DALPIUS BOYONG PUTRA PUTRI MARITIM

Tanam Mangrove di KWT Bahari Mandeh


Jumat,13 Oktober 2017 - 00:22:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tanam Mangrove di KWT Bahari Mandeh TANAM MANGROVE-Dalpius Indra bersama puluhan peserta seleksi calon Putra Putri Martim Perwakilan Sumbar, bertanam mangrove di KWT Bahari Mandeh, Pesisir Selatan. IST

TARUSAN, HAUAN-Sebelum   diantara peserta  terpilih sebagai Duta Maritim Sumbar 2017, kegiatan penanaman mangrove merupakan bagian dari materi  pembinaan, dan memberikan pemahaman tentang pentingnya pelestarian hutan mangrove.

Karena itulah Dalpius Indra SH, belum lama ini  memboyong puluhan  peserta seleksi  calon Putra Putri Martim Perwakilan Sumbar  ke    Kawasan Wisata Terpadu (KWT)  Bahari  Mandeh, Pesisir Selatan. 

Di sini   mereka  berkubang lumpur,   mandi keringat dan mandi air laut demi  melabuhkan cita-cita mulia, menanami kembali mangrove atau hutan bakau yang terancam punah.

Dipilihnya Pulau Teluk Dalam,  Kapo-Kapo,   Pulau Cubadak  dan  Kawasan Wisata Terpadu (KWT)  Bahari  Mandeh secara keseluruhan adalah pilihan yang tepat. “Kita, dan siapa pun punya  tanggung jawab untuk  melestarikan alam dan linkungan, termasuk hutan bakau (mangrove) di kawasan ini. Ya, tanggung jawab kita untuk alam semesta, dan tanggung jawab kita kepada  Allah Ta’ala untukmenjaga dan melestarikan anugrahNya  yang  indah ini,”  ujar  Pius.

Adapun jenis mangrove yang  ditanaman adalah Rizophora apiculata. Ini sesuai denga habitatnya yang sudah ada  di kawasan Mandeh.

Pada kesempatan tersebut,  peraih penghargaan Kalpataru ini  ditunjuk  sebagai  instruktur teknis.  “Tidak  langsung menanam-nanam saja,  aktivitas peduli mangrove  ini kita awali  dengan menerangkan secara detai fungsi mangrove, kemudian pemaparan dan praktek  cara pemilihan bibit yang baik,  penyemaian bibit hingga pemeliharaan bibit  yang sudah ditanam,” paparnya.

Menurut Pius, begitu ia akrab dipanggil,   hutan mangrove memiliki peranan penting dan memberikan  manfaat besar bagi biota laut dan masyarakat pesisir. Diantaranya sebagai penyaring alami  limbah organic, tempat hidup dan sumber makanan bagi berbagai jenis satwa dan biota laut. “Dan, yang lebih penting lagi, hutan mangrove berfungsi mencegah intrusi air laut ke daratan serta mencegah erosi dan abrasi pantai."

"Lihatlah kawasan pantai yang tiada lagi mangrove, betapa mudahnya amblas ke dalam laut.  Pesona keindahan akan berganti  jerit bencana,  jika hutan mangrove terus dibabat.Bukankah  Allah SWT telah memperingatkan bahwa  'Telah nyata kerusakan di darat dan di laut akibat perbuatan manusia,” pungkasnya.  (h/dn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,14 Maret 2017 - 07:55:48 WIB

    SE Percepatan Tanaman Padi Bisa Picu Bentrok

    SE Percepatan Tanaman Padi Bisa Picu Bentrok PADANG, HALUAN-Anggota DPRD Sumbar, Armiati meminta Surat Edaran (SE) gubernur tentang percepatan tanaman padi dicabut kembali oleh pemerintah daerah..
  • Senin,19 Desember 2016 - 02:07:14 WIB
    PERINGATAN HARI BUMI KE-46 TINGKAT SUMBAR

    Tanam Pohon Agar Bencana Tak Melanda

    Tanam Pohon Agar Bencana Tak Melanda AROSUKA, HALUAN — Peristiwa bencana alam diduga akan terus meningkat karena dipicu fenomena perubahan iklim global dan degradasi lingkungan. Oleh karena itu, bumi perlu dijaga agar tak binasa, dan resiko bencana harus di.
  • Selasa,01 November 2016 - 10:44:40 WIB

    Railbus Resmi Menempuh Padang-Kayutanam

    Railbus Resmi Menempuh Padang-Kayutanam PADANG, HALUAN - Kererta Api Lembah Anai jurusan Kayu Tanam-Lubuk Alung resmi dibuka di Stasiun Kereta Api Simpang Haru Padang, Selasa (1/11) pukul 10.00.WIB.
  • Selasa,01 November 2016 - 01:55:41 WIB
    BUPATI DAN DANDIM 0311 PESSEL TANAM PADI SERENTAK

    Gerakan Tanam Jarwo Tingkatkan Produksi Padi

    Gerakan Tanam Jarwo Tingkatkan Produksi Padi PAINAN, HALUAN — Guna meningkatkan produksi padi di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan (Pes­sel), maka Bupati Hendrajoni bersama Dandim 0311/Pessel Letkol (Inf) Setiya Asmara SIP, menggelar tanam padi se­rentak dengan sis.
  • Selasa,27 September 2016 - 02:47:49 WIB
    PERCONTOHAN DI SUMBAR

    Solsel Tanam Padi Organik

    Solsel Tanam Padi Organik SOLSEL, HALUAN — Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel), Abdul Rahman resmikan pena­naman padi organik perdana seluas 20 hektare di Jorong Koto Baru Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Senin, (26/9)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM