BERITA eksbis

Kamis,19 Maret 2015 - 19:57:24 WIB

Aktivitas Penerbangan Yaman Terhenti

SANAA, HALUAN — Bentrokan kembali terjadi di Yaman, antara milisi loyalis Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi dengan musuh politiknya, kelompok Houthi. Bentrokan terjadi di dekat bandara Aden dan berdampak pada penghentian aktivitas penerbangan. Sedikitnya 6 orang dilaporkan tewas akibat bentrokan ini. Tidak dijelaskan lebih lanjut identitas korban tewas, apakah warga sipil atau dari kelompok yang terlibat bentrok. Demikian seperti dilansir Reuters, Kamis (19/3).

Selasa,17 Maret 2015 - 18:49:19 WIB

Kesehatan Lee Kuan Yew Memburuk karena Infeksi

SINGAPURA, HALUAN — Kondisi kesehatan pen­diri dan mantan Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew, memburuk ka­rena infeksi. Pemerintah negara kota itu mengatakan hal tersebut, Selasa (17/3). Lee, 91 tahun, telah dirawat di Rumah Sakit Umum Singapura sejak 5 Februari lalu karena men­derita pneumonia berat. “Kondisi Lee Kuan Yew telah memburuk akibat infeksi. Dia menggunakan antibiotik. Para dokter te­rus memantau kon­disi­nya,” kata sebuah per­nya­taan dari kantor putranya, Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Selasa,17 Maret 2015 - 18:48:52 WIB

Polisi Hongkong Selidiki TKI Tewas

HONGKONG, HALUAN — Kepolisian Hongkong, Selasa (17/3) memastikan akan menyelidiki kasus Elis Kurniasih, TKI yang tewas akibat tertimpa beton. Polisi menyelidiki kasus ini bukan sebagai kasus kecelakaan melainkan sebagai kasus dugaan pembunuhan tak berencana. Elis Kurniasih (33) tewas setelah koma selama enam hari akibat tertimpa beton penyangga mesin pendingin ruangan dari jendela lantai lima gedung tempatnya berada.  Elis sedang duduk-duduk di teras asrama agen tenaga kerjanya yang terletak di lantai dua usai menjalankan ibadah shalat subuh. Saat itulah beton dari lantai lima tiba-tiba runtuh dan menimpa tubuhnya.

Senin,16 Maret 2015 - 19:58:51 WIB

Putra Mantan Presiden Iran Dipenjara 15 Tahun

TEHERAN, HA­LUAN —  Anak laki-laki mantan presiden Iran, Aya­­tollah Akbar Ha­­shemi Raf­san­jani di­nyatakan bersalah atas dak­waan ko­rupsi dan pe­lang­garan ke­a­manan. Pria be­rusia 45 tahun ini, dijatuhi total vo­nis 15 ta­hun pen­jara atas dak­wa­an-dakwaan itu. Pengadilan Re­volusioner Teheran menjatuhkan vonis 7 tahun penjara, vonis 5 tahun penjara dan vonis 3 tahun penjara atas tiga dakwaan berbeda yang menjerat Mehdi Hashemi Rafsanjani. Demikian disampaikan kepala jaksa Iran, Gho­lamhossein Mohseni-Ejei seperti di­lansir Reuters dan AFP, Senin (16/3).

Senin,16 Maret 2015 - 19:58:08 WIB

Tim Jupiter Mundur dari LIMA

PESAWAT TNI TABRAKAN DI MALAYSIA MALAYSIA, HALUAN — Tim Aero­batik Jupiter Angkatan Udara In­donesia, menarik diri dari a­jang Lang­kawi International Mari­time and Aerospace (LIMA) 2015, yang dia­dakan di Langkawi, Malaysia, Selasa (17/3). Marsekal Pertama Indra Yadi me­ngatakan, atasannya telah me­merintahkan tim untuk menarik diri dari acara dua tahunan tersebut, setelah insiden kecelakaan melanda dua pesawat tim aerobatik In­donesia saat menjalani latihan di hari Minggu. “Angkatan Udara Indonesia masih akan berada di sini untuk acara tersebut. Hanya Aerobatic Team Jupiter akan kembali ke Indonesia. Kecelakaan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Kejadian ini tidak me­nyurutkan se­mangat kami dalam terbang,” ujarnya, seperti dikutip dari Asiaone.com, Senin (16/3).m “Kami merasa sangat menyesal untuk pemilik rumah yang tertimpa pesawat kami. Itu adalah sesuatu di luar kendali kami,” lanjutnya saat ditemui di rumah sakit Langkawi, Senin sore. Indra adalah seorang pengamat dari Angkatan Udara Indonesia yang terbang bersama pilot selama latihan.

Senin,16 Maret 2015 - 19:57:41 WIB

Agen Intelijen Asing Jadi ‘Kurir’ ISIS

ISTANBUL, HALUAN — Seorang warga negara Suriah yang menjadi agen intelijen asing disebut-sebut membantu aktivitas ISIS. Agen ini dilaporkan menjadi ‘kurir’ yang kerap mengantarkan uang bagi ISIS di Suriah. Seperti dilansir AFP, Senin (16/3), otoritas Turki mengumumkan pihaknya menangkap seorang agen intelijen, yang bekerja sebagai mata-mata untuk negara yang tidak disebut namanya, namun tergabung dalam koalisi Amerika Serikat. Tidak banyak informasi yang diungkap ke publik. Hanya disebut bahwa agen intelijen yang ditangkap itu berkewarganegaraan Suriah. Laporan media Turki menyebut agen itu bekerja untuk intelijen Kanada. Namun otoritas Kanada telah membantah laporan itu.

Minggu,15 Maret 2015 - 19:22:18 WIB

2 Pesawat Aerobatik TNI AU Jatuh

SAAT LATIHAN DI LANGKAWI LANGKAWI, HALUAN — Dua pesawat KT-1B Wong Bee milik TNI Angkatan Udara jatuh saat sesi latihan sebelum pergelaran Langkawi International Maritime & Aerospace Exibition (LIMA) 2015 di Malaysia, Minggu (15/3). Empat pilot yang mengawaki pesawat itu dinyatakan selamat. Peristiwa terjadi sekitar pukul 14.00 waktu setempat, ketika enam pesawat KT-1B pasukan aerobatik itu sedang melintasi ruang udara MIEC. Kemudian sayap dua pesawat bersenggolan dan terhempas.

Jumat,13 Maret 2015 - 19:29:52 WIB

Menhan AS: Perlu Tiga Tahun Perangi ISIS

WASHINGTON, HALUAN — Menteri Pertahanan AS Ashton Carter pada Rabu (11/3) mengatakan perang melawan kelompok fanatik Negara Islam (ISIS) memerlukan waktu lebih dari tiga tahun sebagaimana disampaikan dalam permintaan pengesahan pasukan oleh Presiden Barack Obama. “Saya tak bisa mem­be­ritahu anda bahwa aksi kami untuk melawan ISIL akan selesaikan dalam tiga tahun,” kata Carter kepada Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS di dalam dengar pendapat pertama mengenai permintaan pengesahan perang oleh Oba­ma ke Kongres.

Jumat,13 Maret 2015 - 19:29:24 WIB

Rusia Luncurkan ‘Tahun Persahabatan‘ dengan Korea Utara

MOSKOW, HALUAN — Rusia pada Rabu mengatakan pihaknya telah meluncurkan “tahun persahabatan” dengan Korea Utara di saat hubungannya dengan Barat sedang menurun terkait krisis Ukraina. Kementerian luar negeri di Moskow mengu­mumkan setuju untuk memulai program pertukaran budaya dengan rezim aliran Stalin di Pyongyang itu. Program ditujukan untuk membawa hubungan antara kedua negara, yang pernah menjadi sekutu saat Perang Dingin, itu ke “tingkat tinggi yang baru”, lapor AFP.

Jumat,13 Maret 2015 - 19:29:00 WIB

Putin ‘Menghilang’, Rumor Beredar

MOSKOW, HALUAN — Berbagai spekulasi merebak seputar absennya Presiden Rusia Vladimir Putin dari mata publik selama 8 hari terakhir. Pihak Kremlin telah membantah semua rumor yang menyebutkan Putin sakit atau bahkan meninggal. Bukan sekali ini saja Putin “menghilang”. Sebelumnya pada tahun 2012, Putin pun pernah absen dari mata publik. Saat itu, pemimpin Rusia itu membatalkan dan menunda sejumlah kunjungan mancanegara selama lebih dari sebulan. Seperti dilansir News.com.au, Jumat (13/3/2015), Presiden Belarusia Aleksandr Lukashenko saat itu mengatakan, Putin mengalami cedera pada punggungnya saat latihan judo, olahraga kegemarannya. Dan kabarnya, cedera tersebut cukup parah.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM