Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Rabu,04 Februari 2015 - 18:57:09 WIB

Satpol PP Masih Butuh 143 Personil Baru

BUKITTINGGI, HALUAN — Satpol PP Kota Bukittinggi mendapatkan 14 personil tenaga baru untuk menambah kekuatan di lapangan. Namun dari 14 personil itu, baru 11 personil yang telah bergabung, sementara tiga personil lainnya akan menyusul dalam waktu dekat. Namun secara keseluruhan jumlahnya masih kurang. “Ya, baru 11 personil yang telah masuk, sementara yang tiga lagi masih menunggu ke­lengkapan atribut. Ke-14 per­sonil baru itu memang ditu­gaskan untuk memperkuat tena­ga di lapangan,” ujar Ke­pa­la Kantor Satpol PP Bukit­tinggi, Syafnir, Rabu (4/2).

Rabu,04 Februari 2015 - 18:56:32 WIB

Pemkab Tak Mampu Tingkatkan PAD

PENGALIHAN KAS DAERAH LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Dengan dialihkannya kas daerah dari Bank  Nagari ke bank swasta demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dinilai pemerintah tidak mampu untuk mencari solusi lain untuk menggenjot pemasukan bagi daerah. Sehingga, kepala daerah terpaksa mengihkan kas dengan harapan mendapatkan bunga tinggi. Hal itu dikatakan Yudilfan Habib Pemerhati Luak Limopuluah.  Dia turut kecewa atas kebijakan Bupati Limapuluh Kota me­min­dahkan kas daerah ke 3 bank swasta. “Kalau untuk meningkatkan PAD, bukan begitu ca­ranya. Kepala daerah harus bisa menciptakan terobosan baru supaya pemasukan daerah bisa meningkat,” tegas Yudilfan Habib.

Rabu,04 Februari 2015 - 18:56:05 WIB

Kendaraan Pelat Merah Tertangkap Saat Razia

SIJUNJUNG, HALUAN — Meski telah sering dilakukan razia dan dilakukan penin­dakan kepada para pengan­dara kendaraan bermotor terkait kelengkapan surat-surat kenderaan oleh Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Sijunjung, ternyata tak mem­buat jera sebagian pengemudi kendaraan bermotor untuk tidak mengulanginya lagi. Buktinya, saat digelar razia rutin oleh jajaran Satlantas Polres Sijunjung, Rabu (4/2), masih banyak ditemukan pengguna kenderaan ber­motor yang tidak taat aturan. Seti­daknya, lebih dari 25 kenderaan bermotor ditilang petugas, tiga kenderaan jenis roda dua ter­pak­sa ditahan petugas karena tidak me­miliki pelat nomor kenda­raan dan STNK serta SIM. Dalam razia yang digelar tersebut, petugas tidak hanya menilang para warga yang tidak memiliki kelengkapan surat kenderaan, namun bebe­rapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga kedapatan petugas tidak memiliki surat izin me­nge­­mudi dan kelengkapan ken­daraan lainnnya seperti STNK dan dokumen penting lainnya.

Rabu,04 Februari 2015 - 18:55:30 WIB

Santunan Wajib Kecelakaan Bakal Dinaikkan

JAKARTA, HALUAN — Oto­ritas Jasa Keuangan (OJK) akan menaikkan besaran san­tunan dan sumbangan wajib bagi kecelakaan penumpang angkutan darat, sungai, danau, laut dan udara. Regulator jasa keuangan ini sudah menyiap­kan dua rancangan peraturan OJK (RPOJK) soal ini. Dalam RPOJK terbaru, besaran santunan korban me­ning­gal dunia karena kecela­kaan di darat sebesar Rp40 juta. Sebelumnya, santunan yang diberikan kepada ahli waris hanya Rp25 juta. Begitu juga dengan biaya perawatan naik dari Rp10 juta menjadi Rp20 juta.

Rabu,04 Februari 2015 - 18:55:07 WIB

Pertamina Merugi

TURUNKAN HARGA SOLAR SUBSIDI JAKARTA, HALUAN — PT Pertamina (Persero) mengharapkan agar penyesuain harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar mempertimbangkan kondisi MoPS dalam sebulan atau dua pekan sebelumnya. Pernyataan itu menanggapi usulan parlemen yang menginginkan adanya penyesuaian harga solar subsidi ke Rp6.000 per liter. Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang menuturkan usulan adanya penurunan harga BBM bersubsidi jenis solar berdasarkan kondisi rata-rata harga MoPS pada 24 Januari 2015 sebesar US$66,9 per barel. Namun, yang terjadi Februari 2015, pergerakan harga MoPS telah membentuk kurva ‘V’ sehingga ada kekhawatiran justru membuat beban operasional tambahan kepada Pertamina.

Rabu,04 Februari 2015 - 18:54:35 WIB

SDN 14 Nan Sabaris Raih Adiwiyata Nasional 2014

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Sebuah prestasi membanggakan berhasil diraih SD Neger 14 Nan Sabaris. Panitia penilaian dari pusat telah menyatakan SDN 14 sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional 2014. Menurut Bupati Ali Mukhni, ini prestasi di penghujung tahun. Bupati berharap, jajaran dinas pendidikan agar terus melakukan pembenahan-pem­­benahan dalam rangka meningkatkan kualitas pen­didikan. "Padang Pariaman tidak hanya terfokus pada pen­ca­paian sekolah Adiwiyata, namun lebih pada peningkatan mutu pendidikannya," kata Ali Mukhni.

Rabu,04 Februari 2015 - 18:54:12 WIB

Bupati dan Muspida Tanam Perdana Padi di Pagaruyuang

PAGARUYUNG, HALUAN — Padi jenis bibit unggul Ramuan Organik Tanaman (Rotan) dibudidayakan kepada petani Luhak nan Tuo. Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadigoe bersama anggota Muspida secara seren­tak turun langsung melakukan penanaman perdana pada la­han Keltan Sawah Tabek Jo­rong Gudam Nagari Pagaru­yuang, Kamis (28/1) lalu.

Rabu,04 Februari 2015 - 18:52:30 WIB

Mengenal Penyakit Diabetes

Diabetes mellitus atau kencing manis terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat akibat gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Glukosa sangat penting bagi kesehatan karena merupakan sumber energi utama bagi otot dan jaringan. Jika anda memiliki diabetes tipe apapun, itu berarti anda memiliki terlalu banyak glukosa. Terlalu banyak glukosa dalam darah akan menye­babkan masalah yang serius. Diabetes kronis terdiri dari diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:40:19 WIB

Mensesneg Minta BG Mundur

PRESIDEN KUMPULKAN PETINGGI HANKAM JAKARTA, HALUAN — Ada sinyal kuat Presiden Joko Wi­dodo (Jokowi) akan mem­batal­kan pelantikan Komjen Budi Gunawan (BG) jadi Kapolri.  Diawali pemanggilan eks Ka BIN Hendropriyono ke Istana Negara dan pernyataan Mensesneg Pra­tik­no yang mengimbau Budi Gunawan mundur, Selasa (3/2). Hendropriyono datang ke Ista­na pukul 10.30 WIB. Dia mengaku dipanggil Presiden Jokowi. 15 Menit setelah keda­tangan Hendro, Seskab Andi Widjajanto merapat ke tempat yang sama. Andi yang biasanya gampang memberi kete­rangan, kali ini bersikap seba­liknya. Andi memilih langsung masuk ke dalam Istana.

Selasa,03 Februari 2015 - 19:38:44 WIB

Jeruk Pasaman Mengulang Kejayaan

SENTRA BUAH-BUAHAN DI SUMBAR Kulitnya tipis, rasanya manis dan tidak berbiji. Rasa­nya yang enak dan manis m­e­nga­lahkan produk impor dan itu terbukti di pasaran, baik pa­sar lokal maupun luar daerah. Ya, itulah jeruk asal Pasa­man Barat. Sejak sekitar satu tahun terakhir ini, jeruk pasa­man kembali hadir di pasaran Pasaman Barat hingga provinsi tetangga Riau. Ada sekitar sepuluh tahun jeruk pasaman  tenggelam di pasa­ran. Akibat serangan hama, ratusan hek­tare kebun jeruk warga Pasa­man Barat, mati dan buahnya berguguran.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM