BERITA eksbis

Kamis,26 Februari 2015 - 19:15:24 WIB

Puluhan Perempuan Australia Gabung ke ISIS

CANBERRA, HALUAN — Sedikitnya 40 perempuan asal Australia telah bergabung dalam aksi terorisme atau kelompok pendukung teroris. Demikian kata Menlu Australia Julie Bishop. Kepada para anggota parlemen Australia, Bishop mengatakan, semakin banyak perempuan dari negara itu yang bertolak ke Suriah dan Irak untuk bergabung dengan suami mereka atau menikahi pria anggota kelompok milisi ISIS. Jumlah perempuan warga negara asing yang bergabung dengan ISIS di Suriah dan Irak diperkirakan mencapai seperlima dari total anggota ISIS asal man­canegara.

Kamis,26 Februari 2015 - 19:14:51 WIB

Hakim Agung AS Bela Calon Karyawati Berhijab

WASHINGTON DC, HA­LU­AN — Mahkamah Agung AS membela Sa­man­tha Elauf, yang ditolak melamar di peru­sahaan pa­ka­ian Abe­r­crom­bie & Fitch di Tulsa, Oklahoma. USA Today mem­­beri­ta­kan Rabu (25/2), para hakim agung melancarkan perta­nyaan menohok soal ke­bijaksanaan berpakaian Aber­crombie. “Ke­­­napa Samantha Elauf di­tolak karena memakai hijab? Bagaimana kalau warga Sikh yang pakai turban, atau Yahudi yang pakai topi hitam? Atau biarawati yang menge­nakan ke­ru­dung?” tanya Ha­kim Ruth Bader Gins­burg.

Kamis,26 Februari 2015 - 19:14:23 WIB

5 Mantan Walikota Desak Cordoba Jadi Masjid Lagi

CORDOBA, HALUAN — Li­ma mantan walikota Cordoba mendesak Gereja Katolik me­nyerahkan kepemilikan Mez­quita, yang kini terdaftar di Unesco sebagai katedral. Situs world­bul­le­tin.­com mem­beritakan, Balai Kota Cordoba juga membuat petisi untuk mendesak Gereja Katolik mengembalikan Mez­quita men­jadi milik publik dan meng­gali kembali iden­titasnya seba­gai situs Islam. Petisi ditan­da-tangani 80 ribu warga kota.

Rabu,25 Februari 2015 - 19:49:41 WIB

Keluarga Anwar Ibrahim Minta Ampunan

KUALA LUMPUR, HA­LU­AN — Keluarga pemimpin oposisi Malaysia yang kini ditahan, Anwar Ibrahim, mengatakan bahwa mereka telah berusaha meminta pe­ngampunan kerajaan. Pada awal bulan ini, Anwar dihu­kum penjara selama lima tahun dalam kasus sodomi. Menurut Anwar, kasus itu senaja diungkit kembali agar ia jauh dari politik dan tidak lagi menghadirkan ancaman terhadap koalisi berkuasa. Keluarganya mengatakan Anwar adalah seorang tahanan politik yang dizalimi. Kesehatannya pun terancam akibat dipenjara.

Rabu,25 Februari 2015 - 19:48:16 WIB

Dua Jet Tempur Turki Celaka

MALTYA, HALUAN — Dua pesawat tempur Turki, Selasa (24/2), jatuh di distrik Malatya, Propinsi Akcadag, menewaskan empat pilot. Menteri Dalam Negeri Turki Efkan Ala mengatakan dua pesawat RF-4E kehilangan kontak selama penerbangan pengintaian di Propinsi Akcadag. Tim penyelamat, kru pemadam kebakaran, dan tentara, dikirim ke lokasi kecelakaan setelah penduduk setempat melaporkan adanya ledakan.

Rabu,25 Februari 2015 - 19:47:50 WIB

Populasi Mualaf di Prancis Meningkat

PARIS, HALUAN  — Tahun lalu, Masjid Agung Paris hanya kedatangan 22 orang, terdiri dari berbagai latar belakang, yang menyatakan memeluk Islam dan meminta bim­bingan. Setelah serangan ke kantor redaksi Charlie Hebdo dan Muslim dimaki-maki, Masjid Agung Prancis mengatakan kedatangan 40 orang penduduk lokal yang mengucapkan Sya­hadat.

Selasa,24 Februari 2015 - 19:37:48 WIB

Muslim Australia: PM Abbott Sebarkan Kebencian

KAIRO, HALUAN — PM Tony Abbott, Senin (23/2), mengatakan komunitas muslim gagal melakukan tindakan membasmi ekstremisme. Muslim Australia marah dan menuduh Abbott menyebarkan ke­ben­cian dan mengobarkan rasisme. “Pernyataan itu memecah belah. Abbott seolah menuduh kami ber­tanggung jawab atas yang dilakukan beberapa orang,” ujar Randa Kattan, ketua Dewan Arab-Australia, kepa­da The Guardian.

Selasa,24 Februari 2015 - 19:37:19 WIB

Rusia Tawarkan Iran Rudal Teknologi Tinggi

MOSKWA, HALUAN — Ser­gei Chemezov, pemimpin pe­ru­sahaan senjata Rostec, me­nga­­takan Rusia mena­war­kan rudal Antey 2500 kepada Iran. Antey 2500 adalah veri upgrade S-300. Tahun 2007, Rusia setuju menjual perang­kat militer ini ke Iran dengan harga 800 juta dolar AS, tapi dikecam Washington dan Is­rael.

Selasa,24 Februari 2015 - 19:36:58 WIB

Mantan Anggota Parlemen Dibui Seumur Hidup

DHAKA, HALUAN — Penga­dilan kejahatan perang Bang­ladesh menjatuhkan vonis penjara seumur hidup pada seorang mantan anggota parle­men atas dakwaan genosida selama perang kemerdekaan 1971. Pria berumur 82 tahun itu juga didakwa atas penin­dasan beragama terhadap mi­no­ritas Hindu.

Senin,23 Februari 2015 - 18:48:43 WIB

Menteri Pertanian Jepang Mundur

DONASI POLITIK DIPERTANYAKAN TOKYO, HALUAN —  Menteri Pe­r­tanian, Kehutanan dan Perikanan Jepang Koya Nishikawa, Senin (23/2), mengundurkan diri terkait ma­salah penggalangan dana politiknya yang dipertanyakan. Nishikawa mundur di saat pe­merintahan Jepang tengah berkutat dalam sejumlah isu seperti reformasi pertanian dan pembicaraan terkait perjanjian dagang di kawasan Pasifik.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM