Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Selasa,03 Maret 2015 - 18:45:13 WIB

Rp 3,4 M Dianggarkan untuk Pembangunan Irigasi Tahun Ini

PARIAMAN, HALUAN — Untuk menunjang kelancaran pertanian di Kota Pariaman, Pemko setempat terus membenahi jalur irigasi. Dan tahun 2015 ini pembangunan jaringan irigasi di tingkat usaha tani masih terus berlanjut dengan memanfaatkan dana APBD. Tahun 2015 ini, peman­faatan dana APBD untuk ke­gia­tan pembangunan jaringan usaha tani, lebih kurang Rp3,4 miliar dengan total paket, 18 paket.

Selasa,03 Maret 2015 - 18:43:17 WIB

Penyakit Akibat Sering Tidur Larut Malam

JANGAN remehkan kebiasaan tidur larut malam yang setiap hari Anda lakukan, karena dampak yang diakibat­kannya terbilang sangat menakutkan. Tugas kuliah, pekerjaan, atau bahkan serial drama televisi dan game  online yang Anda gemari merupakan faktor penyebab Anda ingin tetap terjaga sampai larut malam atau bahkan dini hari. Tapi, jangan lupakan dampak yang mengintai kesehatan Anda akibat hal tersebut.

Senin,02 Maret 2015 - 19:38:49 WIB

Zulkifli Menang, Fauzi ‘Bangkit’

Kemenangan Zulkifli Hasan dalam perebutan kursi Ketua Umum DPP PAN berpengaruh di Sumbar. Kondisi ini membuka peluang bagi mantan Walikota Padang Fauzi Bahar untuk mendapatkan kepercayaan PAN menuju Sumbar 1. PADANG, HALUAN — Terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum DPP PAN periode 2015-2020 mem­bawa dampak di Sumbar. Pihak-pihak yang mendukung Zulkilfi Hasan di­yakini akan mendapat keun­tu­ngan dan mere­ka yang berseberangan menanggapi dingin,  bahkan me­ngam­bil langkah hing­ga keluar dari biduk partai pe­ngusung se­ma­ngat reformasi ini.

Senin,02 Maret 2015 - 19:37:21 WIB

Harga Cabai Anjlok, Petani Terpekik

PASOKAN MELIMPAH PADANG, HALUAN — Har­ga cabai turun dratis. Cabai luar Sumbar di pasaran me­nembus angka Rp 12.000 per kg di tingkat pengecer. Se­mentara cabai keriting an­jlok hingga Rp 22.000 per kg. Sebelumnya, harga cabai keri­ting ini sempat menembus angka Rp 100.000 per kg. Kondisi ini membuat petani cabai terpekik. Pantauan Haluan, Senin (2/3) di Pasar Raya Padang, harga cabai merah asal Jawa eceran dengan harga Rp16. 000 per kg sampai Rp18.000 per kg. na­mun, untuk cabai merah asal Medan dan Kerin­ci eceran berkisar harga Rp12.000 per kg sampai Rp14.000 per kg ter­gan­tung kualitasnya.

Senin,02 Maret 2015 - 19:32:42 WIB

Piter, Seniman Ikat Akik dari Tempurung

KREATIVITAS TANPA BATAS PENGHUNI LAPAS Tangan Piter begitu te­ram­pil meraut tempurung kelapa hingga menjadi sebuah ikat (ring) untuk batu akik. Ma­tanya juga liar menggiliri detail sisi demi sisi kerajinan seni yang ia cintai. Saat menjalani masa-masa pembinaan di da­lam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Piter mengisi harinya dengan berkreasi tanpa batas. Haluan bertemu Piter di Lapas Klas IIA Muaro Padang, di sela-sela pelatihan pem­buatan bata ringan yang diikuti 20 warga binaan pema­syara­katan (WBP) Lapas. Piter tidak ikut serta dalam latihan terse­but karena sudah punya keah­lian sendiri yang menga­gum­kan, membuat ikat dari tem­purung.

Senin,02 Maret 2015 - 19:31:40 WIB

Kenaikan LPG 12 Kg Belum Pengaruhi Permintaan

PADANG, HALUAN — Ter­hitung 1 Maret 2015 tidak hanya Bahan Bakar Minyak (BBM) yang naik, tapi juga Liquefied Petroleum Gas (LPG) kemasan 12 kilogram (kg) mulai 1 Maret 2015 naik Rp 5.000 per tabungnya. Jika sebelumnya, harga LPG 12 kg hanya Rp135.000 jika dijemput ke agen dan jika dian­tar ke alamat menjadi Rp140.000 per tabungnya. Un­tuk harga sekarang jika dijem­put ke agen Rp140.000 dan jika diantar ke alamat menjadi Rp145.000 per tabungnya.

Senin,02 Maret 2015 - 19:30:56 WIB

Lelang Jabatan, Baru 10 Mendaftar

PADANG, HALUAN — Meski pendaftaran lelang jabatan untuk mengisi jabatan eselon II Sekretaris Dewan (Sekwan) dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM telah diperpanjang, namun sampai Senin (2/3) baru 10 pendaftar yang tercatat di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumatera Barat. Walaupun masih tersisa empat hari lagi sampai tanggal 6 Maret 2015 untuk batas akhir pendafataran, BKD Provinsi Sumbar  tidak akan memperpanjang lagi pendaftaran untuk mengisi dua jabatan eselon II ini.

Senin,02 Maret 2015 - 19:30:24 WIB

KPK Selidiki Penjualan Eks Rumah Dinas Bupati Solok

SOLOK,HALUAN — Ribut-ribut soal dugaan kerugian negara dalam lelang penjualan eks Rumah Dinas Bupati So­lok di Kota Solok tahun 2011 silam ternyata berlanjut ke Komisi Pemberantasan Ko­rup­si (KPK). KPK mulai me­nye­lidiki proses lelang dan juga dugaan kerugian negara dalam pen­jualan rumah dinas tersebut. Informasi yang diperoleh Haluan, penyelidikan kasus penjualan eks Rumah Dinas Bupati Solok tertera dalam Surat Perintah Penyelidikan KPK No: Spin.Lidik-72/01/10/2014, tanggal 30 Oktober 2014.

Senin,02 Maret 2015 - 19:29:47 WIB

Duo Bali Nine Dieksekusi Mati

DALAM PEKAN INI DENPASAR, HALUAN — Pelaksanaan ekskusi terhadap dua terpidana mati asal Australia, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, tampaknya tinggal menunggu hari. Setidaknya dalam pekan pertama ini, kedua anggota penyelundup 8,3 kilogram (kg) heroin yang disebut Bali Nine itu dipastikan sudah dipin­dahkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan, Denpasar ke Lapas Nusa Kambangan, Cilacap. Biasanya, sehari atau dua hari setelah dipindahkan ke Nusa Kambangan, eksekusi dilaksanakan oleh regu tembak. Prosesi persiapan pemindahan dari Lapas Kerobokan ke Nusa Kambangan bakka sudah tuntas. “Nusa Kambangan sudah menyatakan siap, jadi ya pekan ini (dipindahkan),” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Momock Bambang Sumiarso kepada awak media di Denpasar, Senin petang, (2/3).

Senin,02 Maret 2015 - 19:28:16 WIB

Kapolda: Tangkap Begal Truk CPO

PADANG, HALUAN — Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Drs Bambang Sri Herwanto menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kepolisian Resor (Polres) yang berada di seluruh kabupaten/kota di Sumbar agar melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap pembegal (penjarah) truk angkutan barang, seperti Crude Palm Oil (CPO), pupuk dan komoditas lainnya, yang telah sering beraksi di wilayah Sumbar. Instruksi ini disampaikan Kapolda melalui Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumbar, AKBP Syamsi, Senin (3/2) di kantor Humas Polda Sumbar. “Instruksi ini seiring maraknya terjadi penjarahan yang mengakibatkan kerugian dan keresahan para sopir truk serta pelaku usaha angkutan,” ujar Syamsi.

Senin,02 Maret 2015 - 19:27:18 WIB

Wako Diminta Selektif Pilih Direktur PDAM

PADANG PANJANG. HALUAN — Pemerintah kota Padangpanjang diharapkan selektif menyeleksi calon Direktur PDAM yang sudah habis masa jabatannya karena air bersih adalah persoalan vital men­yangkut kehidupan makhluk yang tidak bisa ditawar tawar. Hal itu diungkapkan salah se­orang tokoh Muhammad Yulis kepada wartawan ,Senin (2/3) siang kemarin. Mantan aktivis yang kini lebih banyak menghabiskan waktu ber­dakwah itu mengaku, Wali Kota Hendri Arnis dalam menentukan calon pengganti pimpinan peru­sahaan daerah yang mengurusi air ini sangat selektif dengan mener­bitkan persyaratan yang cukup ketat.

Senin,02 Maret 2015 - 19:25:15 WIB

Kepastian Hukum Pemegang Polis Asuransi

Pada dasarnya pe­r­usahaan asuransi da­lam kegiatannya, me­ngadakan pena­wa­ran atau menawarkan suatu perlindungan (proteksi) serta harapan pada masa yang akan datang kepada individu/ke­lompok dalam masyarakat  atau institusi-institusi lain, atas kemungkinan menderita ker­ugian lebih lanjut karena ter­jadinya suatu peristiwa yang tidak tentu atau belum pasti. Jadi jelaslah bahwa usaha-usaha dalam kegiatan asuransi  yang dilakukan oleh peru­sahaan asuransi  memberikan suatu dampak positif  luas baik secara terbatas pada antar individu maupun masyarakat luas. Namun bagaimanapun di dalam kenyataannya Tertang­gung dalam hal ini adalah pemegang polis seringkali dirugikan dalam perjanjian asuransi, semua yang menjadi kesepakatan para pihak di­tuang­kan dalam akta yang disebut polis. Seperti sulitnya memperoleh pembayaran keti­ka Tertanggung atau pe­me­gang polis mengalami risi­ko atau terjadinya evenement, pa­dahal bertahun-tahun pe­megang polis sudah mem­bayar premi kepada pe­nanggung dalam hal ini adalah perusahaan asu­ransi.

Senin,02 Maret 2015 - 19:24:15 WIB

Antisipasi Kebocoran Soal UN

Kesangsian dini akan terjadinya kebocoran soal Ujian Nasional (UN) SLTP dan SLTA muncul 40 hari menjelang penyelenggaraan UN. Kesangsian tersebut perlu menjadi perhatian penting bagi pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam persiapan dan pelaksanaan UN. Tentu saja kesangsian itu cukup beralasan dan juga cukup serius, mengingat langsung datang dari Kepala Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumbar, Prof Dr Jamaris Jamna MPd. Menurut Jamaris kebocoran naskah soal UN rentan terjadi ketika proses pencetakannya yang dilakukan di daerah. Kesangsian Prof Jamaris berdasarkan hasil temuan pada UN sebelumnya, tentang beredarnya kunci jawaban di kalangan siswa peserta UN.  Setelah dilakukan investigasi,  ternyata kebocoran soal UN terjadi di percetakan. Itu pula yang menjadi alasan mengapa dulu pencetakan naskah soal UN ditarik dari daerah ke pusat. Agar tidak terjadi lagi kebocoran, maka proses pencetakan soal mesti sangat rahasia dan dikawal ketat oleh aparat keamanan.

Senin,02 Maret 2015 - 19:23:38 WIB

Program Pertanian Terpadu Tidak Dipahami Masyarakat

PADANG, HALUAN — Dinas Pertanian, Peter­na­kan, Perkebunan dan Kehutanan (Dis­per­nakhutbun) Kota Padang menjadikan Kam­pung Sungkai, Kelurahan Lambung Bukit, Keca­matan Pauh, sebagai daerah pertanian terpadu. Namun, hingga saat ini, masyarakat setempat tidak memahami apa yang disebut dengan per­tanian terpadu, karena Dinaspernakhutbun tidak pernah menyosialisasikan program itu kepada me­reka. Hal itu disampaikan Ang­ku Jamaan Rajo Rajin, ma­syarakat setempat saat ditemui Haluan di lokasi, Senin (2/3). Ia membeberkan, selain tidak disosialisasikan, di sana tak ada Petugas Penyuluh Lapa­ngan dari Dispernakhutbun untuk menjelaskan apa yang dimaksud pertanian terpadu.

Senin,02 Maret 2015 - 19:23:10 WIB

Polresta Padang Tangkap Empat Supir Truk

DUGAAN PENGGELAPAN CPO PADANG, HALUAN — Empat sopir truk ditangkap oleh jajaran Reskrim Polisi Resor Kota (Polresta) Padang di beberapa lokasi yang berbeda, karena diduga telah menggelapkan minyak crude palm oil (CPO), Sabtu (28/2). Selain itu, petugas juga menangkap tiga penadah minyak CPO tersebut. Bersama pelaku, petugas me­nyita barang bukti berupa empat truk tangki. Sekarang, ketujuh pelaku yang berinisial, “S” (54), “H” (35), “AY” (33), “M” (33), “RS”, “R” dan “Y”,  mendekam di sel tahanan Mapolresta Padang untuk menjalani pemeriksaan dan pengusutan lebih lanjut terkait kasus ini.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM