BERITA hukrim

Senin,19 Januari 2015 - 19:25:06 WIB

Pemprov Cari Solusi Terbaik

INFLASI SUMBAR DI ANGKA DUA DIGIT PADANG, HALUAN — Tingkat inflasi Sumatera Barat pada 2014 lalu  memasuki angka 2 digit. Dimana dari 33 Provinsi di Indonesia Sumbar mencatat peringkat pertama. Saat ini tingkat inflasi Sumbar berada di angka 11,58. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumbar harus mematahkan predikat sebagai Provinsi dengan tingkat inflasi tertinggi di Indonesia.

Senin,19 Januari 2015 - 19:24:35 WIB

Perhiasan Akan Kena Pajak Barang Mewah

JAKARTA, HALUAN — Bagi Anda yang gemar mengoleksi perhiasan, siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam. Pemerintah dalam waktu dekat akan memasukkan perhiasan dalam daftar obyek Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Alhasil, perhiasan kelak terkena pungutan pajak tersebut. Pemerintah menerapkan kebijakan itu sebagai salah satu strategi untuk mencapai target penerimaan pajak tahun ini. Hal ini terkait dengan Ranca­ngan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015 bahwa pemerintah menaikkan target penerimaan pajak sebanyak Rp110 triliun menjadi Rp1.490 triliun dari target dalam APBN 2015 sebesar Rp1.380 triliun.

Senin,19 Januari 2015 - 19:24:13 WIB

20 BUMN Rugi Rp 7,9 Triliun

JAKARTA, HALUAN — Sebanyak 20 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkinerja negatif tahun lalu. Para perusahaan pelat merah itu mencatat total kerugian Rp 7,9 triliun. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melaporkan kinerja keuangan BUMN ini kepada Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Minggu,18 Januari 2015 - 19:11:58 WIB

Semen Indonesia Optimis Pendapatan Naik

JAKARTA, HALUAN - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) merasa optimis dengan penurunan harga jual semen, tidak akan mengurangi perolehan pendapatan sepanjang tahun ini. Presiden Joko Widodo telah mengumumkan, bahwa penurunan harga jual bukan saja terjadi pada harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji 12 kg. Tetapi, Jokowi sapaan akrabnya, juga menurunkan harga jual semen yang diproduksi PT Semen Indonesia, yaitu turun Rp 3.000 per zak. “Enggak (turunkan pendapatan), dengan penurunan harga kita harapkan volume penjualan naik, sekitar lima sampai enam persen tahun ini,” kata Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto kepada Tribunnews.com yang ditulis, Sabtu (17/1).

Minggu,18 Januari 2015 - 19:11:25 WIB

CIMB Niaga Gelar Festival Fantasi Junior

SURABAYA, HALUAN —  Mengawali tahun 2015, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali memberikan apresiasi kepada nasabah Tabungan Junior dan Tabungan iB Junior melalui program Festival Fantasi Junior 3. Festival Fantasi Junior adalah ajang kompetisi menabung ber­hadiah Belanja Mainan Gratis 5 Menit di Toys City yang berhasil meraih penghargaan The Best Con­test/ Competition Activation 2014 di ajang Indonesia Most Experiential Brand Activation Award 2014 versi majalah MIX Communication (SWA Media Group).

Minggu,18 Januari 2015 - 19:10:52 WIB

BI Perkirakan, PE Kuartal IV 4,9%

JAKARTA, HALUAN — Bukannya meningkat, pertumbuhan ekonomi (PE) Indonesia pada periode terakhir 2014 diperkirakan akan mengalami penurunan. Bank Indonesia (BI) meramal ekonomi Indonesia pada triwulan IV 2014 hanya tumbuh 4,9% year on year, melemah dibanding pertumbuhan triwulan III yang sebesar 5,01%. Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter BI Juda Agung mengatakan serapan belanja pemerintah terkontraksi ke bawah pada triwulan IV. BI menghitung konsumsi pemerintah turun menjadi 2,2%. Pada triwulan yang sama tahun 2013 konsumsi pemerintah tumbuh hingga 6,45%.

Jumat,16 Januari 2015 - 20:16:32 WIB

Harga BBM Turun, Investasi Tetap Positif

JAKARTA, HALUAN — Analis mengungkapkan investasi akan tetap positif, meskipun peme­rintah sudah menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dua kali dalam satu bulan ini. Ketua Asosiasi Analis Efek Indonesia Hariyajid menga­takan karena itu merupakan pembelajaran bagi masyarakat karena ini di Eropa sudah terjadi seperti itu. “Bagi saya hal baru penurunan dua kali belum pernah ada, karena minyak di bawah Us$ 50 per barel atau US$45 per barel, tentu diturunkan arah wajib,” ujar Hariyajid di Jakarta, Jumat (16/01).

Jumat,16 Januari 2015 - 20:16:03 WIB

Rupiah Pertahankan Penguatan

JAKARTA, HALUAN — Nilai tukar rupiah akan kembali diuji kekuatannya pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (16/1). Mata uang garuda mencoba pertahankan penguatannya di tengah tertekannya indeks dollar AS di pasar global. Swiss franc menguat 30 persen, safe haven lain menyusul menguat. Ini setelah Bank Sentral Swiss secara mengejutkan melepas batasan 1,2 per euro yang berlaku semenjak 2011. Swiss franc langsung menguat 30 persen terhadap euro diikuti oleh aset safe haven lainnya seperti emas, UST serta Yen.

Kamis,15 Januari 2015 - 18:48:48 WIB

4 Produk Ekspor Strategis Wajib Gunakan L/C

JAKARTA, HALUAN — Kementerian Perdagangan mewajibkan empat produk ekspor strategis menggunakan letter of credit atau L/C dalam pembayaran ekspor. Keempat produk ekspor itu adalah minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan minyak inti sawit (CPKO), mineral, batubara, serta minyak dan gas bumi. Kebijakan itu berlaku mulai 1 April 2015. “Hal itu bertujuan mendorong optimalisasi dan akurasi perolehan devisa hasil ekspor, khususnya hasil ekspor komoditas sumber daya alam strategis,” kata Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dalam konferensi pers di Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Rabu (14/1).

Kamis,15 Januari 2015 - 18:48:27 WIB

CIMB Niaga Hadirkan Program Youth Development

JAKARTA, HALUAN — Tur­namen golf bergengsi CIMB Niaga Indonesian Masters 2015 akan kembali digelar pada akhir April mendatang. Sebagai turnamen papan atas di Indonesia, CIMB Niaga Indonesia Masters kon­sisten mendukung perkem­bangan pegolf muda di Indonesia. Sebagai wujud dukungan tersebut, turnamen ini mempunyai program youth development. Program yang bertujuan untuk mendukung pegolf junior Indonesia untuk mengasah kemampuan mereka menjadi lebih baik lagi.Program ini menawarkan kesempatan kepada para pegolf junior potensial dan berbakat untuk menguasai teknik-teknik golf yang dirancang dalam program pelatihan khusus.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:07:01 WIB

Indonesia Defisit Transaksi Reasuransi

JAKARTA, HALUAN —Rea­suransi merupakan kebutuhan dalam penyebaran risiko per­tangggungan dalam rangka meningkatkan kapasitas re­tensi yang dapat ditanggung atas sebuah penutupan. Ber­dasarkan evaluasi, total tran­saksi reasuransi industri asu­ransi nasional pada tahun 2013 mengalami defisit sebesar Rp10,8 triliun. Hal itu dikatakan oleh Firdaus Djaelani, Kepala Ekse­kutif Pengawas IKNB Otoritas Jasa Keuangan kepada Haluan kemarin.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:06:38 WIB

Harga Pinang Untungkan Petani

PAINAN, HALUAN — Harga komoditi pinang di Pesisir Selatan (Pessel)  mengun­tungkan para petani. Petani di kabupaten ini menjual pinang seharga Rp7.500 hingga Rp8. 000 per kilogram. Petani ber­harap harga komoditi perta­nian seperti di masa Presiden Habibie  terulang lagi. Geliat harga pinang sudah terjadi dua bulan belakangan. Dari harga Rp4.500 awalnya naik menjadi Rp5.000. Ber­selang beberapa hari saja harga pinang melesat menjadi Rp7.500 Para petani pinang di Pes­sel tampak gembira menik­mati kenaikan harga pinang ditingkat pedagang pe­ngum­pul.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:11:04 WIB

Daging Sapi Rp120 Ribu Per Kilogram

PASAMAN, HALUAN — Harga daging sapi di Kabupaten Pasaman bertahan Rp120 ribu perkilogram. Naiknya harga daging ini, sejak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada 18 November 2014 lalu. Sejak harga BBM naik, sejumlah sembako termasuk daging, ikut merangkak naik.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:10:42 WIB

Baja Indonesia Berpeluang Rajai Pasar ASEAN

JAKARTA, HALUAN — In­dustri baja Indonesia masih menyimpan harapan bersaing di pasar Asia Tenggara. Ada dua keunggulan dari industri baja nasional ini jika diban­dingkan dengan industri baja dari negara Asia Tenggara lain. Pertama, struktur industri baja Indonesia yang sudah terintegrasi dari hulu sampai hilir. Kedua, produksi baja Indonesia peringkat dua besar Asia Tenggara. Atas dasar inilah, Irvan Kamal Hakim, Chairman Indonesia Iron and Steel Indus­try Association (IISIA) berke­simpulan, in­dustri baja Indo­nesia punya peluang menguasai pasar Asia Tenggara. “Thailand tidak punya industri iron ma­king seperti Indonesia,” klaim Ir­van.

Selasa,13 Januari 2015 - 19:10:18 WIB

Jalur Pemasaran Asuransi Mikro Diperlebar

JAKARTA, HALUAN — Mes­ki baru digaungkan, asuransi mikro diharapkan mampu berkontribusi untuk pertum­buhan industri. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggenjot premi asuransi mikro adalah mela­lui perluasan jalur distribusi pemasaran. Firdaus Djaelani, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Non Bank OJK bilang, OJK sedang menggodok kebijakan untuk mendorong lembaga keuangan ikut memasarkan produk asuransi mikro de­ngan menggunakan sistem branchless. “Konsepnya se­perti bancassurance, sehingga lembaga keuangan lainnya akan mendapatkan fee,” ujar Firdaus, kemarin.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM