BERITA hukrim

Jumat,13 Februari 2015 - 19:39:55 WIB

Warga Pariaman Kembali Tanam Kulit Manis

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Setelah vakum mengembangkan tanaman cassia vera ( kulit manis ) sejak 10 tahun terakhir, para petani di kawasaan hutan lindung Maninjau Selatan Padang Pariaman, kembali bergiat bertanam komoditas ekspor tersebut. “Memang masyarakat kem­­­bali mengembangkan ta­naman kulit manis ini,” aku Walikorong Kotohilalang Ba­rat Nagari Sikucur Ke­camatan V Koto Kampung Dalam Pa­dang Pariaman, Budinar pada Haluan, Jumat (13/2) di Pa­riaman.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:39:29 WIB

Kementerian Koperasi dan UKM Kembangkan 100 TPKU

JAKARTA, HALUAN -— Ke­menterian Koperasi dan UKM mengembangkan 100 Tempat Praktik Keterampilan Usaha (TPKU), tahun 2015. TPKU dikembangkan di lembaga pendidikan perdesaan se­ting­kat SMK di berbagai provinsi di Tanah Air. “Tahun ini program TPKU dikembangkan di 100 titik di daerah-daerah potensial de­ngan jumlah calon wirausaha yang banyak,” jelas Deputi Bidang Pengembangan Sum­ber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso Budi Susetyo di Jakarta, Kamis (12/2).

Jumat,13 Februari 2015 - 19:38:09 WIB

PMN Latih Pengusaha UMK Padang

JAKARTA, HALUAN - PT Per­modalan Nasional Madani (Pe­rsero) terus menggenjot pe­ngembangan Usaha Mikro, Ke­cil, Menengah (UMKM) di berbagai daerah. Kali ini, dengan menggelar acara pe­latihan Pe­ngem­bangan Ka­pasitas Usaha (PKU) bagi nasabah binaannya di Su­ma­tera Barat, tepatnya melalui cabang Padang. Executive Vice President I PNM Arief Mulyadi me­nga­takan, sebagai lembaga pro­fesional di bidang pem­ber­dayaan UMK, PNM selalu be­rupaya untuk membantu para pelaku UMK sesuai ke­butuhan mereka. Kegiatan tersebut di­harapkan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi para pelaku UMK yang menjadi pesera pelatihan tersebut.

Kamis,12 Februari 2015 - 19:31:00 WIB

Harga Solar Akan Diturunkan Jadi Rp6.200 per Liter

JAKARTA, HALUAN — Pemerintah kemungkinan akan menurunkan harga solar bersubsidi dari Rp6.400 menjadi Rp6.200 per liter pada pertengahan Februari 2015. “Tunggu saja,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM M Teguh Pamuji, Kamis (12/2). Ia mengaku belum mengetahui secara pasti pengumuman ataupun pemberlakuan penurunan harga solar subsidi tersebut. Sebelumnya, Pelaksana Tugas Dirjen Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja mengatakan, pemerintah akan memberlakukan penurunan harga solar bersubsidi mulai 15 Februari 2015. Sementara itu, pengumuman penurunan harga solar dilakukan pada 12-13 Februari 2015.

Rabu,11 Februari 2015 - 19:17:56 WIB

Bupati Dharmasraya Ajak Wajib Pajak Taat Pajak

DHARMASRAYA, HALUAN — Bupati Dharmasraya H Adi Gunawan mengajak seluruh masyarakat wajib pajak di daerah yang dipimpinnya untuk taat pajak, karena pajak merupakan modal utama dalam pembangunan. Pajak tulang punggung bagi negara, tanpa pajak, pemerintah akan kesulitan untuk menjalankan roda pemerintahan. “Pajak adalah tulang pung­gung perekonomian, tanpa ada pajak maka akan menyulitkan pemerintah,” kata Adi Gu­nawan, kemarin, dalam acara penandatanganan kesepakatan bersama Kanwil DJP Sumbar dan Jambi dengan Pemkab Dharmasraya, yang dihadiri Kanwil DJP Sumbar dan Jam­bi, M Ismiransyah M Zain, Wabup Syafruddin R, Kajari Pulau punjung Harjo SH, Wa­kapolres Kompol Jamalul Ikh­san, Ketua MUI H Aminullah Salam SIQ, Kepala SKPD, Camat, profesional dan un­dangan lainnya.

Rabu,11 Februari 2015 - 19:17:18 WIB

LPS Telah Likuidasi 62 Bank Bermasalah

SEJAK 2005 JAKARTA, HALUAN — Sejak berdiri tahun 2005, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah melikuidasi sebanyak 62 bank dengan total klaim nasabah yang sudah dibayar sebesar Rp734,94 miliar. Direktur Grup Akuntansi dan Anggaran LPS, Suwandi mengungkapkan jenis bank yang dilikuidasi adalah 61 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan 1 bank umum. “Sejak LPS beroperasi tanggal 22 September 2005 sampai dengan 31 Desember 2014, LPS telah melikuidasi 62 bank,” ujarnya dalam acara Temu Media LPS, di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, Rabu (11/2).

Rabu,11 Februari 2015 - 19:15:35 WIB

Penjualan Pernak Pernik Imlek Meningkat

PADANG, HALUAN – Men­jelang perayaan tahun baru Imlek yang tinggal beberapa hari lagi, penjualan pernak-pernik dan aksesoris me­nyam­but Imlek melonjak tajam di sejumlah toko yang berada di Jalan Klenteng Salah satunya di Toko Tra­falga yang sekarang mengalami peningkatan penjualan dan sudah kebanjiran pembeli, seiring dengan banyaknya per­mintaan. Dibanding hari bia­sanya, peningkatannya men­capai 75 persen

Selasa,10 Februari 2015 - 19:07:41 WIB

Targetkan 20 Ribu Home Pass

TELKOM SUMBAR PADANG, HALUAN— PT Telkom Wilayah Suma­tera Barat menargetkan pada 2015 ini sebanyak 20 ribu pelanggannya  sudah mengakses broadband/internet berkecepatan tinggi. “Saat ini baru sekitar 1.500 saja pelanggan yang sudah bermigrasi ke home pass atau kabel fiber optic,” ujar General Manager Telkom Witel Sum­bar, Epi Antonius pada Haluan di ruang kerjanya, Selasa (10/2).

Selasa,10 Februari 2015 - 19:06:46 WIB

Mandiri dan BNI Tak Perlu Merger

HADAPI MEA JAKARTA, HALUAN — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di sektor perbankan, tidak perlu melakukan penggabungan (merger) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) dan PT Bank Negera Indonesia (Persero) Tbk (BBNI). Deputi Komisioner Bidang Perbankan OJK, Irwan Lubis, mengatakan langkah konsolidasi strategis perbankan besar perlu menjadi fokus terlebih dahulu. Sehingga, Irwan menilai merger BMRI dan BBNI tidak perlu dipaksakan pada saat ini.

Selasa,10 Februari 2015 - 19:06:17 WIB

XL Dukung Pengembangan Wilayah Tertinggal

JAKARTA, HALUAN — PT XL Axiata Tbk (XL) mendukung pengembangan daerah tertinggal sebagai wujud kontribusi untuk memajukan Indonesia. Komitmen ini seiring dengan rencana pemerintah untuk mempercepat pembangunan di daerah-daerah terpencil, termasuk daerah perbatasan dengan negara lain. Untuk itu, XL telah me­nyiap­kan sejumlah rencana khusus. Deputy CEO XL, Dian Siswarini menegaskan komit­men tersebut di Batam, ke­marin.

Senin,09 Februari 2015 - 19:27:39 WIB

Harga Minyak Nilam Kian Menggiurkan

PASBAR, HALUAN - Petani nilam kembali lega, setelah harga jual minyak nilam di pasaran kian menjanjikan. Mulai awal Februari 2015 ini, harga pasaran minyak nilam mencapai Rp730.000 per kilogram (kg). Harga jual ini jauh meningkat  jika di­bandingkan dengan akhir tahun 2014, dengan harga jual antara Rp500 ribu hingga Rp600 ribu per kg.

Senin,09 Februari 2015 - 19:26:58 WIB

Harga Cabai Merah Turun

PADANG, HALUAN — Masyarakat Kota Padang mulai berlega hati, pasalnya berbagai macam harga bahan pokok sembako mulai turun khususnya cabai merah. Pantauan Haluan, Senin (9/2) di Pasar Raya Padang para pembeli sudah bisa membeli bahan pokok dengan jumlah yang relatif banyak terutama cabai merah. Menurut penuturan Pedagang Sembako, As saat ditemui Haluan, di tempat ia berdagang bahwa harga cabai merah saat ini sudah berada pada kisaran harga eceran Rp24.000 per kg untuk cabai asal Medan dan Rp26.000 per kg untuk cabai Jawa. Sedangkan untuk pembelian secara grosir bisa dengan harga kisaran Rp21.000 per kg.

Minggu,08 Februari 2015 - 19:26:46 WIB

Tata Niaga Ternak di Pessel Perlu Regulasi

PAINAN,HALUAN — Tata niaga ternak sapi di Pesisir Selatan (Pessel) perlu diperbaiki dan diperkuat dengan regulasi khusus. Perbaikan pola tataniaga sapi ini penting dilakukan untuk mengantisipasi punahnya sapi khas Pasisie. Penjualan sapi khas Pasisie yang serampangan dapat menimbulkan punahnya keberadaan plasmanutfah tersebut.

Minggu,08 Februari 2015 - 19:26:14 WIB

IndiHome Padukan Telepon, Internet dan IPTV

BANDUNG, HALUAN — PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom) meluncurkan layanan terbaru yang merupakan paket bun­dling triple play (service and infra­structure convergence) bernama IndiHome. IndiHome menawarkan tiga jenis layanan yaitu sambungan internet kec­e­patan tinggi via jaringan serat optik sampai ke rumah – atau dikenal dengan sebutan Fiber To The Home (FTTH), IPTV / UseeTV dan telepon rumah. Adopsi teknologi FTTH ini merupakan langkah Telkom untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dari sisi kualitas dan kapasitas jaringan, manfaat maupun tambahan value bagi pelanggan. Dengan layanan bundling ini pelanggan tidak lagi disibukkan dengan cara pembayaran layanan yang terpisah-pisah dari tiga layanan ini karena IndiHome akan langsung diberikan dalam satu tarif yang sangat kompetitif (single bill).

Jumat,06 Februari 2015 - 19:55:30 WIB

Masalah Perbankan di Sumbar Minim

PADANG, HALUAN — Ma­salah perbankan di Sumbar relatif minim sejak diber­laku­kan Undang Undang Nomor 10 tahun 1998 tentang Per­bankan dan UU Nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Demikian dikemukakan ang­gota Komite IV DPD RI, Dr. H. Ajiep Padindang, SE  dalam kun­jungannya  di Kan­tor Per­wakilan BI Sumbar, Jumat (6/2) kemarin.  “Sumbar merupakan dae­rah dengan tingkat pertumhan perbankan yang cukup baik dan dari segi persoalan relatif minim,” kata Ajiep yang mela­kukan kunjungan dalam rang­ka pengawasan UU Perban­kan. Menurut Ajiep, moment ini sangat baik bagi BI karena tiga lembaga negara, DPD RI, BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat bertukar pikiran khususnya mengenai dunia perbankan.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM