Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Selasa,06 Januari 2015 - 18:40:29 WIB

Anggaran KONI Ditambah pada APBD-P 2015

PADANG, HALUAN— Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar berjanji akan mengusahakan penambahan anggaran untuk  Komite Olah­raga Nasional Indonesia (KO­NI) Sumbar  melalui APBD perubahan tahun 2015. Rencana penambahan ang­garan di perubahan ini seiring dengan kedatangan pihak KO­NI ke DPRD Sumbar  untuk menyerahkan list kegiatan yang akan mereka laksanakan.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:40:01 WIB

Sumbar Siap Swasembada Pangan

PADANG, HALUAN—Pemerintah telah mencanangkan swasembada pangan dalam tiga tahun ke depan. Sebagai bagian dari komponen bangsa, Korem 032/Wirabraja dan jajaran serta Kepala Dinas Per­tanian, Peternakan dan Perikanan Provinsi Sumbar berkomitmen mendukung sepenuhnya kebijakan peme­rintah dalam menja­lan­kan pro­­gram pembangunan. Korem 032/Wirabraja akan mela­kukan program kegiatan keta­hanan pangan di seluruh wilayah Sumbar dengan memberdayakan satuan-satuan kewilayahan, serta melakukan kerja sama dengan Pemda setempat, masyarakat dan swasta dalam meningkatkan keta­hanan pangan.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:38:05 WIB

Ilusi Daerah Istimewa dan Nagari Otonom

Pewacanaan ten­tang Daerah Is­ti­mewa Minang­kabau (DIM) kembali mun­­­cul dan menye­ruak ke permukaan. Gejolak dan riak munculnya wacana tersebut sejatinya bukanlah barang baru. Sebab masa pe­me­rin­tahan Soekarno, gejolak de­ngan mengangkat senjata telah muncul untuk mene­gaskan menolak pemerintahan yang kala itu dipandang sentra­listik. Kini hal serupa kembali mun­cul, khususnya saat dan setelah Undang-Undang Desa disah­kan pada tanggal 18 De­sember 2013. Pro dan kontra dalam ta­taran wacana saat Undang-Undang Desa disahkan bergu­lir timbul dan tenggalam mulai dari mendukung Undang-Un­dang Desa sebagai peluang kembali ke nagari, atau memi­sahkan diri dari NKRI. Per­kem­bangan terbaru adalah sta­tus daerah istimewa, sementara di tataran Pemerintahan Pro­vinsi Sumatera Barat (Pemda dan DPRD Sumbar) telah me­ma­sukan Ranperda Pe­merin­tahan Nagari dalam pro­leg­da tahun 2015 di urutan nomor satu.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:37:23 WIB

ATM Oknum Aparat Penegak Hukum

Carut marut dalam penegakkan hukum di tanah air masih saja terjadi. Meskipun sudah bertahun-tahun digembar-gemborkan gerakan melawan mafia penegakkan hukum, tetapi belum juga tuntas hingga sekarang. Hal tersebut tak lepas dari akutnya kerusakan moral sebagian aparat penegak hukum. Praktik mafia penegakkan hukum sudah sangat massif. Istilah adanya pejabat, pengusaha atau orang berduit yang menjadi anjungan tunai mandiri alias ATM bagi oknum aparat penegak hukum bukan rahasia lagi. Pantas kiranya Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) GKR Hemas buka suara soal praktik-praktik menjadikan pejabat atau kepala daerah  sebagai mesin ATM oleh oknum aparat penegak hukum. Selaku salah satu unsur pimpinan lembaga negara diyakini GKR Hemas sudah banyak mendapat pengaduan atau pun tempat curhat (curahan hati) oleh para pejabat yang dijadikan mesin uang oleh oknum aparat penegak hukum.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:36:39 WIB

Masyarakat Nilai Pemerintah Pilih Kasih

PERDA KAWASAN BEBAS SAMPAH PADANG, HALUAN — Masyarakat menilai pemerintah belum maksimal dan pilih kasih dalam menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 21 tahun 2012 tentang kawasan bebas sampah. Pasalnya, hanya diterapkan di 10 kawasan saja yang seluruhnya berada di pusat kota. Sementara, di kawasan hulu Banda Bakali yang juga banyak terdapat sampah, tidak termasuk kawasan bebas sam­pah. Tak hanya itu, sampah Banda Bakali juga sering me­ngang­gu masyarakat yang bera­da di bibir pantai sepeti Purus, yang hanyut terbawa air.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:34:13 WIB

Mantan Satpam SMA Terancam 15 Tahun Penjara

BUNUH KARYAWATI TOKO Padang, Haluan — Pengadilan Negeri (PN) Padang, Selasa (6/1), menggelar sidang perdana pembunuhan terhadap Mira Juwita (33), seorang pelayan toko yang tewas di Kawasan Lubuk Begalung, Kota Padang, pada hari Minggu, 28 September 2014 lalu. Dalam dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Beatrik terungkap, bahwa pembunuhan sadis ini dilakukan oleh Refiandi (24), yang merupakan seorang satpam SMA Negeri 4 Kota Padang. Dihadapan majelis hakim yang diketuai Irwan Munir dan be­ranggota­kan Jamaluddin dan Herlina Rayes ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Beatrik mengatakan, terdakwa Refiandi telah melakukan kejahatan yang melawan hukum dan dengan sengaja menghabisi nyawa korban.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:33:40 WIB

Persib Tantang Persiba di Final

PIALA WALIKOTA PADANG 2015 PADANG, HALUAN — Persib Ban­dung memastikan meng­genggam tiket terakhir ke partai puncak Turnamen Piala Walikota Padang 2015, setelah menang atas debutan ISL, Pusammania Borneo FC (PB­FC) 3-0 di laga ter­akhir di grup A. Di laga final yang akan dilangsungkan Kamis (8/1) di Stadion H Agus Salim itu, Persib sudah dinanti Persiba Balikpapan yang memastikan lolos lebih awal sebagai pemuncak grup B.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:32:44 WIB

Semen Padang Menang Dramatis

PIALA WALIKOTA PADANG PADANG, HALUAN — Semen Padang meraih kemenangan dramatis atas Selangor di ajang Piala Walikota Padang Selasa (6/1) di Stadion H. Agus Salim Padang. Semen Padang me­raih kemenangan dengan adu penalti dengan skor 6-5. Dalam waktu normal kedua tim ber­main imbang 2-2. Pertandingan berlangsung seru. Jual beli serangan pada babak pertama pun terjadi. Semen Padang mampu unggul lebih dulu pada menit 22 melalui Mofu. Gol mofu berawal dari sundulan Airalangga yang tidak mampu diamankan oleh penjaga gawang Selangor menyebabkan ke­melut. Mofu dengan sigab menyapu bola kedalam gawang.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:30:38 WIB

PSSI Sumbar Akan Pilih Exco Baru

PADANG, HALUAN — PSSI Su­matera Barat mencanangkan be­berapa programnya pada tahun 2015 ini. Salah satunya adalah melengkapi anggota exco yang masih kurang. Rencananya kongres penunjukan anggota exco baru tersebut akan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang. “Setelah kongres di Dhar­mas­raya pada bulan Desember lalu kita akan memilih anggota exco yang baru. Saat ini anggota exco baru dua orang. kita akan melengkapinya menjadi tujuh. Dua anggota exco tersebut adalah Ketua Toto Sudibyo dan Wakil ketua Indra Datuak Rajo Lelo,”ujar Wakil Ketua PSSI Sumbar Indra Daruak Rajo Lelo di damping Sekjennya Roni Suhatril Selasa (6/1).

Selasa,06 Januari 2015 - 18:29:04 WIB

Potensi Kekalahan Ketiga

ATLETICO MADRID VS REAL MADRID Madrid, Haluan — Derby Madrid bakal bergulir tengah pekan ini dalam babak 16 besar Copa del Rey. Real Madrid berpotensi menuai tiga kekalahan beruntun saat menghadapi Atletico Madrid di Vicente Calderon pada Kamis (8/1) dinihari WIB. Menilik penampilan Los Blancos belakangan laga itu akan menjadi ujian berat. Madrid sedang menderita, setelah meraih dua kekalahan beruntun. Pertama, Madrid dikalahkan AC Milan 2-4 dalam laga persahabatan yang bergulir di Dubai pada akhir tahun lalu. Kemudian mereka dikalahkan Valencia 1-2 dalam lanjutan La Liga.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:28:23 WIB

Petrison Siap Bertarung di Pilkada Tanah Datar

KANTONGI 60 RIBU SUARA DI PILLEG TANAH DATAR, HALUAN —Kemunculan nama Petrison sebagai sosok tokoh muda pada bursa calon Bupati Tanah Datar, semakin membuat suhu politik di Kota Budaya itu kian panas. Secara terang-terangan, Petrison bahkan telah mendeklarasikan diri sebagai cabup Tanah Datar melalui media baliho yang dipasangnya di sejumlah titik di daerah itu. Petrison memang tidak sendiri. Selain tokoh muda itu, sebelumnya juga sudah muncul nama-nama seperti Wakil Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, serta Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano, yang secara remsi mengaku telah mengatongi dukungan dari Partai Demokrat Tanah Datar. Selain itu juga tersebut nama anggota DPR RI, Edi Tanjung, pengacara Nelson Darwis dan Ketua DPRD Tanah Datar, Zuldafri Darma.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:27:43 WIB

Harus Perjuangkan Anggaran Pembangunan Jalan

ANGGOTA DPRD SUMBAR DAPIL AGAM AGAM, HALUAN — Untuk melanjutkan perbaikan jalan utama di kecamatan Palembayan sepanjang lebih kurang 50 Km memerlukan dana tambahan dari APBD Sumbar, karena dengan kondisi sekarang jalan tersebut masih memprihatinkan, masih banyak memiliki bagian yang rusak parah. Tahun 2014 lalu jalan yang telah ditingkatkan sta­tusnya dari jalan kabupaten ke jalan provinsi itu mendapat kucuran dana dari APBD Sum­bar Rp 10 miliar untuk perbaikan, namun dana sebe­sar itu hanya mampu mengas­­pal jalan dari Padang Koto Gadang arah ke Kayu Pasak nagari Salareh Aia sepanjang 2,5 Km, kemudian mengaspal dan memperbaiki saluran air sekitar 2,5 km lagi di jorong Lubuk Gadang nagari Ampek Koto.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:26:57 WIB

Tahun 2014, 85 Korban Tewas Kecelakaan

PAYAKUMBUH,  HALUAN — Sepanjang  tahun 2014 lalu, kecelakaan lalu lintas masih menjadi penyumbang pertama, tragedi dimasyarakat. Buktinya,  terjadi peningkatan jumlah kasus kecelakaan lalulintas di dua wilayah Hukum Polres Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Tidak tanggung tanggung, korban meninggal dunia men­capai 85 jiwa dengan rincian, 59 korban di Limapuluh Kota dan 25 jiwa melayang di Polres Payakumbuh. Angka itu terdiri dari 135 kasus di Polres Paya­kumbuh dan  106 kasus di Limapuluh Kota.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:22:31 WIB

Distribusi Kompor dan Gas 3 Kg Dipungut Biaya

MASYARAKAT PROTES PAINAN, HALUAN — Masyarakat Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan kecewa terhadap pemerintah dalam pendistribusian kompor gas dan elpiji 3 kg gratis, ternyata masyarakat diminta biaya oleh oknum pemerintahan nagari dengan jumlah bervariasi, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 20 ribu. Sebanyak 8.000 tabung dialokasikan untuk 17 nagari di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Selasa,06 Januari 2015 - 18:21:33 WIB

Panen Padi Belum Sesuai Harapan

PARIAMAN, HALUAN — Sawah baru yang dibuka tahun 2014, yang ditanami padi sawah masih belum menghasilkan panen maksimal. Rata-rata panen yang didapat hanya berkisar 4,8 ton/ hektar. Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman Syafulrizal menjawab Haluan, Senin (5/1), terkait hasil yang demikian itu menjelaskan, untuk panen perdana panen yang demikian sudah cukup baik, memang diakui belum maksimal.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM