BERITA hukrim

Jumat,03 April 2015 - 19:30:05 WIB

Tarif Pelanggan Listrik 1.300-2.000 VA tak Naik

JAKARTA, HALUAN — Dirut PT PLN (Persero) Sofyan Basir memastikan tarif dasar listrik (TDL) untuk pelanggan 1.300 VA hingga 2.000 VA tidak akan mengalami kenai­kan hingga Desember 2015, sejalan dengan kemampuan melakukan efisiensi dalam operasional perusahaan. “Tarif listrik pelanggan 1.300 VA-2.000 VA serta konsumen rakyat kecil tidak akan dinaikkan. Kalaupun ada penyesuaian hanya dikenakan kepada pelanggan golongan besar,” kata Sofyan, usai meng­hadap Menteri BUMN Rini M Soemarno, di Kantor Ke­men­terian BUMN, Jakarta, Kamis (2/4). Pada kesem­patan itu Sof­yan bersama dengan Dirut PT Pertamina (Persero) Dwi Su­tjipto, dan Dirut PT PGN (Persero) Hendi P San­toso diminta pemegang saham mem­­bangun sinergi agar bisa menjamin harga produksi migas dan tarif listrik kepada masyarakat tidak mengalami kenaikan.

Jumat,03 April 2015 - 19:29:29 WIB

Garuda Tambah Kepemilikan Saham di Citilink

JAKARTA, HALUAN — PT Garuda Indonesia Tbk kembali melakukan penambahan kepemilikan di anak usahanya PT Citilink Indonesia. Maskapai pelat merah itu menambah porsi kepemilikan yang dimiliki setelah melakukan konversi hutang modal menjadi saham. Aksi korporasi ini merupakan keputusan pemegang saham di luar RUPS Citilink. “Disetujui untuk dilakukan konversi hutang menjadi modal sehingga meng­akibatkan peningkatan penyertaan modal perseroan pada Citilink menjadi sebesar 1,056 juta lembar saham,” kata kaya IG. N. Askhara Danadiputra, Direktur Keuangan dan Manaje­men Risiko PT Garuda Indonesia dalam keterbukaan informasi yang disampaikannya, Kamis (2/4).

Rabu,01 April 2015 - 19:10:10 WIB

Padang Inflasi 0,01 Persen

PADANG, HALUAN – Pada Maret 2015 Kota Padang mengalami inflasi sebesar 0,01 persen sementara Kota Bukittinggi mengalami deflasi sebesar 0,17 persen. Inflasi di Kota Padang terjadi karena adanya peningkatan indeks pada enam kelompok pengeluaran antara lain ke­lompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,17 persen, kelom­pok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar  sebesar 0,07 persen.

Rabu,01 April 2015 - 19:08:49 WIB

Harga Bahan Bangunan Turun

PARIAMAN, HALUAN — Di tengah kenaikan Bahan Bakar Minyak, sebagian besar harga barang mulai mengalami kenaikan. Namun tidak demikian halnya dengan harga material bangunanan. Di Pariaman misalnya, harga bahan bangunan justru turun. Buyung pemilik toko material bangunan mengatakan, meskipun harga BBM naik, namun tidak mempengaruhi harga penjualan material bangunan.

Rabu,01 April 2015 - 19:08:22 WIB

Harga Emas Dunia Melorot

CHICAGO, HALUAN — Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange be­rakhir turun pada Selasa (31/3) waktu setempat (Rabu pagi WIB), seiring perkasanya dollar AS setelah pasar ekuitas Eropa me­lemah. Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni turun 2,1 dollar AS, atau 0,18 persen, menjadi menetap di 1.183,20 dollar AS per ounce. Logam mulia tertekan karena indeks dollar AS, ukuran dolar terhadap sejumlah mata uang utama, naik 0,36 persen menjadi 98,31 pada pukul 14.35 waktu setempat (09.35 GMT).

Selasa,31 Maret 2015 - 19:34:50 WIB

Kinerja KP3 Dipertanyakan

DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI BERMASALAH PADANG, HALUAN —  Rencana swasembada pangan yang diimpikan Sumbar masih akan terkendala ketika permasalahan distribusi pupuk bersubsidi masih belum dituntaskan. Permasalahan pupuk bersubsidi ini masih menjadi bahasan utama dalam rapat koordinasi  (Rakor) Pemprov Sumbar dengan kabupaten/kota se Sumbar di Gubernuran Sumbar, Selasa (31/3) kemarin. Kinerja Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) pun dipertanyakan. Hampir di setiap wilayah kabupaten/kota di Sumbar mengeluhkan masalah pupuk bersubsidi. Mulai dari harga diatas HET, jumlah alokasi, ketersediaan stok, realokasi dan masalah Sumber Daya Manusia (SDM) di lapangan.

Selasa,31 Maret 2015 - 19:20:50 WIB

Pertambangan Tak Kena Aturan L/C

JAKARTA, HALUAN — Ke­me­nt­e­rian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pe­rusahaan pertambangan minerba tidak terkena kebijakan penggu­naan surat kredit berdokumen dalam negeri atau Letter of Credit (L/C). Dirjen Minerba Kementerian ESDM R Sukhyar mengatakan pengecualian L/C itu diajukan perusahaan tambang kepada Ke­men­terian Perdagangann dan pe­rusahaan tambang yang dimaksud, yakni pemegang izin usaha perta­m­bangan (IUP), kontrak karya (KK) maupun perjanjian karya pengu­sahaan pertambangan batubara (PKP2B).

Selasa,31 Maret 2015 - 19:19:56 WIB

Koperasi Syariah IAIN Adakan RAT

PADANG, HALUAN — Ko­perasi Syari’ah Pegawai Negeri (KSPN) Institut Agama Islam (IAIN) Imam Bonjol Padang harapkan pemerintah bisa lebih memperhatikan perkem­ba­ngan koperasi yang ada di Kota Padang ini untuk me­ningkat­kan pertumbuhan ekonomi. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pengurus KSPN IAIN Imam Bonjol Drs. H. Dinasril Amir, SE, M. Ag  melalui sekretarisnya Irsadunas, SE, M. Si dalam Rapat Anggota Tahu­nan (RAT) KSPN IAIN Imam Bonjol Padang, kemarin di Aula H. Mansur dt.nagari basa IAIN Imam Bonjol Padang. “KSPN ini tidak hanya ber­polakan simpan pinjam namun juga sudah merambah keber­bagai bidang lainnya serta kerja sama dengan berbagai instansi. Maka itulah dorongan dari pemerintah kita,” katanya.

Selasa,31 Maret 2015 - 19:19:19 WIB

BPR Khatulistiwa Bonjol Kucurkan Kredit Rp27 Miliar

PASAMAN, HALUAN  — Pertumbuhan keuangan PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Khatulistiwa Bonjol menunjukkan trend positif di atas 10 persen. Kondisi ini seiring mening­katnya kepercayaan masya­rakat Kabupaten Pasaman kepada BPR Khatulistiwa, sebagai lembaga perbankan untuk me­lakukan transaksi keuangan. Pertumbuhan tersebut da­pat dilihat dari peningkatan jumlah tabungan, deposito dan penyaluran kredit kepada ma­sya­rakat Pasaman. Di samping itu, BPR Khatulistiwa pun dijamin LPS (Lembaga Pen­ja­min Simpanan), jadi simpanan masyarakat aman dan terjamin.

Senin,30 Maret 2015 - 19:21:29 WIB

Dolar Melambung, Eksportir Tak Untung

PASAR KOMODITAS LESU Melemahnya nilai rupiah terhadap dolar seharusnya menjadi berkah bagi pedagang komoditi ekspor. Namun, ini tidak dialami pedagang komoditas ekspor hasil bumi di Padang. Sebaliknya permintaan pasar ekspor cenderung lesu. PADANG,HALUAN  – Pantauan Haluan di Pasar Gadang, yang menjadi pusat penjualan komoditi ekspor di Padang, Senin (30/3), harga komoditi sebenarnya relatif stabil.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM