BERITA eksbis

Senin,19 Januari 2015 - 19:42:30 WIB

Muslim Chechnya Gelar Aksi Cinta Rasul

PROTES CHARLIE HEBDO GROZNY, HALUAN — Lebih satu juga Muslim Chechnya diperkirakan akan turun dalam aksi anti-Charlie Hebdo pada Senin (19/1). Aksi ini akan dikemas dengan nama Cinta untuk Rasulullah. “Semula saya pikir akan ada 500 ribu Muslim Chechnya yang akan hadir,” ujar Ramzan Khadirov, pe­mimpin Chechnya, kepada kantor berita Itar-Tass.

Senin,19 Januari 2015 - 19:42:04 WIB

Lima Militan Pakistan Tewas

SERANGAN PESAWAT TAK BERAWAK AS ISLAMABAD, HALUAN — Pesawat tak berawak Amerika Serikat kembali melancarkan serangan terhadap para militan di Pakistan. Lima militan dilaporkan tewas dalam serangan udara di wilayah kesukuan North Waziristan hari ini. Menurut pejabat-pejabat keamanan Pakistan, serangan itu menargetkan basis Taliban di North Waziristan, satu dari tujuh distrik kesukuan semi-otonomi yang berbatasan dengan Afghanistan.

Senin,19 Januari 2015 - 19:41:26 WIB

Mesir Buka Perlintasan Rafah 3 Hari

KAIRO, HALUAN — Otoritas Mesir akan membuka kembali perlintasan Rafah yang merupakan satu-satunya akses keluar-masuk Jalur Gaza. Perlintasan Rafah akan dibuka selama tiga hari mulai hari ini, Selasa (20/1). Seperti dilansir AFP, Senin (19/1), perlintasan Rafah yang merupakan akses penting bagi warga Palestina di Gaza ini, tidak dikuasai oleh Israel.  Rencananya perlintasan ini akan dibuka pada pekan lalu. Namun akhirnya ditunda karena insiden penculikan dan pembunuhan seorang polisi Mesir yang berjaga di perlintasan tersebut.

Minggu,18 Januari 2015 - 19:22:30 WIB

Ancaman Teroris Tinggi, Eropa Siaga

LONDON, HALUAN - Eropa berada dalam kondisi siaga tinggi menyusul operasi anti teror dan penangkapan terhadap orang-orang yang diduga sebagai militan Islam. Lebih dari 20 orang ditang­kap di Belgia, Prancis dan Jerman. Belgia juga mengikuti jejak Prancis dengan me­nge­rah­kan tentara untuk berjaga bersama polisi. Keamanan diperketat di beberapa negara menyusul serangan yang menewaskan 17 orang di Paris.

Minggu,18 Januari 2015 - 19:22:09 WIB

Singapura Tolak Cetak Iklan “Charlie Hebdo”

SINGAPURA, HALUAN — Pembaca majalah “The Economist” di Singapura akan menemukan halaman kosong dalam edisi terbaru majalah tersebut. Halaman ini dimaksudkan untuk mempublikasikan gambar sampul terbaru majalah satir Prancis “Charlie Hebdo”, tetapi percetakan lokal majalah itu menolak untuk melakukannya, kata media lokal melaporkan, Jumat.

Jumat,16 Januari 2015 - 20:29:59 WIB

Hizbullah Ancam Balas Serang Israel

BEIRUT, HALUAN — Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengancam akan membalas serangan berulang-ulang Israel terhadap Suriah. Nasrallah mengatakan peluru-peluru kendalinya dapat menghantam negara Yahudi itu. Nasrallah mengemukakan hal tersebut kepada stasiun televisi Al-Mayadeen. Hizbul­lah, lanjutnya, sejak tahun 2006 memiliki rudal Fateh-110 buatan Iran yang dapat meng­hantam seluruh Israel.

Jumat,16 Januari 2015 - 20:28:53 WIB

Paus Fransiskus: Jangan Memprovokasi Orang Lain

TERKAIT CHARLIE HEBDO JAKARTA, HALUAN —Paus Fransiskus ikut mengo­men­tari insiden penyerangan kan­tor surat kabar Charlie Heb­do, yang menewaskan 12 orang. Menurut orang nomor satu Gereja Katolik Roma tersebut, kebebasan bereks­presi dan berpendapat yang dinikmati dunia saat ini, ha­rus­lah diimbangi dengan rasa tanggung jawab. Paus berpendapat, mes­kipun kebebasan berekspresi dan berpendapat merupakan hak setiap orang namun ja­ngan sampai kebebasan itu memprovokasi orang lain, terutama terkait apa yang mereka imani.

Jumat,16 Januari 2015 - 20:28:26 WIB

Malaysia Ingatkan Nelayan Tak Langgar Batas

KUALA LUMPUR, HALUAN — Malaysia mengingatkan nelayannya agar tidak melanggar batas perairan negara lain untuk menghindari tindakan hukum dari negara bersangkutan. Menteri Pertanian dan Industri Asas Tani Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yakob mengatakan setiap negara termasuk Malaysia mempunyai undang-undang untuk menghadapi nelayan asing yang memasuki perairan mereka.

Kamis,15 Januari 2015 - 18:59:06 WIB

Mesir dan Turki Larang 'Charlie Hebdo'

KAIRO, HALUAN — Presiden Abdel Fattah al-Sis mengeluarkan dekrit yang melarang peredaran Charlie Hebdo, dan penerbitan asing yang menyerang Islam, di Mesir. Di Ankara, Pengadilan Turki memerintahkan 'penutupan' cover Charlie Hebdo bergambar Nabi Muhammad yang terdapat di situs majalah satir terbitan Prancis itu. Ahram Online memberitakan, al-Sisi mengeluarkan dekrit yang memungkinkan PM Ibrahim Mahlab melarang semua publikasi asing yang bersifat ofensif. Dekrit itu sesuai Pasa 9 dan 10 UU yang mengatur penerbitan media cetak di Mesir.

Kamis,15 Januari 2015 - 18:58:33 WIB

Warga AS Ditangkap

RENCANA LEDAKKAN CAPITOL HILL OHIO, HALUAN — Biro In­ves­tigasi Federal AS (FBI) menangkap seorang pemuda berusia 20 tahun yang diduga merencanakan pembunuhan seorang pejabat, dan mele­dakan Capitol Hill. Christopher Lee Cornell, demikian nama pemuda itu, dikabarkan terinspirasi ISIS. Ia diduga telah menyiapkan bom pipa, untuk meledakan Capitol Hill.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:22:36 WIB

80 Jasad Mengapung di Sungai Gangga

NEW DELHI, HALUAN — Sekitar 80 jasad manusia ditemukan mengapung di Sungai Gangga, India. Temuan ini memicu kekhawatiran warga soal kesehatan di sungai yang dianggap sakral ini. Jasad-jasad itu ditemukan di perairan dangkal Sungai Gangga di wilayah Uttar Pradesh, dekat area kremasi setempat. Tayangan televisi setempat menunjukkan bagaimana anjing dan burung mulai mematuk dan memakan jasad manusia yang membengkak dan mulai membusuk tersebut. Seperti dilansir AFP, Rabu (14/1), otoritas setempat menyebut sejauh ini ada 80-100 jasad yang ditemukan. Namun diperkirakan jumlahnya bisa bertambah.

Rabu,14 Januari 2015 - 19:22:16 WIB

Jepang Sepakati Kenaikan Belanja Militer

TOKYO, HALUAN — Pemerintah PM Shinzo Abe menyetujui kenaikan anggaran militer Jepang sebesar 2,8 persen, untuk memperkuat pertahanan di perairan yang berbatasan dengan Tiongkok. “Situasi di sekeliling Jepang sedang berubah,” ujar Menteri Pertahanan Jepang Jenderal Nakatani. “Level belanja pertahanan mencerminkan kebutuhan untuk melindungi udara, laut, tanah, dan properti penduduk Jepang.”

Rabu,14 Januari 2015 - 19:21:53 WIB

Iran Kecam Publikasi Kartun Nabi Muhammad

TEHERAN, HALUAN- Pemerintah Iran mengecam publikasi kartun Nabi Muhammad oleh majalah satir Prancis, Charlie Hebdo. Disebutkan bahwa tindakan media mingguan tersebut menghina dan provokatif. “Sampul majalah tersebut memprovokasi emosi muslim dan melukai perasaan mereka di seluruh dunia, dan bisa mengobarkan api lingkaran setan ekstremisme,” cetus juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Marzieh Afkham seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (14/1).

Senin,12 Januari 2015 - 19:44:56 WIB

Lewat Transfusi Darah Gadis Cilik Tertular HIV

BEIJING, HALUAN — Seorang gadis cilik China berusia lima tahun tertular HIV melalui transfusi darah, lapor media pemerintah, Senin (12/1). Hal itu merupakan kasus terbaru yang terbongkar terkait isu yang telah lama membingungkan negara itu. Menurut kantor berita resmi Xinhua, gadis itu, dipanggil Maomao, terinfeksi dalam sebuah operasi penyakit jantung bawaan tahun 2010 di Provinsi Fujian. Dia dinyatakan positif HIV tahun lalu setelah menderita demam selama 17 hari, lapor Xinhua.

Senin,12 Januari 2015 - 19:44:22 WIB

Kroasia Miliki Presiden Perempuan Pertama

GRABAR-KITAROVIC MENANGKAN PEMILU KROASIA, HALUAN — Kolinda Grabar-Kitarovic me­menangkan pemilu Kroasia, Minggu (12/1). Hal itu menjadikannya presiden perempuan pertama Kroasia. Dia memenangkan 50,5 persen suara dari 99 persen suara yang sudah dihitung. Sementara Ivo Josipovic yang saat ini menjabat sebagai presiden Kroasia, memperoleh 49,5 persen.  Josipovic telah mengakui kekalahannya dan mengucapkan selamat kepada Grabar-Kitarovic.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM