BERITA artikel

Sabtu,29 Juli 2017 - 01:27:06 WIB

Mendukung Palestina, Melawan Israel

Di sejumlah dareah di tanah air, Jumat kemarin, ribuan umat Islam dari berbagai Ormas dan harakah melakukan aksi demo mengutuk zionis Israel.

Senin,17 Juli 2017 - 01:54:34 WIB

Faldo Maldini, Bintang Terang dari Ranah Minang

Sejarah mencatat, rahim Minangkabau tak pernah berhenti melahirkan orang-orang hebat yang selalu berperan pada setiap peristiwa penting di republik ini. Orang-orang hebat yang lahir dari rahim Minangkabau, kebanyakan adalah sosok yang piawai dalam bertindak. Faldo salah satunya. Kini, masa depan ada di tangannya. Faldo boleh memilih, apakah akan menjadi ekor naga di perantauan, atau menjadi kepala ular kawat di kampung halaman! Selamat berjuang dik!

Selasa,11 Juli 2017 - 10:41:52 WIB

Menjadikan Nagari sebagai Lembaga Koperasi Syariah

Dalam mempersiapkan masa depan yang penuh tantangan, di mana kelompok konglomerat dan kapitalis asing lainnya makin menguasai ekonomi Indonesia di semua bidang dan lapisan usaha, dari hulu sampai ke muara, baik di darat, laut dan udara, waktunya kita sekarang secara ber Sumatera Barat dan ber Minang-minang, dan secara ber Indonesia secara keseluruhannya,mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan itu.

Minggu,02 Juli 2017 - 10:43:53 WIB

Deki, Remaja Tegar yang Tak Mudah Menyerah Menggapai Mimpi

Deki Putra Ananda (19) mencuci piring, menyapu lantai, mengantarkan makanan, dan melakukan apa yang bisa ia bantu di rumah makan yang dikelola kakaknya di Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatra Utara. Setamat sekolah, Deki rela beranjak sesaat dari kampung halamannya di Jorong Tiga Batur, Nagari Sungai Tarab, Tanah Datar sana, demi rupiah yang akan ia jadikan modal awal untuk kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Rencananya, akhir Juli ini, ia akan memulai pengembaraannya di Kota Gudeg itu, demi mimpi mengenyam pendidikan tinggi. Laporan : Holy Adib

Jumat,23 Juni 2017 - 17:50:33 WIB

Catatan Tentang Penjaga Muruah Minang di Perantauan (Bag-1)

Memaknai Jalan Pikir Dony Oskaria: Tentang Minang dan Perjuangan Mambangkik Batang Tarandam

Dony adalah orang pertama yang berdiri kala Minang disebut buruk oleh orang diperantauan. Telinganya panas, saat tanah yang dicintainya semati-matinya cinta dianggap sebagai tempat orang-orang yang tak mampu lagi bangkit dari kejayaan masa lalu. Dia tidak rela, orang Minang disebut sebagai orang yang hanya bisa menepuk dada akan kehebatan masa silam, tapi tak punya spirit untuk menjaga ritme kejayaan itu. Dia marah, walau hal itu tidak pula salah seutuhnya.

Kamis,22 Juni 2017 - 00:23:40 WIB

Catatan Ringan Bhenz Maharajo

Agar Pulang tak Sekadar Pulang

Pulang kampung saat lebaran akan menjadi kuncup kenangan paling wangi di antara bertangkai ingatan lain, sebelum pada akhirnya waktu akan tetap membuatnya layu dan pasi. Maka, selamatkanlah kepulangan yang satu itu, menjelang roda-roda perjalanan menggiring engkau ke hamparan lain. Hamparan yang tidak beralamat dan mungkin tidak lagi mengenal kampung halaman.

Rabu,21 Juni 2017 - 11:26:17 WIB

Cerita Pilu dari Kambang Barat, Senandung Disabilitas di Gubuk Reot

Ramadan adalah bulan penuh berkah rahmat dan ampunan. Ramadan juga menjadi bulan mempertajam kepekaan sosial. Nun, sekitar 50 kilometer dari Kota Painan ke arah selatan tepatnya di Kampung Pasar Gompong Nagari Kambang Barat, Munyan (65) hidup dalam kemiskinan absolut. Sudahlah miskin penyandang disabilitas pula.

Senin,19 Juni 2017 - 17:13:16 WIB

Tentang Nama

Sekalipun Shakespeare (melalui Juliet dalam lakon Romeo and Juliet) mengatakan, “Apalah arti sebuah nama,” bagi banyak orang (muslim utamanya), nama adalah doa. Nama merupakan sumber energi bagi setiap orang. Bahkan, menurut ahli metafisika(Arkand Bodhana Zeshaprajna, doktor dari University of Metaphysics International Los Angeles, California, Amerika Serikat), melalui nama itulah obyek dikenal dan kekuatan laten dalam nama itu diaktifkan. Sebaliknya, jika obyek tidak dinamai, obyek itu tidak memiliki kekuatan. Oleh karena itu, nama memiliki kekuatan lebih besar daripada obyek yang dinamai (Tempo, 18 Februari 2014). Nama Amir, Suharto, dan Naratungga, misalnya, termaktub harapan (doa) agar (kelak) penyandangnya menjadi pemimpin, kaya, dan terpilih. Ketiga nama itu, bahkan, juga dapat merujuk pada identitas/jati diri: Amir (Islam), Suharto (Jawa), dan Naratungga (Indonesia).

Selasa,13 Juni 2017 - 04:58:44 WIB

SUAMI WAFAT, ANAK PUTUS SEKOLAH

Linda, Jurnalis Buta Berkelindan Duka

Lantas, setelah apa yang diberinya, dan derita yang dilewati, apakah pantas Linda dibiarkan sendirian dan kesepian, dengan segala deritanya? Bagaimana jua, Linda patut serta butuh bantuan. Uluran tangan dermawan akan menjadi pengikis kesedihannya. Linda tak butuh uang banyak, dia hanya ingin kedua anaknya bersekolah. Adakah dermawan yang akan datang mengulurkan tangan pada Linda, wartawati yang sebagian hidupnya berada di jalan pengabdian? Wallahu a'lam.

Jumat,09 Juni 2017 - 19:32:10 WIB

Sikap Negatif Perguruan Tinggi terhadap Bahasa Indonesia

Baru-baru ini Universitas Negeri Padang (UNP) menamai salah satu gedung barunya dengan bahasa Inggris, yakni RECTORATE AND RESEARCH CENTER. Kasus ini membuka ingatan saya terhadap fenomena sikap negatif perguruan tinggi terhadap bahasa Indonesia.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM