Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Jumat,03 April 2015 - 20:02:57 WIB

Gunung Sinabung Masih Bergejolak

MEDAN, HALUAN — Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara masih bergejolak dengan terus mengeluarkan awan panas dan tremor secara terus menerus. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan singkat yang diterima Antara di Medan, Jumat (3/4) mengatakan, aktivitas Gunung Sinabung itu tercatat berdasarkan laporan pos pengamatan yang disiagakan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Jumat,03 April 2015 - 20:01:45 WIB

Jalan Teluk Kabung ke Mandeh Dilanjutkan

UNTUK DONGKRAK PERIWISATA SUMBAR PADANG, HALUAN — Pembukaan ruas jalan Teluk Kabung (Padang)- Mandeh- Tarusan (Pessel) tinggal 13 kilometer lagi. Direncanakan tahun ini, dilakukan pembukaan sepanjang 5 kilometer dan sisanya akan dilaksanakan pada tahun 2016. Hal ini disampaikan Ang­gota Komisi IV DPRD Sumbar, Yulfitni Djasiran kepada warta­wan kemarin. Dikatakannya, pembukaan jalan ini diang­gar­kan melalui APBD dengan pe­lak­sanakan dalam bentuk  mul­tiyears. Tahun ini, diang­garkan Rp 20 miliar untuk mem­buka sepanjang 5 kilometer.

Jumat,03 April 2015 - 19:59:35 WIB

Ke Depan, Sumbar Ikon Agrowisata Indonesia

Wilayah Sumatera Barat bagai sepotong nirwana di bumi nusantara. Alam kita adalah alam yang senang dan menyenangkan. Alam yang berpadi masak, jaguangnya  maupiah, taranak bakambang nan ikan di tabek mahambiak pulo. Subur dan indah adalah citra alam kita, cita keindahan di bumi yang  menjadikan alam takambang menjadi guru. Itulah Minangkabau. Itulah ranah kita. Ranah tacinto. Namun, sepotong nirwana itu bila tak dipandang dengan kecerdasan, maka ia tak akan pernah menjelma menjadi surga kehidupan. Jangan sam­pai tempat yang indah mem­buat kita kelamaan bermalas-malasan yang pada akhirnya menghantarkan kita pada ruang kedunguan.

Jumat,03 April 2015 - 19:58:51 WIB

Bersama-sama Membangun Sumbar

Fakta derap laju pembangunan Sumatera Barat (Sumbar) tertinggal dibandingkan dengan beberapa provinsi tetangga sejak tahun 2000-an hingga sekarang tidak perlu ditutup-tutupi. Merasa malu pun  tidak terlalu penting. Akan lebih baik, realitas itu dijadikan sebagai bahan evaluasi dan instropeksi. Selanjutnya dibawa duduk satu meja ke hadapan para stake holder dan pucuk pimpinan elemen masyarakat di Sumbar dan rantau. Tentu forum itu bukan  untuk berlomba siapa yang paling pandai berbicara, membangun pencitraan dan sejenisnya, tapi untuk mencarikan solusi. Di wilayah Sumatera, pelaju pembangunan Sumbar tertinggal oleh Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Selatan (Sumsel), Riau, Kepulauan Riau (Kepri) dan berikutnya siap-siap akan menyalip Provinsi Jambi. Dulu hingga menjelang reformasi, untuk lingkup wilayah Sumatera, pembangunan Sumbar hanya tertinggal oleh Sumut. Sumsel dan Riau masih di belakang Jambi. Apalagi Kepri, provinsi yang baru terbentuk tahun 2003, di mana saat itu sebagian besar daerahnya masih tertinggal. Kini laju akselerasi pembangunan Provinsi Jambi yang tak kalah hebat.

Jumat,03 April 2015 - 19:57:26 WIB

Keluarga Petahana Dilarang Ikut Mencalon

DPR MINTA JADWAL PENDAFTARAN CAKADA DIUNDUR JAKARTA, HALUAN — Draf Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), terkait syarat pen­calonan pemilihan kepala daerah pada Pilkada serentak 2015, mengatur secara ketat bahwa keluarga kepala daerah petahana, dilarang untuk ikut mencalonkan diri di provinsi yang sama. Aturan tersebut akan diberlakukan untuk pe­milihan gubernur, bupati, dan walikota. Wakil Ketua Komisi II DPR, Ahmad Riza Patria meminta agar PKPU terkait syarat pencalonan tersebut diperlonggar. “Kalau buat kami, anak gubernur misalnya, bisa jadi calon bupati atau wali kota (meski dalam provinsi yang sama). Tapi, di PKPU enggak boleh kalau sudah dua kali petahana,” kata Riza.

Jumat,03 April 2015 - 19:52:05 WIB

Hanura Tak Dukung Golkar Kubu Agung

PASCAPUTUSAN PTUN JAKARTA, HALUAN – Putusan sela dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) atas konflik kepengurusan Partai Golkar, membuat kubu Agung Laksono tidak lagi berada di atas angin. Hal itu karena PTUN meme­rintahkan penundaan pelaksa­naan SK Kemenkumham yang mengesahkan kepengurusan Par­tai Golkar dibawah pimpinan Agung Laksono.

Jumat,03 April 2015 - 19:51:24 WIB

JK Batalkan Proyek Pelabuhan Cilamaya

JAKARTA, HALUAN — Ren­cana pemerintah untuk mem­bangun Pelabuhan di Cila­maya, Karawang, Jawa Barat dibatalkan. Dalam kun­ju­ngannya ke Cilamaya, Ka­mis (2/4), Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi oleh Men­teri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Menteri ESDM Sudirman Said memutuskan untuk membatalkan rencana proyek pelabuhan Cilamaya dan berencana untuk me­mindahkannya ke area Su­bang atau Indramayu, Jawa Barat. Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam menjelaskan, keputusan pemerintah ini se­telah JK dan jajarannya di­berikan paparan data dan informasi terkait hambatan dalam proyek Cilamaya, khu­susnya dampak terhadap pro­duksi migas oleh Pertamina ONWJ.

Jumat,03 April 2015 - 19:50:35 WIB

Konsumsi Beras Warga Padang Lebihi Produksi

PADANG, HALUAN — Ketergantungan masya­rakat terhadap beras di Kota Padang masih sangat tinggi, sedangkan kemampuan peme­nuhan kebutuhan beras masih rendah. Praktis ibu kota provinsi ini, masih sangat tergantung dengan pasokan dari daerah sekitarnya. Menurut Mahyeldi Ansha­rullah, produksi beras Kota Padang adalah sekitar 92,2 ton pertahun, sedangkan keter­sediaan dari produksi adalah sebesar 39,5 ton pertahun. Sedangkan rata–rata konsumsi beras warga kota Padang men­capai 121,6 kg/kap/tahun. Artinya, hanya mampu meme­nuhi 40 persen dari kebutu­hannya. Sedangkan sisanya mengandalkan pasokan dari daerah lain, seperti Solok, Pesisir Selatan dan Padang Pariaman.

Jumat,03 April 2015 - 19:49:35 WIB

Hasil Musrenbang Agar Disikapi

PADANG, HALUAN — Empat anggota DPRD Kota Padang (Wahyu Iramana Putra, Maidestal Hari Mahesa, Azirwan, Oesman Ayub) melakukan kunjungan lapangan (reses) ke Daerah Pemilihan (Dapil) 5, dalam rangka mengumpulkan aspirasi masyarakat di tiga kecamatan kota itu. “Kami anggota dewan dari Dapil V di Kecamatan Nanggalo, Kecamatan Padang Barat dan Kecamatan Padang Utara, melakukan inisiatif mengumpulkan camat dan lurah, guna menghimpun aspirasi yang belum terakomodasi pada musrenbang kota beberapa hari lalu,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra, Rabu (1/4).

Jumat,03 April 2015 - 19:48:51 WIB

Ranperda Irigasi Agar Bermanfaat Bagi Petani

PADANG, HALUAN — Pem­bahasan ranperda irigasi yang sedang dibahas DPRD Kota Padang, Panitia Khusus (Pan­sus) III DPRD Kota Padang mengunjungi PT Gunung Na­ga Mas, Kuranji, Padang, peru­sahaan yang memproduksi air minuman mineral Ayia kema­san gelas,botol dan galon, Ka­mis (2/4). Dalam kunjungan Pansus III tentang ranperda irigasi ke PT Gunung Naga Mas dipim­pin Ketua Pansus III, Surya Jufri didampingi anggota, Emmu Azamri, Amrizal Hadi, Hadison, Faisal Nasir, Azir­wan, juga ikut hadir Kadis PU Kota Padang, Muswendry Evy­tes, Kabag Pengairan PSAD Padang, Herman. Kemudian Kadis Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan Kota Padang, Heryanto Rustam dan staf DPRD Kota Padang. Dalam kunjungan ini,   disambut General Maneger PT. Gunung Naga Mas dan beberapa orang stafnya.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM