Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Selasa,06 Januari 2015 - 18:30:38 WIB

PSSI Sumbar Akan Pilih Exco Baru

PADANG, HALUAN — PSSI Su­matera Barat mencanangkan be­berapa programnya pada tahun 2015 ini. Salah satunya adalah melengkapi anggota exco yang masih kurang. Rencananya kongres penunjukan anggota exco baru tersebut akan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang. “Setelah kongres di Dhar­mas­raya pada bulan Desember lalu kita akan memilih anggota exco yang baru. Saat ini anggota exco baru dua orang. kita akan melengkapinya menjadi tujuh. Dua anggota exco tersebut adalah Ketua Toto Sudibyo dan Wakil ketua Indra Datuak Rajo Lelo,”ujar Wakil Ketua PSSI Sumbar Indra Daruak Rajo Lelo di damping Sekjennya Roni Suhatril Selasa (6/1).

Selasa,06 Januari 2015 - 18:29:04 WIB

Potensi Kekalahan Ketiga

ATLETICO MADRID VS REAL MADRID Madrid, Haluan — Derby Madrid bakal bergulir tengah pekan ini dalam babak 16 besar Copa del Rey. Real Madrid berpotensi menuai tiga kekalahan beruntun saat menghadapi Atletico Madrid di Vicente Calderon pada Kamis (8/1) dinihari WIB. Menilik penampilan Los Blancos belakangan laga itu akan menjadi ujian berat. Madrid sedang menderita, setelah meraih dua kekalahan beruntun. Pertama, Madrid dikalahkan AC Milan 2-4 dalam laga persahabatan yang bergulir di Dubai pada akhir tahun lalu. Kemudian mereka dikalahkan Valencia 1-2 dalam lanjutan La Liga.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:28:23 WIB

Petrison Siap Bertarung di Pilkada Tanah Datar

KANTONGI 60 RIBU SUARA DI PILLEG TANAH DATAR, HALUAN —Kemunculan nama Petrison sebagai sosok tokoh muda pada bursa calon Bupati Tanah Datar, semakin membuat suhu politik di Kota Budaya itu kian panas. Secara terang-terangan, Petrison bahkan telah mendeklarasikan diri sebagai cabup Tanah Datar melalui media baliho yang dipasangnya di sejumlah titik di daerah itu. Petrison memang tidak sendiri. Selain tokoh muda itu, sebelumnya juga sudah muncul nama-nama seperti Wakil Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, serta Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano, yang secara remsi mengaku telah mengatongi dukungan dari Partai Demokrat Tanah Datar. Selain itu juga tersebut nama anggota DPR RI, Edi Tanjung, pengacara Nelson Darwis dan Ketua DPRD Tanah Datar, Zuldafri Darma.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:27:43 WIB

Harus Perjuangkan Anggaran Pembangunan Jalan

ANGGOTA DPRD SUMBAR DAPIL AGAM AGAM, HALUAN — Untuk melanjutkan perbaikan jalan utama di kecamatan Palembayan sepanjang lebih kurang 50 Km memerlukan dana tambahan dari APBD Sumbar, karena dengan kondisi sekarang jalan tersebut masih memprihatinkan, masih banyak memiliki bagian yang rusak parah. Tahun 2014 lalu jalan yang telah ditingkatkan sta­tusnya dari jalan kabupaten ke jalan provinsi itu mendapat kucuran dana dari APBD Sum­bar Rp 10 miliar untuk perbaikan, namun dana sebe­sar itu hanya mampu mengas­­pal jalan dari Padang Koto Gadang arah ke Kayu Pasak nagari Salareh Aia sepanjang 2,5 Km, kemudian mengaspal dan memperbaiki saluran air sekitar 2,5 km lagi di jorong Lubuk Gadang nagari Ampek Koto.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:26:57 WIB

Tahun 2014, 85 Korban Tewas Kecelakaan

PAYAKUMBUH,  HALUAN — Sepanjang  tahun 2014 lalu, kecelakaan lalu lintas masih menjadi penyumbang pertama, tragedi dimasyarakat. Buktinya,  terjadi peningkatan jumlah kasus kecelakaan lalulintas di dua wilayah Hukum Polres Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Tidak tanggung tanggung, korban meninggal dunia men­capai 85 jiwa dengan rincian, 59 korban di Limapuluh Kota dan 25 jiwa melayang di Polres Payakumbuh. Angka itu terdiri dari 135 kasus di Polres Paya­kumbuh dan  106 kasus di Limapuluh Kota.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:22:31 WIB

Distribusi Kompor dan Gas 3 Kg Dipungut Biaya

MASYARAKAT PROTES PAINAN, HALUAN — Masyarakat Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan kecewa terhadap pemerintah dalam pendistribusian kompor gas dan elpiji 3 kg gratis, ternyata masyarakat diminta biaya oleh oknum pemerintahan nagari dengan jumlah bervariasi, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 20 ribu. Sebanyak 8.000 tabung dialokasikan untuk 17 nagari di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:21:33 WIB

Panen Padi Belum Sesuai Harapan

PARIAMAN, HALUAN — Sawah baru yang dibuka tahun 2014, yang ditanami padi sawah masih belum menghasilkan panen maksimal. Rata-rata panen yang didapat hanya berkisar 4,8 ton/ hektar. Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman Syafulrizal menjawab Haluan, Senin (5/1), terkait hasil yang demikian itu menjelaskan, untuk panen perdana panen yang demikian sudah cukup baik, memang diakui belum maksimal.

Senin,05 Januari 2015 - 18:37:24 WIB

Gas 3 Kg Diburu

DAMPAK KENAIKAN ELPIJI 12 KG Harga gas elpiji 12 kg di tingkat pengecer Kota Padang saat ini mencapai Rp165 per tabung. Akibat kenaikan harga gas nonsubsidi tersebut, warga diduga banyak yang beralih ke gas subsidi 3 kg. PADANG, HALUAN — Sejak Pertamina menaikkan harga gas elpiji 12 kg Rp18 ribu per tabung terhitung 2 Januari 2015 lalu, permintaan gas elpiji 3 kg pun meningkat. Sementara permintaan gas 12 kg terjadi penurunan. Ada indikasi bahwa konsumen banyak yang beralih menggunakan gas 3 kg yang disubsidi.

Senin,05 Januari 2015 - 18:36:15 WIB

800 Kg Sabu Asal Cina Disita

9 PENGEDAR DITANGKAP JAKARTA, HALUAN — Badan Narkotika Nasional menang­kap 9 pengedar narkoba yang membawa 800 kilogram sabu di Kalideres, Jakarta Barat. Penangkapan tersebut dilakukan Senin (5/1) pukul 13.30 WIB area parkir Lotte Mart Taman Surya, Jalan Satu Maret, Kalideres. “Penggrebekan dilakukan saat terjadi transaksi pemin­dahan barang,” ujar juru bicara Badan Narkotik Nasional Komisaris Besar Sumirat Dwiyanto kepada Tempo.co kemarin.

Senin,05 Januari 2015 - 18:34:51 WIB

Bekerja Nyaman, Omzet Jutaan

MALALA CELL PULSA KELILING Menamatkan pen­didikan Dip­loma III Ju­rusan Ma­na­jemen In­for­matika. Ka­re­na kema­hi­ran­nya bebahasa Inggris, sempat be­kerja se­bagai tour guide bagi wisatawan asing yang ingin me­nikmati kein­da­han Pulau Si­kuai. Kemudian sem­pat men­jadi pengajar di Yari International School dan membuka les priva­te Bahasa Ing­gris pada malam harinya. Tapi, malah banting stang se­peda jadi pen­jual pulsa keliling. Apa se­benarnya yang ada di benak Hendrizal (31), wajar saja banyak orang ber­tanya de­mikian jika tak tahu mengapa ia memilih bekerja seperti sekarang.

Senin,05 Januari 2015 - 18:34:10 WIB

Lima Daerah Siap Laksanakan Pilkada 2015

ANGGARAN DISAHKAN SOLOK, HALUAN — Pelaksanaan helat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) yang akan di­seleng­garakan serentak di 13 kabupaten/ kota dan Provinsi Sumbar pada 2015 ini, mulai di­sikapi seluruh KPU di setiap daerah dengan melakukan berbagai persiapan. Salah satunya, terkait dengan anggaran yang sebagian besar juga sudah di­alokasikan di APBD masing-masing daerah. Sebagaimana diketahui, setelah ditandatangani Pre­siden Susilo Bambang Yudho­yono (SBY) pada 2 Oktober 2014 lalu, Peraturan Peme­rintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gu­bernur, Bupati dan Wali Kota, hingga kini masih dalam pem­bahasan DPR. Perppu ber­jumlah 206 pasal itu, antara lain mengatur proses pe­milih­an hingga penyelesaian seng­keta pilkada.

Senin,05 Januari 2015 - 18:33:31 WIB

Jangan Seenaknya Mengubah Harga BBM

DPR INGATKAN PEMERINTAH JAKARTA, HALUAN — Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengingkatkan, pemerintah jangan seenaknya me­naikkan atau menurunkan harga bahan bakar minyak BBM bersubsidi yang disesuaikan dengan harga pasar internasional tanpa melibatkan DPR. “Keputusan MK mengenai harga BBM sudah jelas bahwa pengelolaan harga BBM tidak boleh mengikuti harga pasar karena bangsa ini tidak menganut pasar bebas. Ketentuan tentang harga dibahas bersama DPR dan diputuskan bersama DPR pada setiap masa persidangan pembahasan APBN dan APBNP,” tegas Fahri, di Gedung DPR, Senin (5/1).

Senin,05 Januari 2015 - 18:31:35 WIB

DPRD Isyaratkan “Melawan”

HIBAH BANSOS DIHAPUS MENDAGRI PADANG, HALUAN — Sejumlah anggota DPRD Sumbar mengisyaratkan untuk menentang “pe­rintah” Mendagri yang menyoret sejumlah pos anggaran di APBD, terutama anggaran Hibas Bansos. Sikap ini menindaklanjuti Surat Kepu­tusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemen­dagri) tentang evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2015. Hal ini diakui Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano saat dihubungi wartawan, kemarin. Menurut Arkadius lagi, tak semua eva­lusi Kemendagri akan dituruti. Dikatakannya, dalam waktu dekat DPRD bersama Pem­prov  Sumbar memang  akan mengirimkan jawaban  balasan kepada Kemendagri paling lambat, Selasa (6/1).

Senin,05 Januari 2015 - 18:29:36 WIB

Menghadirkan Lagi Kepribadian Rasulullah SAW

Peringatan Mau­­lid Nabi tahun ini sangat spesial karena berdekatan  dengan tahun baru Masehi 2015. Awal tahun me­rupakan momen penting bagi kita untuk memulai hidup dengan semangat baru  dan  tentu dengan kerja  yang ber­mutu. Dengan kehadiran pe­ringatan Maulid Nabi tentu kita berharap agar tahun baru ini akan lebih bermakna dan mem­berikan pengaruh hebat da­lam kehidupan kita. Ma­kanya, mem­peringati Maulid Nabi tidak hanya sebatas se­remonial be­laka, namun ba­gai­mana ha­ke­kat dari pe­ri­ngatan tersebut betul-betul dapat memberi sesuatu yang berharga dalam kehidupan kita. Dalam hidup bernegara, kehadiran Maulid Nabi juga memberikan makna ter­sendiri. Pasalnya, peringatan ini hadir di tengah  berbagai masalah dan musibah yang melilit ne­geri ini. Korupsi semakin menggurita, kejahatan kri­minal sulit terbendung, per­gaulan bebas, kejahatan sek­sual, penyalagunaan narkoba, perbudakan modern  dan kega­duhan politik merupakan gam­baran kelam menutupi negeri ini.

Senin,05 Januari 2015 - 18:28:46 WIB

‘Demam’ Batu Akik

Sejak beberapa bulan belakangan, banyak orang yang merasa kurang gaul atau tidak up to date bila tidak ada cincin akik di jari tangannya. Jika mayoritas orang hanya memiliki satu buah jam tangan, tapi tidak demikian halnya dengan kepemilikan cincin batu akik. Satu orang bisa memiliki koleksi 2, 3, 4 hingga belasan atau lebih. Harganya, terkadang tidak murah lagi. Mencapai ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah. Soal ukuran harga, sangat tergantung tingkat kesukaan seseorang dalam memiliki batu akik tersebut.  Tidak ada banderol tetap harga batu akik. Demam batu akik nyaris merasuk semua lapisan masyarakat. Menembus lintas batas umur, profesi, strata ekonomi, geografis, adat budaya hingga agama sekali pun. Para pemburu batu akik selain mencari keindahan juga mengejar mitos-mitos batu akik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun yang jelas, sejak enam bulan belakangan, keberadaan batu akik terkadang juga menjadi bahan pembuka cerita, obrolan, diskusi maupun sebagai penjalin hubungan silaturahmi  antara sahabat, rekan kerja dan relasi. Bahkan terkadang juga menjadi ‘oleh-oleh’ dari bawahan ke atasan, baik di pemerintahan maupun di  instansi swasta sekalipun.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM