Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Kamis,05 Februari 2015 - 19:05:39 WIB

Korong Rukam Tak Lagi Terisolasi

JEMBATAN PENGHUBUNG DIBANGUN PADANG PARIAMAN, HALUAN — Masyarakat Ko­rong Rukam, Pauah Ma­nih, Kena­garian Koto Dalam, Ke­ca­matan Padang Sago, Ka­bu­paten Padang Pariaman me­ras­a gem­bira dan juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Padang Pariaman, karena korong yang dulunya terisolir kini sudah mulai ada perubahan yang dirasakan oleh ma­sya­rakatnya sendiri. “Dulu kampung saya sa­ngat terasa tertinggal sekali jika dibandingkan dengan korong yang lain, hal itu di­sebabkan dengan kondisi jalan yang sangat buruk apabila hari hujan semua jalan dipenuhi oleh genangan air bak seperti kubangan kerbau,” jelas Un­dune (45) kepada Haluan Rabu (4/2).

Kamis,05 Februari 2015 - 19:03:23 WIB

Pertumbuhan Ekonomi RI Hanya 5,02 Persen

TAHUN 2014 MELESET DARI TARGET JAKARTA, HALUAN — Badan Pusat Statistik (BPS) mela­porkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2014, dengan tahun dasar 2010 sebe­sar 5,02 persen (kumulatif kuar­tal I-V).  Hal itu tidak sesuai dengan target peme­rintah, yang mema­tok pertum­buhan ekono­mi sepanjang 2014 mencapai 5,5 persen. Sementara itu dibanding periode sama tahun lalu, Pro­duk Domestik Bruto (PDB) RI tumbuh 5,01 persen. PDB dengan perhitungan tahun dasar 2010 ini tercatat menga­lami perlambatan. Dengan tahun dasar sama, pertum­buhan ekonomi pada 2010 sebesar 6,38 persen, sementara itu pertum­buhan ekonomi pada 2011 sebesar 6,17 persen. Adapun pertumbuhan eko­nomi pada 2012 tercatat sebe­sar 5,58 per­sen, sedangkan pada 2014 lalu pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya 5,02 persen. “Peran paling tinggi adalah industri pengolahan dengan share sebesar 21,02 persen, pertum­buhannya 4,63 persen,” ucap Kepala BPS Suryamin, dalam paparan, Kamis (5/2).  Dia menjelaskan, ada pe­ning­katan pada industri maka­nan dan minuman dipicu kam­panye. Industri perceta­kan juga menga­lami pertumbuhan signifikan, termasuk industri lo­gam, industri barang bukan logam, serta industri permesinan.

Kamis,05 Februari 2015 - 19:02:57 WIB

Bank Nagari Dukung Modal Kerja Dharmasraya

DHARMASRAYA, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Dhar­masraya gandeng Bank Nagari untuk mendukung pengembangan KUD terutama untuk modal kerja KUD se Kabupaten Dharmasraya. “Kita sudah didukung oleh Bank Nagari untuk  modal kerja, semua­nya itu adalah untuk mem­bangun perekonomian masyarakat melalui KUD,”kata Bupati Dhar­masraya, H.Adi Gunawan didam­pingi Kepa­la Dinas Koperasi Pe­rin­dustrian Perdagangan dan Pasar (Koperin­dag dan Pasar), H.Khai­rudin,­SE,­MM dan Kepala Cabang Bank Nagari Koto Baru Tasman,SE dide­pan pengurus KUD se Kabu­paten Dharmasraya. Dikatakannya, tanpa ada duku­ngan pihak perban­kan, suatu usaha atau KUD sulit untuk berkembang dan maju, apa­lagi dukungan yang diberikan berben­tuk modal kerja, artinya perbankan menyuruh KUD untuk lebih ber­kem­bang dari yang ada sekarang ini.

Kamis,05 Februari 2015 - 19:02:25 WIB

Produksi Padi Digencarkan Demi Swasembada

SOLOK, HALUAN — Kota Solok melalui Dinas Pertanian Perikanan Kehutanan sedang gencar melakukan peningkatan produksi padi dengan sasaran akhir menuju swasembada pangan seperti diharapkan pemerintahan Jokowi. Kendati luas areal pertana­man padi sawah hanya 1.800 hektar sudah termasuk sawah tadah hujan, tidaklah menjadi halangan karena sesuai potensi yang ada dimaksimalkan, jelas Kepala Dinas Pertanian Peri­kanan kehutanan Kota Solok Jefrizal di Kota Solok Senin lalu.

Kamis,05 Februari 2015 - 19:01:58 WIB

Pasaman Ikuti Seleksi Kabupaten Sehat Swastisaba Wiwerda

PASAMAN, HALUAN — Kabupaten Pasaman kembali mengikuti verifikasi penilaian untuk penghargaan kota/kabupaten sehat kategori Swastisaba Wiwerda. Tahun 2013 lalu, peng­hargaan Swastisaba Padapa berhasil ditorehkan oleh Kabu­paten Pasaman dengan me­ngusung tiga menu atau kawasan sehat. Pada tahun 2015, naik great ke Wiwerda yang mengusung lima menu atau kawasan sehat.

Kamis,05 Februari 2015 - 19:01:27 WIB

Penjual Pakaian Bekas Tak Surut

MENGANDUNG BAKTERI PEKANBARU, HALUAN — Pasca keluarnya himbauan pemerintah terkait pelarangan menjual pa­kaian bekas impor, sejumlah pedagang pakaian bekas di Kota Pekanbaru terkesan tidak surut. Padahal, pe­me­rin­tah melalui Kementerian Per­dagangan RI, menyebut bahwa telah ditemukan sebanyak 216.000 koloni bakteri per gram dalam setiap celana impor bekas. Dirjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Kementarian Perdagangan, Wi­dodo mengatakan, temuan itu diperoleh berdasarkan hasil uji laboratorium terhadap celana impor yang diduga terkena cairan menstruasi. Kepada para pedagang, pihaknya mengimbau untuk tidak lagi memperjualkan pakaian impor bekas.

Kamis,05 Februari 2015 - 19:00:45 WIB

Standar Mobnas DPRD Rohil Rp720 Juta

BAGANSIAPIAPI, haluan — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rohil kem­bali mengang­garkan mobil dinas (mobnas di tahun 2015 ini. Dalam Anggaran Pen­dapa­tan Belanja Daerah (AP­BD) Kabupaten Rohil tahun 2015, standar harga untuk 25 unit mobnas anggota dewan di daerah itu sebesar Rp720 juta/ unit. Sekretaris DPRD Rohil, Syam­suri Ahmad ketika di­kon­firmasi membenarkan hal itu. Di­kata­kan­nya, saat ini usulan tersebut sedang di­ferivikasi oleh Gubernur Riau. “Iya, kemaren kita usulkan, se­karang sedang di verifikasi,” ujar Syamsuri, Kamis (5/2).

Kamis,05 Februari 2015 - 18:56:53 WIB

PAUD Masih Dianggap Pendidikan Sekunder

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih sering dianggap pendidikan sekunder. Akibatnya banyak orang tua yang lebih memilih untuk langsung menyekolahkan anaknya ke Sekolah Dasar. Sebenarnya, perlukah anak diikutkan dalam PAUD? Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) Prof. Lydia Freyani Hawadi mengatakan, sebaiknya anak-anak usia 2-6 tahun diikutkan PAUD karena di tempat ini anak-anak mendapat penga­laman, sosialisasi, serta pengajaran pada masa terpenting dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Rabu,04 Februari 2015 - 19:30:47 WIB

Niat Baik Berubah di Tengah Jalan

Kisruh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) - Polisi Republik Indonesia (Polri) telah membuat sendi-sendi kehidupan Negara Kesa­tuan Republik Indonesia (NKRI) kian terasa rapuh. Kecintaan kita terhadap tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara sedang mendapat ujian berat. Harmoni antar lembaga negara sedang diterpa badai. Jika tidak hati-hati dalam penyelesaiannya. Semua peristiwa yang akhir-akhir ini menyita perhatian publik, dimulai dari sikap dan tindakan pemimpin yang sering ceroboh, lupa dan berubah arah dari sebelum ia mendapatkan jabatan. Penyebabnya, lemahnya benteng moral yang menahan godaan hawa nafsu. Kelemahan ini memiliki hubungan erat dengan tingkat spiritualitas, keimanan dan ketaqwaan.

Rabu,04 Februari 2015 - 19:29:24 WIB

BG Tolak Mundur, Suhardi Alius Mengapung

JAKARTA, HALUAN — Wakil Ke­pala Kepolisian RI Komisaris Jenderal Badrodin Haiti menga­takan calon Kepala Polri Budi Gunawan belum akan mengun­durkan diri menyusul munculnya imbauan Menteri Sekretaris Ne­gara Pratikno agar dia segera mundur dari pencalonan. “Kemarin, kan, Pak Men­sesneg (Pratikno) sudah me­ngim­bau (Budi Gunawan) agar me­ngun­durkan diri. Tapi, setelah kami komunikasikan, Pak Budi Gunawan masih akan menunggu proses pra­peradilannya,” kata Badrodin di Kantor Presiden, Rabu, (4/2) yang dilan­sir dari tempo.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM