Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Rabu,07 Januari 2015 - 19:02:31 WIB

Pedagang Padang Panjang Merasa Dibohongi

BESOK PENDAFTARAN PEMESANAN KIOS DITUTUP Rencana Pemko Padang Panjang membangun pasar di pusat kota ditolak oleh kelompok Persatuan Padagang Pasar Padang Panjang. Pedagang merasa dibohongi oleh Pemko. PADANG PANJANG, HALUAN — Pedagang pasar pusat Kota Padang Panjang yang tergabung dalam ke­lompok Persatuan Pedagang Pasar Padang Panjang (P5), tetap menolak rencana pem­bangunan pasar pusat di dae­rah berjuluk Serambi Mekkah itu. P5 yang sejak awal komit dengan perjuangan mereka agar pembangunan diu­payakan mela­lui dana APBD/ APBN, juga merasa telah dibohongi Pemko Padang Panjang mela­lui Kantor Pengelolaan Pasar setempat.

Rabu,07 Januari 2015 - 19:02:02 WIB

Guru TK Temukan Bayi di Tumpukan Kayu

DIDUGA HASIL HUBUNGAN GELAP TANAH DATAR, HALUAN — Warga Kecamatan Rambatan digemparkan setelah ditemukannya seorang bayi laki-laki yang diduga  hasil hubungan gelap. Bayi malang yang dibuang orang tuanya itu diperkirakan dokter baru berusia tiga hari. Suhartini (39) seorang guru TK Islam Baitul Amal, warga Kecamatan Rambatan, tanah Datar tiba-tiba terkejut. Saat berada di rumahnya usai Magrib, Selasa (6/1) Suhartini mendengar suara tangisan bayi.

Rabu,07 Januari 2015 - 19:00:18 WIB

Anggaran Pilgub Dipangkas Rp40 Miliar

PADANG, HALUAN — Evaluasi bantuan sosial (bansos) dan hibah oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  terhadap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumatera Barat (Sumbar) berimbas pada anggaran pemilihan kepala daerah (pilkada) 2015. Hampir setengah dari dari total anggaran yang telah ditetapkan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu  yang berjumlah Rp85 miliar, sepakat dipangkas oleh DPRD dan Pemerintah Provinsi Sumbar.

Rabu,07 Januari 2015 - 18:49:59 WIB

Hiu Paus Terdampar di Pessel

PAINAN, HALUAN — Untuk keempat kalinya dua tahun terakhir ikan hiu paus terdampar di perairan Pesisir Selatan. Tahun 2013 lalu, hiu paus sepanjang 7-10 meter terdampar di Pantai Ampiang Parak, Ranah Pesisir dan Sutera. Kini warga dihebohkan hiu paus sepanjang 5 meter terdampar di Pantai Anakan, Kecamatan Batang Kapas. Warga anakan berupaya menyelamatkan ikan tersebut namun beberapa jam kemudian mati. Berdasarkan informasi yang dihimpun, ikan tersebut menuju pantai pada hari Selasa (6/1) dalam keadaan lemah. Ikan tersebut terus dipantau nelayan yang melihatnya. Nelayan berupaya mendorong ikan ketengah, namun akibat berat ikan tidak mampu didorong jauh. Ikan itu kembali ke pantai. Tidak berapa lama akhirnya mati.

Rabu,07 Januari 2015 - 18:46:20 WIB

Polsek Kubung Amankan 4 Kg Ganja Siap Edar

AROSUKA. HALUAN — Sebanyak empat kilogram ganja kering diamankan Polsek Kubung, Rabu (7/1) kemarin. Namun, polisi belum mengantongi identitas pemilik ganja “tak bertuan” yang ditemukan di kawasan Nagari Salayo tersebut. Penemuan empat paket besar ganja yang telah dibungkus rapi itu berawal dari laporan Mak Oyong, 67, warga Padang Kunik, Jorong Sawah Sudut, Nagari Salayo, pada Selasa (6/1) sekitar pukul 18.30 WIB.

Rabu,07 Januari 2015 - 18:44:38 WIB

Memilih Prodi di PT Harus Bijak

MEMASUKI bulan Ja­nuari tahun 2015 bagi siswa Kelas 12 SMA/MA dan yang sederajat langsung disibukkan dengan dua hal “penting” dalam hidup mereka. Pertama, meng­hadapi Ujian Nasional (UN). Kedua, menghadapi seleksi masuk Perguruan Ting­gi (PT). Ibarat mengikuti perlom­baan lari mereka dipaksa harus melakukan sprint agar men­capai garis finish sesuai dengan target. Kendati perumpamaan ini tak sesuai benar dengan teori be­lajar, itulah yang seo­lah-olah sudah menjadi tradisi “baru” di sekolah-sekolah kita sejak be­berapa tahun ter­akhir ini.

Rabu,07 Januari 2015 - 18:44:03 WIB

Mendorong Tiga Daerah Tertinggal

TIGA Kabupaten, Pasaman Barat, Dharmasraya dan Solok Selatan, pada hari yang sama Rabu kemarin (7/1), memperingati Hari Ulang Tahun ke 11. Tentu saja kita pantas mengucapkan Selamat Ulang Tahun dan Hari Jadi kepada segenap pimpinan dan masyarakat di ketiga daerah ini. Seperti diketahui, Pasaman Barat adalah kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Pasaman berdasarkan UU No.38 Tahun 2003. Demikian pula Dharmasraya hasil pemekaran Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Solok Selatan meru­pakan hasil pemekaran Kabupaten Solok yang diresmikan pada tanggal 7 Januari 2004 berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2003.

Rabu,07 Januari 2015 - 18:43:27 WIB

Matahari Terbit Butuh Regenerasi

PAN GELAR RAKERNAS JAKARTA, HALUAN—Po­litisi PAN Hanafi Rais me­nilai partainya mem­bu­tuhkan regenerasi pada sosok calon ketua umum partai dan memiliki gagasan pem­baruan. “PAN butuh sosok pe­mimpin partai yang bisa menjawab dahaga para kader akan regenerasi dan gagasan pembaruan, sejauh ini dua hal tersebut ada pada Pak Zulkifli Hasan,” kata Hanafi melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu.

Rabu,07 Januari 2015 - 18:42:40 WIB

Hasil Pleno Bawaslu Segera Diumumkan

KOMISIONER PANWASLU KABUPATEN/ KOTA DITETAPKAN PADANG, HALUAN — Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat (Sumbar) Elly Yanti mengatakan, pihaknya sudah memplenokan dan menetapkan nama-nama peserta yang lolos dalam seleksi calon Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) masing-masing kabupaten/ kota se-Sumbar. Namun Bawaslu belum bisa mengumumkan, karena ada beberapa ketentuan yang belum terpenuhi. “Kami sudah melakukan pleno pada tanggal 30 De­sember 2014 lalu, dan sudah ditetapkan siapa saja yang lolos. Namun kami belum bisa mengumumkan karena ada beberapa orang yang ad­mi­nistrasinya belum lengkap yakni ada yang belum tanda tangan. Ditambah lagi Pak Surya Efrimen sedang ke dae­rah,” jelas Elly, Rabu (7/1).

Rabu,07 Januari 2015 - 18:41:54 WIB

Hari Ini, DPRD Panggil Dishub

TARIF ANGKOT PADANG, HALUAN — Hari ini Kamis (8/1), DPRD Kota Padang akan memanggil Dishubkominfo, YLKI, Organda, BPSK untuk menyesuaikan tarif angkutan kota (angkot) pasca penurunan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dari Rp8.500 menjadi Rp7.600 yang dilakukan pemerintah per 1 Januari 2015. “Tujuan kami memanggil pihak terkait, agar dapat menyesuaikan tarif angkot pasca penurunan BBM,” kata Ketua Komisi III DPRD Kota Padang, Yandri kepada Haluan, kemarin.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM