Pelaku Pembunuhan di Pessel Peragakan 19 Adegan Aksi Pembakaran


Jumat,13 Oktober 2017 - 21:39:07 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pelaku Pembunuhan di Pessel Peragakan 19 Adegan Aksi Pembakaran Polsek Lengayang gelar rekonstruksi pembakaran di Kampung Lubuk Begalung, Nagari Lakitan, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), terhadap korban Refi Indrayani (18), pada 8 November 2007 lalu. (Okis Mardiansyah) 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Gelar Rekonstruksi kasus pembunuhan 2007 silam, di Kampung Lubuk Begalung, Nagari Lakitan, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), pelaku memperagakan sebanyak 19 adegan aksi pembakaran terhadap korban. Jumat (13/10).

"Sebelum pelaku melakukan aksinya terhadap korban. Pelaku memastikan terlebih dahulu posisi korban saat itu, sesampai di depan rumah korban pelaku lalu berteriak. Terlihat pada adegan satu, dua, dan tiga," sebut Kapolsek Lengayang AKP Arnanda Putra, kepada Wartawan.

Dijelaskannya, dari sejumlah adegan yang diperagakan saat itu, pelaku sempat meminjam sepeda motor salah seorang saksi dalam kejadian itu. Pada saat itu, pelaku meminjam sepeda motor saksi dan mengambil bensin disebuah warung, kemudian bergerak mengarah ke rumah korban.

"Pada adegan keempat, terlihat pelaku meminjam motor salah seorang saksi, kemudian pelaku mengambil satu jerigen bensin dan mebawanya kerumah korban. Terlihat pada adegan ke lima, enam, tujuh, delapan dan sembilan," jelasnya.

Menurut Kapolsek, dari perkembangan adegan pembunuhan tersebut, pelaku sempat memanggil suami korban dengan cara membentak. Pada saat itu, korban sedang bersama suami serta ditemani dua orang temannya sedang duduk diruang tengah rumah. Dan pelaku langsung menyiram sebuah lampu togok yang sedang berada diatas meja dengan bensin, kemudian mengarahkan ke tubuh korban, hingga percikan bensin juga mrngenai kedua teman korban. Akhirnya korban mengalami luka bakar serius disekujur tubuhnya.

"Dalam kejadian itu, ada saksi satu, dua dan tiga. Pada saat itu, saksi tiga duduk diatas kursi bersama pelaku. Kemudian pelaku menyiram bensin kepada saksi satu, dua dan korban hingga terbakar. Pada saat itu, pelaku sempat terbakar pundaknya dan langsung lari keluar rumah. Terlihat dalam adegan ke 10, 11, 12, 13, 14, dan 15," terang Kapolsek lagi. 

Ditambahkannya, dari gelar rekonstruksi yang digelar sejak pukul 09.45 WIB hingga pukul 11.45 WIB, pelaku sempat mendatangi salah satu rumah saksi, dan berharap persoalan itu bisa diselesaikan dengan sistem kekeluargaan. Setelah itu, barulah pelaku kabur keluar daerah, hingga menjadi buron selama 10 tahun, sejak mencuatnya kasus tersebut pada tahun 2007 silam. 

"Dari 19 adegan pembunuhan yang dilakukan pelaku, ia sempat kabur dan melarikan diri kurang lebih selama 10 tahun. Berkat adanya kordinasi yang kuat oleh pihak kita bersama jajaran, akhirnya pelaku berhasil dibekuk," tutup Kapolsek. (h/kis)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,24 September 2017 - 19:15:55 WIB

    Curi Motor, Pelaku Bacok Warga Silaut

    Curi Motor, Pelaku Bacok Warga Silaut PAINAN, HALUAN - Amiruddin (65), warga Kampung Talang Mandiangin, Kenagarian Silaut, Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), menjadi korban kekerasan dan berujung kepada pembacokan, oleh pelaku yang diketahui be.
  • Selasa,05 September 2017 - 02:05:51 WIB
    BURON SELAMA DELAPAN BULAN

    Pelaku Penggelapan Mobil Ditangkap

    PADANG, HALUAN - Jajaran unit reskrim Polsek Kuranji akhirnya berhasil menangkap pelaku penggelapan mobil Honda Accord dengan No Pol B 1428 UAA, Bambang Nusdiansyah (26), setelah sempat buronan selama delapan bulan..
  • Jumat,16 Juni 2017 - 13:46:05 WIB

    Pelaku Pungli Pendidikan Harus Ditindak Tegas

    Pelaku Pungli Pendidikan  Harus Ditindak Tegas PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wakil Ketua DPRD Sumbar, Guspardi Gaus meminta penegak hukum mengambil tindakan tegas terhadap pelaku pungli di dunia pendidikan. Dikatakan Guspardi tindakan tegas perlu diambil terhadap mereka ya.
  • Kamis,11 Mei 2017 - 17:15:59 WIB

    Polres Sijunjung Tangkap Pencuri di MTSN, Satu dari Tiga Pelaku Masih Sekolah

    Polres Sijunjung Tangkap Pencuri di MTSN, Satu dari Tiga Pelaku Masih Sekolah SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM—Nekat mencuri di di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 3 Sijunjung. Tiga orang remaja ditangkap jajaran Reskrim Polsek Sijunjung, Selasa (9/5). .
  • Kamis,27 April 2017 - 12:07:29 WIB

    Tim KLH Sudah di Mandeh, Kumpulkan Data dan Cari Tahu Pelaku Perusakan

    Tim KLH Sudah di Mandeh, Kumpulkan Data dan Cari Tahu Pelaku Perusakan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Diam-diam, tim Pencegahan dan Pengamanan Hutan (PPH) Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Ditjend Gakkum), Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) turun ke Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Man.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM