Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Kamis,19 Maret 2015 - 20:25:04 WIB

Eks Rektor IAIN Minta Maaf ke Civitas Akademika

PADANG, HALUAN — Prof. Dr. H Asasriwarni M.H resmi menjabat sebagai Pengganti Sementara (Pgs) Rektor IAIN Imam Bonjol Padang meng­gantikan Prof. Dr Makmur Syarif SH Mag. Acara serah terima jabatan rektor lama dengan PGS Rektor baru pun dilangsungkan di gedung per­te­muan Pasca Sarjana Kam­pus IAIN di Jalan jendral Sudir­man, Padang Kamis (19/3) kemarin. Acara sertijab ini pun turut dihadiri Kepala Kantor Wila­yah Kementerian Agama (Ka­kanwil Kemenag) Sumbar Agrina Amalia Salman, ja­jaran senat IAIN Imam Bonjol Padang, serta segenap staf civitas akademika IAIN Imam Bonjol Padang.

Kamis,19 Maret 2015 - 20:19:02 WIB

Empat Masalah, Jadi ‘Syarat’ Cawako Bukittinggi

SERIAL PILKADA SERENTAK SUMBAR 2015 (5) Tidak berapa lama lagi, pemilihan kepala daerah (Pil­kada) Kota Bukittinggi, akan segera digelar. Selain kandidat eksternal, baik dari kalangan pengusaha, birokrasi dan poli­tisi, dua petahana masing-masingnya Walikota Bukit­tinggi Ismet Amziz dan Wakil Walikota Harma Zaldi, dipas­tikan akan sama-sama ber­tarung menuju perebutan kur­si panas BA 1 L. Ya, meka­nisme yang ada saat ini, ter­paksa membuat keduanya harus bersaing, walau sejak hampir lima tahun terakhir bersama-sama dan seiya seka­ta dalam membangun kota wisata itu. Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mem­buka pendaftaran calon wali­ko­ta dan wakil walikota Bukit­tinggi periode 2015-2020, namun sejumlah nama telah menyatakan tekad untuk maju menjadi pemimpin Kota Bu­kit­tinggi lima tahun ke depan.

Kamis,19 Maret 2015 - 20:18:16 WIB

Pemko Evaluasi Nilai Investasi Padang Landmark

PADANG, HALUAN — Aliansi Masyarakat Minangkabau men­datangi kantor Kepala Dinas Tata Ruang Tata Bangun dan Pemukiman (TRTBP) Kota Padang. Mereka meminta kejelasan perihal Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pa­dang Landmark. Ketua Forum Masyarakat Mi­nang­kabau, Masfar Rasyid kepada Haluan Kamis (19/3) kemarin mengatakan, kedatangannya bersa­ma Ketua MTKAAM Sumbar, Ir­fian­da Abidin, Pedagang Pasar, Pagar Nagari, Masyarakat Minang­kabau, Libas Sumbar yang tergabung dalam Aliansi  ke Dinas TRTB Kota Padang untuk menanyakan IMB Padang Landmark yang berada di Jalan Khatib Sulaiman. Pihaknya berpendapat ada kejanggalan tentang izin yang didapat Padang Landmark sehingga pembangunannya masih terus berjalan sampai saat ini.

Kamis,19 Maret 2015 - 20:17:36 WIB

Irman Gusman dan Dwi Soetjipto Dianugerahi Gelar Adat

JAKARTA, HALUAN — Ketua DPD RI, Irman Gusman dan Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto akan dianugerahi Derjah Kebesaran Kerabat dari Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau, Pagaruyung Darul Qorror pada Minggu (22/3). Hal ini disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal DPD RI, Zul Evi Astar di Jakarta, Rabu (17/3). Tuanku Mudo Mahkota Alam, Sultan Haji Muhammad Taufiq Thaib, SH selaku pemangku adat akan mengukuhkan pemberian gelar Sangsako Adat kepada  Ketua DPD RI Irman Gusman dan Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto.

Kamis,19 Maret 2015 - 20:14:03 WIB

Legislator Asal Sumbar akan Didata

FORUM KOMUNIKASI DPD DAN DPR ASAL SUMBAR JAKARTA, HALUAN — Ketua Forum Komunikasi DPD dan DPR asal Sumbar, Irman Gusman menghimbau kepada anggota DPD dan DPR asal Sumbar agar menghadiri pertemuan perdana forum komunikasi DPD dan DPR dapil Sumbar periode 2014-2019 di Jakarta. “Kita sudah komunikasi sama anggota DPD dan DPR asal Sumbar. Insya Allah pertemuan resmi perdananya akan di langsungkan di Jakarta setelah habis masa reses ini,”kata Irman kepada Haluan melalui telepon genggamnya di Jakarta, Kamis (19/3)

Kamis,19 Maret 2015 - 20:12:20 WIB

Menteri PU Akan Turun ke Solsel

KHAWATIR TAMBANG EMAS ILEGAL JAKARTA, HALUAN — Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyatakan akan memprioritaskan penyela­matan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada dari segala bentuk tindakan ilegal yang terjadi di Sumbar seperti illegal mining, illegal fishing dan sebagainya. “Kita dukung penye­la­ma­tan SDA di Sumbar. Siapapun yang melakukan tindakan ile­gal telah saya minta kepada kepolisian untuk diusut dan dituntaskan,” kata Irwan sete­lah MoU rencana ‘Aksi Bersa­ma Penyelamatan Sumber Da­ya Alam (SDA) Indonesia’ di Istana Merdeka, Kamis (19/3).

Kamis,19 Maret 2015 - 20:11:02 WIB

12 Akik Gubernur Diikutkan Kontes

WIRABRAJA EXPO 2015 DIMULAI PADANG, HALUAN – Pa­meran dan Kontes Baku Akik Inter­nasional bertajuk Wira­braja Expo 2015 dibuka secara resmi oleh Danrem 032/wira­braja Brigjen TNI Widagdo Hendro sukoco di Makorem 032/Wira­braja, Kamis (19/3) malam. Danrem mengatakan, di samping mewadahi para pe­cinta batu akik dalam menya­lurkan hobinya, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meng­­­­geliatkan perekonomian ma­syarakat Sumbar, terutama para pengusaha atau perajin batu akik. “Ini merupakan sektor ekonomi yang strategis dan bisa menunjang pema­sukan masyarakat,” ujarnya.

Kamis,19 Maret 2015 - 20:02:28 WIB

Membentuk Karakter Siswa Usia Prapubertas

Sistem pendidikan usia prapubertas ti­dak saja terhadap anak usia sekolah pendidikan dasar (SD), namun sebenarnya sudah harus ditata sedemikian rupa sejak usia prasekolah, yakni dari play­group dan Taman Kanak-ka­nak, bahkan sudah dapat dimu­lai sejak dari lingkungan ru­mah tangga yang diperankan oleh Ibu sejak anak dalam kan­dungan.  Hal ini tercermin dari bagaimana pemerintah Je­pang dalam membentuk ka­rakter anak. Dengan pen­di­dikan da­sar inilah seseorang di­­ha­rapkan akan menjadi pri­ba­­di yang lebih baik dalam men­­j­alankan hidup hingga ke ta­hapan pendidikan selan­jutnya. Pendidikan karakter ting­kat dasar haruslah mem­ben­tuk suatu fondasi yang kuat demi keutuhan rangkaian pen­didikan tersebut. Karena sema­kin tinggi tingkat pendidikan maka semakin luas pula ragam ilmu yang didapat dari sese­orang dan akibat yang akan didapatkannyapun semakin besar jika tanpa ada landasan pe­ngertian pendidikan karak­ter yang diterapkan sejak usia dini.

Kamis,19 Maret 2015 - 20:01:42 WIB

Tindak Tegas Begal

Maraknya aksi begal di kota-kota besar dan di berbagai daerah di tanah air menyebabkan kete­nangan, keamanan dan kenyamanan masyarakat terganggu. Masyarakat jadi was-was, khawatir dan cemas untuk berpergian. Terutama pada malam hari, seorang diri atau dalam jumlah yang sangat minim. Pantas saja masyarakat khawatir dan cemas bepergian, karena saat beraksi, begal seolah-olah tidak memiliki  hati nurani dan sentuhan kemanusiaan. Demi mencapai tujuan, apapun dilakukan para begal, termasuk melukai korban secara sadis, bahkan membunuh sekalipun.

Kamis,19 Maret 2015 - 20:01:05 WIB

BNN Gagalkan Penyelundupan Sabu dan Ekstasi

DISIMPAN DALAM TUMPUKAN IKAN ASIN JAKARTA,HALUAN — Selang empat hari setelah mengagalkan penyelundupan 49 Kg sabu asal­Tiongkok, Badan Narkotika Nasional (BNN)­kembali menggagalkan penyelundupan sabu seberat sekitar 15 Kg dan 22.000 butir ekstasi yang diselundupkan di dalam kardus berisi tumpukan ikan asin. Deputi Pembe­ranta­san­Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjen Deddy Fauzi Elhakim mengatakan, dari pengungkapan kasus ini, petu­gas mengamankan GS (34), laki-laki berkewar­ganega­raan­Pakistan, yang diduga sebagai pemilik Narkotika, dan IA (45), laki-laki, warga negara Indonesia yang berperan seba­gai penunjuk jalan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM