Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Minggu,01 Februari 2015 - 19:30:08 WIB

Parpol Mesti Dengarkan Aspirasi Rakyat soal Cakada

Meskipun revisi Undang-Undang (UU) Pilkada yang merupakan reinkarnasi atau penjelmaan dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) No 1 tahun 2014 yang baru disahkan bulan lalu belum lagi tuntas, namun sebagian dari rangkaian helatan Pilkada sudah dimulai. Salah satunya adalah pendaftaran bakal calon kepala daerah ke partai politik, baik tingkat provinsi atau pun kabupaten/kota. Karena itu sejak minggu lalu, beberapa bakal calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada serentak pada Oktober 2015 atau pun Februari 2016 (kepastian masih menggu hasil revisi UU Pilkada) sudah mendaftarkan ke partai politik. Di antara mereka ada yang berlatar politisi, pengusaha, professional dan ada juga incumbent kepala daerah. Seluruh parpol pun sudah mulai membuka pintu selebar-lebarnya kepada para calon kandidat yang berminat memanfaatkan partai tersebut sebagai ‘kapal’.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:29:19 WIB

Kementerian Desa Akan Bentuk 40 Ribu BUMDes

JAKARTA, HALUAN — Pembangunan pere­konomian desa telah lama menjadi sebuah pekerjaan rumah yang harus terpecahkan untuk mendobrak kebuntuan pergerakan dan pertum­buhan kemakmuran desa-desa di Indonesia. Menteri Desa, Pemba­ngu­nan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan, potensi desa sebe­narnya sudah dapat digunakan sebagai amunisi untuk meng­ge­rakkan roda perekonomian desa dalam tahapan-tahapan periode tertentu.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:28:51 WIB

Rekam Jejak Hakim Sarpin Dipertanyakan

PEGIAT ANTIKORUPSI, DENNY INDRAYANA JAKARTA, HALUAN — P­egiat antikorupsi Denny In­drayana menyoroti di­pilihnya hakim Sarpin Rizaldi yang akan memimpin sidang pra­peradilan Komjen (Pol) Budi Gunawan di Pengadilan Nege­ri Jaksel. Denny khawatir dengan rekam jejak hakim Sarpin. “Hakim yang memeriksa perlu diberi kekuatan di-back­up, apalagi beliau pernah dila­porkan 8 kali kepada KY, pernah bebaskan terdakwa korupsi tentu kita jadi berta­nya-tanya, kok dia yang dipi­lih?” ujar Denny Indrayana dalam diskusi ‘Pengajuan Pra­peradilan Komjen Budi Guna­wan’ di kantor LBH Jakarta, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (1/2).

Minggu,01 Februari 2015 - 19:28:21 WIB

2016, Rumah Sederhana dan Tempat Ibadah Bebas PBB

JAKARTA, HALUAN — Men­teri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan berniat mem­bebaskan pajak bumi dan bangunan (PBB) per tahun. Pembebasan ini berlaku sejak 2016 mendatang untuk rumah sederhana, tempat iba­dah dan bangunan bersifat sosial. “Kalau di tahun ini tentu belum dapat diterapkan. Kami akan melakukan pematangan terlebih dahulu. Kami me­nargetkan, insya Allah, dapat diberlakukan pada 2016 men­datang,” kata Ferry dalam kete­rangan tertulisnya yang diteri­ma detikcom, Minggu (1/2).

Minggu,01 Februari 2015 - 19:27:37 WIB

ISIS Kuasai Fasilitas Minyak Mentah di Irak

BAGHDAD, HALUAN — Kelompok militan ISIS menguasai fasilitas minyak mentah kecil di kota Kirkuk, Irak utara hari ini. Sebanyak 15 pekerja fasilitas tersebut saat ini tidak diketahui keberadaannya. Dua pejabat dari perusa­haan North Oil Co meng­konfirmasi bahwa para militan ISIS telah menduduki sebuah unit pemisahan minyak men­tah di Khabbaz tersebut. Juga disampaikan bahwa 15 pekerja minyak hilang setelah pihak perusahaan kehilangan kontak dengan mereka.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:26:58 WIB

Gedung Putih Tolak Sebut Taliban Teroris

WASHINGTON, HALUAN — Gedung Putih pada Kamis menolak menggambarkan Taliban Afghanistan sebagai kelompok teroris, memicu kekhawatiran kanan, yang menuduh pemerintahan Presiden Barack Obama kehilangan sentuhan. "Mereka memang melakukan siasat mirip terorisme, melancarkan serangan teror dalam upaya mewujudkan tujuan mereka," kata juru bicara Gedung Putih Josh Earnest.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:23:53 WIB

Presiden Chile Akan Bolehkan Aborsi

SANTIAGO, HALUAN — Presiden Chile, Michelle Bachelet, mengumumkan rencana untuk mengakhiri larangan aborsi di negara yang didominasi Katolik Roma ini. Para wanita di negara tersebut diperbolehkan aborsi dengan syarat tertentu. Dilansir dari BBC, 1 Februari 2015, Bachelet telah mengajukan rencana ini ke kongres untuk melegalkan aborsi dalam kasus tertentu. Dalam aturan baru yang dikeluarkan Bachelet nanti, aborsi diperbolehkan jika wanita hamil disebabkan kasus pemerkosaan, atau kehamilan yang mengancam kehidupan ibu atau bayi yang dikandung seperti kematian atau cacat.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:23:21 WIB

Perda Sampah untuk Angkot Mandul

PADANG, HALUAN — Peraturan Daerah (Perda) nomor 21 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah, yang diterapkan di angkutan kota (Angkot) mandul di jalur kanalisasi di Kota Padang. Padahal, sosialisasi dan pengawasan dari pihak terkait sudah dilakukan. Pantauan Haluan beberapa hari terakhir, hampir tidak ada angkot yang memiliki tong sampah. Jalur angkot yang termasuk ke dalam jalur Ka­nalisasi, yakni angkot jalur timur, angkot jalur utara dan selatan. Angkot tersebut tra­yeknya Pasar Raya-Lubuk Buaya, Tabing-Pasar Raya, Mato Aia-Pasar Raya dan Gadut-Pasar Raya. Namun sopir angkot berkilah, bahwa di dalam angkot tidak ada tempat untuk meletakkan tong sampah.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:22:08 WIB

Pemko Pasrah Lihat Bangli Hiasi Muaro Lasak

PADANG, HALUAN — Bangunan liar (Bangli) seperti lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Muaro Lasak hingga belakang Hotel Pangeran, semakin banyak berdiri. Bangunan itu, sudah semi permanen didirikan PKL. Padahal, Pemko Padang sudah melarang bangunan berdiri di depan pantai. Pantauan Haluan pada Sabtu dan Minggu kemarin, bangunan semi permanen tersebut memang tidak bongkar pasang. Sehingga dagangan PKL tersebut dapat ditinggal di lapak-lapaknya dan semakin hari bangunan tersebut semakin banyak. “Kalau bongkar pasang susah untuk mendirikan lagi. Makanya dagangan saya ditinggal saja di lapak ini,” ujar Neng, PKL di Pantai Muaro Lasak. Awalnya, dia hanya ikut-ikutan untuk mendirikan bangunan, begitu juga dengan menye­diakan kursi untuk duduk pengunjung. Saat ini hampir setiap lapak-lapak menyediakan kursi untuk duduk santai. “Memang pada awalnya dilarang mendirikan bangunan semi permanen dan menghambat pemandangan ke pantai. Tapi, liat teman dagangannya laris manis, makanya saya ikut-ikutan,” katanya.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:21:29 WIB

Resedivis Pencurian Dihajar Massa

PADANG, HALUAN — Pemilik toko pakaian bersama warga menangkap seorang pria yang hendak mencuri celana Levis di toko fashion yang berada di daerah Cengkeh, Jalan Raya Padang-Indarung, Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg), Padang, Sabtu (31/1) sekitar pukul 11.00 WIB. Tersangka Zega Saputra alias Zega (25), warga Jalan Palembang, Kelurahan Gates, Kecamatan Lubeg, mengalami nasib naas saat hendak beraksi bersama seorang temannya, tapi temannya berinisial R berhasil melarikan diri.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:20:25 WIB

Potensi Hujan di Sumbar Masih Tinggi

PREDIKSI BMKG PADANG, HALUAN – Badan Meteorologi Klima­tologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tabing memprediksi, pada sore hingga malam hari beberapa wilayah Sumatera Barat akan diguyur hujan dengan itensitas ringan hingga sedang disertai petir dalam beberapa minggu ke depan. Kasi Observasi dan In­for­masi BMKG Stasiun Tabing, Budi Iman Samiaji kepada Haluan¸ Minggu (1/2) mengatakan, secara umum cuaca di Sumbar cerah berawan pagi hingga siang hari. Sedangkan pada sore hingga malam hari Sumbar aan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai pe­tir.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:18:45 WIB

TC Timnas U-23 Tak Lengkap

Sidoarjo, Haluan — Pemusatan latihan TC Timnas U-23 tidak lengkap. Hanya 18 pemain yang bergabung pada hari pertama pemusatan latihan (TC) tahap kedua Timnas U-23, Minggu (1/2) sore . Anak asuh Aji Santoso menjalani latihan pertama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Dengan demikian, se­ba­nyak sembilan pemain ab­sen pada hari pertama la­tihan. Dari sembilan nama itu, empat di antaranya merupakan peng­gawa Persebaya. Mereka a­dalah M. Zaenuri, Evan Di­mas Darmono, Ilham Udin Ar­maiyn dan Zulfiandi.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:18:22 WIB

Arema Juara IIC

Palembang, Haluan — Arema Cronus meraih gelar Inter Island Cup (IIC). Dipartai final singo edan mengalahkan ja­wara ISL 2014 dengan skor tipis 2-1 di Stadion Gelora Jakabaring Palembang Minggu (1/2). Arema meraih gelar juara melalui pertandingan yang sengit. Kemenangan ini seka­ligus pembalasan dari Arema pada babak semifinal ISL 2014. Saat itu Arema harus kalah dari Persib dengan skor 3-1. Se­telah mengalahkan Arema Persib mampu meraih gelar juara ISL setelah mengalahkan Persipura. Pada babak pertama, Per­sib memegang penuh kendali serangan. Makan Konate, A­tep, dan Rogerio Maycon be­berapa kali membahayakan barisan pertahanan Are­ma. Sementara Arema gagal me­ngem­bangkan permainan ter­baik sepanjang paruh pertama pertandingan.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:17:51 WIB

Tanpa Pemenang di Stamford Brigde

LONDON, HALUAN — Duel  antara Chelsea dengan Manchester City berakhir tanpa pemenang. Kedua tim berbagi angka 1-1 di Stamford Brigde Minggu (1/2). Pertandingan berlangsung sengit dalam tempo cepat. Hasil ini tak mengubah jarak kedua tim di papan klasemen se­men­tara. Chel­sea masih menempati posisi teratas dengan ko­leksi 53 poin, disusul City dengan selisih lima poin. Dua gol yang tercipta pada laga ini lahir pada babak pertama. Chelsea membuka skor lewat Loic Remy (41) sebelum City mem­balasnya melalui David Silva (45). Meski berstatus tim tamu, City tampil lebih do­minan. Dengan penguasaan bola mencapai 57%, The Cit­izens melepaskan 10 tem­bakan dan lima di antaranya tepat sasaran. Sementara itu, Chel­sea lebih banyak bertahan. The Blues cuma membuat tiga percobaan mencetak gol dan dua di antaranya mengarah ke gawang.

Minggu,01 Februari 2015 - 19:17:15 WIB

Beringin Solok Tetapkan Desra Calon Bupati

KIH LIRIK NOFI CANDRA AROSUKA, HALUAN — Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Solok, Drs. H. Desra Ediwan,AT MM, akhirnya ditetapkan sebagai satu-satunya kandidat bakal calon Bupati Solok yang akan diusung partai berlambang beringin itu pada Pilkada Kabupaten Solok, 2015 ini. Ketetapan itu disepakati pada rapat pleno internal Partai Golkar, Minggu (1/2). “Dari hasil rapat pleno diperluas, juga diputuskan jika Desra Ediwan diberikan man­dat penuh untuk menentukan pasangan wakilnya, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pencalonannya sebagai Bupati Solok,” ujar Sekretaris DPD Golkar Kab. Solok Har­dinalis SE, MM kepada Ha­luan, usai pleno, Minggu (1/2) kemarin.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM