Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Rabu,21 Januari 2015 - 19:05:51 WIB

Harga Bawang dan Cabai Naik

SOLOK, HALUAN — Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar ternyata tak diikuti dengan penurunan harga sayuran. Malah sebaliknya,di pasar tradisonal Kota Solok harga bawang dan cabai justru mulai merangkak naik. “Kemarin saat pemerintah mengumumkan penurunan harga BBM, harga cabai sempat turun pula  menjadi Rp35 000 per kilogram,akan tetapi saat ini sudah naik lagi menjadi Rp45 000 per kilogram,”kata Agus,salah seorang pedagang  sayur di pasar tradisional Kota Solok.

Rabu,21 Januari 2015 - 19:05:27 WIB

Akhir 2015 Importir Ponsel Wajib Bikin Pabrik

JAKARTA, HALUAN — Untuk menekan angka impor ponsel, Kementerian Perindustrian bakal segera merealisasikan Peraturan Menteri Perdagangan No. 82 tahun 2012 tentang Ketentuan Impor Telepon Seluler. Dalam aturan tersebut tahun 2015 ini, atau setelah 3 tahun Permendag tersebut diteken, importir ponsel wajib untuk membangun pabrik di dalam negeri. “Sesuai dengan Permendag, setelah 3 tahun importir akan dievaluasi dan diwajibkan untuk bangun pabrik di Indonesia,” ujar Ignatius Warsito, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian, Rabu (21/1).

Rabu,21 Januari 2015 - 19:04:45 WIB

KAN Diharapkan Mampu Tuntaskan Sengketa dalam Kaum

TABEK, HALUAN — Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengharapkan kepada Kerapatan Adat Nagari (KAN), kalau terjadi perselisihan dan sengketa masalah harta pusaka di dalam kaum atau nagari diharapkan dapat diselesaikan di tingkat kaum atau pada tingkat nagari, jangan sampai masalah adat salingka nagari itu sampai ke ranah hukum. Hal ini disampaikan Wabup Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya pada acara pengukuhan pengurus KAN Tabek Kecamatan Pariangan bertempat di Balairong Sari Tabek Kecamatan Pariangan, baru-baru ini.

Rabu,21 Januari 2015 - 19:04:10 WIB

Sebelum Mengajar, Guru Harus Paham Kurikulum

SEMINAR PENDIDIKAN PADANG PARIAMAN, HALUAN — Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tentu seorang pengajar harus paham tentang kurikulum, karena sekarang ini banyak sekali tenaga pengajar yang kurang menguasai tentang kurikulum 2013, dan banyak paham dengan kurikulum 2006. Hal itu disampaikan oleh Drs Sucipto MPd, pakar pen­didikan dari Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di hadapan 200 kepala SMA, SMP dan Madrasah se-Kabupaten Pa­dang Pariaman dan Kota Pa­riaman, pada acara seminar sehari yang diselenggarakan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 2x11 Enam Lingkung, Sabtu (17/1).

Rabu,21 Januari 2015 - 19:02:38 WIB

Tanda Kulit Mengalami Stres

Siapa pun dapat mengalami stres, walaupun kadar stres berbeda-beda. Namun, hal ini kadang-kadang tidak disadari, bahkan tidak bisa dihindari. Sebuah riset oleh APA (Ame­rican Psychological Assos­ciation) menyebutkan bahwa saat pikiran dan emosi tidak seimbang, secara psikologis akan memberi pengaruh pada perubahan kondisi kulit. Se­mentara di lain pihak, jika kulit bermasalah, efek terburuknya adalah lunturnya kepercayaan diri seseorang. Selain tak indah dipandang, juga membuat wa­jah terlihat lebih tua dari usianya. Problem keluarga yang tak terduga, lingkungan kerja yang penuh persaingan, hingga rasa tidak percaya diri karena po­tongan rambut yang tidak sesuai seperti harapan, dapat menjadi pemicu timbulnya stres. Kadang-kadang, sebagai pelarian, kebiasaan buruk seperti merokok, makan tak teratur, minuman keras, seo­lah dapat dijadikan alternatif pereda stres. Namun, hal ini justru akan memperburuk kondisi kulit.

Selasa,20 Januari 2015 - 19:43:37 WIB

Mamak Korban Ajak Duel Terdakwa

SIDANG PEMBUNUHAN MIRA KEMBALI RICUH PADANG, HALUAN — Sidang kasus pembunuhan Mira Ju­wita (30), karyawati toko sepatu di Pasar Raya, Padang, Selasa (20/1) kembali beru­jung ricuh. Puluhan keluarga dan kerabat korban yang hadir di Penga­dilan Negeri Padang, selasa (20/1) tidak mampu menahan diri. Terlebih saat terdakwa yang diangkut meng­gunakan mobil bara­kuda sam­pai di Pengadilan Negeri Padang. Sidang yang beragendakan kete­rangan terdakwa ini ber­lang­sung tertutup, mengingat kasus ini masuk ke dalam kategori kasus cabul. Namun demikian, puluhan anggota keluarga yang menunggu di luar persidangan tidak henti-hentinya menyuarakan kekesalan.

Selasa,20 Januari 2015 - 19:42:24 WIB

Batu Akik, Tak Lagi Sekedar Soal Keindahan

Sumatera Barat memang ber­untung. Dari 34 provinsi di In­donesia, baru segelintir saja yang alamnya terdeksi me­miliki anugerah ba­­­tu akik yang me­mesona. Beberapa tahun yang lalu, batu akik di Sumbar identik dengan lelaki berumur. Sekarang, peng­gilanya bisa datang dari kalangan mana saja. Kenyataan itu me­nas­bihkan batu akik sebagai anugerah yang awalnya tak begitu disadari, kini jadi sumber penghasilan yang dicari-cari. Wakil Ketua Komunitas Batu Akik Mulia Sumatera Barat, Rudi Rasyid, mengatakan pada Haluan, batu akik adalah anugerah yang datang dari alam, untuk itu seha­rusnya anugerah itu harus dinikmati rata oleh seluruh penghuni alam tanpa ada pembedaan.

Selasa,20 Januari 2015 - 19:40:36 WIB

Dirut PT SP Pantau Harga Semen di Pengecer

PADANG, HALUAN — Direktur Utama (Dirut) PT. Semen Padang, Ir. Benny Wendry, MM beserta rombongan melakukan pantauan langsung ke lapangan terkait penurunan harga semen yang ditetapkan pasca penurunan Bahan Bakar Minyak (BBM). Dari pantauan yang dilakukan pada lima titik toko bangunan di Kota Padang, tidak ditemukan toko bangunan yang masih menjual semen dengan harga lama. “Pantauan langsung ini dilakukan untuk memastikan para pemilik toko sudah menurunkan harga, sesuai dengan penurunan harga yang kita berlakukan untuk distributor sejak Sabtu lalu. Temuan baiknya, para pemilik toko sudah secara sadar untuk menurunkan harga, bahkan sudah dilakukan sebelum kita datang melakukan pemantauan,” ucap Benny.

Selasa,20 Januari 2015 - 19:39:57 WIB

DPRD Minta Kesungguhan Aparat

ANAK KORBAN BAYUR BERDARAH MASIH TRAUMA Kesungguhan aparat untuk menangkap kembali terpidana mati Taroni Hia, Irwan Sadawa Hia dan Dodi Marsal mulai dipertanyakan wakil rakyat. Padahal, keluarga yang ditinggal, hingga kini masih khawatir dengan aksi lanjutan dari terpidana. PADANG, HALUAN — De­wan Perwakilan Rakyat Dae­rah (DPRD) Sumbar me­nya­yang­kan ketidakmampuan pi­hak terkait dalam mencari tiga orang terpidana mati yang kabur dari Lapas Kelas II-A Muaro Padang sejak tahun 2007 lalu.

Selasa,20 Januari 2015 - 19:39:30 WIB

Manajemen SPR Minta Penangguhan Royalti

PADANG, HALUAN — Manajemen Sentral Pasar Raya (SPR), Padang meminta kepada Pemko untuk menang­guhkan pembayaran utang royalti. Pasal­nya, pembangunan SPR pascagempa 2009 silam berasal dari kocek SPR sendiri dengan pola swadaya dan pe­dagang yang menempati lantai 1 saat ini belum ada yang membayar. Utang Royalti SPR sebesar Rp29,36 juta dan berpotensi kehilangan kesem­patan memperoleh pendapatan royalti minimal sebesar Rp144,77 juta per tahun atau seluruhnya sebesar Rp3,33 miliar.

Selasa,20 Januari 2015 - 19:39:05 WIB

Pilkada Tetap Dilakukan Secara Langsung

DPR SETUJUI PERPPU JAKARTA, HALUAN — Rapat Paripurna DPR menyetujui Peraturan Pemerintah Peng­ganti Undang Undang (Per­ppu) No 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Selasa (20/1). Meski perlu direvisi, na­mun dengan disetujui Perppu tersebut ma­ka Pilkada tetap dilakukan secara langsung. Selain itu, Paripurna DPR yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, juga menerima Perppu No 2 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda) ditetapkan menjadi undang-undang.

Selasa,20 Januari 2015 - 19:38:04 WIB

Harga Diturunkan, BBM Sulit Didapat

PADANG, HALUAN — Sehari pas­ca­penurunan harga BBM (Bahan Bakar Minyak), masih terlihat antrean di sejumlah SPBU di Sum­bar. Namun, di beberapa tempat, SPBU tersebut malah terlihat sudah kosong karena kehabisan stok, Selasa (20/1) lalu. Di Padang, antrean cukup pan­jang terlihat  di SPBU Sawahan dan Jati, Selasa (20/1). SPBU di Sim­pang Ketaping dan SPBU Kalum­buk, juga kehabisan stok hingga membuat para konsumen kecewa.

Selasa,20 Januari 2015 - 19:36:52 WIB

Kontribusi ke Kampung Diharapkan

POLITISI MINANG SUKSES KE SENAYAN DARI DAPIL RANTAU PADANG, HALUAN — Orang Minang punya saham yang besar untuk pembangunan negara dan bangsa Indonesia. Sampai saat ini, masih terasa peranannya dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Salah satunya berperan sebagai legislator atau senator di Senayan, Jakarta. “Tak hanya sekarang, sejak awal ke­merdekaan, orang Minang sudah menjadi pendiri negara ini,” kata Direktur Eksekutif Focus Parlemen, Hamdanus kepada Haluan, Selasa (20/1).

Selasa,20 Januari 2015 - 19:30:04 WIB

UU Pemda Perkuat Ombudsman RI

Pada Undang-Un­dang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia alinea ke­­empat dinyatakan tujuan negara Indonesia adalah untuk melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahtetaan u­mum, dan ikut serta dalam perdamaian dunia. Namun, tujuan tersebut semakin jauh untuk dicapai, khususnya dalam kese­jah­te­raan dan perlindungan. Saat ini penyelenggara pelayanan pub­lik yaitu pemerintah mulai menghilangkan dan melu­pakan keadilan dalam bekerja untuk rakyat.

Selasa,20 Januari 2015 - 19:29:35 WIB

Prestasi Unand Membanggakan Sumbar

Prestasi yang dicapai Universitas Andalas (Unand) sebagaimana yang diekspos di sejumlah media harian lokal Sumatera Barat, Selasa (20/1) membanggakan masyarakat Sumatera Barat. Kenapa harus bangga? Karena Unand termasuk 18 kampus di Indonesia yang berhasil mendapatkan akredetasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Menariknya lagi, kampus yang terletak di perbukitan Limau Manis, Kecamatan Pauh Kota Padang tersebut adalah satu dari dua perguruan tinggi di Indonesia yang berada di luar Pulau Jawa yang mendapat akreditasi A. Kampus luar Jawa satunya lagi adalah Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM