BERITA hukrim

Rabu,04 Februari 2015 - 18:55:30 WIB

Santunan Wajib Kecelakaan Bakal Dinaikkan

JAKARTA, HALUAN — Oto­ritas Jasa Keuangan (OJK) akan menaikkan besaran san­tunan dan sumbangan wajib bagi kecelakaan penumpang angkutan darat, sungai, danau, laut dan udara. Regulator jasa keuangan ini sudah menyiap­kan dua rancangan peraturan OJK (RPOJK) soal ini. Dalam RPOJK terbaru, besaran santunan korban me­ning­gal dunia karena kecela­kaan di darat sebesar Rp40 juta. Sebelumnya, santunan yang diberikan kepada ahli waris hanya Rp25 juta. Begitu juga dengan biaya perawatan naik dari Rp10 juta menjadi Rp20 juta.

Rabu,04 Februari 2015 - 18:55:07 WIB

Pertamina Merugi

TURUNKAN HARGA SOLAR SUBSIDI JAKARTA, HALUAN — PT Pertamina (Persero) mengharapkan agar penyesuain harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar mempertimbangkan kondisi MoPS dalam sebulan atau dua pekan sebelumnya. Pernyataan itu menanggapi usulan parlemen yang menginginkan adanya penyesuaian harga solar subsidi ke Rp6.000 per liter. Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang menuturkan usulan adanya penurunan harga BBM bersubsidi jenis solar berdasarkan kondisi rata-rata harga MoPS pada 24 Januari 2015 sebesar US$66,9 per barel. Namun, yang terjadi Februari 2015, pergerakan harga MoPS telah membentuk kurva ‘V’ sehingga ada kekhawatiran justru membuat beban operasional tambahan kepada Pertamina.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:08:44 WIB

Genjot Penerimaan Pajak

KANWIL DJP SUMBAR DAN JAMBI JALIN KERJASAMA DENGAN PEMKO SOLOK SOLOK,HALUAN — Untuk memenuhi rasa keadilan dalam membayar pajak,sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Derah. Kanwil Direktorat Jendral Pajak Sumbar dan Jambi menjalinkerja sama dengan Pemerintah Kota  Solok untuk menggenjot  potensi penerimaan negara dari setor pajak. Hal itu diungkapkan Ke­pala Kanwil   Direktorat Jendral Pajak Sumbar dan Jambi, M.Ismiriansyah Zein saat penandatangani kesepa­katan bersama  antara  Kan­wil DJP Sumbar dan Jambi dengan  Walikota Solok,Irzal Ilyas Lawik Basa di Kantor Balaikota Solok, Senin (2/2).

Selasa,03 Februari 2015 - 19:08:16 WIB

Bahan Baku dan Barang Modal Dominasi Impor Indonesia

JAKARTA, HALUAN — Kementerian Per­da­ga­ng­an menyebutkan impor­tasi periode Januari-De­sember 2014 masih di­dominasi bahan baku dan barang modal untuk me­ng­gerakkan sektor riil di dalam negeri. “Jika kita lihat, angka impor kita sebanyak 76 persen itu adalah bahan baku dan penolong, dan tidak bisa kita hambat,” kata Direk­tur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Partogi Pa­nga­ribuan di Jakarta, Selasa (3/2). Partogi mengatakan dalam rangka subtitusi impor, pihaknya bersama dengan Kementerian Pe­rin­dustrian dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan le­bih selektif untuk menye­leksi investasi yang akan masuk ke Indonesia. “Ke depan dalam rangka sub­situsi impor, Kemendag, Kemenperin, dan BKPM akan selektif memilih in­ves­tasi yang masuk atau tidak lagi seperti biasanya apa yang diinginkan kamiterima begitu saja,” ujar Partogi.

Senin,02 Februari 2015 - 18:32:49 WIB

Mitra Sejati Pedagang Minang

KOPPAS TANAH ABANG JAKARTA, HALUAN —- Bermula dari keinginan untuk menciptakan kebersamaan diantara sesama pedagang di Tanah Abang, maka pada bulan Maret tahun 1978 didirikanlah organisasi pedagang pasar Tanah Abang. Organisasi ini berbentuk koperasi yang diberi nama Koperta ( Koperasi Pedagang Pasar Tanah Abang). “ Awalnya  anggota kita berjumlah seba­nyak 32 orang, hingga pada tanggal 7 Februari 1988 resmi disahkan Kakanwildepkop DKI Jakarta menjadi Koperasi Pedagang Pasar Tanah Abang yang disingkat dengan Koppas Tanah Abang,” kata Anton, Bendahara Koppas Tanah Abang kepada Haluan, Senin (2/2).

Senin,02 Februari 2015 - 18:32:25 WIB

PTSP Raih Penghargaan Superbrands 2015

JAKARTA, HALUAN — PT Semen Padang kembali berhasil meraih penghargaan Superbrands di tahun 2015. Penghargaan diserahkan Chair­man Superbrands Indo­nesia, Mr. Alistair Speir kepa­da Direksi Semen Padang yang diwakili Staff Ahli Direktorat Komersial, Desri Ayunda, pada acara peng­anugerahan di Hotel Grand Sahid Jakarta, Jumat (30/1). “Bagi Semen Padang men­dapatkan award ini adalah salah satu bukti, bahwa Semen Padang masih menjadi pilihan semen terbaik di Indo­nesia. Artinya, masyarakat masih mengakui Semen Pa­dang dapat memberikan pro­duk terbaik kepada masya­rakat,” ujar Staff Ahli Direk­torat Komersial, Desri Ayun­da, dalam acara Superbrands Award 2015.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:13:34 WIB

SPH Tingkatkan Mutu Pelayanan

RAIH SERTIFIKAT ISO 9001:2008 PADANG, HALUAN — Semen Padang Hospital (SPH) meraih Sertifikat ISO 9001:2008 yang dikeluarkan oleh SAI GLOBAL. Sertifikat tersebut makin memantapkan SPH sebagai rumah sakit dengan standar manajemen mutu yang diakui. ISO 9001:2008 merupa­kan revisi dari ISO 9001:2000 yakni salah satu standar sistem manajemen mutu yang telah berkembang di negara maju dan bahkan di negara-negara berkembang. Standar ini sara­na atau alat untuk mencapai tujuan mutu dalam mene­rapkan Total Quality Control yang diharapkan mampu men­jawab perkembangan glo­ba­­­li­sasi dimana tujuan akhir­nya adalah mencapai efek­tifitas dan efisiensi suatu orga­nisasi.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:13:10 WIB

PT Pos Buka Layanan Pengembangan

PARIAMAN, HALUAN-— Untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang kian hari makin meningkat dalam pengiriman barang dan paket, PT. Pos Indonesia membuka unit layanan baru dengan nama Pos Express. “Pos Express adalah layanan kiriman sehari sampai yang mana telah ada di seluruh cabang di Indonesia mulai awal 2015. Ini juga merupakan pengembangan usaha dari layanan sebelumnya dan sudah bisa dimanfaatkan di bagian wilayah Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Untuk Pariaman dan Padang Pariaman dapat dilayani di sepuluh KPC (Kantor Pembantu Cabang) yang tersebar di beberapa Kecamatan,” sebut Histo Demial kepala kantor Pos Pariaman, pada Haluan akhir pekan lalu.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:12:42 WIB

Investasi Bodong Muncul Lagi

JAKARTA, HALUAN — Kebera­daan investasi berbentuk arisan kini menelan korban penipuan kembali. ZA salah satu korban peserta investasi arisan sebesar Rp9,5 juta menceritakan ada jaringan investasi berbentuk arisan lewat akun facebook de­ngan nama Safnida Fitri. “Ia sudah beroperasi sejak Maret 2014, menjanjikan iming-iming imbal hasil dalam 4 hari kembali modal plus profit,” ujar ZA seperti dikutip inilah.com di Jakarta, Minggu (01/02). Menu­rut dia, Safnida Fitri berdomisili di Medan, Sumetera Utara dan telah menjaring ribuan nasabah. Ia mengatakan, nilai investasi antar nasabah yang menanamkan modalnya bervariasi.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:11:50 WIB

Produk Lokal Diminta Penuhi SNI

MEA 2015 JAKARTA, HALUAN — Anggota DPR RI Komisi IV, Refrizal menyatakan  pentingnya pelaku usaha memiliki standarisasi menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Karena standarisasi produk adalah suatu yang mutlak dalam pasar  Masyarakat Ekonomi Asean. Untuk Indonesia, kata Ref­rizal sudah ada standar nasional Indonesia (SNI). Namun dalam penerapannya belum maksimal. Karena ma­sih banyaknya produk pelaku usaha Indonesia yang belum memiliki standar nasional Indonesia (SNI).

Jumat,30 Januari 2015 - 19:11:29 WIB

BRI Incar Nasabah Berduit Lebih

JAKARTA, HALUAN — Burung cendrawasih berekor kuning kini menjadi pemikat bagi PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk. Foto burung bernama Latin paradisaeidae, kata General Manager Credit Card Division PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk. Mohamad Helmi, tercetak pada kartu kredit edisi paling anyar BRI. Kartu itu bertajuk Infinite. “Ya, kami memang meluncurkan kartu kredit terbaru BRI Infinite bekerja sama dengan Visa,” kata Helmi, kemarin. Cendrawasih adalah burung kebanggaan Indonesia. Hewan yang spesiesnya banyak dijumpai di Papua ini menjadi fauna eksotik Indonesia. BRI Infinite mengajak penggunanya  untuk melestarikan kultur budaya Indonesia yang tumbuh sebagai salah satu kekuatan bangsa.

Kamis,29 Januari 2015 - 20:05:23 WIB

Booming Batu Akik Hidupkan Ekonomi Masyarakat

PADANG, HALUAN — Berbagai kala­ngan melihat secara umum, booming batu akik akhir-akhir ini meningkatkan kese­jah­teraan ekonomi masyarakat Sumatera Barat (Sumbar). Hal itu terlihat jelas dengan menjamurnya para penambang, pengrajin, penjual pengikat cincin dan sebagainya di setiap tempat di provinsi ini. Syamsul Amar, pengamat ekonomi dari Universitas Negeri Padang, me­ngakui, ekonomi masyarakat Sumbar meningkat karena booming batu akik. Namun, menurutnya, hal itu hanya sementara, sebab ia melihat, fenomena ekonomi demikian hanya sementara.

Kamis,29 Januari 2015 - 19:31:53 WIB

Telkom Hadirkan Wifi Corner di Sawahlunto

SAWAHLUNTO, HALUAN — Dukung program Sawahlunto Ciber City, PT. Telkom Indonesia Tbk menghadirkan akses internet berkecepatan tinggi, melalui pemasangan Wifi Corner 100 Mbps yang disebar pada delapan titik pemasangan, di ‘Kota Arang’. Kerja sama antara perusahaan telekomunikasi pelat merah tersebut dengan Pemerintah Sawahlunto, ditandai dengan peresmian Taman Digital di kawasan Amphi Theater Silo, sekaligus peluncuran voucher Wifi edisi khusus Kota Sawahlunto.

Kamis,29 Januari 2015 - 19:31:20 WIB

BI: Transaksi Perdagangan Tidak Perlu Surplus

JAkARTA, HALUAN — Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengungkapkan transaksi neraca perdagangan di dalam negeri tidak perlu surplus. Hal yang paling penting menurut Agus defisitnya masih dalam batas yang ditetapkan Bank Indonesia sebesar 2,5 sampai 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). “Tidak perlu surplus kaya negara lain,” ujar Agus di Hotel Darmawangsa, Kamis (29/1). Agus memaparkan dalam tahun ini Bank Indonesia berharap pemerintah bisa menjaga stabilitas transaksi perdagangan tersebut. Jika tidak, akan membahayakan stabilitas makro ekonomi. “Lebih dari itu membahayakan, seperti di Rusia stabilitas makro tidak terjaga,” ungkap Agus.

Rabu,28 Januari 2015 - 18:57:18 WIB

Pendapatan Pajak Dioptimalkan

PEMKO PADANG - DJP JALIN MOU PADANG, HALUAN—  Guna mengoptimalkan penerimaan pajak daerah, Pemerintah Kota Padang menandatangani MoU dengan Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah (DJP Kanwil) Sumbar Jambi di Ruang Sidang Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang, Selasa (27/1). Dengan MoU ini akan memungkinkan kedua pihak melakukan kerjasama, baik dalam pendataan, maupun dalam melakukan edukasi dan sosialisasi terkait pajak. Walikota Padang H. Mah­yeldi Ansharullah menga­takan, Pemko Padang sudah me­ngelola sebagian pajak daerah sejak tahun 2012. Namun, dalam pengelolaannya masih dialami hambatan sehingga potensi pajak baru belum ter­gali dengan maksimal. Begitu juga dalam menilai objek pajak, Pemko Padang membutuhkan tenaga perpajakan yang memang kom­­peten untuk itu.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM