Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Rabu,04 Februari 2015 - 18:54:35 WIB

SDN 14 Nan Sabaris Raih Adiwiyata Nasional 2014

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Sebuah prestasi membanggakan berhasil diraih SD Neger 14 Nan Sabaris. Panitia penilaian dari pusat telah menyatakan SDN 14 sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional 2014. Menurut Bupati Ali Mukhni, ini prestasi di penghujung tahun. Bupati berharap, jajaran dinas pendidikan agar terus melakukan pembenahan-pem­­benahan dalam rangka meningkatkan kualitas pen­didikan. "Padang Pariaman tidak hanya terfokus pada pen­ca­paian sekolah Adiwiyata, namun lebih pada peningkatan mutu pendidikannya," kata Ali Mukhni.

Rabu,04 Februari 2015 - 18:54:12 WIB

Bupati dan Muspida Tanam Perdana Padi di Pagaruyuang

PAGARUYUNG, HALUAN — Padi jenis bibit unggul Ramuan Organik Tanaman (Rotan) dibudidayakan kepada petani Luhak nan Tuo. Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadigoe bersama anggota Muspida secara seren­tak turun langsung melakukan penanaman perdana pada la­han Keltan Sawah Tabek Jo­rong Gudam Nagari Pagaru­yuang, Kamis (28/1) lalu.

Rabu,04 Februari 2015 - 18:52:30 WIB

Mengenal Penyakit Diabetes

Diabetes mellitus atau kencing manis terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat akibat gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Glukosa sangat penting bagi kesehatan karena merupakan sumber energi utama bagi otot dan jaringan. Jika anda memiliki diabetes tipe apapun, itu berarti anda memiliki terlalu banyak glukosa. Terlalu banyak glukosa dalam darah akan menye­babkan masalah yang serius. Diabetes kronis terdiri dari diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:40:19 WIB

Mensesneg Minta BG Mundur

PRESIDEN KUMPULKAN PETINGGI HANKAM JAKARTA, HALUAN — Ada sinyal kuat Presiden Joko Wi­dodo (Jokowi) akan mem­batal­kan pelantikan Komjen Budi Gunawan (BG) jadi Kapolri.  Diawali pemanggilan eks Ka BIN Hendropriyono ke Istana Negara dan pernyataan Mensesneg Pra­tik­no yang mengimbau Budi Gunawan mundur, Selasa (3/2). Hendropriyono datang ke Ista­na pukul 10.30 WIB. Dia mengaku dipanggil Presiden Jokowi. 15 Menit setelah keda­tangan Hendro, Seskab Andi Widjajanto merapat ke tempat yang sama. Andi yang biasanya gampang memberi kete­rangan, kali ini bersikap seba­liknya. Andi memilih langsung masuk ke dalam Istana.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:38:44 WIB

Jeruk Pasaman Mengulang Kejayaan

SENTRA BUAH-BUAHAN DI SUMBAR Kulitnya tipis, rasanya manis dan tidak berbiji. Rasa­nya yang enak dan manis m­e­nga­lahkan produk impor dan itu terbukti di pasaran, baik pa­sar lokal maupun luar daerah. Ya, itulah jeruk asal Pasa­man Barat. Sejak sekitar satu tahun terakhir ini, jeruk pasa­man kembali hadir di pasaran Pasaman Barat hingga provinsi tetangga Riau. Ada sekitar sepuluh tahun jeruk pasaman  tenggelam di pasa­ran. Akibat serangan hama, ratusan hek­tare kebun jeruk warga Pasa­man Barat, mati dan buahnya berguguran.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:38:06 WIB

Dua Pasien Lagi Positif Difteri

DUA MENINGGAL PADANG, HALUAN — Penyakit difteri memang membahayakan. Dari tujuh pasien suspect (diduga) difteri yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat M. Djamil, dua di antaranya dinyatakan meninggal dunia. Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Rinang Mariko selaku ketua tim dokter penanganan kasus difteri di RSUP M. Djamil kepada wartawan dalam jumpa pers pada Selasa (3/2).

Selasa,03 Februari 2015 - 19:37:16 WIB

Perawat Cantik Tewas Mencurigakan

PERGI BERSAMA OKNUM POLISI Jasad perawat cantik Dewi Septa Maidona ditemukan di sungai. Polisi menduga korban bunuh diri. Namun keluarga korban tak terima dan menduga Dewi dihabisi oknum polisi berinisial N. PASAMAN HALUAN — Pera­wat cantik bernama Dewi Septa Maidona (38), warga Simpang Rumbai Pasar Rao Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman dite­mukan tewas di sungai dekat Bendungan Panti-Rao, Senin (2/2) sekitar pukul 19.30 WIB.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:35:15 WIB

Penyiram Bensin Kalapas Ditahan

BUKITTINGGI, HALUAN — Pol­­res Bukittinggi akhirnya mene­tapkan Indra Nelfi sebagai tersang­ka kasus penganiayaan dan anca­man pembu­nuhan, Selasa (3/2). Tersangka saat ini juga telah resmi dita­han di rutan Mapolres Bukittinggi. Kasat Reskrim Polres Bukit­tinggi, AKP Albert Zai, Selasa (3/2) mengatakan, tersangka sudah diterbitkan surat perintah penaha­nan, pada Selasa (3/2). Dari hasil penyelidikan, baik terhadap bukti-bukti maupun keterangan korban, tersangka dan saksi, pelaku dinya­takan cukup bukti untuk dijadikan tersangka dan untuk ditahan.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:27:59 WIB

Lima Job Jadi Lowong

MUTASI PEJABAT DI PADANG PANJANG PADANG PANJANG. HALUAN — Walikota Hendri Arnis, Selasa (3/2) memutasi  145 pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kota Padangpanjang. Hanya saja, mutasi ini malah menyisakan lima jabatan setingkat kepala dinas menjadi lowong Lima jabatan setingkat badan dan dinas yang kosong  itu masing masing Bappeda, Dinas Perhubungan dan Ko­minfo, Dinas Pekerjaan Um­um, Dinas Porbudpar serta Dinas Kependudukan dan Capil.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:26:56 WIB

DPD Ajukan Hak Bertanya ke Presiden

JAKARTA, HALUAN — Se­banyak 53 senator atau anggota DPD menandatangani pe­nga­juan hak bertanya kepada Pre­siden terkait penurunan  harga bahan bakar minyak (BBM) yang tidak diikuti penurunan harga-harga bahan kebutuhan pokok (Sembako) dan transportasi. “Rakyat di daerah bingung dengan kondisi ini. Karena itu DPD menggunakan hak ber­tanya kepada Presiden Jokowi untuk menjawab secara lang­sung melalui sidang paripurna DPD,” kata anggota DPD AM. Fatwa (DKI Jakarta), kepada wartawan, Selasa (3/2).

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM