Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Rabu,21 Januari 2015 - 19:08:14 WIB

Pemkab Pessel Optimalkan Fungsi PPI dan TPI

PAINAN, HALUAN — Guna menghindari hilangnya pendapatan daerah disektor perikanan, Pemkab Pessel mengoptimalkan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Nelayan daerah tersebut selama ini selalu terjerat tengkulak saat menjual hasil tangkapan, hal itu menyebabkan kerugian pada nelayan termasuk kerugian pada daerah. Bupati Pessel Nasrul Abit Selasa (20/1) menyebutkan, tataniaga hasil tangkapan para nelayan belum bisa dijual dengan sistem yang lebih baik. Bahkan kecenderungan yang terjadi adalah tengkulak lebih mendominasi perniagaan ikan.

Rabu,21 Januari 2015 - 19:07:22 WIB

40 Ha Area Pertanian Pagaruyung Dibenahi

PENINGKATAN SWASEMBADA PANGAN TANAH DATAR, HALUAN — Guna menunjang swasembada pangan, perbaikan jaringan irigasi untuk kebutuhan areal persawahan seluas 40 hektare di Jorong Gudam, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, terus dicanangkan. Peletakan batu pertama untuk perbaikan irigasi ter­sebut dilakukan Kadis Per­tanian Perkebunan dan Ke­hutanan Edi Arman. Turut hadir pada kesempatan ter­sebut Jajaran Kodim 0307 Tanah Datar, Walinagari Paga­ruyung Jamaris, Wali Jorong, tokoh masyarakat dan anggota kelompok Tani Jorong Gu­dam, Kenagarian Pagaruyung.

Rabu,21 Januari 2015 - 19:06:26 WIB

TPID Gelar Inspeksi Pasar

PADANG, HALUAN — Dua hari pasca penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), harga kebutuhan bahan pokok belum menunjukkan penurunan yang berarti. Berdasarkan pantauan lang­­sung (inspeksi pasar) Ke­pa­la Perwakilan Bank In­donesia Sumatera Barat, Puji Atmoko dengan Wakil Guber­nur Sumatera Barat Muslim Kasim bersamaTim Pengen­dali Inflasi Daerah (TPID) ke Pasar Raya Padang, Selasa (20/1), harga kebutuhan pokok belum bergerak turun.

Rabu,21 Januari 2015 - 19:05:51 WIB

Harga Bawang dan Cabai Naik

SOLOK, HALUAN — Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar ternyata tak diikuti dengan penurunan harga sayuran. Malah sebaliknya,di pasar tradisonal Kota Solok harga bawang dan cabai justru mulai merangkak naik. “Kemarin saat pemerintah mengumumkan penurunan harga BBM, harga cabai sempat turun pula  menjadi Rp35 000 per kilogram,akan tetapi saat ini sudah naik lagi menjadi Rp45 000 per kilogram,”kata Agus,salah seorang pedagang  sayur di pasar tradisional Kota Solok.

Rabu,21 Januari 2015 - 19:05:27 WIB

Akhir 2015 Importir Ponsel Wajib Bikin Pabrik

JAKARTA, HALUAN — Untuk menekan angka impor ponsel, Kementerian Perindustrian bakal segera merealisasikan Peraturan Menteri Perdagangan No. 82 tahun 2012 tentang Ketentuan Impor Telepon Seluler. Dalam aturan tersebut tahun 2015 ini, atau setelah 3 tahun Permendag tersebut diteken, importir ponsel wajib untuk membangun pabrik di dalam negeri. “Sesuai dengan Permendag, setelah 3 tahun importir akan dievaluasi dan diwajibkan untuk bangun pabrik di Indonesia,” ujar Ignatius Warsito, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian, Rabu (21/1).

Rabu,21 Januari 2015 - 19:04:45 WIB

KAN Diharapkan Mampu Tuntaskan Sengketa dalam Kaum

TABEK, HALUAN — Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengharapkan kepada Kerapatan Adat Nagari (KAN), kalau terjadi perselisihan dan sengketa masalah harta pusaka di dalam kaum atau nagari diharapkan dapat diselesaikan di tingkat kaum atau pada tingkat nagari, jangan sampai masalah adat salingka nagari itu sampai ke ranah hukum. Hal ini disampaikan Wabup Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya pada acara pengukuhan pengurus KAN Tabek Kecamatan Pariangan bertempat di Balairong Sari Tabek Kecamatan Pariangan, baru-baru ini.

Rabu,21 Januari 2015 - 19:04:10 WIB

Sebelum Mengajar, Guru Harus Paham Kurikulum

SEMINAR PENDIDIKAN PADANG PARIAMAN, HALUAN — Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tentu seorang pengajar harus paham tentang kurikulum, karena sekarang ini banyak sekali tenaga pengajar yang kurang menguasai tentang kurikulum 2013, dan banyak paham dengan kurikulum 2006. Hal itu disampaikan oleh Drs Sucipto MPd, pakar pen­didikan dari Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di hadapan 200 kepala SMA, SMP dan Madrasah se-Kabupaten Pa­dang Pariaman dan Kota Pa­riaman, pada acara seminar sehari yang diselenggarakan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 2x11 Enam Lingkung, Sabtu (17/1).

Rabu,21 Januari 2015 - 19:02:38 WIB

Tanda Kulit Mengalami Stres

Siapa pun dapat mengalami stres, walaupun kadar stres berbeda-beda. Namun, hal ini kadang-kadang tidak disadari, bahkan tidak bisa dihindari. Sebuah riset oleh APA (Ame­rican Psychological Assos­ciation) menyebutkan bahwa saat pikiran dan emosi tidak seimbang, secara psikologis akan memberi pengaruh pada perubahan kondisi kulit. Se­mentara di lain pihak, jika kulit bermasalah, efek terburuknya adalah lunturnya kepercayaan diri seseorang. Selain tak indah dipandang, juga membuat wa­jah terlihat lebih tua dari usianya. Problem keluarga yang tak terduga, lingkungan kerja yang penuh persaingan, hingga rasa tidak percaya diri karena po­tongan rambut yang tidak sesuai seperti harapan, dapat menjadi pemicu timbulnya stres. Kadang-kadang, sebagai pelarian, kebiasaan buruk seperti merokok, makan tak teratur, minuman keras, seo­lah dapat dijadikan alternatif pereda stres. Namun, hal ini justru akan memperburuk kondisi kulit.

Selasa,20 Januari 2015 - 19:43:37 WIB

Mamak Korban Ajak Duel Terdakwa

SIDANG PEMBUNUHAN MIRA KEMBALI RICUH PADANG, HALUAN — Sidang kasus pembunuhan Mira Ju­wita (30), karyawati toko sepatu di Pasar Raya, Padang, Selasa (20/1) kembali beru­jung ricuh. Puluhan keluarga dan kerabat korban yang hadir di Penga­dilan Negeri Padang, selasa (20/1) tidak mampu menahan diri. Terlebih saat terdakwa yang diangkut meng­gunakan mobil bara­kuda sam­pai di Pengadilan Negeri Padang. Sidang yang beragendakan kete­rangan terdakwa ini ber­lang­sung tertutup, mengingat kasus ini masuk ke dalam kategori kasus cabul. Namun demikian, puluhan anggota keluarga yang menunggu di luar persidangan tidak henti-hentinya menyuarakan kekesalan.

Selasa,20 Januari 2015 - 19:42:24 WIB

Batu Akik, Tak Lagi Sekedar Soal Keindahan

Sumatera Barat memang ber­untung. Dari 34 provinsi di In­donesia, baru segelintir saja yang alamnya terdeksi me­miliki anugerah ba­­­tu akik yang me­mesona. Beberapa tahun yang lalu, batu akik di Sumbar identik dengan lelaki berumur. Sekarang, peng­gilanya bisa datang dari kalangan mana saja. Kenyataan itu me­nas­bihkan batu akik sebagai anugerah yang awalnya tak begitu disadari, kini jadi sumber penghasilan yang dicari-cari. Wakil Ketua Komunitas Batu Akik Mulia Sumatera Barat, Rudi Rasyid, mengatakan pada Haluan, batu akik adalah anugerah yang datang dari alam, untuk itu seha­rusnya anugerah itu harus dinikmati rata oleh seluruh penghuni alam tanpa ada pembedaan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM