbar.

Selasa,10 Februari 2015 - 19:33:12 WIB

Pasien Suspect Difteri Terus Bertambah

2 POSITIF, 5 ORANG MENUNGGU UJI LABOR PADANG, HALUAN — Pasien  suspect (diduga) difteri terus be­rtambah di Rumah Sakit U­mum Pusat (RSUP) M. Djamil, Padang. Saat ini total 8 pasien yang tengah menjalani perawatan de­ngan status berbeda-beda. Namun dari total 8 pasien itu, satu dian­taranya dite­tapkan negatif difteri berda­sarkan hasil uji laboratorium. Demikian diinformasikan Pe­jabat Pemberi Informasi dan Do­kumen­tasi (PPI­D) RSUP M Dja­mil, Gustavia­nof kepada Ha­luan. Me­nu­rutnya, selu­ruh pasien saat ini masih men­jalani perawatan khusus dari tim dokter yang me­nangani kasus difteri. “Dua pasien lagi dinyatakan suspect difteri. Masuk pada Sabtu (7/2) dan Senin (9/2) lalu, sehing­ga jumlahnya menjadi 8 orang. Dari 8 pasien tersebut, dua dinya­takan positif difteri, lima pasien lagi masih menunggu hasil uji laboratorium swap (uji air liur). Sedangkan satu pasien lain dinyatakan negative. Tetapi untuk sementara waktu tetap harus menjalani perawatan dan pengawasan dari tim dokter,” ucap Gustavianof.

Selasa,10 Februari 2015 - 19:23:04 WIB

Tak Penuhi Syarat, Santunan Kematian Terhenti

PADANG, HALUAN – Program santunan kematian yang menjadi salah satu dari 10 program kerja andalan Walikota Padang, terancam berhenti di jalan. Mengingat pengadaan dana ini tidak lagi dapat dianggarkan setelah evaluasi APBD Kota Padang yang dilarang mengadakan hibah dan bantuan sosial, karena tiga unsur wajib belum terpenuhi. Di antara komposisi tersebut, belanja modal 30 persen, pendidikan 20 persen dan kesehatan 10 persen dari total APBD. Namun, Kota Padang belum memenuhi persyaratan tersebut. Dari evaluasi Pemprov Sumbar, Pemerintah Kota (Pemko) Padang masih menganggar­kan belanja modal 15,10 persen, anggaran kesehatan 14,78 persen dan pendidikan 24,57 persen.

Selasa,10 Februari 2015 - 19:22:38 WIB

Walikota Sidak, Camat Padang Utara Terlambat

PADANG, HALUAN — Untuk melihat pelayanan yang ada di kantor-kantor pemerintahan dan kedisiplinan stafnya. Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah kembali melakukan sidak ke instansi. Kali ini yang menjadi sasaran adalah Kantor Camat Padang Utara, di mana dalam sidak itu camat ikut terlambat dan ditegur. Sidak yang dilakukan, Se­lasa (10/2) ini terlihat sekali kedisiplinan di kantor camat masih rendah, karena banyak staf yang terlambat termasuk Camat Padang Utara. Ke­da­tang­an Walikota pukul 07.30 WIB, secara mendadak di kan­tor camat tersebut, tak ayal membuat gelagapan sebagian pegawainya yang tengah ber­siap untuk melaksanakan apel. Se­men­tara masih didapati be­berapa orang yang ter­lambat.

Selasa,10 Februari 2015 - 19:22:06 WIB

Pemko Lakukan Lelang Jabatan

PADANG, HALUAN – Setelah Pemerintah Pro­vinsi Sumatera Ba­rat (Pemprov Sumbar) me­la­kukan seleksi terbuka (lelang jabatan) untuk mengisi kekosongan ja­batan eselon II. Kali ini, Kota Padang juga me­lakukan hal yang sama. Salah satunya, untuk mengisi kekosongan ja­batan Satpol PP yang sekarang diisi pejabat defenitif. Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah kepada Haluan, Selasa (10/2) usai rapat koordinasi (Rakor) kabupaten/kota mengatakan, Kota Padang juga akan melakukan lelang jabatan untuk mengisi jabatan eselon II yang kosong.  “Sesuai dengan Undang-undang Aparatur Sipil Negera (ASN), kita sudah membentuk Panitia Seleksi (Pansel) untuk melakukan seleksi terbuka ini,” papar Mahyeldi.

Selasa,10 Februari 2015 - 19:21:37 WIB

Tukang Parkir Ditemukan Tewas di Rumah

PADANG, HALUAN — Diduga telah seminggu meninggal, jasad Andrias (42) ditemukan telah membusuk di dalam rumahnya, Kompleks Perumahan Parupuak Tabing Raya, Blok B nomor 30 RT 01 RW 15, Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Senin (9/2) sekitar pukul 23.00 WIB. Berdasarkan informasi yang diperoleh Haluan, pria yang sehari-hari bekerja sebagai juru parkir ditemukan pertama kali oleh Nafi (30) dan Adrianto (52), yang keduanya merupakan warga di sekitar lokasi.

Selasa,10 Februari 2015 - 19:20:54 WIB

Kepergok Razia, Pelaku Curanmor Diciduk

PADANG, HALUAN — Seorang pelajar SMKN di Kota Padang, berinisial R (18) ditangkap jajaran Reskrim Polsek Padang Selatan, yang diduga melakukan aksi pencurian sepeda motor (Curanmor). Pelaku ditangkap saat Polsek Padang Selatan gelar operasi razia curanmor, curat, dan curas (3C) di kawasan Pondok, Senin (9/2) sore. Informasi yang dihimpun Haluan menyebutkan, saat razia dilakukan pelaku sedang melintas menggunakan sepeda motor. Ketika terperogok petugas, pelaku secepat kilat berputar arah bermaksud kabur. Curiga dengan gelagat pelaku, beberapa polisi berpakaian preman yang telah stand by langsung menciduk dan menangkap pelaku.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM