Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Minggu,04 Januari 2015 - 19:22:36 WIB

Ashelfine Datangi Pimpinan Parpol

MAJU DALAM PILKADA SIJUNJUNG 2015 SIJUNJUNG,HALUAN — Keikutsertaan seorang pengusaha muda asal Pematang Panjang, Ashelfine dalam bursa calon bupati pada Pilkada Kabupaten Sijunjung 2015 mendatang, diprediksi akan memberikan warna tersendiri. Selain calon incumben, Ashelfine juga diprediksi kuat mampu mengambil hati pemilih di Kabupaten Sijunjung. Ashelfine yang merupakan pengusaha sekaligus praktisi hukum itu gencar melakukan kunjungan ke kantor Sekre­tariat Partai, seperti PAN, Demokrat dan PPP dan tidak tertutup kemungkinan akan menyambangi kantor partai lainnya. Selain itu, pria mudah bergaul dan gampang terse­nyum tersebut selalu me­nyem­patkan diri berkunjung ke na­gari-nagari untuk bersila­turah­mi dengan masyarakat terkait keikutsertaannya pada Pilkada mendatang.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:22:07 WIB

Pejabat Eselon III BLH Pasaman Dilantik

PASAMAN, HALUAN — Sebanyak 4 orang eselon tiga dan 10 orang eselon empat, pada Badan Ling­kungan Hidup (BLH) Kabupaten Pasaman dilantik. Pelantikan mereka, adalah tuntutan atas berubah status dari kantor ke badan pada lingkungan hidup. Empat orang eselon tiga yang dilantik berdasarkan SK Bupati Pasaman nomor 821. 23/06/BKD-2014 adalah, Sil­fia Evayanti yang sebelumnya menjabat Kepala Kantor Ling­kungan Hidup menduduki posisi baru sebagai Sekretaris pada Badan Lingkungan Hi­dup. Saat ini, Eva merangkap sebagai pelaksana tugas kepala badan. Kata Bupati, Kepala Badan Lingkungan Hidup yang definitif dilantik saat mu­tasi besar-besaran bagi pejabat eselon dua yang akan dilaksa­nakan dalam waktu dekat.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:21:39 WIB

Sepasang Burung Unta Tambah Koleksi TMSBK

BUKITTINGGI, HALUAN — Sepasang anak Burung Unta saat ini menjadi penghuni baru Taman Marga Satwa dan Bu­daya Kinatan  (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi. Meski saat ini masih dalam masa karantina, namun kedua ekor satwa ini menjadi favorit pengunjung. “Sepasang anak Burung Unta ini didatangkan dari penangkaran dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Ja­kar­ta. Burung Unta ini tiba di Bukittinggi pada Jumat 26 Desember 2014 lalu, dan dibe­ri nama masing-masing ‘Maha­raja’ untuk anak Burung Unta jantan, dan ‘Maharani’ untuk betina. Saat ini, keduanya ditempatkan di kandang ka­ran­tina,” tutur Kepala Bidang TMSBK Bukittinggi, Ikbal.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:21:07 WIB

Kombinasi Muslim dan Adat

SERAGAM BARU PNS AGAM AGAM, HALUAN — Pe­merintah Kabupaten Agam akan menerapkan pemakaian pakaian muslim yang dikom­binasikan dengan pakaian adat Minangkabau bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) setiap Kamis dan Jumat. “Namun untuk tahap awal, pe­makaian pakaian tersebut baru dite­rapkan oleh jajaran PNS di Kemenag Kabupaten Agam” kata bupati agam Indra Catri saat menghadiri acara puncak Hari Amal Bakti (HA­B) ke-69 di halaman Kan­tor Bupati Agam, Sabtu (3/1).

Minggu,04 Januari 2015 - 19:18:56 WIB

Wisatawan Serbu Ngalau Indah

PAYAKUMBUH, HALUAN — Objek Wisata di Payakumbuh, utamanya kolam renang prestasi dan kolam permainan atau water boom, di Taman Wisata Ngalau Indah Payakumbuh, selama libur sekolah dan tahun baru, padat pengunjung. Selama libur, ribuan wisatawan lokal dan dari berbagai kota/kabupaten di Sumatera Barat, termasuk tamu dari Pekanbaru,Riau berdatangan menikmati hiburan di kolam renang tersebut.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:16:45 WIB

Dharmasraya Tak Tertinggal Lagi

KADO TERINDAH HUT KE-11 PULAU PUNJUNG, HALUAN - Keluarnya Kabupaten Dharmasraya dari status daerah tertinggal, merupakan kado HUT Dharmasraya ke- 11. Salah satu faktor yang mem­buat Dharmasraya keluar dari status daerah tertinggal adalah, sarana trasnportasi jalan dan jembatan sudah tertata rapi, bahkan sudah mulus hingga pelosok-pelosok nagari se­menjak kepemimpinan Bupati H Adi Gunawan dan Wabup H Syafruddin R.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:16:14 WIB

Belanja Daerah Naik Rp30,2 Miliar

PAD PADANG PANJANG MENINGKAT PADANG PANJANG, HALUAN — Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis mengatakan, belanja daerah Kota Padang Panjang pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang Panjang tahun 2015, naik sebesar Rp30,2 miliar, yakni dari Rp542,2 miliar menjadi Rp572,4 miliar. "Kenaikan ini didasari oleh perkembangan asumsi Ke­bija­kan Umum Anggaran (KUA) pendapatan belanja dan pem­biayaan daerah, perubahan asumsi makro APBN, serta perubahan teknis adminis­tratif," kata Hendri.

Minggu,04 Januari 2015 - 19:14:28 WIB

Bupati Canangkan Gerakan Tanam Pohon Satu Miliar

PADANG ARO, HALUAN - Bupati Solok Selatan (Solsel), Muzni Zakaria mencanangkan Gerakan Pencanangan Penanaman Satu Miliar Pohon dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP), Selasa (30/12). Kegiatan ini dipelopori oleh Pemkab Solsel melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan, dan Tim PKK Solsel, dengan melakukan penanaman pohon di kawasan Golden Arm, Kecamatan Sangir. Kegiatan tersebut diawali dengan pernyerahan bantuan bibit pohon kepada penerima bantuan dari masing-masing kecamatan oleh bupati, dilan­jutkan Ketua TP-PKK dan Ketua IKA Solsel. Kemudian, dilanjutkan dengan pena­na­man pohon oleh bupati bersa­ma bersama Muspida beserta tamu undangan lainnya.

Kamis,01 Januari 2015 - 21:19:59 WIB

Lautan Manusia di Jam Gadang

MALAM TAHUN BARU Dari berbagai tempat perayaan malam pergantian tahun 2014-2015, kawasan Jam Gadang Bukittinggi masih jadi pilihan utama warga. Di sini, perayaan berjalan lancar, kendati di beberapa daerah diwarnai dengan kebakaran dan penangkapan pasangan ilegal. BUKITTINGGI, HALUAN — Lautan manusia memadati aca­ra pesta kembang api saat perayaan malam tahun baru di kawasan Jam Gadang Bukit­tinggi. Lautan manusia itu mulai memenuhi Jam Gadang sekitar pukul 19.00 WIB dan puncaknya pada pukul 23.00 WIB hingga pukul 01.30 WIB, hampir tidak ada celah bagi pengunjung untuk melintas.

Kamis,01 Januari 2015 - 21:18:27 WIB

Aan Bersepeda Menjemput Rindu Kepada Ibu

TAK PUNYA ONGKOS MUDIK Peluh sebesar butiran jagung jatuh dari kening Aan Suganda (20), bersamaan dengan penat di bagian pangkal paha dan betis kakinya, ketika ia melin­tasi kantor DPRD Solok Sela­tan, Rabu (31/12). Ratusan kilo meter jalan dari Pa­dang sudah ia lalui dengan menga­yuh sepe­da sehari sebelumnya. Tu­juannya pulang ke rumah­nya di Desa Sungai Lebuh, Keca­matan Sulak, Kabupaten Kerinci, untuk bertemu ibu dan sau­daranya. Libur semes­ter hingga awal Februari itu juga akan ia manfaatkan untuk bekerja seba­gai tambahan bia­ya untuk mem­bayar uang semester.

Kamis,01 Januari 2015 - 21:17:57 WIB

Cuaca Buruk Sulitkan Pencarian Korban AirAsia

JAKARTA, HALUAN — Upa­ya pencarian dan evakuasi korban pesawat AirAsia QZ8501 terus dilakukan pi­hak Basarnas. Sudah sem­bilan jenazah hingga Kamis (1/1), ditemukan tim pencari yang berasal dari berbagai unsur, termasuk beberapa bagian pesawat naas itu. Dari jumlah itu, masih ada satu jenazah yang tertahan di kapal karena cuaca buruk. Proses pencarian korban pesa­wat naas itu masih terkendala karena cuaca buruk yang terus berlangsung.

Kamis,01 Januari 2015 - 21:17:24 WIB

Ongkos Angkutan Belum Berubah

HARGA BBM TURUN PADANG, HALUAN — Terhitung sejak 1 Januari 2015 pukul 00.00 WIB, harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar merangkak turun. Sayangnya, operator SPBU di banyak tempat, tak serta merta mengganti daftar harga BBM yang tertera di SPBU. Sebagian, masih tetap “mem­biarkan” harga Rp8.500 dan Rp7.500 terpampang, kendati harga di tanki sudah dirubah menjadi Rp7.600 dan Rp7.250 untuk premium dan solar.

Kamis,01 Januari 2015 - 21:16:00 WIB

Pasar Padang Panjang Akan Segera Dibangun

PENDAFTARAN CALON PEMBELI DIBUKA PADANG PANJANG, HALUAN — Komitmen dan keseriusan Pemerintah Kota Padang Panjang untuk melalui serangkaian tahapan dalam mewujudkan rencana pembangunan pasar pusat di daerah berjuluk Serambi Mekkah itu di tahun 2015, sepertinya bukan sekedar isapan jempol. Terhitung mulai hari ini, Jumat 2 hingga 9 Januari 2015 mendatang, pendaftaran mulai dibuka untuk pemesanan kios atau los baru bagi para pedagang dan masyarakat umum.

Kamis,01 Januari 2015 - 21:13:29 WIB

Geliat Intelektualitas Minangkabau

Sebulan men­je­lang  berakhirnya tahun 2014, terjadi dua dialog tak lang­sung (indirect dia­logue) tentang bagaimana se­mes­tinya masyarakat Sumbar mereaksi dan berkreasi dalam menghadapi perkembangan zaman, terutama soal arus mo­dernitas yang memiliki imbas negatif terhadap nilai-nilai ke­mi­nangan dan terhadap stagnasi perekonomian daerah yang dihuni oleh masyarakat Mi­nang. Dialog tak langsung ini terjadi antara sosiolog kena­maan Su­matera Barat, Doktor Moctar Naim, dan Menteri Peren­canaan Pembangunan Na­sio­nal/Kepala Bappenas di era Jokowi-JK,  Andrinof Cha­niago, yang nota­bene juga ber­latarbelakang Minang­kabau. Pada acara ulang tahun perak Gerakan Seribu Minang­kabau atau Gebu Minangkabau di Gedung Mang­gala­wanabakti, Jakarta, beberapa waktu lalu, Andrinof Chaniago memberi wejangan yang cukup  pe­nting untuk masyarakat Mi­nang­kabau, terutama yang ada di ranah Minang Sumatera Barat.

Kamis,01 Januari 2015 - 21:10:48 WIB

Kado Tahun Baru 2015

Mulai kemarin, ki­­­ta memasuki ta­­hun baru 2015. Me­ngin­jak 1 Januari, ha­ri pertama di tahun baru, rakyat In­do­nesia men­dapat kado dari pe­merintah berupa penu­runan harga bahan bakar minyak (BBM). Tentu saja penurunan harga BBM men­­jadi hadiah yang meng­gembirakan, terutama bagi masyarakat yang terimbas oleh kenaikan harga BB­M sebelumnya, 18 November 2014. Penurunan harga te­r­se­but mengikuti harga mi­nyak dunia yang saat ini selalu turun. Selanjutnya harga pre­mium dan solar akan terus dievaluasi setiap bu­lan me­ngi­kuti per­kem­ba­ngan har­ga minyak dunia, plus nilai tukar rupiah ter­hadap dolar AS dua bulan sebelumnya. Harga baru BBM itu di­umum­kan Men­ko Pere­ko­nomian Sofyan Djalil, saat konferensi pers, di kantor Kemenko Pere­konomian, Jakarta. Sofyan me­ma­­par­kan penurunan harga ter­sebut bersama de­ngan empat menteri eko­nomi lainnya, yakni Menteri Ke­uangan Bambang Bro­djonegoro, Men­teri ESDM Sudirman Said, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menko Ma­ritim Indroyono Soesilo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM