Mendidik dan Mengerjakan Anak Salat Sejak Dini


Kamis,12 Oktober 2017 - 16:20:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Mendidik dan Mengerjakan Anak Salat Sejak Dini Asniarti, SPdI

Asniarti, S.PdI (Guru PAI SD Negeri 11 Aur Kuning)

Landasan utama seorang  muslim adalah menghambakan diri kepada Allah sebagai penciptakan yang Maha Bijaksana dan Maha Pengasih. Dalam ajaran Islam, shalat adalah simbol dari puncak penghambaan, di mana Allah dalam al-Quran memperkenalkan shalat sebagai pencegah dari dosa dan kerusakan.

Imam Ali as berkata, “selama anak adam menunaikan shalat dengan menjaga syarat dan adabnya, syaitan senantiasa takut terhadapnya. Oleh karena itu , jika ia melalaikan shalatnya dan tidak melaksanakan pada waktunya, syaitan akan menguasai dan menjebaknya ke dalam dosa-dosa besar”.

Alangkah indahnya jika orang tua membantu anak-anak mereka dalam menapaki jalan kebahagian dengan kesempurnaan ini. Dengan pendidikan agama yang benar, para orang tua dapat mendidik anak-anak mereka cara menghambakan diri kepada Allah sehingga tidak teperosok kedalam dosa dan kerusakan.

Islam menaruh perhatian besar untuk pendidikan anak dan mendorong mereka untuk mengerjakan Shalat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendorong anak mengerjakan shalat, salah satunya, orang tua harus memprioritaskan shalat dan melaksanakannya dengan bentuk yang terbaik.cara ini tentu saja efektif untuk mendekatkan anak dengan shalat.

Seorang anak akan memahami nilai shalat ketika menyaksikan orang tua nya mininggalkan semua pekerjaan saat mendengar suara azan dan dengan penuh antusias menyambut seruan Allah. Akan tetapi jika orang tua tidak peduli dengan shalat dan selalu menunda pelaksanaanya, seoranng anak akan menangkap pesan bahwa shalat adalah sebuah perbuatan yag tidak bernilai dan bersifat pemaksaan.

Kiat lain untuk mendekatkan  anak dengan shalat adalah menggunakan metode dakwah yang sesuai dengan jenjang usia mereka. Metode dakwah yang paling sederhana adalah bercengkrama dengan anak mengenai shalat. Orang tua dalam berbagai kesempatan dapat bercerita kepada anak-anak tentang nikmat Allah yang patut kita syukuri.

Untuk menyempurnakan pemahaman anak tentang shalat, orang tua dapat menghidupkan kecintaan anak kepada Sang Pencipta dengan memperkenalkan sifat-sifat-Nya, seperti Maha Pengasih, Maha Pemberi, Maha Kuasa dan lainya.

Cara lain yang bisa ditempuh orang tua adalah dengan menggunakan buku dan perangkat lunak yang menarik untuk menanamkan benih-benih cinta shalat dalam diri anak-anak kita. Kiat atau cara-cara ini tidsak bisa dilakukan tanpa bantuan orang tua.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,11 Oktober 2017 - 11:27:51 WIB

    Mendidik Anak Berinfak Sejak Dini

    Mendidik Anak Berinfak Sejak Dini Anak-anak harusnya dibiasakan untuk berinfak dan bersedekah sejak dini baik di sekolah maupun di rumah. Bersedekah selain merupakan sarana beribadah juga bisa digunakan untuk melatih empati anak pada orang lain. Empati berart.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM