DPRD Sumbar Didesak Batalkan Pelesir ke Tiga Benua


Rabu,04 Oktober 2017 - 11:59:56 WIB
Reporter : Tim Redaksi
DPRD Sumbar Didesak Batalkan Pelesir ke Tiga Benua dprd sumbar

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Rencana keberangkatan Anggota DPRD Sumbar untuk melakukan perjalanan dinas ke tujuh negara di tiga benua mendapat sorotan tajam oleh masyarakat. Para wakil rakyat diminta untuk membatalkan rencana kunjungan yang menghabiskan anggaran miliaran itu.

Para aktivis anti korupsi menganggap, kepergian tersebut sebagai bentuk pemborosan anggaran dan berpotensi terjadinya penyalahgunaan anggaran. “Kepergian 59 dari 65 orang anggota DPRD ke tujuh negara di tiga benua merupakan pemborosan anggaran. DPRD Mesti membatalkan keberangkatan ini,” terang aktivis anti korupsi, Arier Paderi.

Peneliti Lembaga Integritas, Antoni Putra menambahkan, dalam Permendagri Nomor 29 tahun 2016, anggota DPRD memang diberi lampu hijau melakukan perjalanan dinas ke keluar negeri, namun diatur bahwa perjalanan dinas tersebut dilakukan dengan sangat selektif dan untuk kepentingan yang sangat tinggi. “Pertanyaannya, apakah kepergian anggota DPRD Sumbar ke Jerman untuk menyaksikan pameran pariwisata merupakan agenda yang selektif dan untuk kepentingan yang sangat tinggi dan prioritas? Tentu tidak. Jumlah anggaran yang terpakai, Rp10 miliar tidak sedikit. Hal ini tentu akan sangat bertentangan dengan instruksi presiden dan Mendagri yang meminta pemerintah daerah melakukan efisiensi anggaran,” tutur Antoni.

Bila dikaitkan kepergian anggota dewan yang dilakukan secara bertahap itu dianggap tidak berkaitan dengan fungsi, wewenang, dan tugas DPRD Provinsi. “Hal ini, tentu akan berimplikasi terkait dengan penggunaan anggaran. Jika penggunaan anggaran tidak terkait dengan fungsi, wewenang, dan tugas, maka penggunaannya sangat berpotensi menjadi tindak pidana korupsi. Seharusnya DPRD lebih berpikir jauh. Batalkan saja kunjungan tersebut,” sebut Antoni.

Lembaga Integritas mendesak agar Mendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah menolak izin perjalanan dinas yang diajukan oleh 59 anggota DPRD Sumbar dan mengimbau penegak hukum untuk melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran terkait rencana perjalanan dinas 59 anggota DPRD Sumbar tersebut. “Kalau ada yang janggal, proses hukum mesti dijalankan,” ucap Antoni.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Andalas Nurul Fikri juga menyebutkan tidak setuju atas perjalanan dinas anggota DPRD Sumbar ke tujuh negara di tiga benua tersebut. Ia menilai, hal tersebut tidak priopritas yang harus dilakukan DPRD Sumbar saat ini. “Tidak setujunya ia terhadap hal tersebut karena yang pertama, kunjungan tersebut akan memakan anggaran sebanyak Rp10 miliar. Kedua, sifatnya hanyalah mendampingi, masih banyak yang bisa dilakukan oleh DPRD Sumbar dengan uang Rp10 miliar Kami merasa itu belum prioritas yang harus dilakukan DPRD Sumbar saat ini. Uang sebesar Rp10 miliar itu tidak sedikit, banyak program yang lebih bermanfaat yang dapat dilakukan dengan anggaran sebanyak itu,” katanya, Selasa (3/10).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,18 Oktober 2017 - 17:56:48 WIB

    Tunjangan Perumahan Anggota DPRD Sumbar Rp7,7 Miliar per Tahun 

    Tunjangan Perumahan Anggota DPRD Sumbar Rp7,7 Miliar per Tahun  PADANG, HARIANHALUAN.COM--Selama menjalankan fungsi di legislatif, 65 orang anggota DPRD Sumbar mendapatkan tunjangan perumahan. Jumlah tunjangan setiap dewan sekitar Rp10 juta per bulan. .
  • Jumat,06 Oktober 2017 - 10:19:09 WIB

    DPRD Gusar Permen KP Tak Kunjung Direvisi

    DPRD Gusar Permen KP Tak Kunjung Direvisi PADANG, HARIANHALUAN.COM- Ketua Komisi II DPRD Sumbar, Yuliarman gusar dengan sikap pemerintah pusat yang tak kunjung mengkaji kembali Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan Nomor 71 tahun 2016 yang melarang nelaya.
  • Rabu,04 Oktober 2017 - 20:00:49 WIB
    Anggap Tidak Bagian Dari Pekerjaannya

    Anggota DPRD Sumbar ini Pilih Tidak Pergi Pelesiran ke Tiga Benua

    Anggota DPRD Sumbar ini Pilih Tidak Pergi Pelesiran ke Tiga Benua Mulanya saya berfikir kunjungan kerja mendampingi gubernur ini terkait panas bumi, saya berfikiran ke sana karena Jerman terkenal dengan panas buminya, namun setelah saya pelajari subtansinya ternyata berhubungan dengan pamer.
  • Rabu,20 September 2017 - 14:58:21 WIB

    5 Anggota DPRD Akan Berangkat ke Jerman

    5 Anggota DPRD Akan Berangkat ke Jerman PADANG, HARIANHALUAN.COM - Lima anggota DPRD Sumbar rencananya akan berangkat ke Jerman pada 27 Oktober mendatang. Keberangkatan dewan ini untuk mendampingi Gubernur dan Dinas Penanaman Modal menghadiri sebuah acara..
  • Selasa,19 September 2017 - 17:29:20 WIB

    DPRD Gandeng Instansi Terkait Awasi Pulau

    PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sumbar seperti kecolongan terkait dengan pengelolaan gugusan pulau yang disulap menjadi tempat wisata. Setelah pelanggaran di Pulau Suwarnadwipa terkait dengan masalah lingkungan, kali ini Pulau S.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM