Cari Berita :Tanggal Bulan Tahun
Indeks Berita

Senin,20 April 2015 - 19:43:30 WIB

Sistem Tanaman Organik Dinilai Lebih Unggul

PADANG, HALUAN — Pola tanam jagung secara organik yang dilakukan Kodim 0308/Pariaman, lebih baik diban­dingkan dengan tanaman jagung yang dilakukan dengan menggunakan bahan anorganik. Hasil peninjauan lapangan di demplot pertanian jagung Kodim 0308/Pariaman, yang dilakukan Kepala Penerangan Korem 032/Wirabraja Mayor Inf Supadi, Senin (20/4) menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan antara tanaman jagung yang dikerjakan secara organik dengan tanaman jagung yang dikerjakan secara anorganik.

Senin,20 April 2015 - 19:43:05 WIB

Petani Alahan Panjang Ngadu ke Fauzi Bahar

SOLOK, HALUAN — Syamsul (60), petani bawang di Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok langsung mendekap Fauzi Bahar. Dia tak menyangka, akan bertemu dengan sosok pemimpin yang lama jadi idolanya, Senin (20/4) siang. Bagi Syamsul, Fauzi Bahar adalah contoh pemimpin yang visioner, dan memiliki segudang gagasan untuk kesejahteraan masyarakat. Pada Fauzi Bahar juga, Syamsul berkeluh kesah, soal harga bawang dan tomat yang kian turun, serta beredarnya bibit palsu, serta sulitnya mendapatkan pupuk. Gebrakan Fauzi Bahar ketika memimpin Kota Padang selama 10 tahun, dianggap Syamsul gemilang. “Lama saya mendengar kabar tentang seorang Fauzi Bahar. Bertemu dengan Fauzi Bahar, sudah lama inginkan. Sekarang terkabul,” ujar Syamsul, yang ditemui Fauzi sedang menggarap lahannya.

Senin,20 April 2015 - 19:42:39 WIB

Tahanan Kabur, Petugas Piket Polres Diperiksa

PASBAR, HALUAN — Pasca­kaburnya dua tahanan Polres Pasaman Barat Sabtu lalu, Kapolres AKBP Toto Fajar Prasetyo menegaskan akan memeriksa petugas jaga malam saat itu. “Sayakan baru mulai bertugas hari ini (kemarin,red), jadi belum hafal nama-nama petugas piket yang jaga. Yang jelas kita akan periksa anggota yang piket Sabtu malam itu,” katanya kepada wartawan kema­rin usai acara pisah sambut Kapolres yang baru dengan Kapolres lama, AKBP Sofyan Hidayat, SIK yang pindah tugas sebagai Wakil Direktur Binmas Polda Banten  di Mapolres Pasaman Barat. Toto yang mantan Kapolres Pesisir Selatan itu mengakui kemungkinan adanya kelalaian petugas piket saat dua tahanan itu kabur. Selain itu, juga jadi pertanyaan, dari mana tahanan mendapatkan gergaji besi untuk memotong terali ventilasi ruang tahanan. “Dua tahanan itu kasus pengedar narkoba dan pen­curian berat.  Ini ada unsur kelalaian dari petugas yang piket, “ tegasnya.

Senin,20 April 2015 - 19:40:31 WIB

Rohana Kudus dan Gerakan Perempuan

Perempuan dalam se­tiap dekade, cen­de­rung merasa menjadi bagian kedua dari laki-laki, bukan soal ke­setera­an atau perbedaan gender. Perempuan juga ingin ber­peran besar, sehingga atas kebesaran kontrbusi pe­rem­puan, seorang perempuan bisa dikatakan sebagai perempuan tangguh yang berbuat banyak, diban­ding­kan perempuan lainnya. Rohana Kudus salah satu­nya, siapa yang tak menge­nalnya. Perempuan asal Mi­nang ini, memang sering di­teng­gelamkan dalam sejarah ketokohan R.A Kartini—se­bagai wujud lambang eman­sipasi perempuan di republik ini. Kita melihat persoalan ini, bukanlah langah menjustifiksi Kartini, bahwa Rohana Kudus yang berhak mendapatkan gelar tokoh perem­puan (lam­bang perjuangan perempuan Indonesia).

Senin,20 April 2015 - 19:39:59 WIB

'Kartini Hari Ini'

Senin, 21 April 2015 ini, diperingati Hari Kartini di Tanah Air yang disebut juga hari emansipasi perempuan. Kertini menjadi catatan sejarah atas kebangkitan semangat perempuan Indonesia memperjuangkan nasib bangsa dan juga nasib kaum perempuan agar sejajar dengan kaum pria. Siapa Kartini? Kartini memiliki nama asli Raden Adjeng Kartini (1879–1904) yang berasal dari Jawa Tengah. Dia dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional 2 Mei 1964 oleh Presiden Soekarno. Kartini adalah pelopor kebangkitan perempuan karena pikiran dan pandangannya mengenai emansipasi, khususnya hak berpendidikan serta hak memperoleh kebebasan dan persamaan hukum bagi kaum perempuan.

Senin,20 April 2015 - 19:39:17 WIB

Calon Deputi Gubernur BI Berbelit-belit

DITANYA DPR RI SOAL CENTURY JAKARTA, HALUAN — Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dodi Budi Waluyo berbelit-belit dan tak terbuka ketika ditanya DPR soal dugaan keterlibatannya dalam skandal bailout Bank Century. Bagi DPR, hal itu akan menjadi catatan penting terkait kredibilitas serta independensi yang bersangkutan seandainya diberi tanggung jawab dalam mengelola BI.

Senin,20 April 2015 - 19:38:22 WIB

Libya-Indonesia Jalin Kerja Sama Lawan ISIS

JAKARTA, HALUAN — Menteri Luar Negeri Libya Mohammed al Dairi mengungkapkan bahwa negaranya menerima perlakuan buruk dari kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Karena itu, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan Indonesia untuk melawan ISIS. “ISIS melakukan sejumlah aksi yang buruk di Libya. Kami pernah dikejutkan dengan aksi eksekusi 21 warga kami pada 15 Februari. ISIS dan kelompok militan lain, Ansar al Syariah, merupakan ancaman untuk negara kami,” ujarnya dalam keterangan persnya di perhelatan Konferensi Asia-Afrika, Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan, Senin (20/4/2015).

Senin,20 April 2015 - 19:36:37 WIB

Pemimpin Houthi Tak Akan Menyerah

KOALISI ARAB SAUDI LANCARKAN SERANGAN UDARA SANAA, HALUAN — Pemimpin kelompok pemberontak Syiah Houthi di Yaman bersumpah tidak akan menyerah dengan adanya serangan udara koalisi Arab Saudi. Pernyataan ini disampaikan setelah bentrokan antara Houthi dengan tentara pemerintah Yaman menewaskan total 85 orang.  “Rakyat Yaman tidak akan pernah menyerah — akan tetap melawan langsung agresi,” tegas pemimpin pem­berontak Houthi, Abdulmalik al-Houthi dalam per­nyataannya seperti dilansir AFP, Senin (20/4/2015). Dalam pernyataannya, Houthi bersumpah akan mela­kukan perlawanan yang sengit dengan menggunakan seluruh alat dan opsi yang tersedia.

Senin,20 April 2015 - 19:35:44 WIB

Padang Usulkan Leonardy Jabat Ketua Wantim Golkar

PADANG, HALUAN — Hasil rapat pimpinan daerah (Rapimda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Kota Padang meminta Leonardy Harmainy sebagai Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Partai Golkar. Tak hanya itu, Rapimda Golkar Padang juga menyepakati untuk tidak mengakui pelaksana tugas (plt) yang SK Kepengurusannnya sudah dikeluarkan DPP Golkar kubu Agung Laksono. Ketua DPD Golkar Pa­dang Wahyu Iramana Putra mengatakan, Rapimda yang diadakan di kantor DPD Gol­kar Padang, Senin (20/4), dige­lar dalam rangka me­nyama­kan persepsi terhadap situasi Golkar di Sumbar. Nantinya, hasil Rapimda akan diusulkan dalam Rapimda tingkat pro­vinsi Sumbar yang akan digelar pada minggu ini juga.

Senin,20 April 2015 - 19:33:36 WIB

Kepala Sekolah MIN Ngadu Ke DPRD Sumbar

MERASA DIDISKRIMINASI PADANG, HALUAN — Merasa mendapat perlakukan diskriminasi pada seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Padang, kepala sekolah dan sejumlah wali murid dari MIN Gunung Pangilun Padang, mengadu ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Senin (20/4). Kepala Sekolah Min Gu­nung Pangilun Padang, Yakub dihadapan Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Yuliarman, Senin (20/4) mengatakan, pada seleksi O2SN tingkat Keca­matan Padang Utara yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, dari delapan katagori untuk bidang olahraga yang dipertandingkan, empat ka­tagori dimenangkan siswa MIN Gunung Pangilun. Begitu juga untuk cabang seni, dari tujuh katagori tiga diraih siswa MIN Gunung Pangilun.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM