BERITA eksbis

Senin,02 Februari 2015 - 18:43:05 WIB

Lagi, Demonstran Hongkong Turun ke Jalan

HONGKONG, HALUAN — Ribuan demonstran pro-demokrasi kembali berpawai di jalan-jalan utama Hongkong, Minggu (1/2), untuk pertama kalinya sejak gerakan serupa berakhir pada akhir tahun lalu. Sebagaimana dilaporkan harian South China Morning Post, sebanyak 2.000 polisi ditugasi mengawal pawai yang diikuti sedikitnya 3.000 demonstran tersebut.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:27:37 WIB

ISIS Kuasai Fasilitas Minyak Mentah di Irak

BAGHDAD, HALUAN — Kelompok militan ISIS menguasai fasilitas minyak mentah kecil di kota Kirkuk, Irak utara hari ini. Sebanyak 15 pekerja fasilitas tersebut saat ini tidak diketahui keberadaannya. Dua pejabat dari perusa­haan North Oil Co meng­konfirmasi bahwa para militan ISIS telah menduduki sebuah unit pemisahan minyak men­tah di Khabbaz tersebut. Juga disampaikan bahwa 15 pekerja minyak hilang setelah pihak perusahaan kehilangan kontak dengan mereka.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:26:58 WIB

Gedung Putih Tolak Sebut Taliban Teroris

WASHINGTON, HALUAN — Gedung Putih pada Kamis menolak menggambarkan Taliban Afghanistan sebagai kelompok teroris, memicu kekhawatiran kanan, yang menuduh pemerintahan Presiden Barack Obama kehilangan sentuhan. "Mereka memang melakukan siasat mirip terorisme, melancarkan serangan teror dalam upaya mewujudkan tujuan mereka," kata juru bicara Gedung Putih Josh Earnest.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:23:53 WIB

Presiden Chile Akan Bolehkan Aborsi

SANTIAGO, HALUAN — Presiden Chile, Michelle Bachelet, mengumumkan rencana untuk mengakhiri larangan aborsi di negara yang didominasi Katolik Roma ini. Para wanita di negara tersebut diperbolehkan aborsi dengan syarat tertentu. Dilansir dari BBC, 1 Februari 2015, Bachelet telah mengajukan rencana ini ke kongres untuk melegalkan aborsi dalam kasus tertentu. Dalam aturan baru yang dikeluarkan Bachelet nanti, aborsi diperbolehkan jika wanita hamil disebabkan kasus pemerkosaan, atau kehamilan yang mengancam kehidupan ibu atau bayi yang dikandung seperti kematian atau cacat.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:28:21 WIB

AS dan Koalisi Internasional Terus Bombardir ISIS di Irak dan Suriah

BAGHDAD, HALUAN — Amerika Serikat dan mitra koalisi internasional kembali melancarkan serangan-serangan udara terhadap target-target ISIS di Suriah dan Irak. Sebanyak enam serangan udara dilancarkan di Suriah dan 12 serangan udara lainnya dilakukan di Irak.Salah satu serangan udara tersebut dilancarkan di dekat kota Kobane, Suriah. Serangan ini menargetkan posisi tempur ISIS, tiga unit taktis dan lain­nya. Demikian disampaikan Combined Joint Task Force, sebuah satuan tugas militer Amerika Serikat seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (30/1/2015).

Jumat,30 Januari 2015 - 19:28:00 WIB

Korut Minta 10 Miliar Dolar untuk Dialog dengan Korsel

SEOUL, HALUAN — Korea Utara meminta bayaran tunai 10 miliar dolar AS dan se­tengah juta ton makanan pada 2009, sebagai prasyarat dige­larnya pertemuan puncak dengan Korea Selatan, kata mantan presiden Korsel Lee Myung-bak, dan menam­bah­kan bahwa ia menolak mem­bayar apapun untuk mengge­lar dialog. Pendahulunya, Kim Dae-jung menggelar pertemuan puncak pertama dengan pe­mimpin Korut Kim Jong Il pada 2000 dan mendapat pujian karena berhasil mem­bawa hubungan dua Korea lebih hangat. Namun prestasi itu ternoda dengan terung­kapnya fakta bahwa ia mem­bantu menyalurkan uang 500 juta dolar bagi Korut.

Jumat,30 Januari 2015 - 19:27:36 WIB

Argentina Akan Bubarkan Badan Intelijen

BUENOS AIRES, HALUAN — Presiden Argentina Cristina Kirchner,  Senin, mengatakan akan membubarkan badan intelijen negaranya setelah seorang jaksa ditemukan tewas beberapa jam menjelang akan mengumumkan  tuduhan-tuduhan terhadap Kirchner. Alberto Nisman, 51 tahun ditemukan di rumahnya di Buenos Aires dengan luka tembak di kepalanya pada 18 Januari, pada hari dia akan hadir dalam dengar pendapat di Kongres menyangkut tuduhan bahwa Kirchner menghambat penyelidikannya atas serangan bom di kantor federasi amal Yahudi tahun 1994.

Kamis,29 Januari 2015 - 19:48:35 WIB

Kapal Imigran Bangladesh Tenggelam, Puluhan Orang Hilang

DHAKA, HALUAN — Sebuah kapal penangkap ikan yang mengangkut para imigran, tenggelam di lautan berombak ganas di lepas pantai Bangladesh, hari ini. Puluhan penumpang hilang dalam insiden ini. Kapal yang kelebihan muatan tersebut, mengangkut para imigran yang akan menuju ke Malaysia. Sejauh ini, 32 warga Bangladesh berhasil diselamatkan setelah kapal tenggelam di Teluk Bengal. Sejumlah penumpang juga berhasil berenang ke bibir pantai, namun puluhan orang lainnya hingga kini belum ditemukan. Namun tidak diketahui berapa jumlah pasti penumpang kapal tersebut. Demikian disampaikan koman­dan penjaga pantai Maruf Hassan seperti dikutip kantor berita AFP, Kamis (29/1).

Kamis,29 Januari 2015 - 19:48:09 WIB

Rumah Masa Kecil John F Kennedy Rp5,6 T

LONDON, HALUAN — Lupakan sejenak One Hyde Park, pemu­kiman elite di jan­tung­London yang menyatu dengan kompleks perkan­toran di Knightsbridge. Harga properti di daerah ini dibanderol sekira 20 juta poundsterling atau Rp 379 miliar. Harga di atas bakal tergeser oleh rumah bernomor 13-14 Princes Gate yang juga berada di Knigh­tsbridge. Mantan Presiden Ameri­ka John F Kennedy pernah mendia­mi rumah ini. Industri properti di sana menaksir harganya 300 juta poundsterling atau Rp 5,6 triliun.

Kamis,29 Januari 2015 - 19:47:44 WIB

Gempa 5,7 SR Guncang Lepas Pantai California

CALIFORNIA, HALUAN — Gempa bumi berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) menggoyang kawasan lepas pantai California utara, Amerika Serikat. Tak ada laporan korban maupun kerusakan besar akibat gempa ini. Menurut badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), seperti dilansir kantor berita Reuters, Kamis (29/1), gempa ini terjadi pada kedalaman sekitar 17,2 kilometer di bawah laut. Gempa berpusat sekitar 65 kilometer barat daya Eureka, kota yang terletak sekitar 40 kilometer sebelah selatan perbatasan Oregon. Pusat Peringatan Tsunami Nasional menyatakan, gempa ini tidak memicu tsunami.

Senin,26 Januari 2015 - 18:53:43 WIB

Paulina Vega Raih Mahkota Miss Universe

KOLOMBIA, HALUAN —Ajang kecantikan dunia, Miss Universe, akhirnya me­mutus­kan Miss Kolombia, Paulina Vega, sebagai peraih mahkota Miss Universe 2014-2015. Wajah bahagia terpancar, saat mahkota cantik dipasang di atas kepala Paulina. Seperti dilansir laman Reuters, selain Paulina Vega yang berhasil meraih gelar Miss Universe 2014-2015, Miss USA, Nia Sanchez, harus puas berada di posisi Runner Up 1, disusul oleh Miss Ukraina, Diana Harkusha, di posisi Runner Up 2, lalu Yasmin Verheijn (Belanda) di Runner Up 3 serta Keci Fennel asal Jamaika di posisi Runner Up 4.

Senin,26 Januari 2015 - 18:53:15 WIB

Media Salahkan Shinzo Abe

BEIJING, HALUAN — Editorial di sebuah media pemerintah China, Senin (26/1) menyantakan bahwa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe harus disalahkan atas kematian seorang sandera asal negeri sakura itu di tangan kelompok Negara Islam atau ISIS. ISIS, Minggu kemarin, mengatakan, pihaknya telah mengeksekusi Haruna Yukawa, salah satu dari dua sandera asal Jepang yang sedang ditahan kelompok itu. Pemenggalan itu dikencam para pemimpin di seluruh dunia.

Minggu,25 Januari 2015 - 19:05:11 WIB

‘Koalisi anti-ISIS’ Gelar Pertemuan di London

LONDON, HALUAN — Setidaknya 22 menteri luar negeri menggelar pertemuan di London, hari Kamis (22/01), membahas cara-cara memerangi kelompok yang menamakan diri Negara Islam, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan ISIS. ISIS menguasai wilayah yang cukup besar di Suriah dan Irak, dan koalisi pimpinan Amerika Serikat melancarkan serangan udara sejak Agustus terhadap posisi-posisi pejuang ISIS. Namun Menteri Luar Ne­geri Inggris Philip Hammond menegaskan masih perlu di­ambil langkah-langkah lain untuk menghadapi ISIS.

Minggu,25 Januari 2015 - 19:04:46 WIB

Salah Satu Sandera Jepang

ISIS RILIS VIDEO PEMENGGALAN TOKYO, HALUAN — ISIS merilis video yang menunjukkan bahwa salah satu sandera dari Jepang yaitu Haruna Yukawa telah tewas dieksekusi. Per­mintaan baru berupa pertukaran sandera kemudian diajukan. Video itu dirilis secara online oleh salah satu pendukung ISIS. Sebuah gambar statis mem­per­lihatkan sandera yang masih hidup yaitu Kenji Goto dengan memakai baju tahanan berwarna oranye. Goto memegang foto yang tampaknya adalah Yukawa yang telah dipenggal. Demikian dilansir CNN, Minggu (25/1/2015).

Minggu,25 Januari 2015 - 19:04:22 WIB

Satu Wanita Australia Gabung ISIS

SYDNEY, HALUAN — Me­ning­katnya jumlah wanita muda yang bergabung dengan kelompok Negara Islam (ISIS) di Irak dan Suriah mengubah profil orang-orang Australia, kata Jaksa A­gung George Brandis pada Sabtu, karena mereka terpikat oleh “daya tarik salah” organisasi tersebut. “Pada awalnya, mung­kin enam bulan lalu, kami priha­tin hampir semuanya merupakan pemuda,” kata Brandis, menurut the Australian Broadcasting Corporation (ABC). “Tapi perkiraan lebih baru oleh lembaga-lembaga ke­ama­nan nasional menyebutkan bah­wa jumlah wanita muda yang ikut serta dalam pertempuran itu juga meningkat,” kata dia. Brandis mengatakan sekitar 90 warga Australia sekarang diyakini ikut dalam konflik itu, dibandingkan 70 orang tahun lalu, ABC melaporkan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM