BERITA eksbis

Senin,20 April 2015 - 19:36:37 WIB

Pemimpin Houthi Tak Akan Menyerah

KOALISI ARAB SAUDI LANCARKAN SERANGAN UDARA SANAA, HALUAN — Pemimpin kelompok pemberontak Syiah Houthi di Yaman bersumpah tidak akan menyerah dengan adanya serangan udara koalisi Arab Saudi. Pernyataan ini disampaikan setelah bentrokan antara Houthi dengan tentara pemerintah Yaman menewaskan total 85 orang.  “Rakyat Yaman tidak akan pernah menyerah — akan tetap melawan langsung agresi,” tegas pemimpin pem­berontak Houthi, Abdulmalik al-Houthi dalam per­nyataannya seperti dilansir AFP, Senin (20/4/2015). Dalam pernyataannya, Houthi bersumpah akan mela­kukan perlawanan yang sengit dengan menggunakan seluruh alat dan opsi yang tersedia.

Minggu,19 April 2015 - 18:21:14 WIB

Hormati Hak Muslimah Berhijab

KETUA MAHKAMAH AGUNG INGGRIS LONDON, HALUAN — Lord David Neuberger, Ketua Mahkamah Agung Inggris, menyeru warga Inggris me­nunjukan rasa keadilan dan pemahaman tentang budaya berbeda dengan meng­hor­mati hak Muslimah memakai cadar di pengadilan. “Ke­adilan di pengadilan adalah yang terbaik yang bisa kita lakukan,” ujar Lord Neu­berger, kini berusia 67, dalam pidato di depan Criminal Justice Alliance. Neuberger juga mem­ba­has budaya, latar belakang agama yang berbeda, dan orang-orang yang mengharapkan keadilan. “Contoh terkenal adalah beberapa agama menganggap tidak pantas untuk mengambil sumpah,” ujarnya. “Bagaimana orang di pengadilan menganggap itu kasar. Atau bagaimana wanita meraa tidak pantas tampil di depan umum dengan wajah terbuka.”

Minggu,19 April 2015 - 18:20:33 WIB

Penyakit Misterius Muncul di Nigeria

Lagos, Haluan — Penyakit mis­terius muncul di Ode-Irele kota di teng­gara Nigeria dan mem­bunuh 18 orang dalam 24 jam. Dayo Adeyanju, ko­misaris kese­hatan negara bagian On­do, menga­takan 23 orang terjang­kit dan 18 tewas. Sebelumnya, Koyo­de Aki­n­made juru bicara pemerintah ne­gara bagian mengatakan 17 orang tewas. “Tujuh belas orang tewas akibat penyakit misterius yang terdeteksi awal pekan ini,” ujar Akinmade kepada kantor berita AFP.

Jumat,17 April 2015 - 18:46:14 WIB

300 Tentara AS Latih Tentara Ukraina

KIEV, HALUAN —  Sekitar 300 tentara Amerika Serikat tiba di Ukraina pekan ini. Tentara-tentara AS ini akan melatih Garda Nasional Ukraina untuk bertempur melawan separatis pro-Rusia. Tentara dari 173rd Airborne Brigade ini tiba di Yavoriv, Ukraina, pada Selasa (14/4) dan Rabu (15/4) waktu setempat. Mereka akan bertugas selama 6 bulan untuk melatih tiga batalion tentara Ukraina. Demikian disampaikan militer AS dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Jumat (17/4/2015).

Jumat,17 April 2015 - 18:45:43 WIB

China Bantu Indonesia Buru Duit Bank Century

BEIJING, HALUAN — Pemerintah China akan membuka pintu kerja sama dengan Indonesia untuk menyita duit haram dari Bank Century sebesar US$ 500 juta yang ditransfer ke China oleh bankir korup. “Dengan payung hukum resiprokal dalam kejahatan antara China dan Indonesia yang mulai berlaku pada 2006, Kementerian Kehakiman China akan memberikan dukungan kepada Kementerian Kehakiman Indoneisia melalui pertukaran intelijen keuangan dan pengumpulan bukti-bukti,” kata Zhang Sujun, wakil Menteri Kehakiman China, seperti ditulis China Daily edisi Jumat (17/4).

Jumat,17 April 2015 - 18:45:06 WIB

Restoran Hello Kitty Dibuka di Hongkong

JAKARTA, HALUAN — Para pecinta Hello Kitty, bersiap­lah anda bepergian ke Hong Kong, karena kini telah dibuka sebuah restoran yang menyajikan makanan dan minuman bertema kucing imut tersebut. Menyajikan 37 menu makanan dan minuman, dimana setengahnya berbentuk tokoh kartun Hello Kitty, restoran yang berada di Yaumatei, Canton Road tersebut, buka dari pukul 06.00 hingga pukul 23.00 waktu setempat setiap harinya.

Rabu,01 April 2015 - 19:39:16 WIB

Tak Ada Ampun untuk Anwar Ibrahim

KUALA LUMPUR, HALUAN — Pemimpin oposisi Malay­ sian Anwar Ibrahim dipastikan tetap meringkuk di penjara, menyusul keputusan Yang Dipertuan Agung menolak permohonan pengampunan dirinya. Anwar Ibrahim masuk penjara sejak Februari 2015, dan dakan berada di balik jeruji besi untuk lima tahun ke depan, setelah bandingnya ditolak. Keluarganya mengajukan pengampunan, tapi ditolak Yang Dipertuan Agung. Penolakan ini membuat dia kehilangan kursi sebagai anggota parlemen.

Rabu,01 April 2015 - 19:38:29 WIB

Oposisi Menangkan Pemilu Nigeria

ABUJA, HALUAN — All Prog­ressives Congress (APC) me­ngumumkan Muhammadu Bu­­hari memenangkan pemilu presiden Nigeria. Kemenangan mantan pe­nguasa militer Buhari me­nandai kali pertama dalam sejarah Nigeria partai opisisi memenangkan pemilu secara demokratis. Lai Mohammed, juru bi­cara APC, mengatakan per­nyataan kemenangan diu­mum­kan setelah Buhari unggul sampai perhitungan suara di 35 negara bagian selesai.

Rabu,01 April 2015 - 19:36:48 WIB

Seluruh Tikrit Nyaris Direbut Irak

BAGHDAD, HALUAN — Pasukan Irak dan para milisi Syiah yang memerangi militan ISIS di kota Tikrit, Irak utara berhasil mengusir para jihad is tersebut dari sebagian besar kota itu. Sebagian besar kota Tikrit saat ini telah bebas dari cengkeraman ISIS. Menteri Dalam Negeri Irak Mohammed al-Ghabban mengatakan, perjuangan untuk merebut kembali seluruh wilayah kota kelahiran mendiang Saddam Hussein itu masih terus berlangsung.

Minggu,29 Maret 2015 - 19:19:28 WIB

Yaman Memanas, Ratusan Diplomat dan Staf PBB Dievakuasi

SANAA, HALUAN — Situasi di Yaman kian ­mema­nas. Angkatan Laut Arab Saudi menge­vakuasi para diplomat dari negeri itu hari ini. Badan Perserikatan Bang­sa-Bangsa (PBB) juga menarik seluruh stafnya, menyusul malam ketiga serangan-sera­ngan udara yang dilancarkan Saudi dan negara-negara lain­nya. Seorang perwira militer Saudi mengatakan seperti dilan­sir AFP, Minggu (29/3/2015), lebih dari 200 staf dari PBB, kedutaan-kedutaan asing dan organisasi lainnya telah dievakuasi dari negeri itu. Evakuasi dilakukan sementara militer Saudi dkk terus melan­carkan serangan udara untuk memerangi para pemberontak Syiah Houthi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM