BERITA hukrim

Rabu,04 Maret 2015 - 18:44:08 WIB

Produksi Udang Ditarget 785.900 Ton

JAKARTA, HALUAN — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ingin menjadikan Indonesia sebagai produsen udang terbesar di Asia dan bahkan di dunia. Untuk mencapai ambisi itu, pada tahun 2015 ini, KKP menargetkan produksi udang di Indonesia bisa mencapai 785.900 ton. Target ini akan dicapai melalui optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam (SDA) secara arif dan berkelanjutan.

Rabu,04 Maret 2015 - 18:43:23 WIB

SKK Migas Diusulkan Jadi BUMN Khusus

JAKARTA, HALUAN - Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) Faisal Basri mengusulkan Satuan Kerja Khusus Hulu Migas menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khusus. Hal tersebut akan direkomendasikan kepada Menteri ESDM di dalam menyusun Rancangan Undang-Undang (RUU) Migas. “Kami cenderung untuk (SKK Migas) dijadikan BUMN Khusus,” ujar Faisal di kantor RTKM, kemarin.

Rabu,04 Maret 2015 - 18:42:51 WIB

Izin 12 Money Changer di Bali Dicabut

DENPASAR, HALUAN — Bank Indonesia Provinsi Bali telah mencabut izin 12 pengelola layanan penukaran mata uang atau ‘money changer’ dari total 82 temuan pelanggaran selama 2014. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Dewi Setyowati di Denpasar, Rabu (4/3/2015), menjelaskan bahwa pencabutan izin tersebut dijatuhkan kepada masing-masing pengelola Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing (KUPVA) bukan bank sebanyak tujuh unit yang merupakan kantor pusat dan lima kantor cabang di Pulau Dewata.

Selasa,03 Maret 2015 - 19:18:44 WIB

Diperta : Petani Harus Baca Situasi Pasar

SOAL HARGA CABAI PADANG, HALUAN —  Kepa­la Dinas Pertanian (Diperta) Sumbar, Djoni, mengatakan anjloknya harga cabai di Sum­bar saat ini dipengaruhi masa panen raya hingga pasokan ke pasaran melimpah. “Ketika jum­lah cabai yang masuk ba­nyak ke pasaran, tentu berlaku hukum pasar dimana harga akan jatuh. Kondisi ini tentu berbeda dengan beberapa bu­lan lalu dimana harga cabai ma­hal,” pungkasnya melalui sam­bungan telepon Selasa (3/3). Anjloknya harga ini, kata Djoni memang semata-mata disebabkan pasokan cabai Sum­­­bar yang banyak tanpa ada pe­ngaruh dari pasokan cabai dari luar Sumbar. “Ketika harga anjlok tentu tidak mung­kin cabai luar juga masuk ke Sum­bar, tentu para pedagang juga takut merugi, ini memang karena kita sudah masuk pa­nen raya.

Selasa,03 Maret 2015 - 19:01:19 WIB

Petani Sawit Dipermainkan Tengkulak

PAINAN, HALUAN — Petani sawit Pesisir Selatan umumnya buta harga. Sehingga harga tandan buah segar sawit (TBS) di Pesisir Selatan belum sesuai harapan petani. Harga sawit di luar  perkebunan inti rakyat rata-rata dipatok tauke seharga Rp900 hingga Rp1000 perkilogramnya. Harga yang diharapkan petani Rp1900 perkilogramnya. Ijal (57) Selasa (3/3) warga Kambang Utara Kecamatan Lengayang menyebutkan, harga TBS belum sepadan dengan biaya pengolahan la­han dan tuntutan kebutuhan harian. Harga ideal sawit ada­lah Rp1.900 per kilogram semen­tara yang terjadi malah se­baliknya. Dengan harga Rp900 sebetulnya petani ha­rus menutup biaya-biaya Rp1.700, namun karena petani tidak punya pilihan terpaksa menjual harga sawit seperti saat ini.

Selasa,03 Maret 2015 - 19:00:29 WIB

Harga Emas Masih Stabil

PADANG, HALUAN — Harga emas saat ini masih stabil dengan harga emas batangan Rp1.270.000 per emas. Sementara harga emas stabil, transaksi jual beli emas ramai oleh pembeli perhiasan emas. Pantauan Haluan, Senin (3/3) di Toko Emas Murni Pasar Raya Padang, harga emas perhiasan 24 karat dasar masih samaa dengan pekan lalu dengan harga Rp1.200.000 dan emas perhiasan 24 karat sudah jadi (tambah upah) kisaran harga Rp1.270.000 tergantung model perhiasan. Karyawan Toko Emas Murni, Rizki pada Haluan mengatakan bahwa, saat ini harga emas kembali masih stabil di banding beberapa pekan lalu akibat nilai tukar dollar yang melonjak.

Selasa,03 Maret 2015 - 19:00:02 WIB

GrabTaxi Luncurkan Versi Beta di Padang

JAKARTA, HALUAN — Grab­Taxi , aplikasi pemesanan taksi terbesar di Asia Tenggara,  meluncurkan uji coba versi Beta di kota Padang, sejak Senin (2/3). Padang adalah kota ke-2 di Indonesia bagi GrabTaxi dan kota ke-18 se­cara regional, yang telah hadir di enam negara: Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Vietnam dan Indonesia. “Sejak GrabTaxi dilun­curkan pertama kali di Jakarta, pada bulan Juni 2014, respon dari para komuter dan pe­ngemudi taksi sangat fantastis. Bahkan permintaan untuk hadir di berbagai kota di In­donesia terus berdatangan, baik dari komuter maupun pengemudi taksi.

Senin,02 Maret 2015 - 19:37:21 WIB

Harga Cabai Anjlok, Petani Terpekik

PASOKAN MELIMPAH PADANG, HALUAN — Har­ga cabai turun dratis. Cabai luar Sumbar di pasaran me­nembus angka Rp 12.000 per kg di tingkat pengecer. Se­mentara cabai keriting an­jlok hingga Rp 22.000 per kg. Sebelumnya, harga cabai keri­ting ini sempat menembus angka Rp 100.000 per kg. Kondisi ini membuat petani cabai terpekik. Pantauan Haluan, Senin (2/3) di Pasar Raya Padang, harga cabai merah asal Jawa eceran dengan harga Rp16. 000 per kg sampai Rp18.000 per kg. na­mun, untuk cabai merah asal Medan dan Kerin­ci eceran berkisar harga Rp12.000 per kg sampai Rp14.000 per kg ter­gan­tung kualitasnya.

Senin,02 Maret 2015 - 19:15:48 WIB

BPR Muaro Paiti Dilikuidasi

SUDAH 11 BPR SUMBAR BUBAR PADANG, HALUAN—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) LPN Kampung Baru Muara Paiti di Jl. Nusantara II/12 A Desa Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota Sumbar terhitung sejak 2 Maret 2015. “Dengan demikian hingga saat ini sudah 11 BPR Sumbar yang dilikuidasi,” ujar Kepala Kantor OJK Sumbar Muham­mad Ilham didampingi Direk­tur Group Likuidasi Bank Lem­baga Penjaminan Sim­panan (LPS) Ferdinan D. Pur­ba, Senin (2/3) di Padang.

Senin,02 Maret 2015 - 19:15:27 WIB

Pajak Rumah Mewah Akan Dinaikkan

JAKARTA, HALUAN — Pengetatan persyaratan kredit pemilikan rumah rupanya tak cukup ampuh meredam lonjakan harga rumah, terutama rumah mewah. Bank Indonesia (BI) pun menyiapkan instrumen lain untuk mengendalikan pertumbuhan harga rumah mewah. BI khawatir, kenaikan harga rumah bisa menjalar ke harga rumah jenis lain. Nah, BI sudah berembuk dengan Ditjen Pajak untuk menaikkan pengenaan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) rumah mewah. Lagi pula, pemerintah berniat mengubah aturan PPnBM properti mewah.

Minggu,01 Maret 2015 - 18:44:46 WIB

Uang Muka KPR Hanya Satu Persen

MULAI 1 MARET 2015 JAKARTA, HALUAN — Pro­gram khusus Kredit Kepemi­likan Rumah Fasilitas Likui­ditas Pembiayaan Perumahan (KPR-FLPP) dengan uang mu­ka 1 persen diluncurkan PT Bank Tabungan Negara (Per­sero) Tbk (BTN) mulai 1 Ma­ret 2015. Kendati program khusus ini diprioritaskan untuk pemohon rusunami perkotaan, namun tak ayal disambut antusias. Pasalnya, program ini dinilai dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang terkendala dalam me­nyiapkan uang muka untuk pembelian rumah melalui fas­i­litas kredit perbankan.

Minggu,01 Maret 2015 - 18:44:21 WIB

OJK Minta Industri Keuangan Tingkatkan Kredibilitas

JAKARTA, HALUAN — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta agar industri jasa keuangan terus mengedepankan nilai-nilai tata kelola organisasi yang baik (good corporate governance/ GCG) untuk meningkatkan kredibilitas bisnis jasa keuangan, sehingga mampu menjaga dan memperkuat stabilitas sektor jasa keuangan di Indonesia. OJK melihat industri jasa keuangan perlu melakukan inovasi manajemen risiko dengan pendekatan baru untuk mengidentifikasi risiko perusahaan, mitigasi risiko tersebut dan menyeimbangkan antara risiko dan kebutuhan.

Jumat,27 Februari 2015 - 19:31:14 WIB

Padang Miliki 3.500 Pencari Kerja

PADANG, HALUAN — Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disnakertrans) Kota Padang mencatat 3500 Pencari Kerja (Pencaker) yang ada di Pa­dang tahun 2014. Dari jumlah tersebut 800 pen­caker sudah mengembalikan kartu kuning ke Dinsosnaker. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinsosnaker Pa­dang Frisdawati kepada Ha­luan, Jumat (27/2). Ia menga­takan bahwa dari jumlah pen­caker yang tercatat di atas baru 25 persen yang mengem­bali­kan kartu kuning. Menurutnya ada beberapa pencaker yang sudah mendapatkan pekerjaan tapi belum mengembalikan kartu kuningnya ke dinas.

Jumat,27 Februari 2015 - 19:30:26 WIB

Iuran BPJS Kesehatan Bakal Naik

JAKARTA, HALUAN — Usu­lan Badan Penyelenggara Ja­mi­nan Kesehatan Nasional (BPJS) Kesehatan untuk me­nge­rek besaran iuran bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) maupun non-PBI, mendapat restu dari Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJ­SN). Harap maklum, alih-alih sukses, badan publik ini malah mengalami defisit di tahun pertamanya beroperasi. Chazali Situmorang, Ketua DJSN mengatakan, saat ini, rasio klaim BPJS Kesehatan sudah di atas 100 persen. Itu artinya, besar pasak daripada tiang alias lebih besar klaim ketimbang iuran yang diraup. “Padahal, idealnya, rasio klaim penyelenggaraan jami­nan sosial di kisaran 90 per­sen,” ujarnya, Kamis (26/2).

Kamis,26 Februari 2015 - 19:03:46 WIB

Diwacanakan , Koperasi Bebas Pajak

DENPASAR, HALUAN — Menteri Kope­rasi dan Usaha Kecil Menengah  AA . Gede Ngurah Puspayoga mewacanakan agar koperasi di Indonesia bebas pajak. Saat ini, menurut dia,  koperasi dikenakan pajak yang bertingkat-tingkat. “Harus dibebasin (pajak). Koperasi sekarang pajaknya dobel loh, koperasinya kena pajak angggotanya juga kena. Jangan seperti itu. UKM pajaknya gede juga loh, satu persen dari omzet, dan UKM yang bantu juga kena pajak, bunganya dua persen, ini kan harus kita koordinasikan,” kata Puspayoga saat menghadiri seminar, Denpasar, Bali, Kamis (26/2).

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM