BERITA eksbis

Jumat,13 Februari 2015 - 19:50:46 WIB

Obama Akan Bunuh Para Pemimpin ISIS

WASHINGTON, HALUAN — Presiden Barack Obama menyatakan akan mengirimkan pasukan khusus Amerika Serikat untuk membunuh para pemimpin ISIS di tengah permintaannya kepada Kongres untuk  mengizinkan operasi militer darat guna mencegah invasi skala besar ISIS. Rabu waktu AS atau Kamis WIB ini Obama meminta para wakil rakyat untuk men­da­patkan persetujuan formal guna memerangi ISIS di darat dan jika perlu di Irak dan Suriah sekaligus.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:50:24 WIB

Hakim Arab Bebaskan TKI yang Dituduh Bunuh Bayi Majikan

SAUDI ARABIA, HALUAN — Se­­orang buruh migran Indonesia, yang dituduh mem­bunuh bayi berusia empat bulan di Arab Saudi, kembali dinyatakan tidak bersalah oleh pengadilan setempat. Dikutip dari laman Saudi Ga­zet­te pa­da Kamis, 12 Februari 2015, bayi bernama Mishari Al-Boshal meninggal lima tahun lalu dan keluarganya masih berusaha mencari ke­adilan melalui pengadilan. Mereka menuding seorang pembantu rumah tangga asal Indonesia telah menaruh ra­cun tikus di botol susu, me­nyebabkan menurunnya kon­disi kesehatan Mishari. Tapi pengadilan menilai BMI tidak bersalah.

Jumat,13 Februari 2015 - 19:49:57 WIB

Tiga Mahasiswa Muslim Ditembak, Presiden Turki Kritik Obama

NORTH CAROLINA, HA­LU­AN — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkritik Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang diam soal pembunuhan tiga mahasiswa muslim di North Carolina. Erdogan mendesak Obama untuk mengambil sikap me­ngenai penembakan ketiga orang itu. “Tiga muslim telah dibu­nuh di North Carolina dan Presiden Obama, (Menlu John) Ker­ry dan (Wapres Joe) Biden belum membuat state­men apapun soal itu,” cetus Erdogan seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (13/2/2015).

Jumat,13 Februari 2015 - 19:48:48 WIB

Australia Maklumi Sikap Tegas Indonesia Soal Narkoba

CANBERRA, HALUAN — Pemerintah Australia telah melakukan segala upaya untuk membatalkan eksekusi mati atas dua penyelundup narkoba yang dikenal sebagai duo ‘Bali Nine’. Namun Australia juga mengakui, pihaknya harus menghormati hukum Indo­nesia sebagai negara berdaulat. “Itu adalah hukum mereka, yang kita tidak mendu­kung­nya, kita tidak setuju dengan itu,” tutur Menteri Pendidikan Australia Christopher Pyne.

Jumat,06 Februari 2015 - 19:51:35 WIB

Jordania Serang Pangkalan ISIS

AMMAN, HALUAN — Beberapa jet tempur Jordania membidik beberapa lubang dan tempat persembunyian Negara Islam (ISIS) di Suriah, kata Angkatan Bersenjata Jordania (JAF) di dalam satu pernyataan pada Kamis (5/2). Lebih dari 10 jet tempur Angkatan Udara Kerajaan Jordania ikut dalam operasi tersebut. Selama serangan itu, mereka menghancurkan gu­dang senjata dan amunisi serta pusat pelatihan ISIS.

Jumat,06 Februari 2015 - 19:51:11 WIB

Turki Serukan Warganya Segera Tinggalkan Yaman

SANAA, HALUAN — Pemerintah Turki menyerukan warga negaranya untuk segera meninggalkan Yaman. Seruan ini disampaikan mengingat memburuknya situasi keamanan di negeri itu. Kementerian Luar Negeri Turki mengeluarkan seruan tersebut pada Kamis, 5 Februari malam waktu setempat, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (6/2/2015). Ini merupakan seruan serupa ketiga kalinya sejak Agustus 2014 lalu.

Jumat,06 Februari 2015 - 19:50:45 WIB

Xanana Gusmao Resmi Mengundurkan Diri

DILI, HALUAN — Perdana Menteri (PM) Timor Leste, Xanana Gusmao, telah mengirimkan surat pengunduran diri kepada presiden, ujar juru bicara pemerintah, Jumat. “Pemerintah menegaskan bahwa Perdana Menteri Timor-Leste Kay Rala Xanana Gusmao, telah mengi­rimkan surat pengunduran diri dari jabatan perdana menteri kepada Presiden Taur Matan Ruak,” kata juru bicara pemerintah dalam sebuah pernyataan di website resmi mereka.

Rabu,04 Februari 2015 - 19:13:59 WIB

Pesawat Trans Asia Airways Jatuh

TAIPEI, HALUAN — Stasiun TV setempat melaporkan setidaknya sembilan orang tewas, dan banyak lagi yang dikhawatirkan terperangkap setelah  pesawat TransAsia Airways jatuh ke sungai di New Taipei City, Rabu (4/2) Dua puluh enam orang lainnya, termasuk dua anak, telah dikirim ke rumah sakit di New Taipei City, kata laporan berita. Namun tingkat cedera korban  tidak diketahui secara pasti. Pesawat ATR 72-600 turboprop milik Trans Asia Airways membawa 58 penumpang , di antaranya 31 orang merupakan turis asal China daratan, terbang dari Taipei ke pulau lepas pantai Kinmen ketika jatuh ke Sungai Keelung sekitar pukul 10:26 waktu setempat.

Rabu,04 Februari 2015 - 19:13:35 WIB

China Eksekusi Dua Anggota Aliran Sesat

BEIJING, HALUAN — Pemerintah China telah mengek­sekusi dua anggota aliran sesat dalam kasus pembunuhan seorang perempuan di restoran McDonald di Shandong.  Demikian dijelaskan pihak pengadilan Shandong, Senin (2/2) pagi lewat media sosial Weibo. Zhang Lidong dan anak perempuanya Zhang Fan merupakan anggota dari Gereja Aliran “Tuhan Yang Maha Kuasa” yang dilarang pemerintah.

Senin,02 Februari 2015 - 18:43:05 WIB

Lagi, Demonstran Hongkong Turun ke Jalan

HONGKONG, HALUAN — Ribuan demonstran pro-demokrasi kembali berpawai di jalan-jalan utama Hongkong, Minggu (1/2), untuk pertama kalinya sejak gerakan serupa berakhir pada akhir tahun lalu. Sebagaimana dilaporkan harian South China Morning Post, sebanyak 2.000 polisi ditugasi mengawal pawai yang diikuti sedikitnya 3.000 demonstran tersebut.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:27:37 WIB

ISIS Kuasai Fasilitas Minyak Mentah di Irak

BAGHDAD, HALUAN — Kelompok militan ISIS menguasai fasilitas minyak mentah kecil di kota Kirkuk, Irak utara hari ini. Sebanyak 15 pekerja fasilitas tersebut saat ini tidak diketahui keberadaannya. Dua pejabat dari perusa­haan North Oil Co meng­konfirmasi bahwa para militan ISIS telah menduduki sebuah unit pemisahan minyak men­tah di Khabbaz tersebut. Juga disampaikan bahwa 15 pekerja minyak hilang setelah pihak perusahaan kehilangan kontak dengan mereka.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:26:58 WIB

Gedung Putih Tolak Sebut Taliban Teroris

WASHINGTON, HALUAN — Gedung Putih pada Kamis menolak menggambarkan Taliban Afghanistan sebagai kelompok teroris, memicu kekhawatiran kanan, yang menuduh pemerintahan Presiden Barack Obama kehilangan sentuhan. "Mereka memang melakukan siasat mirip terorisme, melancarkan serangan teror dalam upaya mewujudkan tujuan mereka," kata juru bicara Gedung Putih Josh Earnest.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:23:53 WIB

Presiden Chile Akan Bolehkan Aborsi

SANTIAGO, HALUAN — Presiden Chile, Michelle Bachelet, mengumumkan rencana untuk mengakhiri larangan aborsi di negara yang didominasi Katolik Roma ini. Para wanita di negara tersebut diperbolehkan aborsi dengan syarat tertentu. Dilansir dari BBC, 1 Februari 2015, Bachelet telah mengajukan rencana ini ke kongres untuk melegalkan aborsi dalam kasus tertentu. Dalam aturan baru yang dikeluarkan Bachelet nanti, aborsi diperbolehkan jika wanita hamil disebabkan kasus pemerkosaan, atau kehamilan yang mengancam kehidupan ibu atau bayi yang dikandung seperti kematian atau cacat.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:28:21 WIB

AS dan Koalisi Internasional Terus Bombardir ISIS di Irak dan Suriah

BAGHDAD, HALUAN — Amerika Serikat dan mitra koalisi internasional kembali melancarkan serangan-serangan udara terhadap target-target ISIS di Suriah dan Irak. Sebanyak enam serangan udara dilancarkan di Suriah dan 12 serangan udara lainnya dilakukan di Irak.Salah satu serangan udara tersebut dilancarkan di dekat kota Kobane, Suriah. Serangan ini menargetkan posisi tempur ISIS, tiga unit taktis dan lain­nya. Demikian disampaikan Combined Joint Task Force, sebuah satuan tugas militer Amerika Serikat seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (30/1/2015).

Jumat,30 Januari 2015 - 19:28:00 WIB

Korut Minta 10 Miliar Dolar untuk Dialog dengan Korsel

SEOUL, HALUAN — Korea Utara meminta bayaran tunai 10 miliar dolar AS dan se­tengah juta ton makanan pada 2009, sebagai prasyarat dige­larnya pertemuan puncak dengan Korea Selatan, kata mantan presiden Korsel Lee Myung-bak, dan menam­bah­kan bahwa ia menolak mem­bayar apapun untuk mengge­lar dialog. Pendahulunya, Kim Dae-jung menggelar pertemuan puncak pertama dengan pe­mimpin Korut Kim Jong Il pada 2000 dan mendapat pujian karena berhasil mem­bawa hubungan dua Korea lebih hangat. Namun prestasi itu ternoda dengan terung­kapnya fakta bahwa ia mem­bantu menyalurkan uang 500 juta dolar bagi Korut.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM