Wagub Apresiasi Hoyak Tabuik


Rabu,04 Oktober 2017 - 00:19:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Wagub Apresiasi Hoyak Tabuik HOYAK TABUIK—Duo tabuik saling bersanding sebelum di buang ke laut sebagai akhir dari pelaksanaan Pesona Hoyak Tabuik. Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menutup iven wisata itu, Minggu (1/10). TRISNALDI

PARIAMAN, HALUAN—Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menutup rangkaian Pesona Hoyak Tabuik 2017, di Pantai Gandoriah, Minggu sore (1/10). Iven tahunan itu diakhiri dengan dibuangnya 2 (dua) tabuik ke laut, yaitu Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang.

Wagub Nasrul Abit mengapresiasi alek Tabuik tersebut. Pemko Pariaman dinilai sangat serius menggarap potensi pariwisata di daerahnya. Apresiasi tersebut  berdasarkan kemajuan pembangunan termasuk infrastruktur untuk kemajuan pariwisata.
Sumatera Barat sampai kini sangat serius mengelola potensi pariwisata, karena daerah ini kaya akan potensi tersebut, sehingga sektor ini perlu dimajukan,” katanya.
Sektor pariwisata paling banyak diminati wisatawan dan itu sudah dibuktikan dengan tingkatan kunjungan wisatawan
yang terus meningkat. Karena itu Nasrul Abit minta, setiap kabupaten dan kota di Sumbar agar dapat melihat peluang ini.
Konsep wisata di daerah harus jelas, termasuk soal penganggaran
nya. Pemprov Sumatera Barat ikut memberikan dukungan, termasuk memberi dana pendampingan.
Tabuik Piaman merupakan warisan budaya sejak lama dan akan terus diselenggarakan setiap tahun dengan memanfaatkan pendanaan APBD daerah. Diharapkan, hal ini menjadi magnet bagi wisatawan yang datang dari seluruh Indonesia, bahkan mancanegara, harap Nasrul Abit.
Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman
mengatakan, bahwa Tabuik Piaman adalah warisan budaya, sehingga harus dipertahankan demi kelangsungannya untuk generasi mendatang.
Kota Pariaman tidak mempunyai sumber daya alam yang bisa dijadikan pemasukan daerah. Hanya pariwisata yang dapat digarap sebagai salah satu sumber pemasukan daerah ini,” katanya.

Karena pariwisata sebagai andalan daerah, maka diharapkan masyarakat dapat menjadikannya peluang untuk meningkatkan perekonomian. Manfaatkan efek ganda yang diperoleh dari alek wisata tersebut. (h/tri).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,08 Maret 2016 - 03:10:04 WIB

    Wagub Ajak Warga IKPS Aktif dalam Pembangunan

    AROSUKA, HALUAN — Wa­kil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit berharap warga Pesisir Selatan yang tinggal di Kabupaten dan Kota So­lok, tetap kompak dan saling tolong menolong dalam suka dan duka. Terkecuali itu, mantan Bupati Pe.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM