BERITA eksbis

Senin,12 Januari 2015 - 19:44:22 WIB

Kroasia Miliki Presiden Perempuan Pertama

GRABAR-KITAROVIC MENANGKAN PEMILU KROASIA, HALUAN — Kolinda Grabar-Kitarovic me­menangkan pemilu Kroasia, Minggu (12/1). Hal itu menjadikannya presiden perempuan pertama Kroasia. Dia memenangkan 50,5 persen suara dari 99 persen suara yang sudah dihitung. Sementara Ivo Josipovic yang saat ini menjabat sebagai presiden Kroasia, memperoleh 49,5 persen.  Josipovic telah mengakui kekalahannya dan mengucapkan selamat kepada Grabar-Kitarovic.

Minggu,11 Januari 2015 - 19:12:04 WIB

Al Qaeda Ancam Prancis dengan Serangan Baru

WASHINGTON, HALUAN — Seorang pejabat tinggi Syariah Al-Qaida di Semenanjung Arab (AQAP) mengancam Prancis dengan serangan-serangan baru setelah orang-orang di majalah satir Charlie Hebdo dan di supermarket Yahudi, kata kelompok pemantau SITE Jumat. “Lebih baik bagi Anda untuk menghentikan agresi Anda melawan kaum Mus­limin, sehingga mungkin Anda akan hidup dengan aman. Jika Anda menolak, tetapi me­ngajak berperang, kami m­e­nunggu dengan senang,” kata Harith al-Nadhari dikutip mengatakan dalam satu video.

Minggu,11 Januari 2015 - 19:11:42 WIB

Korea Utara Ingin Sepakati Nuklir dengan Amerika Serikat

SEOUL, HALUAN — Korea Utara, Sabtu, mengatakan pi­haknya mengusulkan pe­nang­guhan “sementara” uji coba nuklir mendatang jika Amerika Serikat mem­ba­tal­kan pelatihan militer tahunan de­ngan Korea Selatan tahun ini. Usul pemerintah itu disam­paikan kepada pihak Amerika Serikat melalui “saluran ter­kait”, Jumat, kata kantor berita resmi KCNA. Pesan itu me­nyeru Wa­shington agar mem­bantu mere­dakan ketegangan di Seme­nanjung Korea dengan me­nang­guhkan semua pe­la­tihan militer gabungan tahun ini di Korea Selatan dan “dae­rah-daerah sekitarnya”.

Minggu,11 Januari 2015 - 19:11:08 WIB

Rupert Murdoch Salahkan Seluruh Muslim atas Teror di Perancis

PARIS, HALUAN — Pengusaha raksasa media, Rupert Murdoch memilih menggunakan akun twitternya untuk menyampaikan pendapat kerasnya mengenai siapa pihak yang bertanggung jawab atas serangan teror pekan ini terhadap majalah satir Perancis, Charlie Hebdo. Tweet tersebut langsung mengundang reaksi marah dan kritik keras di media sosial. Murdoch mengunggah tweetnya Hari Sabtu kemarin kepada lebih dari ;500,000 pengikutnya : “ Mungkin mayoritas muslim pencinta damai, tapi sampai mereka mengenal dan menghancurkan kanker jihad mereka yang terus berkembang, maka mereka harus bertanggung jawab,”.

Minggu,11 Januari 2015 - 19:09:23 WIB

Koran Australia Terbitkan Kartun Nabi

SYDNEY, HALUAN — Sebuah surat kabar Australia hari ini menerbitkan kartun Nabi Muhammad sedang berdebat dengan Nabi Isa AS sebagai bagian dari dukungan koran itu untuk kebebasan berbicara menyusul serangan maut ke sebuah mingguan satir Prancis, lapor AFP. Dua belas orang tewas dalam serangan Rabu lalu oleh para ekstremis terhadap kantor pusat mingguan Charlie Hebdo di Paris, yang memicu para kartunis seluruh dunia bergerak dalam solidaritas dengan para koleganya dari Prancis.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:12:20 WIB

Al-Qaeda Rencanakan Serangan Spektakuler di Inggris

LONDON, HALUAN — Setelah pembantaian yang menewaskan 12 orang di Paris, kepala badan Intelijen Inggris MI5, Andrew Parker, memperingatkan bahwa Al-Qaeda juga merencanakan serangan massal yang spektakuler di Inggris. Dilansir Daily Mail, Jum­at, 9 Januari 2015, Direktur Jenderal MI5 itu mengungkap bahwa Al-Qaeda mengarah­kan para pendukung fanatik mereka di Inggris dari luar negeri, dengan membajak pe­ner­bangan atau penem­bakan massal.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:11:58 WIB

353 Warga Sipil Dibunuh di Sudan Selatan

JUBA, HALUAN — Pem­berontak di Sudan Selatan membunuh 353 warga sipil April tahun lalu, termasuk mereka yang mengungsi di sebuah masjid, rumah sakit dan pangkalan PBB, kata para penyelidik hak asasi manusia PBB, Jumat. Laporan itu, untuk pertama menjelaskan detail dari dua insiden yang menyo­roti satu pola pelanggaran keras dan kejahatan yang kejam dalam perang saudara di negara termuda dunia itu.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:11:33 WIB

Penyerang “Charlie Hebdo” Dilatih Alqaeda Yaman

WASHINGTON, HALUAN — Salah satu dari dua bersaudara tersangka pelaku serangan maut ke majalah satiris Prancis Charlie Hebdo diyakini dilatih oleh Alqaeda Yaman, kata seorang pejabat AS seperti dikutip AFP. Seorang pejabat AS lainnya berkata kepada AFP bahwa dua bersaudara Cherif dan Said Kouachi, yang menjadi tersangka pembunuhan 12 orang pada Rabu lalu di kantor pusat majalah itu di Paris, sudah bertahun-tahun menjadi daftar awas teroris yang dibuat AS.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:37:50 WIB

Ratusan Buruh AS Terkena PHK

AKIBAT HARGA MINYAK ANJLOK TEXAS, HALUAN — Perusahaan raksasa United States Steel Corp memberhentikan 756 karyawannya gara-gara merosotnya harga minyak dunia. International Business Times mengabarkan Rabu (7/1), perusahaan tersebut membekukan sementara dua pabriknya di Texas dan Ohio. Hal itu dilakukan, karena pipa baja dan tabung yang digunakan di pengeboran minyak dan gas tak laku dijual, gara-gara harga minyak merosot hingga $ 50 per barel pekan ini.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:37:26 WIB

Pendukung Balas Serangan Teror Lewat Kartun

TRAGEDI CHARLIE HEBDO JAKARTA, HALUAN — Para pengguna sosial media memberikan rasa solidaritas kepada para korban penemba­kan teroris di kantor majalah satir Prancis, Charlie Hebdo. Menggunakan hastag, #JeSuisCharlie, banyak netizen yang mengganti foto profil mereka dengan foto tulisan JeSuisCharlie berwarna hitam putih. JeSuisCharlie berarti Aku Charlie.

Kamis,08 Januari 2015 - 19:36:46 WIB

April, Palestina Jadi Anggota ICC

NEW YORK, HALUAN — Sekjen PBB Ban Ki-moon telah memastikan Palestina akan secara resmi menjadi anggota Mahkamah Pidana Internasional (ICC). Terhitung mulai 1 April mendatang, Palestina bergabung dengan negara-negara anggota ICC lainnya. Dengan hal ini, berarti jaksa ICC akan bisa mengadili konflik 50 hari antara Israel dengan Hamas di Jalur Gaza pada Juli-Agustus 2014 lalu. Demikian seperti di­lansir Reuters, Kamis (8/1).

Senin,05 Januari 2015 - 18:26:47 WIB

PM Malaysia Terinfeksi Bakteri E Coli

USAI KUNJUNGI KORBAN BANJIR KUALA LUMPUR, HA­LUAN — Per­dana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak dilaporkan terkena infeksi bakteri usai meninjau wilayah yang dilanda banjir. Kini, PM Najib disarankan dokter untuk beristirahat total di rumah. Juru bicara PM Najib, Teng­­ku Sharifuddin Tengku Ahmad menuturkan kepada AFP, Senin (5/1), PM Najib terinfeksi bakteri E coli usai meninjau wilayah-wilayah yang dilanda banjir, bulan lalu.

Senin,05 Januari 2015 - 18:26:23 WIB

Makam Ratu Firaun Neferefre Ditemukan

KAIRO, HALUAN — Arkeolog Republik Cek mengklaim telah menemukan makam ratu Firaun Neferefre, yang memerintah 4.500 tahun lalu. Makam ditemukan di Abu Sir, sebuah kota makam kuno di barat daya Kairo yang didedikasikan untuk firaun Dinasi Kelima, termasuk Neferefre. Menteri Kepurbalakaan Mesir Mamdouh al-Damaty mengatakan nama sang ratu belum diketahui, tapi identifikasi awal menyebutkan sang ratu kemungkinan bernama Khentakawess.

Senin,05 Januari 2015 - 18:26:01 WIB

Gedung Lantai 6 Ambruk, 2 Orang Tewas

NAIROBI, HALUAN — Sebuah gedung berlantai enam tiba-tiba ambruk di Nairobi, ibukota Kenya. Akibatnya, setidaknya dua orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Pihak rumah sakit setempat mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP,Senin (5/1/2015), sebanyak 28 korban yang selamat dirawat di rumah sakit tersebut setelah berhasil dikeluarkan dari antara reruntuhan gedung pemukiman tersebut. Belum diketahui apakah ada warga lainnya yang masih tertimpa reruntuhan bangunan, yang berlokasi di kawasan Haruma, Nairobi tersebut.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM