Sasak Punya Program Tangkal Narkoba


Jumat,13 Oktober 2017 - 01:23:41 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Sasak Punya Program Tangkal Narkoba FOTO BERSAMA - Tim terpadu pemberantasan narkoba di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat foto bersama, Kamis (12/10) usai pencanangan program tangkal narkoba. OSNIWATI

PASBAR, HALUAN - Dalam rangka pemberantasan dan peredaran narkoba di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Camat Sasak Ranak Pasisie Edwar Dinata memiliki program terbaik yang belum ada di Kecamatan lain di Pasbar. Program yang berbentuk tim terpadu pemberantasan narkoba ini yang akan menangkal peredaran narkoba.

“Program tersebut adalah pembentukan Tim terpadu pencegahan peredaran, penggunaan dan penyalahgunaan narkoba serta minuman keras di Kecamatan Sasak,” urai Edwar Dinata, Kamis (12/10).

Dikatakan Edwar Dinata, tidak ada satu wilayah pun yang bebas dari narkoba dan Miras. Narkoba disebut adalah sebagai 'alat perang' modern yang membahayakan.

"Saat ini tidak ada satu wilayah pun yang bebas dari narkoba, ini sudah menyebar di sekolah dasar bahkan taman kanak-kanak. Ini adalah alat perang modern yang bertujuan menghancurkan pemuda dan ketahanan bangsa," ujar Edwar.

Apalagi Kabupaten Pasbar sekarang ini, bukan lagi pelintasan narkoba melainkan tempat peredaran narkoba. Untuk sementara ini, data yang ada menunjukan Pasbar merupakan wilayah nomor tiga di Sumbar.

“Dari data yang kita dapat pada Polres Pasbar tahun 2015 dan tahun 2016, kita mendapat rangking tiga peredaran narkoba itu,” ulas Edwar Dinata.

Adapun rincian pengungkapan kasus tahun 2015 tersebut antara lain, kasus ganja 20 kasus ,7 kasus penguna sabu-sabu dengan jumlah tersangka 33 orang. Lima diantaranya anak-anak dan satu perempuan. Dengan kasus ini, polisi berhasil mengamankan jumlah barang bukti ganja kering 30.469,8 gram sedangkan barang bukti sabu-sabu 24,44 gram.

“Apa lagi sekarang ini, bupati dan wakil bupati menyatakan perang terhadap narkoba, disisi lain Kecamatan Sasak merupakan tempat pariwisata dan pentingnya mengantisipasi adanya dampak buruk terhadap perkembangan disektor kepariwisataan. Sebab dari perkembangan tersebut tidak menuntup kemungkinan adanya pengaruh dari luar khususnya berkaitan dengan peredaran barang haram seperti narkoba atau pun minuman-minuman keras," terang Edwar.

Menanggapi itu, Bupati Pasbar Syahiran telah mengeluarkan Surat Keputusan Bupati Pasbar Nomor:188.45/620/Bup-Pasbar tahun 2017, dalam pemberantasan narkoba dan miras ini.

“Kita mengendeng seluruh pihak, seperti kepolisian,TNI, ninik mamak serta para tokoh masyarakat. Dan Alhamdulilah pembentukan tim terpadu ini, sangat di respon baik dari segala pihak," terang Edwar. (h/ows)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,26 Agustus 2016 - 04:27:36 WIB

    Indo Jalito Peduli Bangun Masjid di Sasak

    Indo Jalito Peduli Bangun Masjid  di Sasak PASBAR, HALUAN — Kelompok ibu-ibu perantau minang yang tergabung dalam Indo Jalito Peduli (IJP), membangun sebuah masjid di Kampung Nelayan Sasak, Kabupaten Pasaman Barat..
  • Senin,22 Agustus 2016 - 21:05:29 WIB

    Nagari Sasak Kembali Jadi Sasaran Abrasi

    PASBAR,HALUAN – Pantai Sasak, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat kembali jadi sasaran abrasi. Ada 10 rumah dan satu rumah ibadah, yakni Musala Nurul Ikhlas, di Jorong Pondok, Nagari Sasak, Kecamatan Ranah Pasisie, dile.
  • Rabu,27 Juli 2016 - 08:44:44 WIB

    Warga Sasak Cemas, Batu Krib Rusak Dihempas Ombak

    Warga Sasak Cemas, Batu Krib Rusak Dihempas Ombak PASBAR, HALUAN — Pantai Sasak merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Pasaman Barat. Namun, nasib pantai itu kian hari terus tergerus. Bahkan terjangan ombak itu mampu merusak batu penahan ombak (krib) yang dipa.
  • Senin,30 Mei 2016 - 18:24:24 WIB

    Dua Nelayan yang Hilang di Nagari Sasak Ditemukan Tersangkut di Batu Karang

    Dua Nelayan yang Hilang di Nagari Sasak Ditemukan Tersangkut di Batu Karang PASBAR,HALUAN--Dua nelayan Jorong Pondok Nagari Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat yang hilang setelah kapalnya dihantam badai berhasil ditemukan ?Minggu (29/5) pukul 20.30 WIB dalam kondisi selamat. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM