Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Jumat,09 Januari 2015 - 20:12:53 WIB

Kemenaker Berantas Calo TKI Liar

TERBITKAN ATURAN BARU JAKARTA, HALUAN — Kementerian Ketenagakerjaan berupaya memberantas calo TKI liar, salah satunya menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 22 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri. Menteri  Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengaku, peraturan tersebut tetap diba­rengi dengan berkeliling ke berbagai pelosok daerah un­tuk memastikan calo TKI secara illegal tak ada lagi.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:12:20 WIB

Al-Qaeda Rencanakan Serangan Spektakuler di Inggris

LONDON, HALUAN — Setelah pembantaian yang menewaskan 12 orang di Paris, kepala badan Intelijen Inggris MI5, Andrew Parker, memperingatkan bahwa Al-Qaeda juga merencanakan serangan massal yang spektakuler di Inggris. Dilansir Daily Mail, Jum­at, 9 Januari 2015, Direktur Jenderal MI5 itu mengungkap bahwa Al-Qaeda mengarah­kan para pendukung fanatik mereka di Inggris dari luar negeri, dengan membajak pe­ner­bangan atau penem­bakan massal.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:11:58 WIB

353 Warga Sipil Dibunuh di Sudan Selatan

JUBA, HALUAN — Pem­berontak di Sudan Selatan membunuh 353 warga sipil April tahun lalu, termasuk mereka yang mengungsi di sebuah masjid, rumah sakit dan pangkalan PBB, kata para penyelidik hak asasi manusia PBB, Jumat. Laporan itu, untuk pertama menjelaskan detail dari dua insiden yang menyo­roti satu pola pelanggaran keras dan kejahatan yang kejam dalam perang saudara di negara termuda dunia itu.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:11:33 WIB

Penyerang “Charlie Hebdo” Dilatih Alqaeda Yaman

WASHINGTON, HALUAN — Salah satu dari dua bersaudara tersangka pelaku serangan maut ke majalah satiris Prancis Charlie Hebdo diyakini dilatih oleh Alqaeda Yaman, kata seorang pejabat AS seperti dikutip AFP. Seorang pejabat AS lainnya berkata kepada AFP bahwa dua bersaudara Cherif dan Said Kouachi, yang menjadi tersangka pembunuhan 12 orang pada Rabu lalu di kantor pusat majalah itu di Paris, sudah bertahun-tahun menjadi daftar awas teroris yang dibuat AS.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:09:58 WIB

KPU Hitung Ulang Anggaran Pilkada

PADANG, HALUAN — Dicukurnya anggaran pelaksanaan Pilkada serentak pada APBD Sumbar 2015 oleh Kementerian Dalam Negeri, membuat KPU Sumbar mengambil langkah cepat dengan melakukan penyesuaian dan penghitungan ulang terkait kebutuhan anggaran pelaksanaan Pilkada serentak, yang rencananya akan digelar Desember 2015. “Anggaran yang tersisa sebesar Rp25 miliar (setelah dipangkas Rp40 miliar) itu, jelas mengancam suksesi pe­laksanaan Pilkada serentak di Sumbar,” kata Ketua KPU Sumbar, Amnasmen.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:09:16 WIB

GOR H Agus Salim Masih Milik Pemprov Sumbar

DIKELOLA KOTA PADANG PADANG, HALUAN — Meski Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menyerahkan aset GOR H Agus Salim kepada Pemerintah Kota Padang, namun, hak kepemilikan aset ini masih tercatat sebagai aset Pemprov Sumbar. Hal ini ditegaskan Kepala Biro Pengelolaan Aset Set­daprov Sumbar Novrial Jumat (9/1) saat Haluan meng­kon­firmasi masalah ini. “Aset GOR H Agus Salim masih milik kita (Pemprov Sumbar,-red), yang kita berikan kepada Kota Padang hanya penge­lolaannya saja atau istilahnya pinjam pakai,” kata Novrial.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:08:33 WIB

Terminal Angkot Beroperasi Pertengahan Februari

PADANG, HALUAN — Terminal angkutan kota (Angkot) Padang direncanakan beroperasi pertengahan Februari mendatang. Angkot yang berasal dari arah timur seperti Indarung dan Gadut serta angkot dari arah selatan seperti Mato Aia, sudah bisa menurunkan peumpang dengan leluasa tanpa menganggu arus lalu lintas. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi, dan Informasi Kota Padang Rudy Rinaldy menjelaskan pihaknya ingin secepatnya bisa mengoperasikan terminal tersebut. Namun, untuk mengoperasikan pangkalan angkot perlu beberapa tahapan, antara lain me­lakukan sosialisasi kepada sopir dan pengusaha angkot, serta ke Organda. Selan­jutnya, akan dilakukan pertemuan dengan kepolisian dan pihak terkait.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:08:05 WIB

Satpol PP Utamakan Langkah Persuasif

PENEGAKAN PERDA PENGELOLAAN SAMPAH PADANG, HALUAN—Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang lebih me­ngu­tamakan persuasif dalam me­ne­gakan Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang Nomor 21 Tahun 2012 tentang Penge­lolaan Sampah. Yaitu berupa ajakan dan nasehat tidak mem­buang sampah sembarangan. “Sudah 9 hari Perda sam­pah ini dijalankan. Kita juga sudah mendapatkan beberapa masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan langsung kita berikan nasehat, setelah itu baru surat teguran dan selanjutnya  denda. Kita sebagai penegak Perda, me­mang lebih mengutamakan persuasif ketimbang hu­kuman. Kepatuhan mas­yarakat itulah sebenarnya yang kita inginkan,” kata Kasatpol PP Padang Andre Algamar, kemarin.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:07:43 WIB

Ruang Terbuka Hijau Ditempati PKL

PADANG, HALUAN — Keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Padang yang disediakan oleh pemerintah belum tertata dengan baik. Ruang terbuka hijau yang semestinya asri ini dipenuhi oleh sampah berserakan dan pedagang kaki lima serta muda-mudi berpacaran. Meskipun beberapa kali ditertibkan, PKL tetap bertahan di kawasan ini.  Tini, salah seorang PKL menjelaskan dia sudah hampir tiga tahun berjualan di lokasi tersebut. Apalagi, banyak polisi yang menjadi langganan minum di warungnya. “Sudah tiga tahun saya jualan di Imam Bonjol, dahulu ada ditertibkan. Tapi sekarang tidak lagi, mudah-mudahan tidak ada lagi penertiban karena penghasilan saya di sini cukup banyak,” tutur Tini, Jumat (9/1) ketika didatangi Haluan.

Jumat,09 Januari 2015 - 20:07:12 WIB

Semen Padang Terancam Pindah Kandang

PADANG, HALUAN — Semen Padang terancam tidak bisa bermain di Stadion H. Agus Salim Padang pada ISL mendatang. Tidak bisanya Semen Padang bermain di Stadion kebangaan Kota Padang ini disebabkan karena tidak lolos dari verifikasi stadion yang dilakukan oleh PT. Liga Indonesia. PT LI beranggapan bahwa Stadion H. Agus Salim masih tidak layak menggelar ISL. PT Liga Indonesia selaku operator kompetisi Indonesia Super League (ISL) sudah merampungkan verifikasi di beberapa stadion home base klub peserta ISL 2015.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM